in

Review Novel La La Love – L.E.A.L.A

Review novel La La Love – Cinta dan hidup adalah dua kata yang bisa dibilang akan selalu melekat dalam diri manusia, rasanya hampir setiap manusia memiliki rasa cinta di dalam dirinya. Cinta memang sangat luas jika diartikan, tetapi tak sedikit orang yang mengartikan cinta sebagai salah satu syarat untuk menjalin hubungan. Dalam hal ini, hubungan yang dimaksud adalah menjadi sepasang kekasih (pacaran). Cinta yang dijalani oleh sepasang kekasih pasti akan melewati lika-liku, ada yang berhasil melewatinya dengan bersama-sama dan ada juga yang harus berpisah.

Dalam percintaan memang kesedihan tak akan bisa dihindari terutama yang berkaitan dengan perpisahan. Memang, ada beberapa orang yang berpisah dengan pasangannya merupakan suatu kebahagiaan. Namun, ada berapa banyak di luar sana yang berpisah dengan pasangannya menjadi suatu kesedihan yang cukup lama untuk dihilangkan. Ya, namanya juga cinta bahagia dan kesedihan pasti akan hadir didalamnya.

Cinta yang hadir dalam kehidupan manusia pasti akan dipenuhi dengan kejutan-kejutan yang tak disangka-sangka oleh sepasang kekasih. Mungkin bagi sebagian orang akan siap menerima kejutan dari kekasihnya. Namun, ada juga manusia yang tidak siap untuk menerima kejutan dari sebuah kisah cinta yang sedang dijalaninya. Siap tidak siap, mau tidak mau setiap kejutan dari percintaan harus diterima bagi mereka yang sedang menjalani percintaan. Hal ini perlu dilakukan karena kehidupan manusia akan terus berjalan walaupun harus menerima kenyataan pahit dari suatu kisah cinta.

Kisah cinta yang dijalani oleh sepasang kekasih akan semakin rumit untuk dijalani ketika salah satu pasangan tidak begitu dekat dengan keluarga. Seperti apa pun kisah cinta yang dijalani oleh setiap orang tak akan bisa lepas dari yang namanya peran keluarga, sehingga komunikasi dalam keluarga sangat penting untuk dijaga.

Lewat novel La La Love L.E.A.L.A ingin mengisahkan perjalanan seorang perempuan dengan kekasihnya yang dipenuhi dengan kejutan tak terduga yang membuat dirinya seperti belum siap menerima kejutan itu. Selain itu, L.E.A.L.A juga mengisahkan tentang permasalahan yang ada di dalam keluarganya. Perasaan kamu akan tersentuh setelah membaca novel yang dipenihi dengan drama cinta ini.

Alur Novel La La Love 

Novel yang ditulis dan dikarang oleh L.E.A.L.A mengisahkan tentang seorang perempuan yang selalu memiliki rencana ketika ingin melakukan sesuatu dan ia bernama Giana Amabel. Hampir setiap rencana yang dibuatnya pasti akan melalui pertimbangan yang matang. Terlebih lagi hal-hal yang penting dalam hidupnya akan dilakukan dengan perencanaan yang matang.

Penulis menghadirkan cerita yang cukup menarik bahwa pekerjaan yang kita terima tidak selamanya sesuai dengan jurusan saat menempuh pendidikan. Di dalam novel ini diceritakan bahwa perempuan yag bernama Giana itu lulusan dari fakultas hukum dan ia dapat bekerja sebagai desainer tas hanya senang menggambar rancangan tas. Tanpa berpikir panjang, Giana mencoba peruntungan mengirim rancangan tasnya ke Bugsy dan ternyata ia diterima kerja di sana.

Perempuan yang penuh dengan perencanaan ini sudah memiliki kekasih yang bernama Emil Adrian. Tanpa diduga oleh dirinya, Giana diajak menikah oleh Emil saat masih bekerja sebagai desainer tas merek Bugsy di Wina, Austria. Giana sudah menjalin hubungan selama 2 tahun, sebuah usia pacaran yang terbilang lumayan lama. Emil mengajak nikah Giana ketika sedang makan malam bersama di Wina. Makan malam itu menjadi makan malam terakhir antara Giana bersama Emil di Wina karena keesokan harinya Emil kembali ke Jakarta.

Giana yang mendengar ajakan nikah itu sangat terkejut ketika mendengarnya dan mulai muncul kebimbangan di dalam dirinya. Ia tidak tahu harus menjawab apa dari ajakan pernikahan itu, kebimbangan itu terus menghampiri pikirannya, apakah harus meneruskan karir sebagai desainer tas di Wina atau menghabiskan sisa hidupnya bersama kekasihnya, Emil Adrian.

Namun, Emil sang kekasih berusaha untuk menenangkannya. Sebagai kekasih dari Giana, Emil memberikan waktu kepada Giana untuk memutuskan apakah siap untuk kembali ke Jakarta dan siap menikah atau tetap melanjutkan karirnya di Wina sebagai desainer tas. Bahkan, Emil sebagai kekasih Giana, siap untuk menunggu kapan pun Giana siap menikah dengan dirinya.

Setelah berpikir panjang dan penuh pertimbangan, Giana penuh dengan keyakinan menerima ajakan menikah sang kekasih dan siap untuk melepaskan pekerjaannya di Wina sebagai desainer tas sudah siap untuk melepaskan masa lajangnya. Ia memberi kabar baik ini kepada pacarnya melalui telepon atau skype. Emil yang mendengar kabar itu sangat senang sekali, kekasihnya yang sudah dipacari selama 2 tahun mau menerima ajakannya untuk menjadi sebagai istri.

Setelah mendengar kabar gembira itu, Emil langsung menanyakan soal pekerjaan Giana, bagaimana bosnya bisa menyetujui keputusan yang diambil oleh Giana. Giana pun menjelaskan bahwa bos sekaligus pemilik dari Bugsy, Beverly Killian sempat menawarkan kenaikan gaji dan memberikan fasilitas tambahan. Namun, sayangnya, Giana belum bisa kembali ke Jakarta, ia masih harus menunggu lima bulan kemudian baru bisa kembali ke Jakarta dan menyerahkan urusan pernikahan kepada calon suaminya, Emil Adrian.

Penulis mampu membangun suasana hanya dari kedua tokoh ini, sehingga pembaca akan dibuat penasaran bagaimana kisah selanjutnya antara Giana dan Emil. Ternyata permasalahan mereka bukan hanya ada perbedaan jarak pekerjaan Giana saja, tetapi terjadi juga permasalahan keluarga. Penulis menggambarkan keluarga Giana yang masing-masing memiliki kesibukan, sehingga satu sama lain tidak begitu saling memperhatikan. Begitu pun dengan rencana pernikahan Giana dengan Emil, tidak ada yang menanyakannya. Setelah mendengarkan penjelasan dari Giana, Emil dan keluarga mulai membuat perencanaan yang matang terhadap pernikahan mereka.

banner-promo-gramedia

Sebelum memiliki rencana pernikahan, Giana sering bertemu dengan teman-temannya Emil, tetapi Giana yang kurang nyaman ketika bertemu dengan teman-teman dari kekasihnya karena ia tidak begitu suka berkomunikasi dengan orang-orang baru dalam hidupnya. Terlebih lagi, ada satu teman dari Emil yang sangat tidak disukai oleh Giana, teman itu bernama Julian Magdi.

Giana mulai membenci Julian ketika Julian membawa pacar barunya setelah bercerai dengan istrinya. Giana beranggapan bahwa Julian tidak bisa memikirkan perasaan sang istri. Giana masih tak habis pikir, teman dari Emil itu bisa memiliki pacar walau belum lama bercerai. Saat pertemuan itu, Julian tidak begitu menganggapnya dengan serius karena ia beranggapan bahwa Giana tidak tahu kehidupan pribadinya. Sampai menjelang pernikahan, Giana masih cukup kesal dengan tingkah laku dari Julian, sehingga ia memberikan julukan kepada Julian yaitu playboy.

Hubungan yang dijalani oleh Giana dan Emil yang sedang menuju ke pernikahan ini ternyata mendapatkan kejutan dari Tuhan yang membuat Giana hampir tidak bisa menerima kejutan dan kenyataan itu. Kejutan itu berupa kabar buruk dari Jakarta yang disampaikan oleh adik dari Emil. Emil, kekasih dari Giana mengalami kecelakaan beruntun di sebuah tol. Hancur sudah rencana matang dengan penuh pertimbangan untuk hidup bersama dengan Emil. Penulis mampu membangun suasana sedih dengan cerita kecelakaan tersebut dan membuat pembaca akan bertanya-tanya ke mana kisah cinta Giana akan berlanjut.

Setelah mendengar kabar buruk itu, Giana diberikan izin oleh bosnya untuk kembali ke Jakarta. Namun, sangat disayangkan sesampainya di Jakarta ia tidak sempat melihat jenazah dari pacarnya, Emil. Setibanya di Jakarta, ia dijemput oleh Julian, iya Julian teman dari Emil yang dulu sangat ia benci. Julian sendiri bingung kenapa bisa menawarkan dirinya untuk menjemput Giana yang pernah mencap dirinya sebagai playboy.

Perjalanan dari bandara menuju rumah keluarga Emil tak penuh dengan perbincangan. Hal itu terjadi karena Giana sangat lelah setelah melakukan perjalanan selama 20 jam dan harus menangis sepanjang jalan. Emil yang melihat kondisi Giana itu tak begitu berani untuk memulai pembicaraan karena takut membuat Giana marah dan bertambah sedih.

Julian yang melihat Giana terus bersedih, hati nuraninya mulai tergerak, ia rela meluangkan waktunya untuk menemani kesedihan Giana setelah pacarnya meninggal dunia. Tanpa mereka sadari ternyata perlahan-lahan satu sama lain mulai mengenali sifatnya masing-masing, hingga mereka mulai lupa kalau mereka pernah berbeda pandangan. Apakah perjalanan antara Giana dengan Julian menjadi perjalanan kisah cinta atau mereka berbeda pandangan lagi seperti masa lalu? Kemudian, komunikasi Giana dengan keluarganya, apakah berjalan dengan baik atau malah semakin memburuk?

Hal yang Menarik dari Novel La La Love

Novel yang menggunakan sudut pandang dari perempuan yang selalu penuh dengan pertimbangan ini akan membuat kita tersadar bahwa dalam menjalani kehidupan terkadang sebuah kejutan yang diluar rencana yang sudah dibuat, sehingga memunculkan kegalauan. Penulis ingin menyampaikan bahwa apapun yang terjadi di dalam kehidupan baik itu yang sudah terencana tau di luar rencana, manusia harus siap untuk menghadapinya walaupun rasanya sakit sekali. Penulis juga berupaya untuk memberikan pesan bahwa jangan pernah merasa putus asa karena akan selalu ada orang-orang baru yang hadir di kehidupan manusia.

Dalam novel La La Love, pada awal-awal cerita kita akan disuguhkan langsung cerita yang bahagia yang tak lama cerita itu langsung berganti menjadi cerita sedih. Kita akan dibuat terkejut dengan perubahan cerita yang begitu cepat, bukan hanya pada bagian awal cerita, pada bagian tengah cerita pembaca akan dibuat terkejut dengan cerita dari Giana dengan Julian.

Cerita-cerita yang ada di dalam novel La La Love ini tidak jauh dari kehidupan sehari-hari, sehingga pembaca akan mudah memahami makna yang ada di setiap ceritanya. Novel yang berjumlah 272 halaman ini dapat membuat perasaan kita sebagai pembaca akan bercampur aduk, mulai dari perasaan sedih hingga perasahan bahagia, bahkan di beberapa bagian cerita ada yang membuat kita gemes dan gregetan. Meskipun ketika membaca novel ini, perasaan kita dicampur aduk, tetapi inti cerita akan tetap dapat dipahami.

Terlebih lagi, ketika membaca cerita demi cerita, halaman ke halaman, kita akan mendapatkan kesenangan yang membuat rasa bosan di dalam diri akan menghilang, bahkan akan ingin segera menyelesaikan novel ini. Nah, itulah salah satu hal menarik dari novel ini, cerita-cerita di dalamnya tidak jauh kehidupan atau mungkin kamu pernah merasakan perjalanan cinta yang dipenuhi dengan kesedihan dan kebahagian seperti Giana.

Novel yang beberapa bagian cerita menggunakan kota Wina membuat kita tersadar bahwa pusat tas yang cukup terkena, bugsy pusatnya ada di kota Wina, sehingga wawasan pembaca akan bertambah. Kita juga akan sedikit mengenal tentang istana Schonbrunn, sebuah tempat kencan pertama yang dipilih oleh Julian saat mendekati Giana. Pada bagian cerita itu, kita akan merasakan bagaimana mendekati seseorang yang sebelumnya saling tidak suka satu sama lain.

Pada bagian cerita keluarga Giana, penulis mampu menggambarkan karakter dari setiap anggota keluarganya terutama pada karakter ibu. Sama halnya di kehidupan nyata bahwa peran ibu bisa sangat memengaruhi keputusan yang akan diambil oleh seorang anak. Singkatnya, penulis ingin mengungkapkan bahwa sudah semestinya hubungan antara anak dan ibunya jangan sampai renggang.

Hal yang Kurang dari Novel La La Love

Dibalik hal yang menarik, novel La La Love mempunyai beberapa kekurangan di dalamnya. Kekurangan novel ini dimulai dari tokoh yang sering muncul pada novel ini sangat sedikit, sehingga membuat jalan cerita sedikit kurang menarik atau pada beberapa bagian cerita suasananya seperti kurang nendang. Selain itu, tokoh yang terlalu sedikit memudahkan pembaca untuk memahami karakter dari tokoh-tokoh novel. Mungkin, apabila diberikan beberapa tokoh tambahan, setiap cerita yang bisa membuat suasana cerita semakin berwarna dan menarik.

Kekurangan berikutnya yang terdapat pada novel ini cerita alur cerita yang mudah ditebak. Hal ini bisa terjadi karena tokoh di dalam novel sangat sedikit, sehingga cerita-cerita hanya berputar pada tokoh-tokoh tersebut. Bagi mereka yang sering membaca novel tentang drama percintaan pasti akan mudah menebak arah cerita dari novel ini. Mungkin akan lebih menarik lagi apabila alur cerita bisa dibuat seperti cerita berbingkai atau dihadirkan sebuah plot twist.

Kesimpulan dari Novel La La Love

Novel yang dipenuhi dengan drama percintaan dan permasalahan di dalam keluarga ini akan membuat pembaca tersadar bahwa di dalam kehidupan itu, komunikasi harus dijalin dengan baik agar tidak ada yang tersakiti satu sama lain. Penulis ingin menyampaikan bahwa perjalanan kisah cinta itu tidak selamanya akan berjalan dengan mulus akan selalu ada suatu kejutan-kejutan yang tak terduga yang sudah direncanakan oleh Tuhan, sehingga manusia harus siap untuk menerima kejutan tersebut.

Kisah cinta yang dialami oleh perempuan Giana Ambel bisa saja terjadi di kehidupan nyata atau mungkin saja diri kamu yang mengalami kisah cinta seperti Giana Ambel. Oleh sebab itu, penulis dari novel La La Love ingin menunjukkan bahwa setiap kejutan yang diberikan dari Tuhan bisa saja datang dari orang-orang yang berada di dekat kita tak terkecuali keluarga.

Dalam novel La La Love, kita bukan hanya sekadar membaca saja, tetapi akan dibuat tersadar oleh penulis bahwa kisah-kisah yang ada di dalam novel bisa terjadi di dekat lingkungan kita , terutama di dalam lingkungan keluarga. Hampir setiap manusia memiliki permasalahan dengan keluarganya, hanya saja tidak semua manusia mampu menyelesaikan permasalahan keluarga. Lewat novel ini, penulis ingin menyampaikan bahwa setiap permasalahan keluarga berbagai macam, sehingga tidak bisa disamakan satu sama lain.

Demikian resensi dari novel La La Love karya  L.E.A.L.A. Jika Grameds masih penasaran dengan perjalanan dari perempuan yang bernama Giana dengan Julian dan hal-hal menarik lainnya yang ada di dalam novel ini, maka bisa membeli bukunya di Gramedia.com dan Gramedia Digital.

banner-promo-gramedia

Penulis: Restu Nasik Kamaluddin

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu