in

Ragam Materi Pelajaran Anak TK dan Rekomendasi Buku

 Materi Pelajaran Untuk Anak TK – TK adalah jenjang pendidikan yang menjadi langkah awal bagi anak-anak untuk belajar banyak hal. Taman Kanak-Kanak mulai mengenalkan benda, warna, hewan dan hal-hal lain dalam kehidupan sehari-hari. Konsep pelajaran anak TK adalah memahami segala sesuatu dengan sistem yang menyenangkan. 

Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang ada pada Taman Kanak-Kanak dirancang khusus untuk mendukung tumbuh kembang si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan.  

e perpus

Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang pendidikan TK, mari kita simak bersama informasi berikut. 

Pengertian Taman Kanak-Kanak 

Taman Kanak-kanak atau yang biasa disingkat sebagai TK adalah jenis pendidikan untuk anak-anak yang berusia dini agar nantinya bisa menerima pengajaran di tingkat pendidikan lanjutan. 

Taman Kanak-Kanak atau yang disingkat dengan TK ini merupakan pendidikan formal yang ditujukan untuk anak yang berusia sekitar 2,5 – 6 tahun (Hartati, 1996). 

Bahkan status pendidikan TK telah ditetapkan dalam suatu Undang-Undang kependidikan. Yaitu pada UU Sistem Pendidikan Nasional (2003) yang menyatakan jika pendidikan anak usia dini adalah pendidikan berbentuk formal. 

Dengan demikian, telah sah nyatanya jika TK / RA adalah PAUD (pendidikan anak usia dini) yang sah statusnya sebagai institusi formal. 

Pendidikan yang satu ini dikenal sebagai jenis pendidikan yang biasanya diambil oleh orangtua agar nantinya anak mereka lebih siap untuk menjalani pendidikan di Sekolah Dasar (SD). Di ranah pendidikan Taman Kanak-Kanak, anak-anak yang menjalani pendidikan tersebut diberikan berbagai pelajaran dasar yang seringkali disampaikan dengan materi yang interaktif. 

Pada saat menempuh pendidikan TK, anak-anak biasanya masih belum bisa  mencerna pelajaran yang lebih sulit karena mereka masih butuh merasakan kesenangan. Inilah mengapa guru TK pun memakai berbagai metode yang menyenangkan untuk membuat paham para siswa terhadap materi yang sedang diajarkan. 

Tujuan dari pendidikan TK sendiri memang sangat mulia, karena berkaitan langsung dengan tumbuh kembang anak sejak dini. Menurut Anderson (1993), TK dirancang sedemikian rupa agar nantinya bisa memberikan fasilitas belajar yang sangat memadai serta meliputi berbagai aspek perkembangan sekaligus. 

Baca Juga Rekomendasi Buku Edukasi Anak Best Seller

 

Materi Pelajaran Anak TK 

Beberapa dari masyarakat menganggap TK sama dengan kelompok bermain, padahal nyatanya pelajaran anak TK tidak sama dengan kelompok belajar / bermain tersebut. Hal ini dikarenakan UU Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003 menyatakan jika kelompok bermain adalah versi nonformal dari pendidikan TK.

Namun begitu pendidikan formal anak melalui TK nyatanya memang masih “dibebaskan”, dalam arti lain kurikulum pendidikannya masih belum terlalu ketat. Bredecamp (1997) menyatakan jika kurikulum pendidikan TK sangat disesuaikan dengan karakter anak yang masih suka bersenang-senang. 

Kurikulum pelajaran anak TK pun selalu mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, Karena pada dasarnya aspek pendidikan serta bermain yang menjadi sarana pekembangan kognitif anak harus seimbang. Sedangkan menurut deVries (2002), bermain adalah salah satu sarana mengembangkan pola pikir anak.

Bentuk pelajaran anak TK bisa berupa ilmu pengetahuan dasar, aktivitas yang bisa merangsang motorik anak, lalu pelajaran yang merangsang kemampuan berbahasa peserta didik. Selain itu, dibutuhkan juga ragam aktivitas yang bisa mengembangkan sisi sosial serta emosional si kecil. 

Pada dasarnya pelajaran anak TK terdiri dari 

  1. Membaca
  2. Menulis
  3. Menghitung 
  4. Kosa kata dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
  5. Aktivitas Merangsang Motorik halus seperti belajar mewarnai
  6. Menyelesaikan masalah (problem solving)
  7. Pengetahuan umum

Namun berbagai materi pelajaran lain beserta prakteknya dirumuskan oleh guru TK yang bersangkutan agar nantinya menciptakan keseimbangan antara pelajaran dengan proses bermain anak. 

Rekomendasi Buku Membaca Anak TK

Lihat Buku membaca anak tk dari gramedia

Seri Marbel Belajar Membaca

Metode Cepat 50 Jam Pintar Membaca

Metode Cepat 50 Jam Pintar Membaca

Abacaga: Cara Praktis Belajar Membaca untuk Anak

Abacaga: Cara Praktis Belajar Membaca untuk Anak

Seri Belajar Membaca Untuk Paud : Huruf

Seri Belajar Membaca Untuk Paud : Huruf

 

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Rekomendasi Buku Menulis Anak TK

Lihat Buku Belajar Menulis Anak TK

PAUD Menulis Angka dan Mewarnai

PAUD Menulis Angka dan Mewarnai

Ayo, Menulis Untuk Anak Usia 3 Tahun; Paud & Tk

Ayo, Menulis Untuk Anak Usia 3 Tahun; Paud & Tk

Merangkai Huruf dan Menulis Kata

Merangkai Huruf dan Menulis Kata

Pintar Menulis Huruf untuk PAUD

Pintar Menulis Huruf untuk PAUD

Rekomendasi Buku Mewarnai Anak TK

Lihat Buku Mewarnai Anak TK dari gramedia

9786023944491_-buku-mewarnai-ajaib_dinosaurus

Buku Mewarnai Ajaib : Dinosaurus

Barbie-Dreamtopia_Buku-Cerita-Mewarnai-dan-Permainan.jpg

Barbie Dreamtopia: Buku Cerita, Mewarnai dan Permainan

Buku Mewarnai Profesi di Lingkungan Rumahku

Buku Mewarnai Profesi di Lingkungan Rumahku

9786020338460_belajar-membaca menulis mewarnai

Belajar Membaca, Menulis & Mewarnai

gramedia digital

 

Cara Mengenalkan Pelajaran Anak TK Agar Menyenangkan

Kurikulum pelajaran anak TK dibuat untuk menyeimbangkan proses belajar serta bermain, serta mendorong anak untuk bisa mengembangkan potensinya secara utuh. Yang dihadapi orangtua serta guru TK kebanyakan sama, yaitu terkadang anak tidak fokus dalam menerima pelajaran. 

Bisa jadi situasi tersebut disebabkan oleh materi yang kurang seru, subjek pendidik yang kurang bisa mengatur anak, dan lain sebagainya. Tentu hal ini menyebabkan pelajaran anak TK yang disampaikan kurang bisa diterima secara maksimal oleh peserta didik. 

Inilah pentingnya mengenalkan pelajaran anak yang masih berusia dini agar terasa menyenangkan. 

Bagi orangtua yang masih bingung bagaimana cara mengajak anak belajar dengan metode yang menyenangkan, berikut saran yang bisa digunakan :

Baca Juga Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur

 

Bicara dengan sederhana 

Prinsip pertama, gunakan bahasa yang sederhana untuk menjelaskan berbagai hal yang harus atau tidak boleh dilakukan oleh sang anak. Peserta didik yang masih duduk di kelas TK baik TK nol besar maupun TK nol kecil masih sulit mencerna bahasa orang dewasa yang rumit. 

Berbicaralah dengan sederhana, karena kesederhanaan tersebut nantinya bisa mempengaruhi pola pikir sang anak. Selain itu, jangan terlalu cepat ketika berbicara, langsung bicaralah pada intinya, serta gunakan kosakata yang tak terlalu sulit. Nantinya anak secara tidak langsung juga belajar menyerap kosakata baru yang Anda berikan. 

Ajaklah bermain warna 

Anak-anak cenderung suka mengenali hal baru, termasuk mengenali warna yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Biasanya sering kita lihat jika seorang anak begitu tertarik dengan warna benda yang belum pernah mereka temukan sebelumnya. Warna-warna tersebut memang cukup seru untuk diperkenalkan kepada si kecil. 

Anda bisa mengajak mereka bermain kertas origami, mewarnai buku gambar, atau berbagai hal yang punya beragam warna. Ajaklah anak-anak bermain sembari memperkenalkan warna-warna dari benda yang dilihat. Dengan begitu, mereka bisa bermain sambil mengenal rona warna serta mengingatnya. 

Ajak bermain dengan angka 

Ketika masih berusia 4 – 6 tahun, seringkali anak masuk dalam tahapan mengenal angka. Mereka perlu dididik sejak dini agar bisa mengenal serta menghitung angka dengan sarana belajar yang cukup seru. 

Mengenal angka sejak dini bisa membuat si kecil bisa menghitung dengan cepat. Di toko mainan ada banyak aksesoris yang bertema angka dan menarik buat si kecil. 

Memberi reward 

Reward atau hadiah kecil ketika si kecil bisa menyelesaikan misi atau tugas yang diberikan perlu dihadiahkan agar mereka semakin semangat belajar. Reward tersebut bisa berupa makanan kecil yang mereka sukai, perlakuan istimewa dari orangtua, dan yang lain sebagainya. 

gramedia digital 4

Dan masih ada banyak lagi proses belajar yang bisa dilakukan semenyenangkan mungkin dan membuat si kecil tidak terlalu stres. 

Contohnya seperti memberikan mereka buku mewarnai superman, pensil karakter Spiderman, puzzle Power Rangers, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kemampuan dasar membaca, kreatifitas serta menghitung anak bisa lebih terlatih. 

materi pelajaran anak tk

Metode Pembelajaran Anak TK Yang Interaktif 

Proses pembelajaran yang interaktif dibutuhkan oleh setiap pengajar anak TK agar nantinya peserta didik mau diajak untuk belajar sesuai dengan kurikulum yang dibuat. Dibandingkan dengan SD, anak TK cenderung menyukai hal-hal yang bervariasi. Tenaga pendidik pun akhirnya juga harus menyesuaikan style mengajar mereka dengan karakter anak-anak yang ceria. 

Nah, di bawah ini ada beberapa metode pembelajaran yang biasanya digunakan oleh pengajar anak TK dalam melakukan kegiatan belajar mengajar : 

Metode bercerita 

Menurut Depdiknas, metode bercerita adalah salah satu cara atau metode pembelajaran paling dasar yang bisa kita terapkan pada anak. Dengan metode ini, kita berkomunikasi, memberi penjelasan, arahan secara langsung atau tidak langsung menggunakan kekuatan lisan. 

Semakin banyak anak diajak mendengarkan cerita, kosakata yang tersimpan dalam pikiran mereka semakin banyak. Ada beberapa fungsi dari metode bercerita, salah satunya adalah menanamkan nilai-nilai moral pada anak. 

Selain itu, metode yang satu ini bisa juga digunakan untuk mengembangkan imajinasi si kecil agar nantinya mereka bisa lebih kreatif dalam berpikir. Rasa penasaran akan sesuatu yang diceritakan nantinya juga bisa membuat mereka terus terdorong untuk mencaritahu jawaban dari pertanyaan yang muncul di kepala. 

Ada cukup banyak manfaat dari metode bercerita, diantaranya sebagai berikut : 

  • Membentuk karakter atau pribadi anak 
  • Mengasah kemampuan berbahasa anak 
  • Bisa merangsang imajinasi anak terkait karakter yang diceritakan 
  • Menanamkan nilai moral 
  • Mengasah indera pendengaran anak 
  • Mengajaknya menjelajah dunia baru melalui cerita 

Metode bercerita bisa dilakukan dengan atau tanpa alat peraga. Namun jika dilakukan tanpa alat peraga, usahakan gestur tubuh saat bercerita dibuat semenarik mungkin. Hal ini ditujukan agar nantinya sang anak tertarik untuk mendengarkan cerita yang dibacakan.  

Walaupun metode bercerita bisa sangat menarik, akan tetapi ada kekurangan dari teknik ini. Karena jika pendidik tidak mengantarkan cerita dengan menarik, bisa jadi peserta didik merasa jenuh. Selain itu penafsiran yang muncul di otak tiap anak didik bisa berbeda satu sama lain. 

Baca Juga Nama Bayi Perempuan Unik

Metode bermain 

Metode bermain merupakan salah satu metode yang sangat cocok digunakan sebagai sarana pembelajaran anak TK. Mengingat pada usia tersebut mereka lebih suka bermain daripada belajar. Konsep metode yang satu ini adalah untuk menonjolkan kemampuan kognitif anak. 

Nantinya ada berbagai manfaat metode bermain yang bisa didapatkan, yaitu melatih motorik, sisi kognitif, serta melatih keseimbangan anak. Mereka diharuskan bermain dengan anak sebayanya dengan berbagai sarana prasarana yang telah disediakan. Usahakan untuk bermain dengan tujuan tertentu.  

Metode proyek sederhana 

Metode proyek sederhana bisa dijadikan metode pembelajaran selanjutnya untuk mengasah kemampuan peserta didik di jenjang TK. Biasanya, para peserta didik mengerjakan proyek ini secara individu maupun dengan kelompok. Namun dengan mengerjakan proyek sederhana, anak diminta lebih fokus menyelesaikan tugas secara mandiri. 

Proyek yang diberikan pada anak TK biasanya terdiri dari jenis kegiatan penyelidikan, pengumpulan data, pemilahan serta pengorganisasian data, dan lain sebagainya. Metode penyampaian kembali juga diperlukan untuk menyelesaikan metode proyek sederhana yang dilakukan oleh anak. 

Metode kerja kelompok besar

Dalam metode kerja kelompok besar, tugas dibebankan pada sebuah kelompok yang terdiri dari beanyak anggota kelompok. Fokus dari metode ini adalah kerjasama untuk mengerjakan tugas dengan cepat. 

Mungkin metode ini terlihat kurang efektif, namun sejatinya kelompok berukuran besar membuat anak lebih kreatif nantinya. Mereka belajar menyelesaikan permasalah dengan orang banyak sekalipun. Anak juga dilatih saling melontarkan ide-ide mereka dalam sebuah diskusi. 

Metode yang satu ini hampir sama dengan metode proyek sederhana, namun coba untuk libatkan puluhan anak sekaligus dalam suatu kelompok. Nantinya akan terlihat siswa yang paling aktif atau yang paling pasif. Dan yang terpenting, selalu dampingi kegiatan mereka ketika beraktivitas. 

Metode karyawisata 

Metode karyawisata merupakan salah satu metode pembelajaran yang bisa mendatangkan banyak manfaat untuk si kecil. Karena metode yang satu ini dilakukan di luar ruangan serta bisa memberikan dampak seperti refreshing pada jiwa anak. Dengan belajar di luar ruangan, nantinya anak bisa mengobservasi berbagai hal. 

Metode karyawisata mengajak anak untuk mengamati berbagai objek yang mereka lihat di tempat-tempat karyawisata pilihan ditemani guru pembimbing. Dengan memberi pengalaman langsung terhadap dunia luar yang belum pernah mereka datangi, nantinya pikiran anak bisa lebih berkembang. 

Karyawisata anak TK bisa mengunjungi kebun binatang, museum, dan bahkan taman bermain.

Metode tanya jawab 

Cara pembelajaran lain yang patut dicoba adalah metode tanya jawab, yang bisa dilakukan antara tenaga pendidik dengan peserta didik di jenjang TK. Para siswa diajak duduk dengan tenang di kelas dan diberi pertanyaan yang bisa merangsang pemikiran kritis mereka. 

Biarkan mereka menjawab sesuai dengan apa yang terlintas di pikiran, walau itu menurut Anda salah. Jangan terlalu menghakimi jawaban mereka, benarkan jawaban yang salah tersebut tanpa terkesan memojokkan siswa yang menjawab. Pada metode ini, pertanyaan yang diajukan hendaknya yang masih bersangkutan dengan materi. 

Metode demonstrasi 

Demonstrasi adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara memberikan contoh step by step pada peserta didik. Nantinya materi pelajaran yang dipraktekkan tersebut harapannya bisa dipraktekkan ulang oleh anak ketika belajar di sekolah TK. Ada banyak sekali sarana yang bisa digunakan dengan metode ini. 

Contohnya seperti plastisin / malem, membuat bunga dari tali rafia, dan lain sebagainya. Dengan mengajak anak melakukan pembelajaran dengan metode demonstrasi terhadap sarana bermain yang baru. Mereka pasti akan terkesan dengan pengalaman baru yang diperoleh. 

Metode pembagian tugas 

Metode pembagian tugas juga menjadi metode pembelajaran yang efektif untuk anak TK. Pada metode pembelajaran yang satu ini, pembagian atau pemberian tugas bisa dilangsungkan agar nantinya anak bisa mencari tahu jawabannya melalui kerjasama dengan orang lain. 

Selain itu pemberian tugas secara berkala juga bisa membuat si kecil bisa teratur dalam menyelesaikan tugas. Penumbuhan sifat disiplin akan menjadi kunci dalam metode ini, sehingga nantinya sifat ini terbawa hingga dewasa. 

Metode BCCT 

Beyond Center Circle Time atau metode BCCT adalah metode yang sering digunakan oleh tenaga pendidik untuk menerapkan ilmu yang didapatkan di dunia nyata. Metode yang satu ini akan melatih cara berpikir kritis para siswa agar nantinya bisa belajar banyak hal dari materi yang sudah diajarkan. 

Metode Lingkari Kalender 

Circle Time atau metode Lingkari Kalender adalah salah satu metode pembelajaran seru yang bisa diajarkan pada para peserta didik. Dengan metode yang satu ini, anak diajak  melingkari kalender untuk menandai hari-hari penting yang terjadi. Nantinya, hari yang dilingkari bisa dijadikan tema pembelajaran. 

Metode presentasi serta cerita

Hal yang perlu diterapkan sejak dini pada anak TK adalah keberanian untuk mempresentasikan pendapat. Untuk itu, metode presentasi dan cerita sangat cocok diberikan untuk anak TK agar nantinya mereka bisa mengalami peningkatan kemampuan berbicara. Terutama berbicara di depan banyak orang sekaligus. 

Beberapa metode pembelajaran untuk anak TK di atas memang sangat bagus apabila dipraktekkan bergantian. Nantinya, anak TK yang mengalami berbagai metode pembelajaran tersebut bisa mengalami perkembangan pada berbagai aspek kepribadiannya. Semoga bermanfaat!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

  • Custom logo gratis
  • Akses gratis ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien
  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

What do you think?