in

15 Tips Agar Suara Lebih Bagus dan Merdu

pixabay

Tips agar suara bagus dan merdu – Setiap orang memiliki suara yang berbeda-beda, kelamin pun bisa menjadi faktor perbedaan suara. Memiliki suara yang bagus dan merdu merupakan sebuah anugerah yang bisa dimanfaatkan dengan baik, seperti halnya bernyanyi atau melakukan aktivitas lain yang berhubungan dengan suara. Bahkan, suara yang bagus ini bisa menuntun kita menjadi seorang penyanyi profesional.

Namun, tentunya tidak semua orang memiliki kelebihan tersebut. Banyak juga orang yang memiliki suara biasa saja atau pas-pasan, lalu mereka mencari alternatif lain dengan melatihnya secara rutin terus-menerus agar suaranya menjadi bagus. Hal tersebut bisa dilakukan jika kalian ingin menjadi seorang penyanyi profesional dengan tidak terlahir untuk memiliki suara yang bagus.

beli sekarang

E-book Teknik Dasar Bernyanyi ini berisi tahapan-tahapan dasar dalam bernyanyi, tips mengelola pernapasan saat bernyanyi hingga mampu memanfaatkan instrumen getar pada vokal manusia yakni pita suara. E-book ini dilengkapi dengan lagu wajib dan lagu daerah Nusantara sebagai latihan bernyanyi. Selain itu, diajarkan pula berbagai notasi angka maupun notasi balok mulai dari suara 1, suara 2, suara 3, sampai suara 4.

Banyak tips agar suara kamu menjadi bagus seperti yang kamu idam-idamkan. Selain melatih suara dengan seseorang yang profesional, kamu juga bisa melatih suaramu sendiri di rumah agar lebih baik lagi. Oleh karena itu, Gramedia kali ini akan membagikan tips agar suara bagus. Tips ini berguna bagi kalian yang ingin memiliki karier sebagai seorang penyanyi. Mau tahu apa saja tipsnya? Yuk Grameds, simak ulasan berikut!

1. Melakukan Pemanasan

Cara pertama untuk menciptakan suara yang bagus adalah dengan menghangatkan suara kamu secara teratur di rumah atau kapan pun saat kamu punya waktu sebelum bernyanyi. Hal ini penting untuk menghangatkan suara kamu sebelum bernyanyi. Ada beberapa jenis latihan pemanasan yang cocok untuk segala usia, suara, dan tingkat keterampilan.

Selalu hangatkan suara kamu setelah terlebih dahulu menghangatkan otot-otot wajah Anda. Tiup bibir Anda, julurkan lidah kamu sepanjang mungkin, pijat wajah kamu dan bersenandunglah untuk mengendurkan otot bibir dan dagu kamu.

Jangan takut untuk membuat kebisingan selama pemanasan. Arahkan suara kamu ke atas dan ke bawah. Kemudian bersenandung atau gerakkan bibir dan lidah kamu dengan lembut untuk melanjutkan. Kamu hanya dapat mulai menyanyikan melodi yang benar ketika merasa wajah, mulut, dan suara kamu merasa lepas. Seluruh proses pemanasan biasanya memakan waktu 10 hingga 20 menit.

Setelah kelas, audisi, atau pertunjukan telah selesai, luangkan waktu untuk menenangkan diri. Pendinginan sering dihilangkan dari daftar tips kesehatan suara, tetapi ini adalah cara yang sangat mudah untuk membantu kesehatan suara penyanyi. Mendesah dengan nada yang menurun. Menguap mengangkat langit-langit lunak dan mengurangi ketegangan.

Gerakkan bibir kamu dengan lembut dan pelan-pelan turunkan suara kamu lagi. Dibutuhkan 5 atau 10 menit untuk mengembalikan suara ke jangkauan bicara normal.

2. Latihan Pernapasan

Cara mendapatkan suara yang bagus selanjutnya adalah dengan melatih pernapasan secara dalam. Pernapasan ini dilakukan karena kamu perlu mengambil napas dalam-dalam saat bernyanyi.

Untuk mulai berlatih pernapasan dalam, cobalah pernapasan paru-paru dan diafragma dengan menarik napas dalam-dalam dan menghembuskan napas sepenuhnya. Kamu dapat berlatih pernapasan dalam di berbagai posisi secara teratur, seperti duduk, berdiri atau berbaring. Saat kamu duduk atau berdiri, kamu bisa meletakkan tangan di perut untuk memeras semua udara yang kamu hirup.

Jika ingin latihan untuk nyanyi dengan lagu bernada tinggi, minumlah air hangat terlebih dahulu. Kemudian nyanyikan lagu dengan nada cerah untuk pemanasan. Kemudian kamu dapat melanjutkan berlatih tangga nada dari rendah ke tinggi dan sebaliknya. Berlatihlah secara teratur untuk membuat suara kamu lebih bagus dan merdu.

3. Perhatikan Posisi Tubuh

Postur tubuh ternyata sangat berpengaruh dalam bernyanyi, sehingga bisa menjadi salah satu cara untuk menciptakan suara yang bagus. Postur tubuh yang tepat dapat membuat suara kamu lebih bagus. Namun, jika kamu membuat kesalahan dalam postur tubuh kamu maka suara akan menjadi sengau, bahkan suara bernada tinggi tidak akan dicapai dengan mudah.

banner-promo-gramedia

Lalu, bagaimana postur tubuh yang benar saat bernyanyi? Saat bernyanyi, kamu harus berdiri karena diafragma tidak mengembang dengan baik saat kamu duduk atau berjongkok. Kamu harus bernyanyi sambil berdiri. Selanjutnya, regangkan punggung dan kaki dibuka hingga selebar bahu. Relaksasikan perut dan bahu kamu. Saat menyanyikan tinggi. miringkan dagu sedikit ke bawah. Tidak hanya berdiri, tetapi bernyanyi sambil berbaring juga ideal untuk melatih suara.

4. Jangan Memaksakan Suara

Suara yang kuat tentu sangat berguna saat bernyanyi. Kamu dapat bernyanyi dengan sekuat tenaga, tetapi harus dilakukan tanpa adanya paksaan terhadap suara yang dikeluarkan. Rata-rata orang yang bernyanyi dengan keras akan melukai pita suaranya, memperpendek napasnya, dan tidak akan dapat mengambil nada tinggi yang panjang.

Seperti dilansir situs caricole.com, ada trik khusus untuk membuat kamu untuk bernyanyi dengan suara penuh tanpa paksaan. Cara ini juga merupakan cara untuk membuat suara menjadi bagus dan merdu. Rahasianya adalah menekuk dadamu sedikit dan menurunkan dagu sedikit. Ini adalah trik untuk membuat suara lebih kuat.

5. Jangan Merusak Pita Suara

Salah satu cara untuk membuat suara merdu yang baik adalah dengan menghindari tindakan yang dapat merusak pita suara yang kamu miliki.

Tindakan yang dapat merusak pita suara antara lain berteriak dan berbicara dengan keras. Saat kamu berbicara atau berteriak keras, pita suara kamu akan membengkak seiring berjalannya waktu. Saat pita suara membengkak, pita suara berubah, yang dapat berubah bentuk atau serak.

Perilaku lain yang dapat merusak pita suara adalah merokok. Karena risiko menghirup asap dapat menyebabkan sesak napas dan radang pita suara.

6. Mengistirahatkan Suara

Tips selanjutnya untuk menciptakan suara yang bagus adalah dengan mengistirahatkan suara kamu dari sela-sela latihan. Seperti halnya olahraga, latihan untuk menyesuaikan suara juga memerlukan jeda di antara latihan. Suara yang lelah, seperti halnya tubuh yang lelah, rentan terhadap cedera. Jika kamu sakit atau alergi kambuh, luangkan waktu untuk mengistirahatkan suara kamu.

Jangan berbicara, bernyanyi, atau berbisik karena dapat merusak pita suara kamu. Suara lelah membutuhkan waktu lebih lama untuk regenerasi. Oleh karena itu, semakin lama kamu beristirahat maka akan semakin baik hasilnya. Mengistirahatkan suara memberi kamu waktu untuk memulihkan dan menyembuhkan pita suara kamu yang halus.

7. Jangan Menyanyi Dengan Tenggorokan

Untuk membuat suara menjadi bagus adalah dengan menghindari bernyanyi dengan suara yang keluar dari tenggorokan. Dalam semua cerita tentang pita suara yang sehat, pita suara hanyalah bagian dari sistem kompleks untuk menciptakan suara yang bagus.

Untuk bernyanyi dengan baik dan menjaga suara kamu tetap sehat, kamu perlu memahami tubuh kamu dan mengetahui dari mana suara itu berasal. Kekuatan di balik suara tenggorokan adalah pernapasan, yang harus ditopang oleh diafragma dan tidak boleh dinyanyikan melalui tenggorokan.

Kamu harus bernyanyi dari inti tubuh. Relaksasikan pita suara kamu dan biarkan suara kamu bergema di dada, tenggorokan, dan wajah kamu. Jangan khawatir jika metode ini sekilas tampak tidak masuk akal. Kamu dapat mempercepat prosesnya dengan menggunakan pelatih suara, tetapi perlu waktu untuk melatih tubuh kamu untuk mendukung suara kamu bekerja dengan maksimal.

8. Menjaga Otot Leher dan Tenggorokan

Leher dan tenggorokan merupakan bagian tubuh yang berperan penting dalam bernyanyi. Relaksasikan otot leher dan tenggorokan kamu saat bernyanyi.

Jangan membungkuk atau memiringkan kepala saat bernyanyi. Membungkuk atau memiringkan kepala saat bernyanyi dapat membuat otot leher tegang dan memengaruhi jangkauan vokal kamu dalam jangka panjang.

Cobalah melatih getaran suara yang kamu miliki. Saat kamu bernapas, pita suara terbuka dan udara mengalir dengan tenang. Namun, saat ingin bersuara, pita suara bergetar dan mengeluarkan suara.

9. Menjaga Dehidrasi Pita Suara

Cara kedua untuk membuat suara bagus adalah dengan menjaga dehidrasi pita suara dengan cara meminum air mineral. Air mineral adalah salah satu minuman terbaik untuk menjaga dan membuat suara menjadi bagus. Cara kedua adalah dengan menghidrasi pita suara dengan meminum teh herbal hangat selain air mineral.

Minum air mineral sepanjang hari dan simpan air minum kemasan di dekat kamu selama aktivitas dan latihan. Pita suara akan bekerja paling baik bila dilumasi dengan benar. Dengan kata lain, kamu perlu menghidrasi seluruh tubuh kamu.

Tidak ada cara lain untuk secara langsung melembapkan pita suara yang kering. Namun, pita suara yang kering dengan cepat dapat berubah menjadi radang pita suara yang melukai suara. Oleh karena itu, semakin banyak air mineral yang kamu minum maka semakin baik dan bagus suara kamu.

10. Konsumsi Makanan Bergizi

Tidak hanya minuman yang diatur konsumsinya terhadap tubuh, asupan makanan juga perlu diatur dengan baik. Mengonsumsi makanan sehat yang baik adalah yang telah direbus atau dikukus. Makanan yang baik adalah buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian yang mengandung vitamin A, E dan C. Makanan yang mengandung ketiga vitamin ini dapat menjaga lendir dan dinding bagian dalam tenggorokan agar tetap sehat.

11. Jangan Konsumsi Makanan Berminyak dan Pedas

Cara ketiga untuk membuat suara yang bagus adalah dengan menghindari makanan pedas dan berminyak. Hindari makanan pedas dan berminyak untuk menciptakan suara yang bagus. Kamu masih bisa terus mengonsumsinya, tetapi dalam jumlah sedikit.

Pada dasarnya, makanan berminyak tidak baik untuk kesehatan tubuh kita, terutama tenggorokan. Makanan yang terlalu berminyak dapat meningkatkan suhu tenggorokan. Kondisi ini menyebabkan disfungsi pita suara di tenggorokan. Selain makanan berlemak, makanan pedas juga harus dihindari. Ini karena makanan pedas bisa menaikkan suhu tenggorokan dan menyebabkan disfungsi pita suara.

banner-promo-gramedia

12. Hindari Zat Berbahaya

Hindari zat-zat yang berbahaya yang dapat merusak kualitas suara yang kamu miliki. Merokok adalah cara termudah untuk merusak suara secara permanen. Jadi, jangan coba-coba jika kamu masih membutuhkan suara yang bagus.

Saat kamu menghirup asap, pada dasarnya asap tersebut meracuni pita suara. Apa pun yang dihirup, seperti polutan, semua serbuk sari, dan partikel debu menembus pita suara akan dapat mengeringkan serta membuat iritasi.

Alkohol seharusnya tidak memiliki efek berbahaya langsung. Namun, alkohol menyebabkan dehidrasi dan peradangan. Kandungan gula yang tinggi di sebagian besar minuman juga memiliki efek negatif pada suara. Jika kesehatan suara penting bagi kamu maka lihat tips lain yang sudah disebutkan di atas, yaitu minum lebih banyak air mineral.

13. Hindari Asam Lambung

Tips mendapatkan suara yang bagus selanjutnya adalah dengan menghindari asam lambung yang tinggi. Kadar asam lambung yang tinggi diketahui dapat memengaruhi pita suara. Hal ini karena asam lambung bersifat korosif, yang dapat merusak pita suara dan menyebabkan masalah paru-paru dan jantung.

Berhati-hatilah untuk menjaga keasaman lambung kamu agar suara terjaga dan menjadi bagus. Makan makanan bergizi secara teratur, berolahraga secara teratur, dan perbaiki gaya hidup kamu. Cara ini membantu menjaga asam lambung dalam kondisi baik dan terhindar dari berbagai penyakit.

14. Konsumsi Jeruk Nipis dan Madu

Tips mendapatkan suara yang bagus selanjutnya adalah dengan mengonsumsi campuran jeruk nipis dan madu. Jeruk nipis dan madu diketahui dapat menjaga suara tetap prima. Caranya, ambil dua buah jeruk nipis lalu belah menjadi dua. Peras dan tambahkan sedikit kapur sirih. Kemudian tambahkan madu dan garam sesuai selera. Minum ramuan ini secara teratur seminggu sekali.

15. Rajin Olahraga

Tips terakhir agar suara menjadi bagus adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah pernapasan. Olahraga teratur dapat membuat pernapasan kamu lebih kuat dan lebih lama.

Orang yang berolahraga secara teratur memiliki kekebalan yang tinggi dan lebih kecil kemungkinannya untuk sakit. Selain itu, mereka yang berolahraga secara teratur lebih kuat dan lebih banyak dalam bernapas.

Demikianlah mengenai 15 tips agar suara bagus yang telah Gramedia berikan kepada para Grameds. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadi inspirasi untuk tetap berusaha menjaga kualitas suara yang kalian miliki jika memiliki impian menjadi seorang penyanyi profesional

Jika kalian tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai persoalan teknik vokal dalam bernyanyi, kalian bisa membeli dan membaca buku-buku di Gramedia terkait hal tersebut. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan buku-buku berkualitas yang bisa kalian miliki. Yuk, Grameds, beli bukunya sekarang juga!

beli sekarang

E-book ini benar-benar padat ilmu! mengungkapkan rahasia belajar menyanyi dengan bahasa sederhana, menghemat puluhan jam yang seharusnya harus kamu habiskan untuk memahami berbagai teori yang membosankan. Mulai pernafasan ABCDE, Phrasing technique, Improvisation, Performance Tips, Cara Memilih Lagu, Cara menentukan nada dasar dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:

banner-promo-gramedia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq