in

Cara Cepat Nyusun Skripsi Bareng Gramedia Digital, Mahasiswa Wajib Praktikkan!

Sumber: hoops.id

Nyusun skripsi bareng Gramedia Digital – Kalau kamu salah satu mahasiswa semester akhir, maka sudah saatnya kamu mempelajari bagaimana cara nyusun skripsi yang baik dan benar. Skripsi adalah salah satu syarat yang harus dilalui oleh seluruh mahasiswa supaya bisa lulus dan dapat meraih gelar sarjana S1 mereka, khususnya di Indonesia.

Menyusun skripsi bisa dikatakan juga sebagai penelitian terakhir yang menjadi salah satu bukti bahwa mahasiswa ini sudah cukup mumpuni dalam menguasai ilmu yang ia pelajari selama berada di bangku perkuliahan.

Nah, makanya setiap mahasiswa wajib hukumnya untuk mengetahui dan memahami langkah-langkah dalam menyusun skripsi. Meskipun hampir semua perguruan tinggi memberikan buku panduan menyusun skripsi, tentu akan ada beberapa dari kalian yang masih kurang memahami buku panduan tersebut karena biasanya ditulis dengan bahasa akademik.

Selain itu, dalam menyusun skripsi, kadang timbul beragam masalah yang mungkin saja harus kamu hadapi, misalnya dosen pembimbing yang sulit untuk ditemui, judul yang tidak kunjung disetujui dosen, kehilangan motivasi, ketidaktahuan cara menyusun skripsi dari awal, atau bahkan kesulitan mencari literatur atau referensi.

Akibatnya, banyak mahasiswa tingkat akhir yang memilih berhenti sementara dari menyusun skripsi karena mereka tidak juga menemukan solusi atas permasalahan yang mereka hadapi. Padahal semakin ditunda dalam menyusun skripsi, semakin lama pula seorang mahasiswa lulus dari jenjang perguruan tinggi tersebut.

Selain itu, dalam menyusun skripsi, kamu juga memerlukan strategi serta panduan khusus untuk menghadapi rintangan selama menyusun skripsi. Buku Sukses Menyelesaikan Tugas Akhir Dan Skripsi Dalam 30 Hari juga bisa menuntunmu dalam menyusun skripsi dengan cepat dan yang pasti berkualitas, karena buku ini disusun dari pengalaman banyak orang yang sudah berhasil melewati masa-masa menyusun skripsi.

https://www.gramedia.com/products/sukses-menyelesaikan-tugas-akhir-dan-skripsi-dalam-30-hari?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/sukses-menyelesaikan-tugas-akhir-dan-skripsi-dalam-30-hari?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Makanya, kali ini kita akan membahas mengenai langkah-langkah dalam menyusun skripsi yang lebih mudah untuk kamu pahami. Yuk, simak bersama-sama.

Tips Cepat Nyusun Skripsi Bareng Gramedia Digital

Nyusun skripsi bareng gramedia digital
Sumber: kompasiana.com

1. Meneguhkan Niat untuk Menyelesaikan Skripsi

Yang paling utama agar cepat dalam menyusun skripsi adalah meneguhkan niat. Karena niat adalah hal dasar tanpa modal, tanpa perlu waktu, tapi butuh effort yang luar biasa. Makanya kamu butuh niat baja, niat yang sungguh-sungguh, bukan niat yang setengah-setengah, ya.

2. Membuat Deadline Skripsi

Membuat deadline dalam menyusun skripsi bisa kamu coba. Karena, kalau kamu tidak membuat deadline, maka skripsi yang kamu kerjakan bisa kamu undur sampai waktu yang lama. Yang perlu kamu ingat, semakin lama kamu kuliah, semakin banyak biaya kuliah yang harus kamu keluarkan, lho.

3. Menentukan Topik dan Judul

Menentukan topik dan judul adalah langkah dalam menyusun skripsi yang nggak boleh kamu lewatkan. Biasanya, dosen akan memberi kebebasan kepada mahasiswa untuk memilih tema yang paling kamu sukai atau yang kamu anggap paling mudah. Selain itu, topik dan judul penelitian juga bisa kamu ambil dari berbagai perspektif dan sudut pandang.

Kamu juga bisa mencari tahu isu-isu yang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat, supaya saat kamu harus terjun ke lapangan untuk mengambil data, kamu bisa mendapat hasil yang memuaskan, karena banyak sumber yang bisa kamu gunakan.

Saat ingin memilih topik skripsi, jangan lupa untuk mempertimbangkan tingkat kesulitannya, ya. Misalnya, apakah topik ini memungkinkan untuk diteliti, apakah sumber datanya akan mudah didapatkan, serta berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam pengambilan data.

Kalau kamu mempunyai prinsip ‘yang penting cepat lulus’, kamu bisa mencari topik yang sederhana dan tidak butuh waktu lama.

4. Memahami Konsep yang Dipilih

Setelah kamu memilih topik penelitian, selanjutnya kamu bisa mempelajari bagian apa saja yang ingin kamu dalami serta hubungan-hubungannya. Ini bertujuan agar kamu paham secara mendalam konsep yang sudah kamu pilih dan nantinya saat dipertanyakan di sidang, kamu bisa menjawabnya dengan baik dan benar.

5. Pilihlah Dosen Pembimbing Sesuai dengan Topik Penelitianmu

Grameds, memilih dosen pembimbing juga memiliki pengaruh yang cukup besar lho, terhadap kelancaran dalam menyusun skripsi kamu. Karena meskipun berstatus sebagai dosen, tidak semua dosen menguasai mata kuliah yang diajarkan, misalnya ada dosen yang lebih menguasai kuantitatif, ada pula dosen yang lebih menguasai kualitatif. Ada juga yang menguasai topik tertentu.

Nah, hal-hal itulah yang bisa jadi bahan pertimbanganmu. Jika kamu salah memilih dosen, maka bisa menimbulkan kendala baru selama kamu menyusun skripsi. Maka, carilah dosen yang menguasai topik penelitian kamu.

6. Menguasai Pedoman Menyusun Skripsi

Selanjutnya, kamu harus mengetahui dengan pasti dan jelas pedoman penulisan skripsi. Kamu pasti nggak mau ‘kan dapat revisi berulang kali karena skripsi yang kamu tulis tidak sesuai dengan pedoman yang ada? Makanya, pastikan untuk jeli membaca pedoman menyusun skripsi dan mengikutinya, ya!

Buku Pedoman Penulis Karya Ilmiah (Proposal,Skripsi Dan Tesis) bisa menjadi acuan kamu dalam menyusun skripsi. Buku ini memberikan panduan yang komplit mengenai penulisan skripsi dan karya ilmiah. Dilengkapi juga dengan contoh pengaplikasian serta teknik dalam menyusun skripsi. Sehingga kamu bisa lebih mudah mempelajarinya secara mandiri. Dan uniknya, buku ini bisa menuntun kamu untuk mencermati kesalahan dalam sebuah karya ilmiah sebagai media untuk mengkomunikasikan hasil riset kepada pembaca skripsimu.

https://www.gramedia.com/products/pedoman-penulis-karya-ilmiahproposalskripsi-dan-tesis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/pedoman-penulis-karya-ilmiahproposalskripsi-dan-tesis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

7. Menyusun Kerangka Penelitian dengan Gramedia Digital

Langkah selanjutnya dalam menyusun skripsi adalah menyusun kerangka penelitian. Biasanya setiap perguruan tinggi memiliki standar yang berbeda-beda dalam kerangka penelitian ini. Ini bisa kamu dapatkan di buku panduan menyusun skripsi yang diterbitkan oleh setiap fakultas.

Secara umum, biasanya bab satu berisi tentang latar belakang penelitian, permasalahan penelitian, tujuan, manfaat serta kegunaan penelitian, hipotesis dan sistematika penulisan.

Nah, pada bab 1 ini berisi hal mendasar yang sudah disebutkan di atas, yaitu topik penelitian dan teori yang akan kamu gunakan. Biasanya, dalam satu skripsi, kamu diminta untuk fokus pada satu teori saja untuk bisa dihubungkan ke dalam topik penelitianmu. Pada nantinya, teori tersebut harus kamu kaitkan, mulai dari bab 1 hingga bab 5.

Tak hanya teori, kamu juga akan diminta untuk mencantumkan sumber-sumber yang berasal dari buku-buku, jurnal, internet, hingga karya ilmiah terdahulu untuk menunjukkan validitas data dalam penelitian.

Jika pada bab 1 kamu masih bisa menggunakan kutipan dari internet, maka di bab 2 kamu harus menggunakan sumber resmi, seperti buku, karya ilmiah, jurnal, dan berbagai literatur. Walaupun kamu tetap bisa mencari di internet, tapi jangan lupa untuk memastikan bahwa sumber yang kamu gunakan itu terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Jika kamu sulit menemukan referensi buku untuk menunjang teori-teori penelitianmu di perpustakaan, saat ini kamu sudah bisa menggunakan aplikasi buku digital atau e-book seperti Gramedia Digital.

Kalau kamu nyusun skripsi bareng Gramedia Digital kamu bisa mudah menemukan dan membaca buku referensi untuk kamu gunakan di bab 2. Cara menggunakannya mudah banget lho!

1. Kamu bisa unduh aplikasinya di Google Playstore/iOs App Store. Setelah aplikasi terunduh, langkah selanjutnya adalah mengklik bagian menu yang terletak di bagian pojok kiri atas pada halaman aplikasi.

Nyusun skripsi bareng gramedia digital

 

Setelah itu, kamu bisa mengklik bagian ikon yang bertuliskan login/register. Lalu kamu isi data diri. setelah berhasil mendaftar, kamu bisa mencari buku yang kamu inginkan di aplikasi Gramedia Digital.

2. Kamu tinggal menuliskan buku yang kamu ingin cari di kolom search yang ada pada bagian atas halaman.

Nyusun skripsi bareng gramedia digital

3. Nantinya akan keluar banyak pilihan buku sesuai kata kunci yang kamu cari.

Nyusun skripsi bareng gramedia digital

4. Kamu bisa memilih buku sesuai yang kamu butuhkan, setelah itu klik buku yang kamu butuhkan. Jika sudah, klik download/unduh.

Nyusun skripsi bareng gramedia digital

5. Jika sudah terunduh, buku yang kamu unduh akan tersimpan di menu My Collection. Dengan begitu, kamu bisa membaca buku tersebut kapan pun dengan mudah.

Nyusun skripsi bareng gramedia digital

Jauh lebih mudah ya sekarang kalau cari referensi buku dengan nyusun skripsi bareng Gramedia Digital, karena sumbernya sudah pasti terpercaya. Jadi pastikan kamu nyusun skripsi bareng Gramedia Digital, ya.

Selanjutnya adalah bab 3 yang berisi metode penelitian, yang berarti kamu harus menjelaskan secara terperinci mengenai apa dan bagaimana cara kamu mengumpulkan data untuk penelitian, mulai dari metode yang digunakan sampai analisis data. Jika kamu masih bingung mengenai metode dan analisis data, kamu bisa dapatkan penjelasan lengkap tentang ragam alat analisis yang tepat dalam mengolah data sesuai tujuan penelitianmu, di dalam buku Ragam Analisis Dalam Metode Penelitian Utk Penulisan Skripsi. Dengan membaca buku panduan tersebut, kamu tidak lagi kesulitan dalam memilih metode serta menganalisis penelitianmu.

https://www.gramedia.com/products/ragam-analisis-dalam-metode-penelitian-utk-penulisan-skripsi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/ragam-analisis-dalam-metode-penelitian-utk-penulisan-skripsi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Nah, bab 4 ini yang biasanya memberikan banyak kendala dibandingkan dengan bab-bab sebelumnya bagi para mahasiswa. Kenapa begitu? Karena, di bab 4 ini, kamu diharuskan untuk menjelaskan secara mendalam tentang hasil temuanmu dan pembahasan yang sudah kamu lakukan. Apakah hasil temuanmu itu sesuai dengan hipotesis yang kamu buat pada bab sebelumnya.

Bab ini adalah bab yang memiliki pengaruh signifikan terhadap skripsimu nantinya. Kamu bisa menyajikan hasil penelitianmu dalam bentuk teks ataupun gambar, tabel, dan diagram yang sudah kamu olah agar orang lain bisa lebih mudah membaca data penelitian kamu.

Kemudian, pada bagian pembahasan berisi penjelasan tentang hasil penelitian dan analisis data. Kamu bisa melakukan perbandingan dengan hasil penelitian terdahulu yang relevan dan mendukung analisis data tersebut.

Proses selanjutnya dalam menyusun skripsi adalah menuliskan bab 5 yang berisikan kesimpulan dan saran, karena ini adalah bab penutup. Kesimpulan yang dimaksud adalah memuat pernyataan singkat hasil penelitian. Untuk bagian saran, kamu bisa memuat ulasan pendapat dari peneliti mengenai manfaat hasil penelitian lebih lanjutnya.

8. Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Dosen Pembimbing

Tips menyusun skripsi yang satu ini terkesan sepele, tapi sangat penting dan juga menentukan lolos atau tidaknya skripsi kamu, lho.

Coba kamu bayangkan kalau komunikasi antara dosen pembimbing dengan kamu tidak baik? Tentu akan ada saja masalah kecil yang muncul selama proses menyusun skripsi.

Misalnya, adanya miskomunikasi yang menyebabkan antara dosen pembimbing dan kamu jadi tidak harmonis atau dongkol satu sama lain. Atau bisa jadi, gara-gara komunikasi yang tidak baik, menimbulkan terjadinya ketidaktepatan isi skripsi yang kamu kerjakan. Segala macam masalah ini bisa saja terjadi karena hal-hal yang kecil ini.

9. Memilih Tempat Menyusun Skripsi yang Tepat

Mood dalam menyusun skripsi sangat diperlukan. Karena ketika mood baik, maka kamu akan jadi lebih produktif dalam menyusun skripsi. Tetapi, kalau mood kamu buruk, maka kamu akan malas mengerjakannya.

Nah, untuk membuat mood kamu bagus, kamu bisa mencari tempat menyusun skripsi yang asik sesuai dengan keinginan kamu. Misalnya, di balkon rumahmu, di cafe, atau perpustakaan.

10. Konsisten dalam Mengerjakan Skripsi

Berkaitan dengan deadline yang sudah kamu buat, pastikan kamu mencicil untuk menyusun skripsi secara rutin setiap harinya. Ketika kamu konsisten dalam mengerjakan, maka kesempatan untuk merampungkan skripsimu akan lebih meningkat. Kamu bisa membuat jadwal harian, misalnya 30 menit untuk mengerjakan skripsi dengan fokus, lalu istirahat 10 menit per 30 menit waktu mengerjakan agar kamu tidak cepat jenuh.

11. Tahan Keinginanmu Bermain

Hayo, siapa yang suka kulineran, pemburu spot foto kece, atau berkumpul bersama teman-teman sampai berjam-jam?

Karena kamu mahasiswa semester akhir, kamu bisa mulai mengurangi intensitas bermainmu, supaya kamu bisa lebih fokus dalam mengerjakan skripsi kamu. Misalnya, yang biasanya kamu pergi bersama teman-teman setiap hari, saat sedang menyusun skripsi, kamu pergi bermain bersama temannya hanya di hari libur saja, yaitu sabtu dan minggu.

Ada lagi nih tips tambahan untuk kamu yang sudah dikejar waktu dalam menyelesaikan skripsimu secepat mungkin.

  1. Membuat target dengan terperinci, misalnya jangka waktu 1-1,5 bulan untuk menyelesaikan 1 bab. Ini bisa menjadi alarm kamu untuk bersantai saat belum mencapai target.
  2. Kamu bisa memacu diri sendiri dengan selalu mempunyai progress baru setiap minggunya. Dengan cara ini, kamu pasti bisa lebih bersungguh-sungguh dalam menyusun skripsi.
  3. Luangkan waktu kamu 3-4 jam sehari untuk kamu gunakan menyusun skripsi. Waktu tersebut bisa kamu gunakan entah untuk menulis, membaca buku, menyebar kuisioner, atau lainnya.
  4. Kamu bisa memberikan dirimu reward setiap kali kamu berhasil mencapai target. Misalnya pergi makan enak bersama teman. Reward ini berguna untuk menghargai diri sendiri atas jerih payah yang sudah kamu lakukan, sekaligus memotivasi kamu untuk mencapai target-target selanjutnya.
  5. Jadikan temanmu yang sudah berhasil menyelesaikan skripsi terlebih dahulu sebagai motivasi.
  6. Aktif berkonsultasi dengan dosen pembimbing 2-3 kali perminggu. Semakin kamu rajin berkonsultasi, semakin cepat pula kamu menyelesaikan skripsi.
  7. Kamu bisa mengurangi waktu dalam mengikuti kegiatan yang banyak menyita waktu kamu dan bisa mendistraksi. Karena kesibukanmu bisa menjadi fokus utama dan bisa menggeser kepentingan kamu dalam menyusun skripsi.

Nah, kalau kamu sudah menjalankan cara di atas, pasti kamu bisa lebih cepat dalam menyusun skripsimu. Tinggal langkah terakhir deh, sidang skripsi. Pada tahap sidang skripsi ini, kamu harus menyiapkan presentasi sebaik-baiknya dan juga pastikan kalau kamu benar-benar sudah menguasai materi yang ada dalam skripsi kamu.

Itulah cara cepat nyusun skripsi bareng Gramedia Digital yang bisa kamu praktikkan. Jika kamu kesulitan menemukan referensi buku untuk skripsimu, tentunya kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di aplikasi Gramedia Digital agar kamu bisa memahami teori-teori yang kamu gunakan sehingga kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

Baca juga:

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi