in

(REVIEW BUKU) Lebih Memahami Kesehatan Mental Lewat Loving the Wounded Soul

Belakangan, isu kesehatan mental kerap menjadi sorotan dan topik perbincangan hangat. Termasuk juga tentang depresi yang ikut ramai dibicarakan.

Ditambah lagi efek tayangnya film Joker yang mulai tayang pada 2 Oktober lalu, semakin membuat isu kesehatan mental dan depresi jadi topik utama baik di pemberitaan dan juga media sosial.

Kebetulan sekali, di momen yang berdekatan, saat itu baru saja terbit sebuah buku berjudul Loving the Wounded Soul: Alasan dan Tujuan Depresi Hadir di Hidup Manusia karya Regis Machdy.

Buku ini dibuat sesuai dengan cita-cita sang penulis yang ingin menjadi jembatan antara dunia akademisi psikologi dan masyarakat yang belum paham sekali mengenai kesehatan mental.

Bagian menariknya, buku ini akan berisikan penjelasan komprehensif dari sisi psikologi tentang kesehatan mental, dan ditulis oleh seseorang yang mendalami ilmu tersebut secara langsung sekaligus sebagai seseorang yang juga pernah mengalami depresi.

Pada bagian awal buku ini, sang penulis mengungkapkan bahwa buku ini memang kombinasi antara konsep psikologi yang ilmiah dan cerita personal yang dialaminya sendiri.

“Buku ini saya tulis dalam waktu dan suasana hati yang berbeda-beda, maka Anda akan melihat sisi kemanusiaan saya. Ada saatnya saya sangat detail memberi penjelasan dengan banyak konsep dan contoh konkret. Ada saatnya saya mengesampingkan semua bukti ilmiah dan berfokus pada pengalaman pribadi alias “curhat colongan”.” (Regis Machdy, 2019: XVI)

Sebelum memasuki bab awal buku ini, Regis Machdy juga menuliskan bagian “cara menggunakan buku ini”, untuk memandu para pembaca.

Di salah satu bagiannya, ia menuliskan bahwa buku ini tidak perlu dibaca runut. Dan tidak juga harus menamatkan semua bab.

Ia memberikan saran agar pembaca mencari bab yang membangkitkan rasa penasaran, dan tentunya setiap bab bisa dicari di bagian daftar isi. Di buku ini terdapat enam bab berbeda.

Dimulai dari bab pertama yang berjudul Memahami Kesehatan Mental, bab kedua, Ciri-ciri Depresi, lalu Siapa pun Bisa Depresi, Faktor Biologis, Faktor Eksternal dan ditutup dengan bab Higher Meaning.

Dan memang betul setiap bab berisikan tema-tema spesifik, dan jika dilanjutkan bab demi bab menjadi satu kesatuan yang utuh. Meski si penulis tak mewajibkan pembaca mengkhatamkan semua bab, tapi tentunya akan lebih menyenangkan jika mengetahui keseluruhan isi dari buku ini.

“Namun, jika Anda dapat membaca semua isi buku ini, tentu pemahaman Anda akan lebih komperhensif,” tulis Regis Machdy di buku ini.

Membaca buku ini juga akan lebih memperkaya pengetahuan tentang kesehatan mental. Penulis juga memasukkan penjelasan daftar ilmiah di buku ini. Regis Machdy mencoba menjelaskannya dalam bahasa yang sangat sederhana agar mudah dipahami.

Jadi, sejauh apa kamu mengetahui atau memahami tentang kesehatan mental? Jika merasa belum tahu apapun, buku ini bisa menjadi salah satu awal yang baik.

Sementara jika merasa sudah mengetahuinya, buku ini juga bisa dijadikan bahan rujukan mengenai seberapa akurat pengetahuanmu tentang kesehatan mental yang sudah kamu ketahui selama ini.

Dapatkan e-book Loving the Wounded Soul: Alasan dan Tujuan Depresi Hadir di Hidup Manusia karya perdana Regis Machdy di Gramedia Digital.

Loving
Beli e-book Loving the Wounded Soul karya Regis Machdy di sini

 

 

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nanda Hadiyanti