in

11 Pemain Voli Putri Indonesia Populer yang Miliki Segudang Prestasi

sportstars.id

Pemain Voli Putri Indonesia – Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki berbagai jenis olahraga favorit. Bahkan, beberapa olahraga juga memiliki ajang perlombaan, baik tingkat nasional maupun internasional. Salah satunya adalah olahraga voli.

Jika dilihat dari perkembangan dunia olahraga di Indonesia. Sampai saat ini, banyak lahir atlet-atlet voli dengan kemampuan yang begitu handal, hebat dan menakjubkan. Voli merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa dimainkan oleh semua gender.

Itu artinya, voli tak hanya bisa dimainkan oleh anak laki-laki saja, tetapi juga bisa dimainkan oleh wanita. Di Indonesia sendiri saat ini sudah ada banyak sekali klub voli putri dengan para pemain yang begitu hebat sekali kemampuannya.

Nah, dalam artikel ini akan menjelaskan beberapa pemain voli putri Indonesia dan berbagai macam yang berhubungan dengan dunia olahraga voli.

Daftar Pemain Voli Putri Indonesia yang Begitu Populer

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika Indonesia memiliki banyak pemain voli putri Indonesia. Bahkan, beberapa pemain voli putri tersebut juga ada yang bergabung dengan timnas Indonesia.

Bagi kalian yang sudah begitu lama mengikuti perkembangan dunia olahraga voli di Indonesia tentunya juga sudah tahu jika banyak talenta berbakat yang selalu bisa mengharumkan nama bangsa ini.

Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa daftar pemain voli putri Indonesia yang begitu handal, mumpuni, populer hingga yang sudah menorehkan berbagai macam prestasi di dunia olahraga tersebut. Siapa saja mereka? Ini penjelasan selengkapnya.

1. Yolla Yuliana

Yolla Yuliana adalah salah satu pemain voli putri Indonesia yang lahir di Bandung tanggal 16 Mei 1994. Darah olahraga voli memang sudah mengalir di dalam tubuh Yolla Yuliana. Sebab, ibu dan Yolla Yuliana merupakan pemain voli handal yang tak bisa dipungkiri lagi kehebatannya.

Yolla Yuliana sudah mulai dikenalkan voli oleh sang ibu sejak berada di bangku Sekolah Dasar atau SD. Dari situlah sang ibu mengetahui jika bakat olahraga voli sudah ada pada Yolla Yuliana.

Pada tahun 2006, Yolla Yuliana didaftarkan oleh ibunya untuk bisa bergabung bersama dengan klub Bola Voli ALKO Bandung. Saat itu usia dari Yolla Yuliana sudah menginjak 12 tahun.

Pada tahun 2009, debut pertama dari Yolla Yuliana adalah ketika bersama dengan tim Bogor Prayoga Unitas. Karena mampu menampilkan performa yang begitu apik, klub voli Jakarta Elektrik PLN melakukan perekrutan kepada Yolla Yuliana pada tahun 2010 lalu.

Meskipun saat itu Yolla Yuliana menjadi pemain pelapis, tetapi hal tersebut tak menjadikannya patah semangat. Malah justru karena Yolla Yuliana menjadi pemain pengganti tersebut menjadikan dirinya selalu bisa merebut perhatian para penonton.

Pemain Voli Putri Indonesia

2. Zara Alfa Lautania

Selanjutnya, ada Zara Alfa Lautania yang juga masuk ke dalam jajaran pemain voli putri Indonesia yang memiliki kemampuan begitu bagus dan memakai. Zara Alfa Lautania juga merupakan pemain pada klub Jakarta Popsivo.

Zara Alfa Lautania sendiri lahir pada tangga 10990 dan memiliki posisi di lapangan sebagai setter. Sebelum bergabung dengan Jakarta Popsivo, Zara Alfa Lautania juga pernah menjadi salah satu pemain klub ALKO Bandung.

Meskipun Zara Alfa Lautania memiliki tubuh tergolong mungil, tetapi Zara Alfa Lautania kerap menjadi penarik perhatian dari para penonton maupun pemain lain. Tak hanya dari sisi permainannya yang begitu hebat, namun juga karena paras wajah Zara Alfa Lautania yang begitu manis.

3. Maya Kurnia Indri

Maya Kurnia Indri adalah atlet voli putri dari Indonesia yang tergabung dalam klub Pertamina Jakarta. Di sisi lain, ternyata Maya Kurnia Indri juga masuk ke dalam kompetisi Proliga 2014. Dari sini, tentunya kita sudah bisa tahu bagaimana mumpuninya kemampuan yang dimiliki oleh Maya Kurnia Indri.

Prestasi Maya Kurnia Indri di tingkat nasional memang sangat pesat. Pada usia 23 tahun Maya Kurnia Indri sudah bisa menduduki posisi quicker andalan dari klub Jakarta Pertamina Energi pada ajang Pertamina Proliga 2015.

Selain itu, Maya Kurnia Indri juga bisa menyabet berbagai penghargaan khusus individu hingga gelar juara bersama dengan tim yang ia bela. Dilihat dari pengalamannya, Maya Kurnia Indri sejak tahun 2017 sudah mulai bertanding pada tingkat SEA Games dengan tim bola voli Indonesia.

Sejak kecil, Maya Kurnia Indri memang begitu suka dengan olahraga bola voli. Tak heran jika sampai saat ini Maya Kurnia Indri bisa tumbuh menjadi salah satu atlet nasional dengan kemampuan yang sangat-sangat bagus. Hal tersebut bisa dibuktikan dari banyaknya penghargaan yang berhasil didapatkannya.

4. Pungky Afriecia

Pungky Afriecia juga termasuk ke dalam jajaran pemain voli putri Indonesia yang memiliki kemampuan begitu apik di lapangan. Pungky Afriecia juga tergabung di klub voli Jakarta Electric PLN.

Banyak pihak yang menyebutkan jika Pungky Afriecia adalah bidadari di lapangan bola voli. Selain memiliki paras cantik, permainan dari Pungky Afriecia juga sangat menawan ketika berada di lapangan.

Hal tersebut bisa terbukti dari adanya beberapa prestasi sukses yang berhasil diraih oleh Pungky Afriecia. Salah satunya adalah mampu membawa ALKO Bandung menjuarai Liga Voli Indonesia atau Livoli pada tahun 2015 lalu.

Jika dilihat dari sepak terjangnya, Pungky Afriecia memang sudah cukup lama menggeluti dunia olahraga bola voli tingkat nasional. Selain kebolehannya di lapangan, paras Pungky Afriecia juga selalu jadi sorotan para penonton. Bahkan, tak jarang jika Pungky Afriecia adalah salah satu pemain voli putri Indonesia yang memang berparas cantik.

Pemain Voli Putri Indonesia

5. Berllian Marsheilla

Berikutnya, ada Berllian Marsheilla yang juga termasuk pemain voli putri di Indonesia yang memiliki paras cantik. Berllian Marsheilla juga tergabung sebagai tim inti dari klub voli Jakarta PLN.

Bisa dibilang jika Berllian Marsheilla merupakan primadona pada ajang kompetisi Proliga, baik dari parasnya yang cantik namun juga dari segi prestasi yang berhasil didapatkan selama ini. Sejak usia dini, Berllian Marsheilla telah berhasil menyabet banyak penghargaan di dunia olahraga voli. Hal tersebut menjadikan dirinya direkrut ke dalam Timnas Voli Indonesia hingga mampu mengharumkan nama bangsa ke tingkat internasional. Saat ini Berllian Marsheilla juga masih tergabung dalam Timnas Indonesia.

6. Novriali Yami

Selanjutnya, ada Novriali Yami yang juga sebagai salah satu pemain voli putri Indonesia yang juga memiliki paras wajah yang begitu cantik. Novriali Yami lahir di kota Bandung tanggal 4 November 1991 dan selalu menjadi pusat perhatian ketika berada di lapangan bola voli.

Novriali Yami sendiri bergabung dengan klub bola voli Valeria Manokwari. Novriali Yami memiliki tinggi sekitar 170 cm dan sudah memulai karier di dunia olahraga voli tingkat nasional dengan menjadi salah satu pemain di klub junior Bandung Tectona.

Sejak saat itu, karier dari Novriali Yami terus meningkat pesat hingga akhirnya mampu masuk sebagai salah satu pemain timnas bola voli Indonesia. Bahkan Novriali Yami juga sudah memperkuat timnas Indonesia pada ajang SEA Games 2013.

7. Wilda Nur Fadilah

Wilda Nur Fadilah adalah pemain voli putri Indonesia yang berikutnya. Wilda Nur Fadilah sudah mulai mengenal dan berlatih voli ketika dirinya masih berada di usia 9 tahun. Dari hasil kerja keras yang dilakukannya selama ini menjadikan Wilda Nur Fadilah sebagai blocker yang selalu disegani oleh lawan.

Wilda Nur Fadilah mengawali karier profesionalnya ketika berada di tim ALKO Bandung dan kini dirinya tergabung pada tim voli Jakarta Electric PLN. Wilda Nur Fadilah sendiri memiliki tinggi badan sekitar 175 cm.

Tak hanya dari segi paras saja yang cantik, kemampuan Wilda Nur Fadilah juga bisa terus meningkat hingga mendapatkan beberapa prestasi yang begitu membanggakan. Salah satunya adalah presti ketika dirinya mendapatkan medali perunggu di SEA Games tahun 2011 dan tahun 2013 lalu serta menjadi runner up kejuaraan ASEAN. Sampai saat ini, Wilda Nur Fadilah selalu bisa langganan Timnas Indonesia untuk menyabet banyak prestasi di tingkat internasional.

8. Tri Retno Mutiara Lutfi

Tri Retno Mutiara Lutfi adalah salah satu atlet yang cukup muda di dunia voli putri Indonesia yang juga tergabung dalam tim voli Jakarta Electric PLN. Bersama dengan Jakarta Electric PLN, Tri Retno Mutiara Lutfi menjadi pemain inti yang begitu dibutuhkan pada ajang kompetisi bola voli pertamina proliga 2015.

Kepercayaan tersebut bisa didapatkan oleh Tri Retno Mutiara Lutfi karena penampilannya yang begitu apik ketika berada di tim Wahana Express Bandung. Pada tim tersebut, Tri Retno Mutiara Lutfi yang lahir di Cirebon berhasil mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi.

Mulai dari medali emas Pekan Olahraga Pelajar Nasional 2013, medali emas ASEAN School Games tahun 2013, medali ASEAN School Games 2014, medali perak ASEAN School Volleyball Championship 2014 dan masih banyak lagi yang ia dapatkan.

9. Novia Andriyanti

Pemain voli putri Indonesia yang berikutnya adalah Novia Andriyanti. Novia Andriyanti lahir di Pacitan pada tanggal 15 November 1991 dan dirinya tergabung dalam tim voli Petrokimia setelah selesai bergabung dengan Timnas Indonesia pada ajang SEA Games di tahun 215 lalu.

Diketahui jika Novia Andriyanti telah membela beberapa tim voli selama perjalanan kariernya. Tim pertama yang dibela oleh Novia Andriyanti adalah Ivop Pacitan pada periode tahun 2000 hingga tahun 2006. Lalu, ia juga berhasil masuk ke dalam tim voli Gresik Petrokimia pada periode 2006 hingga 2015. Ia juga berhasil menempati posisi spiker di tim Jakarta Pertamina Fastron.

10. Nandita Ayu Salsabila

Nandita Ayu Salsabila adalah salah satu pemain pada posisi Open Spike. Dirinya juga memiliki garis keturunan atlet voli dari orang tuanya. Ibunya yaitu Tri Wahyuni merupakan salah satu pemain timnas voli pada era tahun 1990-an. Nandita Ayu Salsabila juga pernah bergabung di tim voli Jakarta Pertamina.

11. Shella Bernadetha

Shella Bernadetha masuk ke dalam jajaran pemain voli putri Indonesia yang berikutnya. Shella Bernadetha sendiri berada di posisi middle blocker. Lalu, untuk tim yang diperkuat oleh Shella Bernadetha adalah BJB Tandamata.

Shella Bernadetha semakin dikenal ketika membawakan penampilan yang begitu cantik pada musim Proliga. Bahkan Shella Bernadetha juga berhasil masuk sebagai salah satu pemain dari Timnas Voli putri Indonesia.

Tak hanya dari segi kemampuan saja, namun Shella Bernadetha juga memiliki paras cantik yang bisa menjadikan para perhatian para penonton tertuju pada dirinya.

Nah, itulah beberapa daftar pemain voli putri Indonesia yang dikutip dari berbagai sumber. Sebagai catatan beberapa pemain tersebut mungkin sudah menorehkan prestasi lain atau mendukung tim lain seiring berjalannya waktu yang mungkin tak tertulis pada penjelasan di atas.

PBSVI

Pemain Voli Putri Indonesia
pbvsi.or.id

Setiap negara memiliki persatuan bola voli.nah di Indonesia juga memiliki persatuan bola voli seluruh Indonesia atau biasa disebut sebagai PBSVI. Nah, dalam poin ini akan menjelaskan sejarah singkat dari PBSVI yang mungkin kalian belum begitu paham

PBSVI atau Pesatuan Bola Voli Seluruh Indonesia adalah organisasi yang didirikan pada tahun 1955 lebih tepatnya pada tanggal 22 Januari 1955. Awalnya permainan bola voli di Indonesia dibawa dan dilakukan oleh para bangsawan Belanda pada tahun 1928.

Pada saat itu, awalnya Belanda mendatangkan guru olahraga sebagai bentuk pelatihan kebugaran jasmani kepada para pasukan prajurit Belanda. Di sela-sela olahraga, para kompeni melakukan pertandingan bola voli.

Seiring perkembangan zaman, para bangsawan hingga masyarakat biasa diajak serta diperbolehkan untuk memainkan olahraga bola voli. Hal ini akan bisa menjadikan rakyat Indonesia turut memainkan olahraga bola voli.

Dikutip dari laman resmi PBVSI, olahraga bola voli pertama kali yang dipertandingkan adalah pada Pekan Pojn Nasional II di Jakarta. Cabang bola voli menjadi salah satu olahraga yang dipertandingkan pada PON Ketiga di tahun 1953 dan saat itu ada di Medan.

Namun, saat penyelenggaraan tersebut, di Indonesia belum memiliki suatu organisasi yang bisa menaungi olahraga bola voli. Seiring berjalannya waktu dan pada tahun 1954, Ikatan Perhimpunan Volleyball Soerabaia (IPVOS) dan Persatuan Volleyball Indonesia Djakarta (PERVID) melakukan sebuah pertemuan untuk membentuk suatu induk organisasi bola voli di Indonesia.

Lalu, pada 22 Januari 1955 mulai dibentuk suatu induk organisasi voli Indonesia yang diberi nama PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Pada saat ini Bapak Wim J. Latumeten diberikan sebuah amanat untuk menjadi Ketua Umum PBVSI yang pertama.

Sedangkan untuk peresmian dari PBVSI sebagai induk organisasi bola voli nasional adalah pada bulan Maret 1955 oleh Komite Olimpiade Indonesia. Lalu, untuk kongres pertama PBVSI dilakukan pada 28 hingga 30 Mei 1955 di Jakarta.

Keberadaan dari PBVSI bisa memberikan dampak yang sangat positif sebagai bentuk wadah bola voli di Indonesia dan di mata dunia. Hal ini ditandai dari adanya pengesahan sementara dari induk induk organisasi bola voli internasional atau IVBF (International Volley Ball Federation).

Empat tahun berikutnya setelah PBVSI berhasil diresmikan atau lebih tepatnya pada bulan Oktober 1959, PBVSI sudah secara resmi masuk sebagai anggota IVBF. Dengan 63 negara lainnya, PBVSI sudah tercatat sebagai anggota dari IVBF pada tahun 1959.

Setelah resmi menjadi bagian dari IVBF, PBVSI mulai aktif untuk melakukan pengembangan kegiatan yang berhubungan dengan bola voli. Baik itu dalam lingkup nasional maupun lingkup internasional. Perkembangan bola voli di Indonesia semakin terlihat menjelang ajang Asian Games IV 1962 dan GANEFO I 1963 (Pesta Olahraga Negara-Negara Berkembang) di Jakarta.

Saat ini PBVSI juga sudah tercatat sebagai bagian dari Konfederasi Bola Voli Asia (AVC) dan ikut serta dalam Kejuaraan Bola Voli Asia sejak 1975.

Nah, itulah ulasan mengenai semua hal yang berhubungan dengan olahraga bola voli di Indonesia. Semoga semua pembahasan pada artikel ini bisa menambahkan wawasan Grameds.

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang olahraga, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

BACA JUGA:

  1. Penemu Permainan Bola Voli dan Sejarahnya 
  2. Mengenal Sejarah Bola Voli Dunia dan di Indonesia 
  3. Permainan Bola Voli: Pengertian, Teknik Dasar, Peraturan, dan Peralatan 
  4. Peraturan Olahraga Bola Voli: Jalannya Permainan dan Pelanggaran 
  5. Permainan Bola Besar: Sejarah, Teknik Dasar, dan Aturannya 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda