in

Review Bukan Buku Nikah – Ria Ricis

Cinta, sebuah kata yang penuh dengan berbagai macam makna, sehingga setiap arti cinta pada setiap orang tak selalu sama, karena kisah cintanya akan berbeda. Setiap manusia pasti pernah, sedang, atau akan mengalami kisah cinta terhadap orang lain. Namanya juga sebuah kisah cinta pasti akan ada akhirnya, baik itu kisah cinta yang berakhir bahagia atau berakhir dengan kesedihan. Bagaimanapun akhir dari kisah cinta, kita harus sudah siap menerimanya dan harus percaya jika Tuhan sudah mempersiapkan orang lain.

Kehidupan seseorang akan terus berjalan walau kisah cinta yang dijalaninya kandas. Kandasnya kisah cinta pasti akan memunculkan kesedihan, karena harus berpisah dengan orang terkasih. Namun, bagi sebagian orang kandasnya kisah cinta merupakan hal yang bisa membahagiakan dirinya. Begitulah kisah cinta yang dijalani setiap manusia, perasaan yang muncul setelah kandasnya kisah cinta tak selalu sama.

Kisah cinta memang tak bisa dilepaskan dari rasa bahagia ataupun rasa sedih karena kedua perasaan itulah yang membuat kisah cinta seseorang menjadi lebih berwarna. Semakin berwarna sebuah kisah cinta manusia, maka semakin banyak rintangan yang sudah mereka lewati dan semakin banyak juga rasa bahagia dan rasa sedih yang hadir.

Bagi sebagian orang kisah cinta yang berwarna adalah kisah cinta yang dijalani dengan bersama-sama apapun rintangan yang akan dihadapi. Akan  tetapi, bagi sebagian lainnya mengartikan kisah cinta yang berwarna berupa kisah cinta yang sudah kandas, tetapi kembali bersama lagi.

Dalam sebuah kisah cinta, rintangan yang datang tak kenal waktu dan dalam bentuk apa saja, mulai dari kisah cinta yang mulai renggang hingga hadirnya orang lain dalam sebuah kisah cinta sepasang kekasih.

Apabila hadirnya orang lain dalam sebuah hubungan pasti akan memunculkan kebimbangan bagi mereka yang menjalaninya, apakah harus bersama dengan orang yang baru hadir atau bertahan dengan dia yang sudah lama. Apapun keputusan yang akan diambil, percayalah bahwa Tuhan akan selalu memberikan yang terbaik untuk kita.

Bagi sepasang kekasih yang sedang menjalin kisah cinta akan beranggapan bahwa rintangan dalam kisah cinta ada yang rumit dan ada yang mudah dilalui. Bagi seseorang yang sedang menghadapi rintangan yang rumit, anggap saja jika kisah cinta ini adalah suatu cobaan yang berasal dari Tuhan, sehingga kamu perlu memohon doa agar kamu dengan pasangan dapat menyelesaikan rintangan rumit yang sedang dihadapi, sehingga kisah cinta tak harus kandas.

Tuhan memang akan selalu mendengar doa dari hamba-hambanya dan Tuhan akan memberikan yang terbaik untuk hambanya walaupun keinginannya tidak bisa tercapai. Melalui novel Bukan Buku Nikah karya Ria Ricis kamu akan tergambarkan bagaimana kisah cinta datang ke dalam kehidupan seseorang.

Penulis akan menggambarkan sebuah kisah cinta yang penuh dengan kerumitan dari kisah nyata. Oleh sebab itu, saat membaca novel ini kamu akan merasakan kebimbangan, kepastian, bahkan ketidakpastian. Selain itu, kamu akan mengetahui kisah cinta dari seorang youtuber sekaligus penulis, Ria Ricis.

Alur dari Novel Bukan Buku Nikah

Novel yang ditulis oleh seorang youtuber sekaligus penulis ini menceritakan tentang kisah cinta seorang perempuan yang penuh dengan lika-liku dan berharap adanya sebuah kepastian. Ria Ricis ingin membagikan kisah cintanya kepada pembaca sekaligus berupaya untuk menyampaikan hal-hal positif dalam kehidupan.

Seorang perempuan yang ada di dalam novel ini bernama Ricis menjalin kisah cinta dengan seorang laki-laki yang bernama Awan. Awan dan perempuan itu sudah cukup lama berkenalan, hingga akhirnya memutuskan untuk menjalin sebuah kisah cinta. Kisah cinta yang mereka jalani sangat romantis, sehingga pembaca akan merasa iri dan ingin merasakan sebuah kisah cinta seprti mereka.

Namun, kisah cinta yang mereka jalani ternyata penuh dengan rintangan, mereka harus menghadapi rintangan semua rintangan itu. Hingga pada suatu waktu mereka harus berpisah karena Awan, kekasih dari Ricis belum siap untuk melanjutkan kisah cinta ke jenjang yang lebih serius dan belum siap untuk menemani Ricis hingga masa tua. Ketika melihat mereka berpisah, pembaca akan dibuat merasakan kesedihan dan tidak bisa melihat keromantisan Awan kepada Ricis.

Ketika kisah cinta antara Ricis dengan Awan berakhir, datanglah seorang laki-laki yang bernama Rangga di dalam kehidupan Ricis. Rangga adalah teman baik dari Ricis, ia sudah lama berteman dengan Ricis, tetapi orang baru dalam kisah cinta Ricis. Seiring berjalannya waktu, Rangga sangat peduli dengan kehidupan Ricis dan perlahan-lahan rasa cinta Rangga kepada Ricis mulai muncul.

banner-promo-gramedia

Kedatangan Rangga di dalam kehidupan Ricis membuat Ricis perlahan-lahan rasa sedih karena harus berpisah dengan Awan mulai tergantikan dengan rasa bahagia. Rangga mampu membuat kehidupan Ricis mulai berwarna kembali, Ricis mulai memiliki rasa cinta terhadap Rangga. Rangga pun sudah memiliki keyakinan untuk hidup bersama dengan Ricis.

Namun, ketika rasa cinta antara Rangga dan Ricis mulai tumbuh, ternyata Awan kembali datang dan hadir ke kehidupan Ricis. Saat Awan mulai masuk ke kehidupan Ricis, pembaca akan dibuat gregetan, kenapa Awan datang kembali pada saat Ricis sudah jatuh cinta kepada orang lain. Awan datang dengan penuh keyakinan ingin mengajak Ricis menua bersama.

Apakah Ricis akan kembali kepada Awan atau menjalin kisah cinta dengan Rangga? Grameds, segera temukan jawabannya dengan membeli buku ini di Gramedia.com

Hal yang Menarik dari Novel Bukan Buku Nikah

Novel yang ditulis oleh Ria Ricis yang merupakan seorang youtuber sekaligus penulis ini memiliki beberapa hal yang menarik yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

1. Mengajarkan Untuk Ikhlas

Dalam kehidupan yang dijalani oleh setiap manusia memang tak semuanya akan sesuai dengan rencana atau keinginan, sehingga tak jarang beberapa manusia yang mengalami hal ini akan kecewa. Kekecewaan karena keinginan tidak terwujud  adalah hal yang wajar, tetapi apabila larut dalam kekecewaan dalam waktu yang lama, sebaiknya harus dihindari. Hal ini bisa menyebabkan kita malas untuk menjalani aktivitas atau menjalani kehidupan itu sendiri.

Maka dari itu, dalam kehidupan manusia selalu diajarkan untuk ikhlas untuk menerima semua kenyataan yang ada walau belum sesuai dengan keinginan. Tuhan pasti akan memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan, sehingga kita harus percaya bahwa akan selalu ada hal indah yang diberikan oleh Tuhan.

Ketika kamu membaca novel Bukan Buku Nikah, maka menyadarkan pembaca untuk menjadi pribadi yang ikhlas. Penulis menggambarkan keikhlasan melalui kisah cinta seorang perempuan yang menyerahkan jodohnya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pembaca akan dibuat tersentuh dengan kalimat-kalimat yang menggambarkan keikhlasan dari perempuan (di dalam novel).

2. Motivasi

Manusia dapat hidup bukan hanya dari makan, minum, dan tidur saja, tetapi perlu sebuah motivasi atau penyemangat kehidupan. Sebuah kehidupan tanpa adanya penyemangat atau motivasi pasti membuat seorang manusia mulai mengalami rasa putus asa. Rasa putus asa dalam kehidupan harus dihilangkan agar kehidupan yang dijalani penuh dengan kebahagiaan, sehingga aktivitas sehari-hari tidak terganggu.

Motivasi atau penyemangat dalam kehidupan bisa bisa datang dari siapa saja. Motivasi yang dimiliki oleh manusia ini bisa datang dari seorang teman, seorang kekasih, bahkan dari diri kita sendiri. Kita sebagai manusia harus siap untuk menghadapi sebuah kenyataan bahwa tidak semua orang mampu memberikan motivasi kepada kita, sehingga kita harus bisa memotivasi diri sendiri.

Maka dari itu, penulis lewat novel ini ingin menyampaikan bahwa manusia yang hidup di dunia ini tak akan pernah sendiri pasti ada yang menemaninya, yaitu Tuhan. Masalah sesulit dan serumit apapun yang sedang dihadapi, Tuhan pasti akan menemani dan berada di dekat seorang hama. Penulis ingin berpaya menyampaikan bahwa manusia itu perlu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar mendapatkan sebuah motivasi kehidupan.

3. Kesabaran

Emosi amarah dalam kehidupan manusia sebisa mungkin harus dihindari karena bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Emosi amarah ini biasanya muncul karena keinginan atau rencana dalam hidup tidak sesuai. Untuk menghilangkan emosi amarah di dalam diri memang sangat sulit, karena harus memiliki sebuah keikhlasan untuk menerima semua kenyataan.

Selain ikhlas, kehidupan manusia harus dipenuhi dengan kesabaran. Tak bisa dibayangkan, jika seorang manusia kesabarannya sudah mulai pudar. Dengan kesabaran, manusia akan mampu menahan sebuah emosi amarah, sehingga tidak memunculkan hal yang dapat merugikan diri sendiri atau orang lain. Jadi, kita sebagai manusia perlu melatih kesabaran sesegera mungkin.

“Kesabaran” kata yang penuh dengan makna itulah yang ingin disampaikan oleh penulis melalui novel Bukan Buku Nikah. Dengan membaca novel ini, kamu akan merasa bahwa dibalik sebuah kesabaran akan ada hasil yang memuaskan. Perjalanan kisah cinta penulis yang mendapatkan kepastian dari seorang laki-laki adalah hasil dari kesabarannya selama menjalani kisah cinta di dalam kehidupannya.

4. Rasa Bahagia

Kehidupan yang terus menerus sedih sangat tidak baik bagi diri kita karena bisa menimbulkan rasa kecewa, putus asa, bahkan tidak ingin menjalani kehidupan. Sudah seharusnya jika setiap manusia tidak merasakan kesedihan yang berlarut-larut karena setiap manusia berhak bahagia dengan sebuah pilihannya.

Rasa bahagia yang dimiliki oleh manusia harus lebih banyak daripada rasa sedih. Hal seperti ini akan berdampak baik bagi manusia itu sendiri, karena akan memunculkan semangat dalam menjalani kehidupan. Terkadang rasa bahagia ini datang dari seseorang yang baru hadir atau masuk ke dalam kehidupan kita. Seseorang yang hadir

5. Belajar dari Masa Lalu

Perjalanan hidup seorang manusia, baik itu karir, pertemanan, hingga kisah cinta tidak bisa dilepaskan dari yang namanya masa lalu. Masa lalu akan selalu ada, hingga manusia sudah tak bisa bernapas lagi. Setiap masa lalu manusia akan berbeda, ada masa lalu yang bahagia, masa lalu yang sedih, masa lalu yang penuh dengan keburukan, masa lalu yang penuh dengan kebaikan, dan masih banyak lagi.

Masa lalu yang buruk harus dihindari oleh setiap manusia karena bisa merugikan diri sendiri atau orang di masa depan. Oleh karena itu, setiap manusia perlu untuk belajar dari masa lalu, bukan hanya masa lalu yang buruk saja, tetapi juga masa lalu yang baik. Dengan belajar dari masa lalu yang buruk, kita bisa menjadi pribadi yang baik. Sementara itu, jika kita belajar dari masa lalu yang baik, kemungkinan besar kita akan menjadi pribadi yang lebih baik.

Begitu pun dengan novel ini yang ingin memberikan kesadaran kepada pembacanya agar selalu belajar dari masa lalu. Belajar dari masa lalu diilustrasikan oleh penulis melalui kisah cinta seorang perempuan, apakah harus kembali kepada mantan kekasihnya atau menjalani kisah cinta dengan orang yang baru dikehidupannya.

6. Mengetahui Kisah Cinta Ria Ricis

Setiap novel yang ditulis oleh oleh pengarang, ada yang berasal dari kisah nyata dari kehidupan penulis, kisah nyata dari kehidupan orang lain, atau hanya sebuah kisah yang berasal dari “dunianya” penulis atau pengarang. Setiap kisah yang ada di dalam novel akan selalu memiliki sebuah makna yang membuat perasaan pembaca tersentuh ketika membacanya. Terlebih lagi, jika novel yang kita baca adalah novel yang berasal dari kisah cinta penulis atau pengarang.

Novel Bukan Buku Nikah adalah novel yang berisi kisah cinta dari Penulisnya, Ria Ricis. Ketika kamu membaca novel ini, kamu akan mengetahui lika-liku perjalanan kisah cinta dari Ria Ricis.  Pembaca akan dibuat terpana dengan perjuangan yang dialami oleh  Ria Ricis dalam menjalani kisah cintanya.

banner-promo-gramedia

Itulah beberapa kelebihan dari novel Bukan Buku Nikah karya Ria Ricis. Bagi Grameds yang penasaran dengan isi cerita dari kisah cinta Ria Ricis, bisa memilih dan mendapatkan novel ini melalui Gramedia.com atau dengan klik tombol “beli sekarang”.

Hal yang Kurang dari Novel Bukan Buku Nikah

Novel dengan judul Bukan Buku Nikah di dalamnya terdapat beberapa kekurangan yang dapat membuat pembaca akan mudah bosan karena terlalu banyak disuguhkan dialog. Hampir setiap bab yang ada di dalam novel, penulis lebih mengutamakan dialog, sehingga penulis jarang sekali memunculkan narasi-narasi di dalam novel. Alangkah baiknya, komposisi antara dialog dengan naras-narasi cerita seimbang agar cerita novel menjadi lebih berwarna dan pembaca tidak akn bosan ketika membacanya.

Kesimpulan dari Novel Bukan Buku Nikah

Seperti yang kita tahu bahwa perjalanan dari sebuah kisah cinta tak selamanya akan berjalan sesuai dengan keinginan kita. Dengan begitu, kisah cinta menjadi lebih berwarna. Semakin banyak warna dalam sebuah kisah cinta akan semakin indah kisah cinta itu.

Keinginan-keinginan dalam hidup memang tak selamanya akan terwujud, sehingga sebagai manusia kita harus bersabar, ikhlas, dan memotivasi diri sendiri. Namun, keinginan-keinginan yang tidak terwujud, Tuhan akan menggantikannya dengan hal-hal yang memang kita butuhkan. Oleh karena itu, kita sebagai manusia tidak mudah putus asa, dan terus menjalani semangat dalam hidup.

Lewat novel Bukan Buku Nikah ini, Ria Ricis yang merupakan youtuber sekaligus penulis membagikan kisah cintanya kepada pembaca. Di samping mendapatkan nilai-nilai yang bisa diambil dari novel ini, kamu juga bisa mengetahui bagaimana perjalanan kisah cinta dari penulis. Selain itu, kamu akan tersadar bahwa dalam kehidupan yang penuh dengan tanda tanya ini, manusia tidak akan pernah sendiri, ia akan ditemani oleh Tuhan dan selalu berdampingan Tuhan.

Oleh karenanya, pembaca perlu membaca novel ini agar dapat belajar bahwa dalam perjalanan sebuah kisah cinta tak selamanya akan berjalan sesuai dengan keinginan, sehingga kita harus siap untuk menerima dan menghadapi itu semua. Meskipun novel ini dibaca ulang beberapa kali tidak akan menimbulkan rasa bosan. Jadi, Grameds, jangan raun untuk membeli novel ini dan segera dapatkan di Gramedia.com.

Sumber: Dari berbagai macam sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien
banner-promo-gramedia

Written by Restu