in

Review “Buku Minta Dibanting” Karya Nadlifa Allya Tsana

gramedia.com

Review Buku Minta Dibanting karya Nadlifa Allya Tsana – Surat cinta dapat dengan mudah diartikan sebagai surat yang berisi sebuah pernyataan cinta. Dalam surat itu, orang yang menulis surat itu mengungkapkan perasaan yang ada di dalam hatinya. Biasanya terdapat rangkaian kalimat yang indah dan mesra sehingga si penerima surat merasa senang dan pipinya memerah saat membaca surat cinta tersebut.

Sebenarnya, surat cinta biasanya ditulis dan ditujukan kepada pria atau wanita yang dicintai oleh orang yang menulis surat cinta itu. Misalnya, pria A mencintai wanita B, wanita B mencintai pria A, dan surat cinta mengungkapkan cinta yang mereka rasakan. Sebelum teknologi berkembang dan matang seperti sekarang ini, surat cinta lebih akrab bagi orang yang lebih tua.

Surat Cinta dapat dikirim ke siapa saja, bukan hanya pacar. Misalnya, surat cinta untuk orang tua, teman, kerabat, bahkan presiden. Surat mungkin tidak begitu ramai digunakan untuk saat ini, tetapi mengungkapkan cinta dalam media surat akan jauh lebih berkesan dan tidak biasa daripada sekarang. Mungkin kamu dapat menulis surat cinta untuk orang yang kamu cintai dan melihat bagaimana reaksi orang itu ketika kamu menerima dan membaca surat cinta yang kamu tulis.

Mengirim surat cinta untuk orang yang dicintai pasti akan membuat kamu merasa resah. Ada beberapa hal yang dirasakan dan dipikirkan orang zaman dahulu saat menulis surat cinta. Beberapa di antaranya biasanya menebak-nebak apakah surat itu sampai ke orang yang dituju atau orang tuanya, membayangkan bagaimana reaksi orang yang dituju saat membaca surat itu, menanti dengan cemas dan gemas balasan dari surat cinta yang telah di kirim melalui di kantor pos, atau merpati jalan adalah teman dan berbagai jenis kebingungan emosional lainnya.

Mengapa harus surat cinta? Jika kamu bertanya kepada orang-orang zaman sekarang, ada banyak penjelasan. Di era gawai seperti sekarang ini, jika kamu mengungkapkan cinta dalam sebuah surat, tentu memiliki nilai positif lainnya.

Mungkin terlihat lebih romantis dan unik dari cara mengungkapkan cinta yang biasa. Oleh karena itu, kamu perlu menuliskan emosi Anda melalui selembar kertas dan mencoba membungkusnya dalam amplop dengan rangkaian kata-kata mesra yang membuatnya melayang di udara.

Hal ini seperti buku yang berjudul “Buku Minta Dibanting” karya Nadlifa Allya Tsana. Buku ini dibuat seperti surat-surat cinta yang siap dikirim kepada orang-orang yang kamu cintai. Kumpulan kata-kata yang ada di dalam buku ini tentunya membuat pembacanya tersenyum. Untuk itu, artikel ini akan mengulas apa saja yang ada di dalam buku ini.

Detail Buku

beli sekarang

Buku dengan judul “Buku Minta Dibanting” karya Nadlifa Allya Tsana ini memiliki halaman dengan jumlah 64 halaman saja. Buku ini terbit pada 17 Februari 2020, yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Dengan buku berjumlah 64 halaman ini, buku ini hanya memiliki ukuran berat sekitar 0.2 kg, panjang 11 cm, dan lebar 18 cm. Buku ini tentunya juga ditulis menggunakan bahasa Indonesia. Buku ini juga pastinya telah memiliki ISBN yaitu, 9786020638287.

Sampul Buku

Sampul pada buku ini memiliki gambar atau ilustrasi yang lucu, keren, dan juga terlihat khas kalau buku ini ditulis oleh Rintik Sedu atau Tsana. Pada bagian sampul juga terlihat karakter Mblo dan Mblu yang sering digunakan sebagai ilustrasi dan juga tidak lupa gambar Paus yang merupakan panggilan Tsana dari para penggemarnya. Bahkan, penggemarnya disebut sebagai Pasukan Paus.

Pada bagian sampul belakang terdapat sinopsis buku, keterangan penerbit, alamat jelas dan akun sosial media penerbit, beserta keterangan harga. tentunya seperti buku pada umumnya.

Sinopsis Buku

Hei, kalian yang ngakunya single-but-unavailable, masih sering di-PHP-in? Lo yang mendadak berharap cuma gara-gara di-chat, atau gimana? Suka ngasih kode ke gebetan tapi nggak mempan? Atau belum bisa move on dari mantan yang udah gandeng pasangan barunya? Buku ini pas banget buat kalian. Bisa kalian sobek dan kirim langsung ke target, daripada ngasih kode via media sosial yang dilihat-juga-nggak sama target. Izinkan Mblo dan Mblu membantu kalian. Tapi jangan baper ya, soalnya ini tuh Buku Minta Dibanting banget!

Isi Buku

Buku ini termasuk dalam jenis seperti sebuah kumpulan puisi. Buku ini berisi kata-kata puitis yang berkaitan dengan kehidupan seorang lajang yang bisa membuat para pembaca tersenyum sendiri. Hal ini juga mengajarkan kita untuk tidak mudah terbawa perasaan dengan orang lain, jadi kita bisa melupakan seseorang dari masa lalu kita. Bagian belakang sampul menjelaskan mengapa Si Rintik Sedu memilih Mblo dan Mblu sebagai ilustrasi.

Singkatnya, Mblo dan Mblu umumnya dipahami sebagai bayangan cermin dari seorang pembaca Rintik Sedu yang lajang, kesepian, membutuhkan cinta, tetapi tidak mengatakan bisa apa-apa. Buku ini menjelaskan kepada yang membacanya bahwa tidak ada seorang pun yang benar-benar sendirian.

banner-promo-gramedia

Seperti yang telah terlihat pada judulnya, pembaca akan kesal karena buku ini minta dibanting. Nadhifa Allya Tsana, pemilik akun Rintik Sedu, mengatakan bahwa keberadaan “Buku Minta Dibanting” yang sepertinya terinspirasi dari para pembaca bukunya, dan bagaimana posisi Rintik Sedu ketika berada di media sosial.

Misalnya, sebagai teman yang menyebalkan yang mengungkapkan curahan hati kepada temannya, daripada dipeluk atau dinasihati, dia berkata, “Ya, itu salahmu,”. Artinya buku ini bisa dikatakan sebagai pemberi nasihat dan juga motivasi saat sedang jatuh cinta. Bahkan terdapat juga kata-kata manis yang bisa kamu berikan kepada orang yang kamu sukai.

Tsana menyebutkan bahwa buku ini sebagai lelucon yang memiliki konsep unik berupa kartu pos yang dapat dikirimkan melalui pos. Hal ini dikarenakan, ada banyak jenis buku yang memiliki konsep yang sama, yaitu kumpulan kata. Lalu, Tsana bersama tim akhirnya memutuskan menggunakan konsep seperti surat cinta.

Perbedaannya adalah, surat cinta yang berbentuk buku ini isinya bermacam-macam, bahkan kalian bisa juga mengguntingnya. Pada bagian belakang kalian bisa saja menuliskan nama kalian atau tanpa nama untuk mengirimkannya kepada orang yang kalian sukai.

Kelebihan Buku

Buku ini bisa menjadi hiburan kepada para pembaca, khususnya yang sedang lajang atau jomblo yang bisa menemani kalian saat merasa kesepian. Ilustrasi yang dibuat juga tidak membosankan dan terkesan lucu, kalian bisa betah membaca buku ini karena kata-kata di dalamnya dan juga ilustrasi yang menarik. Buku ini unik, di mana bagian kerta bisa disobek atau digunting untuk dikirimkan kepada orang yang sedang kita sukai.

Kekurangan Buku

Karena buku ini bisa disobek dan memberikan bagian kertas kepada orang lain maka bahan dari kertas yang dipakai pun cukup tebal. Hal ini membuat pembaca sedikit kesulitan dalam membuka halaman satu per satu. Kalau diibaratkan seperti membuka buku tahunan sekolah yang berisi foto-foto siswa.

Kesimpulan

Buku Minta Dibanting karya Nadlifa Allya Tsana ini adalah buku yang memiliki konsep menarik. Kertas bisa digunting dan dibagikan kepada orang lain, bahkan bahan kertasnya juga berbeda dari buku biasanya, tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Isi buku juga terlihat menyegarkan mata karena didukung dengan ilustrasi menarik. Tentunya tidak akan mengecewakan ekspektasi dari para pembaca tentang buku kumpulan quotes ini. Bagi kalian yang menyukai buku seperti ini, kalian bisa membelinya.

Grameds, demikianlah review buku “Buku Minta Dibanting” yang merupakan karya dari Nadlifa Allya Tsana yang diberikan oleh Gramedia. Kamu dapat membeli dan membacanya jika tertarik. Namun, jika kalian ingin mempelajari ilmu-ilmu lainnya, kalian juga bisa membeli dan membaca buku lain yang ada di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan buku-buku berkualitas dan juga bermanfaat untuk kamu. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq