in

5 Tips Mengatur THR dan Keuangan Jelang Hari Raya

Pexels.com

5 Tips Mengatur THR dan Keuangan Jelang Hari Raya – Menjelang hari raya Idul Fitri, umumnya umat muslim mulai mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambutnya. Ada yang merencanakan mudik, bersilahturahmi dengan kerabat atau bahkan berlibur untuk refreshing.

Tidak hanya itu, ada pula yang sudah berbelanja pakaian dan makanan untuk hari raya. Meskipun ada uang Tunjangan Hari Raya (THR), berbagai pengeluaran ini bisa berdampak pada kondisi keuangan jika kita tidak tahu cara mengaturnya.

5 Tips Mengatur THR dan Keuangan Jelang Hari Raya

Lalu, bagaimana caranya agar keuangan tetap stabil menjelang hari raya Idul Fitri? Spesial untuk Grameds, berikut kami berikan tips-tips mengatur keuangan menjelang hari raya Idul Fitri!

1. Buat rencana keuangan terlebih dahulu

tips-mengatur-keuangan
Sumber: Pexels.com

Membuat rencana keuangan dari jauh-jauh hari sangat penting untuk menjaga kondisi keuangan menjelang hari raya. Grameds bisa membagi pendapatan ke dalam 3 (tiga) tabungan: tabungan kebutuhan sehari-hari (50%), tabungan investasi dan dana darurat (30%), dan tabungan untuk senang-senang (20%) seperti berbelanja, traveling dan sebagainya.

Jika sudah membuat rencana keuangan, Grameds harus disiplin dalam praktik penggunaannya. Jangan sampai pengeluaran untuk senang-senang melebihi anggarannya. Tidak mau kan uang habis sebelum akhir bulan?

2. Bedakan penggunaan gaji bulanan dan THR

keuangan
Sumber: Unsplash.com

Ketika membuat rencana keuangan, pisahkan pendapatan gaji bulanan dan THR. Gaji bulanan digunakan seperti biasa untuk pengeluaran rutin tiap bulannya.

Untuk THR, gunakan untuk keperluan-keperluan di hari raya. Untuk itu, Grameds bisa membuat rencana keuangan THR untuk pengeluaran di hari raya. Grameds bisa gunakan untuk menunaikan zakat, investasi atau membeli baju dan makanan untuk hari raya.

3. Prioritaskan THR untuk menunaikan zakat dan berdonasi

tips-mengatur-keuangan
Sumber: Unsplash.com

Ketika mengatur rencana keuangan THR, prioritaskan untuk membayar zakat. Jangan sampai kewajiban sebagai umat muslim di bulan yang suci ini terlupakan Grameds!

Selain itu, THR juga bisa kita manfaatkan untuk berdonasi supaya menambah berkah di hari raya ini. Saat ini, berdonasi dapat dilakukan dengan mudah via online lho! Yuk, berbagi kebahagiaan hari raya dengan orang-orang di sekitar kita.

4. Sisihkan pula untuk tabungan dan investasi

tabungan
Sumber: Pixabay.com

Selain untuk zakat dan berdonasi, tips mengatur keuangan juga bisa dilakukan dengan berinvestasi. Manfaatkan pula THR untuk menambah tabungan dan investasi. Saat ini, berinvestasi bisa dilakukan dengan mudah dan praktis!

Banyak platform yang memungkinkan kita berinvestasi dengan mudah hanya dengan modal Rp 100.000 saja. Tidak seperti tabungan, investasi memberikan kita peluang mendapatkan uang tambahan yang lebih besar. Selain itu, umumnya tidak ada biaya administrasi bulanan!

5. Utamakan kebutuhan daripada keinginan

kebutuhan
Sumber: Unsplash.com

Terakhir, Grameds bisa menggunakan sisa uang untuk bersenang-senang. Tapi, biasakan untuk mengutamakan kebutuhan daripada keinginan dalam membeli sesuatu.

Bagaimana caranya? Sebelum membeli sesuatu tanyakan terlebih dahulu kepada diri sendiri apakah benar-benar memerlukannya atau hanya keinginan sesaat saja.

Biasanya, kita akan mudah goyah menuruti keinginan karena diskon besar-besaran atau tuntutan lingkungan sekitar dalam membeli sesuatu.


Mengatur keuangan bukanlah hal yang sulit. Dengan tips-tips di atas, Grameds tetap bisa menjaga keuangan tetap stabil menjelang hari raya!

Bagi generasi milenial yang masih kesulitan untuk mengatur keuangannya, berikut kami rekomendasikan buku #MILLENNIALINVESTOR “Investasi ala Milenial”!

Tidak hanya menjelaskan dengan lengkap tentang investasi untuk generasi muda masa kini, buku ini juga memberikan tips-tips mengatur keuangan yang sangat mudah dan related dengan kehidupan milenial.

Jangan lupa buku #MILLENNIALINVESTOR “Investasi ala Milenial” bisa didapatkan hanya di Gramedia Digital!

buku-tips-mengatur-keuangan
Beli buku nya di sini

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Melania L Anindya