in

5 Momen Lain Selain Kemerdekaan di 17 Agustus

Sumber foto header: Unsplash

Dirgahayu Indonesia! Tepat pada hari ini, 17 Agustus 2019, diperingati sebagai HUT RI ke-74. Di usia barunya, Indonesia tampak semakin matang menapaki waktu-waktu mendatang.

Buktinya, di tahun ini, tepat di peringatan HUT RI ke-74, digunakan juga slogan resmi ‘Menuju Indonesia Unggul’.

Di balik slogan tersebut, ada makna yang diungkap oleh Presiden Joko Widodo, yang maksudnya adalah prioritas utama Indonesia ke depan adalah membangun sumber daya manusia.

Hebat ya! Namun, jika ke depan semakin luar biasa, jangan sampai juga melupakan sejarah masa lalu. Karena sudah banyak hal yang dilewati Indonesia hingga bisa berada di titik saat ini.

Nah, kebetulan 17 Agustus, tak cuma soal hari penanda kemerdekaan Indonesia lho. Banyak momentum lain yang juga terjadi di tanggal tersebut.

Yuk tengok momen bersejarah apa saja yang terjadi tepat di hari ini. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. RIS dibubarkan dan Indonesia menjadi NKRI

17 Agustus tak cuma soal pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Tak cuma juga jadi penanda hari kemerdekaan Indonesia.

Lima tahun setelah hari proklamasi, atau tepatnya 17 Agustus 1950, Indonesia pun tumbuh dan memutuskan untuk tak lagi menjadi Republik Indonesia Serikat (RIS).

Setelah dibubarkannya RIS, Indonesia kembali menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

2. Pembangunan Monas dimulai

Kamu pernah ke Monas? Pernah membaca sejarahnya?

Monas alias Monumen Nasional ini merupakan monumen yang tingginya mencapai 433 kaki atau 132 meter, yang dibangun untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari kolonial Hindia Belanda.

Jika kamu pernah berkunjung ke Monas dan membaca sejarahnya, kamu pastinya tahu jika monumen yang jadi ikon Kota Jakarta ini mulai dibangun pada 17 Agustus 1961 atas perintah Presiden Soekarno.

3. TVRI mengadakan uji coba siaran HUT RI

Meski secara resmi TVRI tercatat mengudara pertama kali pada 24 Agustus 1962, namun stasiun televisi pertama di Indonesia sudah melakukan siaran uji coba sebelumnya.

Uji coba tersebut dilakukan pada 17 Agustus 1961. TVRI mengadakan siaran percobaan acara HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta

4. Indonesia mundur dari IMF

Tahukah kamu jika Indonesia pernah mengundurkan diri dari keanggotaan International Monetary Fund (IMF)?

Yap, hal itu memang pernah terjadi. “Go to hell with your aid,” ujar Soekarno pada Amerika Serikat, tepatnya pada 17 Agustus 1965, saat ia memutuskan hubungan dengan IMF.

Soekarno menyampaikan putusnya hubungan Indonesia dengan IMF tepat di peringatan kemerdekaan RI ke-20, karena adanya polemik mengenai penerimaan bantuan asing yang masuk ke Indonesia.

5. Momen membanggakan di HUT RI

Tepat pada 17 Agustus 2016 lalu, pasangan atlet bulutangkis Tontowi dan Liliyana Natsir mempersembahkan medali emas untuk Indonesia.

Medali emas itu mereka dapatkan di Olimpiade 2016. Mereka memboyong medali emas setelah mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying.


Sudahkah kamu tahu fakta-fakta menarik di atas? Seberapakah kamu mengenal negaramu sendiri? Apakah kamu betul-betul sudah mengerti makna perjalanan sejarah Indonesia?

Jika penasaran, tentunya kamu tinggal mencari referensi bacaan tentang sejarah Indonesia. Atau membaca dari beberapa sumber, seperti majalah digital edisi spesial kemerdekaan, seperti Opini Tempo: Kepahlawanan dan Kemerdekaan, yang bisa kamu dapatkan di Gramedia Digital.

Kemerdekaan
Beli e-book-nya di sini


 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nanda Hadiyanti