in

Jomlo? Ikuti Perayaannya Setiap 11 November

Sumber foto header: Unsplash

Tahukah kamu, di China setiap 11 November dirayakan sebagai Singles Day alias perayaan bagi mereka yang masih jomlo? Dalam bahasa China, perayaan tersebut disebut Guanggun Jie.

Kenapa dirayakan setiap tanggal 11 di bulan ke-11 setiap tahunnya? Karena katanya, angka satu melambangkan single atau sendiri alias jomlo. Nah, di China sendiri, perayaan ini sudah terkenal dan memang sudah dirayakan sejak bertahun lalu.

Cikal bakal perayaan 11.11 ini berawal saat sejumlah mahasiswa di Universitas Nanjing, di tahun 1990-an sepakat menjadikan 11 November sebagai hari mereka merayakan kesendirian mereka. Sejak saat itu, perayaan 11.11 dikenal luas dan mulai dilirik sebagai ladang usaha.

Pasalnya, 11.11 biasa dirayakan para jomlo di China dengan membeli sesuatu untuk menghadiahi diri sendiri. Hal ini pun dijadikan kesempatan bisnis.

Pada 2009, perusahaan raksasa Alibaba mulai menjalankan peluang bisnis di perayaan Singles Day dengan meluncurkan penawaran belanja online dengan potongan harga, yang kemudian dikenal dengan “Double 11“.

Kesempatan emas itu pun ternyata berhasil dan berkembang hingga saat ini. Platform belanja online di China, termasuk Taobao juga ikut mengadakan penawaran spesial di momen 11.11. Kemudian diikuti JD.com, hingga Lazada, yang ikut meraup untung dari perayaan tersebut.

Sukses melihat peluang lewat Singles Day, Alibaba pun akhirnya mematenkan istilah “Double 11” di bawah nama Alibaba Group pada 28 Desember 2012.

Dan siapa sangka dalam perkembangannya, penawaran potongan harga “11.11” kini tak cuma terkenal di China tapi juga di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Hingga kemudian momen 11.11 ini disebut sebagai Global Shopping Festival, seperti dilansir dari telegraph.co.uk.


Hai kamu yang masih jomlo, sudahkah kamu ikut merayakan 11.11? Apakah sudah menghadiahi diri sendiri dengan berbelanja online?

Atau justru jadi punya ide bisnis seperti yang dilakukan Alibaba Group? Hmmm.. atau jangan-jangan jadi cari tahu tentang Alibaba Group yang pandai melihat kesempatan bisnis?

Kalau iya, kayaknya kamu perlu baca buku yang satu ini nih, yang judulnya Jack Ma & Alibaba, karya Yan Qicheng. Yang akan mengupas tentang sosok Jack Ma yang ada di balik kesuksesan Alibaba.

Buku ini, bisa kamu dapatkan di Gramedia Digital sekarang juga!

Di
Beli e-book Jack Ma & Alibaba karya Yan Qicheng di sini

 

 

 

 


 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nanda Hadiyanti