in ,

8 Tips agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu: Mommies Wajib Simak!

Pexels.com

Tips Agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu – Banyak orang tua yang masih membandingkan bayinya dengan bayi orang lain. Kebiasan membandingkan ini bukanlah kebiasaan yang baik, sebab pada dasarnya setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda.

Orang tua perlu paham, bahwa selama beberapa hari pertama setelah bayi lahir, maka bayi pun akan kehilangan berat badannya. Namun, biasanya saat menginjak usia dua minggu, bayi akan mengalami penambahan pada berat badannya.

Pada usia 6 bulan, bayi akan memasuki fase mengonsumsi makananan atau MPASI (Makanan Pendamping ASI). Dan pada akhir tahun pertama sang bayi ini, ibu akan menyadari bahwa bayinya telah mengalami penambahan berat badan yang cukup signifikan.

Namun, apabila kita tidak melihat bayi mengalami penambahan yang signifikan, berikut tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu. Mommies perlu memahami ini agar bayi tumbuh sesuai kurva dan sehat.

Bahan Makanan MPASI agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu dan Sehat

Tips Agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu
Pexels.com

Grameds tentu merasa khawatir ketika bayi Grameds yang sudah ada dalam tahap makan atau MPASI ternyata tidak mengalami penambahan berat badan yang signifikan sesuai dengan usianya, sebab berat badan bayi merupakan salah satu indikator yang menjadi penentu bahwa bayi tumbuh dengan sehat.

Akan tetapi, bayi gemuk juga tidak melulu berarti ia sehat. Perlu diingat, bahwa maksud dari peningkatan berat badan ialah bobot badan bayi ideal sesuai dengan usianya. Ketika bayi Grameds terlalu kurus ataupun terlalu gemuk, tentunya hal ini juga tidak baik untuk kondisi kesehatan sang bayi.

Oleh karena itu, banyak ibu seringkali merasa khawatir serta cemas karena berat badan bayinya. Akan tetapi, kondisi dari setiap bayi ini memang beragam dan tidak bisa disamaratakan, ya! Ada bayi yang mudah naik berat badannya, akan tetapi ada pula bayi yang susah untuk naik berat badannya.

Salah satu hal penting ketika ingin menaikan berat badan bayi, ialah memberikan bayi nutrisi yang cukup sesuai dengan usianya. Contohnya seperti ibu berusaha mengkonsumsi makanan yang dapat membuat kualitas ASI-nya meningkat, atau memberikan MPASI sesuai dengan anjuran yaitu ketika bayi berusia 6 bulan dengan memberikan makanan-makanan yang bergizi.

Ketika memberikan MPASI pada bayi, Grameds perlu menyimak jenis makanan apa saja yang dapat membuat berat badan bayi meningkat hingga menyentuh berat badan ideal yang sesuai dengan usianya?

Nah, berikut beberapa bahan makanan yang dapat membuat bayi gemuk dalam 1 tahun dan sehat.

1. Brokoli

Sayur brokoli, mengandung banyak serat, asam folat bahkan hingga kalsium. Sayuran hijau satu ini, sangat baik untuk dijadikan sebagai sayuran pertama yang dicoba oleh bayi Grameds.

Untuk MPASI, Grameds bisa mencoba mengolah brokoli dengan cara dikukus maupun direbus hingga lembut, kemudian jangan lupa untuk memotongnya dengan ukuran kecil-kecil agar mudah dikonsumsi serta tidak akan membuat bayi tersedak.

2. Pisang

Selain sayur, buah-buahan juga penting untuk nutrisi sang bayi. Pisang merupakan salah satu buah yang baik untuk meningkatkan bobot bayi. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan kalium, serta serta karbohidrat yang baik untuk tubuh bayi.

Apabila ingin memberikan makanan satu ini pada bayi, pilihlah pisang yang telah matang serta sajikan dengan cara dihaluskan atau memotong-motong pisang hingga ukuran yang aman agar bayi tidak tersedak.

3. Ubi

Ubi merupakan salah satu sumber karbohidrat, namun selain sebagai sumber karbohidrat ubi juga mengandung serat, beta karoten, vitamin C, zat besi, antioksidan dan kalium. Rasa manis dari ubi ini, akan membuat bayi cenderung lebih menyukainya. Grameds bisa menyajikan ubi dengan cara dikukus hingga matang, kemudian ditumbuk atau dihaluskan hingga menjadi bubur.

4. Alpukat

Alpukat adalah sumber kalori yang kaya dengan lemak sehat serta mampu menunjang perkembangan otak bayi. Komposisi lemak yang ada pada alpukat, hampir sama seperti komposisi lemak yang ada pada ASI ibu.

Selain itu, alpukat juga mengandung protein dalam jumlah cukup tinggi dan tentu baik bagi pertumbuhan bayi. Kedua kandungan tersebut, akan membuat bayi tumbuh gemuk dan sehat. Akan tetapi, jangan terlalu banyak memberikan buah alpukat, karena buah ini cepat mengenyangkan pada bayi.

5. Wortel

Makanan selanjutnya yang akan membuat bobot bayi bertambah ialah wortel. Sayuran satu ini mengandung beta karoten yang baik bagi perkembangan serta penglihatan bayi. Wortel dapat disajikan bersamaan dengan sayur lainnya dengan cara dikukus maupun direbus.

6. Jeruk

Buah satu ini terkenal karena kaya akan vitamin C, sehingga dapat mendukung pertumbuhan tulang maupun pembentukan otot dan jaringan tubuh bayi yang lain. Vitamin yang ada pada jeruk, juga membantu penyerapan zat besi dari makanan dan dapat menjaga kadar cairan tubuh tetap seimbang.

7. Telur

Kandungan utama dari telur ialah zinc, protein, folat dan berbagai macam jenis vitamin yang penting untuk pertumbuhan bayi. Kuning telur sendiri mengandung kolin serta omega 3 yang sangat berperan dalam perkembangan otak pada bayi.

Akan tetapi, apabila bayi Grameds memiliki riwayat alergi maupun berisiko mengalami alergi, lebih baik konsultasikan lebih dulu pada dokter anak untuk memberikan bayi Grameds telur.

8. Daging

Daging sapi, ayam maupun ikan adalah sumber protein, zat besi, zinc serta omega 3 yang baik untuk bayi. Agar tumbuh kembang bayi lebih optimal, bayi perlu mendapatkan asupan protein dari daging secara teratur. Akan tetapi, pastikan untuk menghaluskan setiap daging yang diberikan untuk bayi.

Tips Agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu

Selain kedelapan jenis makanan tersebut, ada pula makanan sehat lain yang dapat membuat bayi cepat gemuk, di antaranya adalah serela, susu, gandum, biji-bijian hingga kacang-kacangan. Tetapi, untuk produk susu sapi serta produk dari olahan susu lainnya, idealnya dapat diberikan setelah bayi berusia 1 tahun.

Selain mencukupi nutrisi bayi melalui makanan agar bayi dapat tumbuh sehat serta gemuk, Grameds juga perlu memantau tumbuh kembang bayi.

Ada beberapa tips agar bayi cepat gemuk yang dapat Grameds coba, apabila bobot bayi tidak sesuai dengan bobot ideal sesuai usianya.

Tips agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu

Tips Agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu
Pexels.com

Berikut beberapa tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu yang bisa Grameds coba.

1. Rajin memberikan ASI pada bayi

Tips Agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu

Sebenarnya, cara yang paling mudah untuk menaikan berat badan bayi ialah dengan memberikan ASI dengan eksklusif. Bahkan memberikan ASI eksklusif pada bayi juga sangat ampuh untuk menambah bobot bayi yang lahir dengan prematur.

Menurut suatu studi dari National Institutes of Health, ditemukan suatu fakta bahwa bayi prematur yang mendapatkan ASI secara eksklusif oleh ibunya selama 24 minggu pertama secara berturut-turut, akan menunjukan peningkatan berat badan yang cukup signifikan.

Selain mampu menaikan berat badan bayi, ASI juga memiliki kandungan senyawa yang cukup berpengaruh pada pembentukan sistem imun tubuh seorang bayi. Sehingga tubuh bayi pun akan menjadi lebih kuat dari segala serangan virus, penyakit sekaligus bakteri.

2. Melakukan pijat bayi

Tips Agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu
Pexels.com

Menurut salah satu artikel dari laman Kellymom, pijat bayi ternyata memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah untuk saluran pencernaan pada bayi serta berpengaruh pula pada penambahan berat badan bayi.

Memijat bayi juga salah satu cara untuk meningkatkan bonding atau kedekatan antara ibu dengan sang bayi. Karena, ketika melakukan pijat bayi, ibu secara langsung melakukan kontak fisik dengan bayi, sehingga kontak fisik ini akan membuat bayi lebih nyaman.

Grameds bisa mempelajari pijat bayi dengan mudah, salah satunya adalah dengan menonton video tutorial yang ada di YouTube maupun membaca buku terkait pijat bayi, seperti teknik dan manfaatnya.

3. Memberikan makanan yang bergizi dan memiliki nutrisi pada bayi

Tips Agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu
Pexels.com

Jika bayi Grameds sudah memasuki usia yang cukup untuk diberikan makanan yaitu pada usia 6 bulan, maka bayi Grameds telah mulai memasuki fase MPASI. Pada momen MPASI ini, ibu perlu memberikan makanan-makanan yang bergizi dan seimbang sesuai dengan usia bayi.

Jangan lupa pula untuk memperhatikan tekstur, takaran, porsi maupun jadwal makan bayi. Selain makanan utama bayi, ibu juga bisa memberikan camilan atau snack di sela-sela jam makan bayi.

Ada beragam jenis makanan yang dapat Grameds berikan untuk menambah berat badan bayi dengan cepat, contohnya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya yaitu daging, biji-bijian, sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin, protein, serat dan kandungan lain yang baik bagi bayi.

Agar berat badan bayi dapat naik dengan optimal, Grameds bisa menambahkan telur maupun produk olahan susu seperti keju (ketika bayi sudah memasuki usia 1 tahun) untuk kandungan lemak tambahan dalam menu MPASI bayi, tambahan jenis makanan ini akan membuat bobot tubuh bayi lebih mudah naik.

4. Memerhatikan nutrisi ibu

Tips Agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu
Pexels.com

Selain memerhatikan nutrisi dan makanan bayi, jangan sampai lupa untuk memerhatikan asupan nutrisi untuk ibu. Hal ini penting, karena ibu yang mendapatkan nutrisi yang cukup akan meningkatkan kualitas maupun kuantitas ASI nya.

Jika suplai ASI dari ibu lancar, maka kebutuhan nutrisi bayi juga akan tercukupi, selain itu, ibu juga bisa memberikan ASI eksklusif pada bayi. Sehingga, bayi pun akan lebih mudah untuk naik berat badannya dan memiliki berat badan yang idel.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat memperbanyak ASI, contohnya seperti sayur-sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kale hingga daun katuk. Mengkonsumsi kacang-kacangan, ikan, daging dari unggas, oat hingga gandum pun dapat membuat ASI ibu lebih lancar.

5. Memerhatikan waktu tidur bayi

Tips Agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu
Pexels.com

Tidak kalah penting, apabila ingin berat badan bayi naik dalam waktu 1 minggu, Grameds perlu memperhatikan waktu tidur bayi. Sebab pada umumnya aktivitas yang dilakukan oleh bayi yang baru lahir hanyalah makan serta tidur.

Oleh karena itu, memperhatikan dua hal tersebut dapat membantu berat badan bayi naik.

Ada beberapa tips yang dapat Grameds coba ketika ingin bayi Grameds mendapatkan waktu tidur yang cukup.

  • Ikutilah pola tidur bayi yaitu selama 16 jam sehari. Akan tetapi, ibu tetap harus menjaga agar bayi tetap minum ASI di waktu yang sesuai. Jangan biarkan bayi kelaparan atau dehidrasi selama waktu tidurnya tersebut.
  • Sediakanlah tempat yang nyaman untuk bayi tidur, bisa kasur terpisah, atau kasur yang bersih.
  • Pastikan pula bahwa tempat tidur bayi memiliki fitur-fitur yang aman, agar bayi terhindar dari segala bahaya.

6. Menenangkan bayi dengan segera ketika bayi menangis

Tips Agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu
Pexels.com

Bayi yang terlalu sering menangis maupun merengek, biasanya cenderung lebih sulit untuk mengalami peningkatan berat badan. Hal ini dikarenakan menangis dan merengek menjadi salah satu petunjuk bahwa ia kurang tidur serta lapar.

Oleh karena itu, apabila bayi merengek maupun menangis, Grameds harus segera berusaha menenangkan bayi. Ada beberapa cara untuk menenangkan bayi yang menangis dengan cepat, berikut tipsnya.

  • Apabila bayi yang baru lahir terus menerus menangis, meskipun ia telah diberi susu serta telah mengganti popoknya, maka cara menenangkannya ialah dengan mengkondisikan bayi seperti ketika ia masih berada di rahim dengan cara membedongnya. Dengan membedong bayi, maka bayi pun akan menjadi lebih tenang dan lebih cepat berhenti menangis.
  • Apabila bayi masih terus menerus menangis, maka peluklah bayi ke dada serta usap dengan lembut tubuh bayi. Cara satu ini akan membuat bayi lebih tenang dengan mudah. Grameds juga bisa mencoba untuk memutarkan lagu lembut agar bayi berhenti menangis.

7. Menjaga kebersihan kulit bayi

Tips Agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu
Pexels.com

Alasan lain bayi menangis selain karena lapar dan kurang tidur adalah karena tubuhnya berkeringat, sehingga tubuh bayi menjadi lebih lembab. Oleh karena itu, perawatan kulit adalah hal yang sangat penting agar bayi dapat tidur dengan nyenyak, sekaligus meminum ASI dengan nyaman pula. Dengan demikian, maka berat badan bayi akan bertambah.

Ada beberapa tips untuk merawat dan menjaga kebersihan kulit bayi yang baru saja lahir.

  • Memilih pakaian serta selimut bayi yang memiliki bahan yang nyaman. Selain itu, hindari memilih pakaian yang akan menyebabkan kulit bayi menjadi gatal atau bahkan terjadi iritasi.
  • Pilihlah bahan-bahan pakaian yang terbuat dari katun yang lembut.
  • Mandikan bayi dengan teratur, agar kulit bayi tidak kering, tidak lembab serta tidak terkena berbagai macam penyakit kulit. Memandikan bayi dengan teratur juga membuat tubuh bayi menjadi lebih bersih, sehingga bayi akan lebih nyaman ketika tidur.
  • Hindari penggunaan produk-produk perawatan bayi secara berlebihan. Sebab alih-alih merawat kulit bayi hal-hal yang berlebihan justru akan berdampak buruk, seperti menyebabkan iritasi maupun infeksi.

8. Mempertimbangkan untuk memberikan tambahan susu formula

Tips Agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu
Pexels.com

Dalam beberapa kasus, ada bayi yang tidak dapat minum ASI eksklusif, salah satu faktornya ialah karena sang bayi tidak dapat mencerna ASI dengan baik.

Oleh karena itu untuk membantu bayi tetap mendapatkan nutrisi yang cukup, Grameds bisa mengonsultasikan dengan dokter untuk membantu menentukan jenis susu formula khusus yang sesuai dengan usia bayi Grameds.

Ada beberapa jenis susu formula yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan bayi serta dapat meningkatkan berat badan bayi sekaligus kecerdasan otak.

Tak kalah penting, sebelum memberikan susu formula pada bayi, ada baiknya apabila Grameds juga mengecek apabila bayi Grameds memiliki alergi pada kandungan yang ada pada susu formula. Maka lebih baik untuk mengkonsultasikan produk susu formula untuk bayi Grameds.

Itulah beberapa tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu, serta jenis-jenis makanan bergizi yang akan membuat berat badan bayi naik dengan signifikan. Grameds juga bisa mencari tips-tips lain agar bayi cepat gemuk dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia menyediakan produk-produk terbaik untuk Grameds.

Penulis: Khansa

BACA JUGA:

  1. Daftar Best Seller Buku Resep MPASI 2022 di Gramedia
  2. Tips Hemat Belanja Perlengkapan Bayi
  3. Rekomendasi Buku Nama-Nama Anak Best Seller
  4. Best Seller Buku Anak – Bacaan Anak 
  5. Buku Cerita Bergambar Anak Best Seller
  6. Rekomendasi Buku Edukasi Anak Best Seller Juli 2022


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda