in

25 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba oleh Wisatawan

Sumber: Pinterest

Makanan khas Bali – Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan segala hal. Keragaman flora, fauna, suku, hingga budaya pun ada di negara Indonesia.

Bali menjadi salah satu provinsi yang ada di negara Indonesia yang juga menawarkan kekayaan dan keanekaragaman yang bisa membuatnya tampak berbeda dari daerah lain.

Salah satunya adalah makanan khas Bali yang begitu beragam. Bahkan ketika kalian berkunjung ke Bali bisa dengan mudah menemukan makanan khas ataupun makanan modern yang penuh akan inovasi.

Sampai saat ini Bali juga menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara maupun domestik. Sehingga wisata juga menjadi salah satu andalan untuk memperkenalkan makanan khas Bali.

Ragam Makanan Khas Bali

Agar kalian juga semakin paham apa saja makanan khas Bali yang bisa dinikmati ketika berlibur ke wilayah tersebut, maka beberapa daftar makan khas Bali yang ada di bawah ini bisa membantu kalian.

1. Ayam Betutu

makanan khas bali
Sumber: Pinterest

Menu makanan ayam betutu mungkin sudah tidak asing di telinga kalian. Olahan ayam yang satu ini memang kerap sekali jadi favorit masyarakat yang ingin menikmati makanan khas Bali.

Kekayaan rasa yang ditawarkan oleh menu makanan ayam betutu adalah berasal dari keberagaman bumbu rempah yang ada di dalamnya.

Beberapa bumbu rempah yang masuk ke dalam olahan menu makanan ayam betutu adalah seperti daun jeruk, serai, daun salam, kunyit, jahe, bawang merah, kemiri dan rempah lainnya.

2. Sate Lilit

makanan khas bali
Sumber: Pinterest

Bicara tentang makanan khas Bali, mungkin kalian akan langsung berpikir akan menu makanan sate lilit. Meski di Indonesia sudah banyak ditemukan menu makanan sate. Namun citarasa yang ditawarkan oleh sate lilit khas Bali sangat berbeda dari lainnya.

Jika menu makanan sate pada umumnya lebih kerap menggunakan tusuk sate lalu dibakar. Namun untuk sate lilit khas Bali tampak berbeda karena menggunakan olahan daging ayam ataupun ikan yang sudah melalui proses penggilingan.

Ketika daging ayam atau daging ikan sudah melalui proses penggilingan. Maka proses berikutnya adalah mengepalkan daging tersebut ke batang serai.

Daging tersebut juga nantinya akan diberikan campuran kelapa parut yang bisa memberikan rasa gurih ketika dimakan.

3. Serombotan

makanan khas bali
Sumber: Pinterest

Menu makanan serombotan mungkin terdengar begitu asing dan unik di telinga kalian. Namun makanan khas bali ini juga memiliki citra rasa yang tak kalah nikmat lho ketika disantap. Selain itu, serombotan juga cocok banget bagi kalian yang suka menu makanan vegetarian.

Karena memang serombotan terbuat dari bahan dasar sayuran seperti kacang panjang, bayam, kangkung, terong bulat, tauge, pare, dan buncis. Nantinya semua sayuran tersebut akan dibumbui dengan bumbu kalas yang terbuat dari berbagai macam bahan rempah.

Beberapa bahan rempah yang ada di dalam bumbu kalas tersebut adalah seperti bawang merah, bawang putih, kencur, lengkuas, kunyit, ketumbar, dan santan.

Selain bumbu kalas juga terdapat campuran bumbu kacang yang mampu membuat menu makanan serombotan menjadi semakin lezat.

Seri Budaya Kuliner: Makanan dan Ritual di Bali

4. Lawar

makanan khas bali
Sumber: Pinterest

Meski memiliki nama lawar, namun menu makanan ini bukan terbuat dari bahan baku lawar melainkan terbuat dari berbagai macam sayuran menyehatkan dan kaya akan gizi.

Beberapa sayuran yang digunakan untuk membuat menu makanan lawar adalah seperti kacang panjang, sayur nangka dan juga kelapa parut.

Nantinya seluruh sayuran tersebut akan dicampur dengan bumbu rempah khas Bali. Menariknya lagi menu makanan ini juga memiliki beberapa jenis yang bisa kalian temukan seperti lawar kuwir yang memiliki daging entok, lawar ayam dan juga lawar babi.

Lalu ada juga lawar merah dan lawar putih yang tentunya seluruh jenis menu makanan lawar akan bisa menawarkan citra rasa yang begitu lezat ketika disantap.

5. Nasi Campur Bali

makanan khas bali
Sumber: Pinterest

Nasi campur Bali juga bisa kalian cicipi sebagai salah satu makanan khas Bali. Sama seperti namanya, menu makanan ini juga terbuat dari beberapa bahan utama seperti nasi putih, sate lilit khas Bali, ayam suwir yang sudah dilengkapi dengan bumbu base genep Bali, urap, lawar ayam, sambal matah serat sambal embe.

Dari berbagai macam campuran bahan baku tersebut membuat menu makanan nasi campur Bali selalu menawarkan citra rasa yang begitu nikmat dan tentunya bisa membuat lidah kalian tak akan kecewa.

6. Laklak

makanan khas bali
Sumber: Pinterest

Laklak merupakan jajanan tradisional khas Bali yang memiliki bentuk seperti surabi. Proses pembuatan jajanan ini juga memanfaatkan kendi yang diletakkan di atas api.

Ketika laklak sudah matang akan mampu memiliki tekstur lembut serta renyah pada bagian luarnya.
Nantinya laklak akan diberikan campuran santan, taburan kelapa parut serta sirup gula merah yang bisa menambah rasa gurih dan manis.

Laklak menjadi salah satu menu makanan ringan yang tentunya bisa kalian cicipi ketika berada di Bali.

7. Nasi Jinggo

makanan khas bali
Sumber: Pinterest

Nasi jinggo menjadi salah satu menu makanan khas Bali yang memiliki nama begitu unik. Rasa yang ditawarkan oleh nasi jinggo biasa akan begitu gurih.

Penyajian nasi jinggo biasanya dengan sate lilit, daging, mie, sambal goreng tempe serta adanya sambal sebagai pelengkapnya.

8. Rujak Buleleng

makanan khas bali
Sumber: Pinterest

Rujak buleleng juga hampir sama dengan makanan rujak pada umumnya yang terbuat dari bahan dasar buah. Berbagai macam buah tersebut nantinya akan dipotong kecil-kecil dan disiram dengan bumbu pedas dan segar.

Meski sekilas mirip dengan rujak pada umumnya. Namun rujak buleleng memiliki sebuah pembeda yang terletak pada bagian bumbunya. Bumbu rujak buleleng terbuat dari cuka, gula aren asli dari Buleleng, terasi, garam, cabai rawit serta pisang batu.

Rasa sepat yang ada di dalam menu makanan rujak buleleng berasal dari pisang batu.

9. Bebek Bengil

makanan khas bali
Sumber: Pinterest

Jika kalian berkunjung ke Bali, tak ada salahnya lho mencoba menu makanan bebek bengil. Makanan khas Bali ini merupakan bebek goreng khas Ubud yang sudah dibumbui dengan bumbu khas yang bisa membuat citra rasa berbeda dari bebek goreng pada umumnya.

Selain itu bebek bengil juga kerap disebut dengan nama dirty duck atau bebek kotor karena tampilannya yang berwarna coklat yang sudah bertabur dengan bumbu khas. Ciri khas yang dimiliki oleh bebek bengil adalah dari teksturnya yang begitu renyah hingga ke bagian tulangnya.

Untuk bisa memberikan rasa renyah pada bebek goreng tersebut diperlukan proses yang cukup lama. Pasalnya bebek akan direbus dalam jangkauan waktu selama dua hingga tiga jam yang dilanjutkan dengan proses rendam bebek selama 12 jam lamanya. Proses redam ini juga sudah dicampuri dengan bumbu dan tentunya dalam jangkauan waktu tersebut akan menjadikan bumbu-bumbu yang digunakan mudah meresap.

Beberapa tempat di Ubud Bali juga sudah menggunakan bebek bengil sebagai menu khas andalan mereka. Tak heran jika kalian berkunjung ke Ubud Bali akan mudah menemukan menu makanan bebek bengil.

10. Bebek Betutu

makanan khas bali
Sumber: Pinterest

Sebelumnya telah dijelaskan tentang menu makanan ayam betutu. Sampai saat ini selain ayam juga masih ada bebek betutu yang menjadi salah satu makanan khas Bali yang bisa kalian santap.

Rasa yang ditawarkan oleh menu makanan bebek betutu juga tak kalah nikmat dengan menu makanan ayam betutu. Daging bebek yang berpadu dengan bumbu bebetu khas Bali bisa menciptakan citra rasa yang begitu sempurna.

Proses pembuatannya hampir sama dengan proses pembuatan menu makanan ayam betutu namun hanya bahan utamanya yang berbeda yaitu menggunakan bebek.

Pertama seluruh bagian bebek yang sudah melalui proses perebusan akan dibumbui dengan base genep atau bumbu wangenan yang sebelumnya telah dihaluskan dan ditumis.Lalu bebek tersebut akan dibungkus dengan daun pisang dan dilanjutkan dengan proses penguburan dalam bara api.

Ketika sudah matang, menu makanan bebek betutu akan siap disajikan dengan didampingi nasi putih hangat dan sayuran pendamping lainnya.

https://www.gramedia.com/products/seri-ensiklopedia-negeriku-makanan-tradisional?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

11. Tipat Cantok

makanan khas bali
Sumber: Pinterest

Ingin menyantap makanan halal di Bali, maka tipat cantok adalah salah satu pilihan makanan khas bali halal yang bisa kalian nikmati. Makanan ini terbuat dari berbagai macam sayuran.

Dalam bahasa Bali, tipat memiliki arti ketupat dan cantok memiliki arti diulek dan jika diartikan secara keseluruhan tipat cantok merupakan ketupat yang diulek.

Jika dilihat sekilas, mungkin tipat cantok hampir menyerupai lotek namun menggunakan isian sayuran. Sayuran yang kerap digunakan untuk membuat menu makanan tipat cantok adalah seperti rebusan kacang panjang, kangkung dan juga tauge yang nantinya akan disiram dengan bumbu kacang ulek pedas.

Bumbu kacang yang digunakan tak jarang juga akan diberi jeruk limau atau terasi maupun tauco. Lalu untuk ketupatnya juga menggunakan ketupat khas Bali. Yang mana ketupat tersebut akan dibungkus dengan daun lontar yang menjadikannya memiliki rasa khas yang selalu terjaga.

Memiliki harga yang relatif terjangkau menjadikan tipat cantok selalu jadi makanan khas Bali yang begitu favorit oleh para pengunjung.

12. Jukut Urap

makanan khas bali
Sumber: Pinterest

Jukut urap adalah salah satu makanan khas Bali yang bisa kalian nikmati ketika berada di Bali. Dilihat dari bahan baku pembuatannya, jukut urap menggunakan bahan baku sayuran yang sama dengan menu makanan urapan di Jawa.

Dilihat dari bahasa Bali, jukut urap memiliki arti urap sayuran karena memang terbuat dari berbagai macam bahan baku sayur yang digunakan dalam pembuatanya.

Meski secara sekilas jukut urap hampir sama dengan menu makanan urapan seperti biasa.Namun sebenarnya kedua menu makanan tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar.

Salah satunya adalah terletak pada bumbu racikan pada jukut urap. Pasalnya sambal yang ada pada menu makanan jukut urap akan ditambahi sedikit santan, kacang goreng dan juga perasan jeruk nipis.

13. Bubur Mengguh

makanan khas bali
Sumber: Pinterest

Bubur mengguh dilihat sekilas memang seperti bubur ayam biasa. Namun di Bali, bubur mengguh sudah mendapatkan inovasi sehingga menjadikannya suatu bubur yang berbeda dari bubur ayam pada umumnya.

Mulai dari isian dan cara memasaknya juga sudah terbilang berbeda sekali dengan bubur ayam pada umumnya. Memiliki harga yang cukup terjangkau menjadikan bubur mengguh selalu laris di kalangan para pembeli.

Karena menu makanan bubur mengguh berasal dari daerah Buleleng. Maka kemungkinan besar kalian akan lebih mudah menemukan menu makanan ini di daerah tersebut atau di desa Tejakula dan rumah makan khas Bali.

14. Sate Languan

makanan khas bali
Sumber: Pinterest

Ingin mencoba untuk menikmati variasi sate lilit. Maka kalian bisa mencoba untuk memilih sate languan. Sate languan merupakan salah satu makanan khas Bali yang halal dan bisa kalian coba ketika berada di Bali.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat menu makanan ini biasanya terbuat dari daging ikan seperti ikan tongkol atau ikan tenggiri.

Sate languan begitu populer di daerah pesisir seperti di area Kabupaten Klungkung. Dan tentunya kalian akan lebih mudah mendapatkan menu makanan sate lengan di rumah makan khas Bali di daerah tersebut.

100 Peta Tempat Makan Makanan Khas Daerah

15. Nasi Tepeng

makanan khas bali
Sumber: Pinterest

Nasi tepeng merupakan salah satu menu makanan khas Bali yang bisa kalian nikmati ketika berada di Bali khususnya di daerah Gianyar. Menu makanan nasi tepeng memiliki ciri khas yang terletak pada tekstur lembut dan rasa yang begitu gurih mirip dengan citra rasa nasi gurih.

Kalian akan mudah menemukan menu makanan nasi tepeng ketika menelusuri pasar tradisional di Bali seperti pasar Senggol Gianyar. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau dan bervariasi tergantung dari lauk yang akan kalian pilih.

16. Bulung Buni Kuah Pindang

makanan khas bali
Sumber: Pinterest

Bulung buni kuah pindang menjadi salah satu menu makanan khas Bali khususnya daerah pesisir. Selain itu menu makanan bulung buni kuah pindang juga kerap dikenal dengan sebutan rujak bulung dan rumput laut hijau merupakan bahan utama yang digunakan untuk membuatnya.

Dengan harga yang begitu terjangkau, kalian bisa menemukan menu makanan bulung buni kuah pindang di rumah makan khas Bali khususnya di daerah pesisir.

17. Sudang Lepet

sudang lepet
Sumber: BeritaBali.com

Meski tak sepopuler makanan khas Bali lainya, namun menu makanan sudang lepet tak boleh kalian lewatkan sebagai salah satu wisata kuliner khas Bali. Menu makanan sudang lepet lebih kerap sebagai hidangan pendamping nasi putih hangat dan lauk lainnya.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat menu makanan sudang lepet adalah ikan asin. Dan kalian akan lebih mudah menemukan menu makanan sudang lepet di daerah Buleleng.

18. Tipat Blayag

tipat blayag
Sumber: Pinterest

Tak hanya menu makanan sudang lepet saja, namun daerah Buleleng Bali juga menawarkan menu makanan khas yang memiliki nama tipat blayag atau kerap juga disebut dengan nama blayag.

Menu makanan tipat blayag akan menggunakan blayag atau lontong yang dibungkus dengan daun aren dan memiliki bentuk yang lebih pipih dibandingkan dengan bentuk lontong pada umumnya.

Lontong tersebut nantinya akan dipotong kecil-kecil dan disajikan bersama dengan ayam suwir, kacang, lawar, sambal serta kuah santan pedas, gurih dan manis.

Tipat blayag akan mudah kalian temukan di rumah makan khas Bali dan tentunya menu makanan ini merupakan makanan halal yang bisa kalian nikmati dengan harga yang terbilang cukup terjangkau.

19. Nasi Sela

nasi sela
Sumber: Femina

Jika di daerah Jawa dan Lombok memiliki nasi jagung. Maka daerah Bali juga memiliki nasi sela yang rasanya tak kalah nikmat dari nasi jagung.

Nasi sela terbuat dari bahan dasar ubi jalar yang nantinya akan dimasak dengan berbagai macam bumbu seperti santan, base gede serta ada tambahan daging.

Proses pembuatannya akan dimulai dari nasi yang dicampur dengan ubi jalar kuning dengan rasa manis. Kebanyakan nasi sela akan disajikan bersama dengan menu makanan jukut bejek, kacang tanah, ayam suwir, ebi serta sambal matah maupun sambal bongkot.

 

20.Babi Guling

libur.co

Makanan ini tentunya tidak halal bagi umat muslim, namun makanan khas Bali ini yang jadi banyak incaran wisatawan lokal maupun luar negeri. Tekstur dagingnya yang lembut dan juga rasanya dengan bumbu khas Bali akan menjadi sasaran kuliner yang wajib.

 

21. Sate Plecing

libur.co

Bumbu plecing sendiri terdiri dari tomat, cabai rawit, terasi, garam, dan air jeruk limau. Rasanya ini terdiri dari pedas gurih dan juga sedikit asin. Satenya sendiri bukan hanya dari daging ayam saja, tetapi juga ada yang daging ikan dan babi.

 

22. Bebek Timbungan

orami.co.id

Bebek timbungan sendiri adalah salah satu makanan dari khas Bali tertua. Pada mulanya ini makanan hanya dihidangkan dari pada ritual-ritual sebuah upacara adat Bali saja.

Timbungan adalah sebuah cara mengolah sebuah masakan dengan berbahan dasar dari hewan jenis unggas, daging, serta ikan yang dimasukan kedalam sebuah bambu kemudian dicampurkan dengan beberapa rempah pilihan.

 

23. Sate Kakul

idntimes.com

Sate kakul sendiri sebetulnya sama saja dengan sate kerang. Sebelum dibakar, sate ini diberi bumbu plecing. Bumbu inilah yang membuat sebuah cita rasa yang menjadi khas serta super lezat.

 

24. Komoh

orami.co.id

Makanan khas Bali yang satu ini berisi kulit, hati, dan juga daging. Biasanya akan disajikan pada saat acara rohani atau keagamaan. Daging yang satu ini bisa menggunakan bebek, daging ayam, atau babi.

 

25. Tum Ayam

orami.co.id

Tum ayam merupakan olahan ayam rempah yang dibungkus rapi dengan daun pisang.

Makanannya sendiri terdiri dari ayam atau sapi cincang, kemudian disatukan dengan beberapa bumbu tumbuk rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, daun salam, serai, jahe, dan lainnya.

Semuanya disatukan, sehingga cocok sekali untuk bisa disantap untuk hidangan utama atau camilan saat bepergian.

Nah itulah beberapa rekomendasi makanan khas Bali yang bisa kalian nikmati ketika berkunjung ke Bali. Grameds juga bisa membaca buku-buku terkait makanan khas daerah lainnya di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk terbaik untuk Grameds.

Penulis: Hendrik

Bahasa daerah Bali apa ya?

Bahasa Bali terdiri atas dua dialek, yaitu (1) dialek Bali Aga atau Bali Mula yang dituturkan oleh penduduk Bali di daerah dataran tinggi di Bali dan (2) dialek Bali Dataran yang dituturkan oleh penduduk yang pada umumnya berdiam di daerah dataran rendah di Bali.

Apa senjata adat Bali?

Keris dan Tombak. Keris dan tombak adalah senjata tradisional Bali yang utama. Kedua senjata ini paling sering digunakan sebagai pelengkap upacara di pura.

Apa nama rumah adat yang ada di Bali?

Di rumah adat Bali, Bale Manten memiliki bentuk bangunan persegi panjang yang terletak di sebelah utara bangunan utama serta terdapat dua ruangan, yakni bale kanan dan bale kiri. Biasanya, rumah Bale Manten ini diperuntukan untuk kepala keluarga atau anak perempuan yang belum menikah atau masih perawan.

Baca juga:

buku resep mpasi

Mommyclopedia: 78 Resep MPASI

buku resep masakan rumahan

Home Cooking ala Xander's Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram

buku resep makanan favorit

241 Resep Makanan Favorit Antigagal (Ed. Revisi)

buku kelana rasa

Kelana Rasa Mancanegara - 80 Resep Hidangan Praktis dan Halal Dari 5 Benua Hits di Instagram



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Khansa Amira

Khansa adalah seorang Content Writer yang telah berkarir sejak tahun 2021 dan dunia kepenulisan selalu menarik baginya. Dengan menulis Khansa dapat membuka wawasan dan pandangan baru tentang topik-topik menarik, terutama dunia kuliner.