in

Rahasia Awet Muda dan Kecantikan Wanita Lembah Hunza Pakistan

Kecantikan wanita lembah hunza pakistan – Semua orang pasti ingin terlihat awet muda dan berumur panjang. Bagi para wanita tentunya memiliki wajah yang cantik dan senyum yang ceria meski usianya sudah tidak muda lagi merupakan impian setiap semua wanita.

Tahukah Grameds bahwa ada suatu daerah yang dikenal orang awet muda dan berumur panjang. Melansir menspresso, wilayah tersebut terletak di lembah Hunza, Provinsi Gilgit dan Baltistan, Pakistan.

Lembah Hunza adalah area kecil berpenduduk sekitar 90.000 orang. Wanita Hunza terkenal dengan kecantikan mereka di seluruh negeri. Kecantikan wanita Hunza sepertinya tidak luntur meski di usia yang tak lagi muda.

Apalagi, angka harapan hidup warga Hunza juga tinggi. Fakta menakjubkan lainnya adalah sebagian besar wanita Hunza masih bisa melahirkan di usia 65 tahun. Menurut Verywell Health, biasanya mereka akan mandi air dingin dengan suhu di bawah 15 derajat Celcius dan tetap aktif hingga usia 100 tahun.

Wanita di atas 40 tahun terlihat muda, sedangkan ibu yang melahirkan di usia 65 tahun bukanlah hal yang aneh. Sobat Grameds tentunya bertanya-tanya apa penyebab umur panjang dan awet mudanya masyarakat Hunza? Berikut kemungkinan alasan mengapa orang Hunza tetap sehat meski usianya sudah tidak muda lagi.

Sebelum mengetahui Kecantikan Wanita Lembah Hunza Pakistan, mari simak penjelasan terlebih dahulu tentang lembah Hunza. Simak penjelasannya disini!

Mengenal Lembah Hunza

Kecantikan wanita lembah hunza pakistan
Sumber: Wikipedia

Pakistan adalah salah satu negara yang diberkahi dengan keindahan alam yang luar biasa. Lembah Hunza, Pakistan merupakan salah satu tujuan wisata di dunia yang masih mempertahankan pesona alamnya.

Lembah Hunza adalah salah satu daerah terindah di Pakistan. Hunza, sering disebut sebagai “surga di bumi”, adalah sebuah lembah pegunungan yang indah yang terletak di wilayah Gilgit-Baltistan.

Lembah Hunza terletak di ujung paling utara yang menghubungkan Cina dengan Pakistan. Kawasan Gletser Biafo Gilgit-Baltistan adalah surga bagi para petualang dunia termasuk Jalur K2 Base Camp, Jalur Concordia, dan Jalur Gondogoro.

Dikelilingi oleh beberapa puncak tinggi termasuk Rakaposhi, Ladyfinger Peak dan Hunza Peak.

Perlu diketahui bahwa Hunza dulunya adalah sebuah negara yang berdiri hingga tahun 1974 sebelum dibubarkan oleh Zulfiqar Ali Bhutto. Sebelumnya ibu kota Huanza adalah kota Baltit, juga dikenal sebagai Karimabad.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Iklim Lembah Hunza

Iklim Hunza saat musim panas hanya mencapai sekitar 14 derajat Celcius, namun pada bulan Juli-Agustus bisa mencapai maksimal 31 derajat Celcius di pusat Hunza. Namun pada musim dingin, suhu di Huanza mencapai -10 derajat Celcius bahkan lebih.

Orang-orang Hunza cukup ramah, kooperatif, dan ramah. Umumnya suku Hunza berbicara bahasa Urdu tetapi mereka juga berbicara beberapa bahasa lain seperti Shina, Wakhi dan Burushaski. Di Hunza terdapat pasar Karimabad yang terkenal dengan kerajinan lokal, karpet buatan tangan, topi tradisional, sulaman, syal, kain tenun tangan, dan batu mulia.

Tambang Ruby di Hunza adalah tujuan wisata yang populer. Lembah Hunza terkenal dengan pegunungannya yang tertutup salju. Banyak orang datang ke Hunza hanya untuk melihat sekilas dinding es Gunung Rakaposhi yang berkilauan. Ada juga pegunungan terkenal di Hunza termasuk Puncak Passu, Puncak Ultra, dan Kuksel Sar.

Letak Geografis Lembah Hunza

Lembah Hunza memiliki tiga subdivisi geografis termasuk Lembah Gojal, Lembah Hunza Bawah dan Atas. Tempat-tempat ini memiliki banyak keindahan dan pemandangan alam yang menarik wisatawan. Setiap tahun, ribuan wisatawan berkunjung dan menikmati keindahan alam Lembah Hunza dan sekitarnya.

Selain itu, ada tempat wisata lain di dekat Lembah Hunza. Wisatawan juga selalu mengunjungi dua tempat paling terkenal, yaitu benteng Altit dan Baltit. Benteng Altit merupakan benteng tertua di wilayah utara dan terletak di desa Altit.

Benteng Altit dibangun dengan desain arsitektur yang indah di atas batu gunung. Di sana Anda akan melihat Sungai Hunza mengalir di belakang.

Sedangkan Benteng Baltit adalah benteng indah lainnya di Lembah Hunza yang dibangun di atas Karimabad. Benteng Baltit diubah menjadi museum peninggalan setelah direnovasi. Selain wisata budaya dan alam di Hunza, ada wisata ke gletser terpanjang dan paling terkenal di Pakistan yang ditemukan di Lembah Hunza.

Gletser terkenal di Hunza termasuk Gletser Batura, Gletser Hussaini, dan Gletser Passu. Semua gletser Hunza terletak di Lembah Gojal. Gletser menarik ribuan wisatawan domestik dan internasional setiap tahun. Menariknya, ada banyak peluang hiking di Lembah Hunza.

Rahasia Umur Panjang dan Kecantikan Wanita Lembah Hunza Pakistan

Kecantikan wanita lembah hunza pakistan
Sumber: MileniaNews

Lembah Hunza dikelilingi oleh tiga gunung besar: Himalaya, Karakoram dan Pamir. Tanah yang subur, udara segar yang belum tercemar, dan air yang jernih membuat siapapun yang tinggal di sini merasa nyaman. Faktanya, Lembah Hunza telah menjadi tujuan populer para backpacker Amerika dan Eropa sejak tahun 1990-an.

Mayoritas orang di Lembah Hunza adalah Muslim, menurut The Independent. Menariknya, meski tinggal jauh dari perkotaan, masyarakat Lembah Hunza merupakan populasi terbesar di Pakistan yang tidak buta huruf.

Rata-rata, 77% etnis Hunza melek huruf dan 90% wanita bisa membaca. Ini jauh dari angka melek huruf di Pakistan yang hanya 58% secara nasional. Yang lebih mengejutkan lagi, hampir bisa dipastikan bahwa tidak pernah ada kejahatan di Hunza. Disana juga tidak ada ruang untuk ide-ide radikal atau terorisme yang banyak digembar-gemborkan oleh pemerintah Indonesia.

Kecantikan, kesehatan, dan umur panjang warga terkenal di Lembah Hunza tentu saja membuat publik penasaran selama bertahun-tahun. Dalam pandangan McCarrison, makanan harian Hunza adalah ditengarai sebagai sumbernya. Penduduk lembah biasanya mengonsumsi 1.900 kalori, termasuk 50 gram protein, 36 gram lemak, dan 365 karbohidrat.

Makanan mereka biasanya sayuran dan dimakan mentah. Selama musim panas, orang-orang di Lembah Hunza makan buah dan sayuran segar. Begitu musim dingin tiba, mereka beralih ke aprikot kering, kecambah, dan alpukat.

Mitos Lembah Hunza sebagai Oase Awet Muda

Sumber: Gelora

Seperti yang dilaporkan Hunza.co, Lembah Hunza terletak di dekat perbatasan antara China dan Pakistan. Beberapa desa dihuni terutama oleh orang muda dan berumur panjang. Jika orang di kota modern memiliki harapan hidup rata-rata 65 tahun, orang di Lembah Hunza dapat hidup sehat selama 80 tahun atau lebih.

Mitos ini diabadikan dengan pengakuan mir (pemimpin lokal) dan didukung oleh banyak pengamat yang telah mengamati lembah Hunza beberapa dekade lalu. Robert McCarrison, seorang dokter Skotlandia, adalah peneliti pertama yang menunjukkan harapan hidup orang-orang di lembah Hunza dan mendapat perhatian besar oleh beberapa peneliti. McCarrison menyebut Hunza sebagai “lembah kebahagiaan”.

Kegiatan Penduduk Lembah Hunza

Orang-orang di Lembah Hunza membentuk komunitas yang erat. Sebagian besar penduduk menikah dengan tetangganya. Orang Hunza hidup dari pertanian, beternak, dan pekerja keras. Mereka juga mendapat penghasilan dari turis yang pergi ke sana.

Wanita di Lembah Hunza juga terampil dalam pertukangan, sehingga memberikan kontribusi besar bagi perekonomian Hunza. Kebanyakan Hunza mengikuti pola makan nabati. Jadi jarang memasak makanan dengan minyak goreng. Aprikot, ceri, anggur, prem, dan buah persik semuanya ditanam oleh orang Hunza. Mereka juga makan sereal, chapati, dan roti.

Semua ini memungkinkan orang Hunza untuk hidup sehat dan, tentu saja, berumur panjang. Pada awal 1970-an, National Geographic melakukan penelitian di Lembah Hunza untuk menyelidiki klaim umur panjang di seluruh dunia.

Umur masyarakat Hunza tidak diketahui secara pasti. Tetapi dari beberapa dokter yang memeriksa suku Hunza, diperoleh fakta yang mengejutkan bahwa populasi orang tua suku hunza itu sangat sehat, penuh kehidupan dan hampir bebas penyakit.

Selain makanan, kunci pencegahan penyakit Hunza adalah olahraga. Lingkungan tempat tinggal Hunza bergunung-gunung dan memiliki medan yang terjal. Desa ini sangat terisolasi dan dibangun di atas tebing. Mereka tidak punya pilihan selain melewati jalan yang kasar dan pegunungan yang curam.

Lahan pertanian tidak hanya dekat pemukiman. Beberapa lahan pertanian berjarak dua jam berkendara dari desa. Jadi apakah mereka bahagia? Jawabannya sangat senang. Di Verywell Health, mengklaim bahwa masyarakat Hunza adalah orang paling bahagia di dunia.

Nasib Wanita Lembah Hunza Sekarang

Menurut Nikkei Asia, penduduk di Lembah Hunza sebagian besar adalah pengikut Ismailiyah, sehingga peran perempuan di sektor publik dan kehidupan sehari-hari juga semakin meningkat.

Hal ini terlihat pada industri pariwisata yang menjadi sumber mata pencaharian utama. Pariwisata di Lembah Hunza berkembang pesat sejak tahun 1970. Selain masih didominasi laki-laki, peran perempuan sebagai penggerak industri ini juga semakin meluas.

Menurut Adventure, beberapa wanita di Lembah Hunza menerima pelatihan dasar pertukangan dua dekade lalu. Keterampilan ini terbukti sangat bermanfaat karena berhasil meningkatkan peran perempuan di daerah dalam perekonomian.

Aneeqa Ali, seorang wanita yang merupakan CEO dari agen perjalanan Mad Hatters, berkata: “Orang-orang Hunza berpikiran terbuka dan liberal karena tingkat melek huruf yang tinggi dan interaksi yang baik dengan turis internasional.

Rekomendasi Buku Kecantikan 

Berikut beberapa rekomendasi buku kecantikan yang ada di Gramedia.com:

1. Buku Buat Cewek: Dari Kecantikan, Kesehatan, Keuangan, Perawatan, Psikologi, Cinta dan Belanja

Kecantikan wanita lembah hunza pakistan

Sebagai seorang cewek, kamu pasti punya banyak pertanyaan di kepala kan? Misalnya hal-hal yang berhubungan dengan rambut, makeup, facial, perawatan tubuh, segala hal yang berhubungan dengan makanan, pola makan, kebiasaan tidur dan hal-hal yang berhubungan dengan percintaan, dan lain-lain.

Ayo, jadilah pintar dengan semua yang kamu miliki. Karena hanya dengan begitu kamu bisa mengungkapkan self love yang membuatmu bahagia. Siapa selain dirimu sendiri yang memahamimu, bukan?

Buku ini berisi tentang perawatan diri wanita yang mengacu pada aktivitas apapun yang kita lakukan untuk menjaga dan mempertahankan kesejahteraan kita, termasuk kesehatan mental, fisik, dan emosional.

Meskipun ini tampak seperti konsep yang jelas, perawatan diri sering dikesampingkan untuk prioritas yang lebih mendesak seperti pekerjaan, keluarga, dan tekanan kehidupan sehari-hari.

Menurut WHO, perawatan diri adalah kemampuan tubuh kita dalam menjaga kesehatan untuk mencegah berbagai penyakit atau gangguan kesehatan. Baik secara fisik maupun mental. Merawat diri sendiri bukanlah pemborosan waktu atau uang materi. Namun disisi lain, merawat diri sendiri dapat membantu Anda menjadi lebih produktif dan efektif.

Merawat diri sendiri juga merupakan salah satu cara terpenting untuk lebih mencintai diri sendiri. Seperti merias wajah, mengenakan pakaian terbaik, rutin berolahraga, makan sehat, hanya meluangkan waktu untuk istirahat. Segala bentuk perawatan diri bisa menjadi cara terbaik untuk memberi kita kebahagiaan.

2. Artikulasi Rasa: Mencintai Kecantikan Diri Sepenuhnya

Artikulasi Rasa: Mencintai Kecantikan Diri Sepenuhnya merupakan salah satu buku pengembangan diri yang sangat cocok digunakan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini ditulis oleh Selvia Liem. Buku ini akan mendorong Anda untuk menciptakan dan mencintai kecantikan Anda sendiri dengan mencintai diri sendiri.

Dari buku ini Anda akan mengerti mengapa kita tidak perlu mengikuti standar kecantikan yang telah ditetapkan dan lebih pasti kita akan mengikuti kecantikan diri sendiri. Jadi apakah Anda siap untuk memancarkan kecantikan sejati Anda?

Sinopsis:

“Sebenarnya kamu cantik sih, tapi kurang kurus aja,” “Cobalah, kamu perawatan sedikit biar lebih putih kulitnya,” “Sepertinya kalau rambutmu dibuat agak lurus akan lebih cantik, ya,” dan banyak komentar dan tuntutan masyarakat yang memaksa kita untuk tampil “cantik” menurut standar kecantikan yang ada. Sudahkah Anda mengalami hal tersebut?

Padahal standar kecantikan hanyalah standar yang terbentuk dari media massa, dari jejaring sosial. Sejauh setiap sudut, setiap bagian tubuh kita harus benar-benar sesuai dengan standar ini, baru bisa kita dianggap cantik.

Hmm… miris sekali melihatnya. Padahal, sebagai wanita, kita tidak serta merta mengikuti standar kecantikan yang ditetapkan media. Padahal kita para wanita memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Kita hanya perlu mencintai kecantikan kita sepenuhnya, menerima diri kita sepenuhnya, barulah kita bisa bersinar.

Buku ini akan mendorong Anda untuk menciptakan dan mencintai kecantikan Anda sendiri dengan mencintai diri sendiri. Apakah Anda pernah memiliki pengalaman ini?

3. Rahasia Awet Muda 7 Rahasia Kecantikan Holistik

Kecantikan wanita lembah hunza pakistan

Apakah Anda salah satu wanita yang begitu sibuk sehingga tidak punya waktu untuk memikirkan gaya hidup, pola makan, dan kesehatan mental mereka? Meski begitu, Anda tetap ingin tampil semuda bintang top dulu seperti 10 tahun lalu.

Di era modern ini, aktivitas dan gaya hidup masyarakat sehari-hari akan terus berubah. Ini termasuk kesibukan para wanita, baik wanita pekerja maupun ibu rumah tangga. Kesibukan pekerjaan pasti akan membuat Anda merasa kewalahan.

Kebosanan mengurus diri sendiri dan keluarga, serta stres karena berbagai tanggung jawab, menyebabkan banyak orang kurang atau tidak memperhatikan aspek kesehatan pribadinya. Banyak dari faktor ini akan membuat Anda terlihat lebih tua dari usia Anda karena stres dan faktor lainnya.

Oleh karena itu, Anda harus bisa menjaga pola makan, gaya hidup dan mengendalikan pikiran agar terlihat awet muda. Namun, Anda tidak perlu khawatir, ketika Anda mendapatkan buku ini, Anda akan belajar bagaimana menjaga kesehatan dan kecantikan Anda untuk mencapai keinginan tersebut.

Buku “Rahasia Awet Muda 7 Rahasia Kecantikan Holistik” menjelaskan kesehatan holistik dalam kaitannya dengan gaya hidup, pola makan seimbang, dan spiritualitas. Dengan kata lain, buku ini memberikan konsep dan dasar pemikiran logis tentang sunnah Rasulullah SAW dan metode lestari berbasis sains modern.

4. Perawatan Kecantikan Kulit

Saat ini, semakin banyak wanita yang menyadari bahwa kulit wajah yang sehat dan terawat adalah fondasi kecantikan sejati, karena kesadaran kesehatan kulit telah menyebabkan semakin banyak tutorial kecantikan.

Oleh karena itu, mereka memberikan perhatian khusus pada perawatan wajah, baik yang dilakukan sendiri maupun dengan bantuan terapis di pusat kecantikan. Lokasi perawatan kecantikan secara bertahap berkembang pesat seiring dengan rasa perawatan kecantikan wanita. Tidak diragukan lagi, hal ini menyebabkan meningkatnya permintaan akan ahli kecantikan yang terampil dan berkualitas.

Buku ini ditulis untuk mereka yang ingin memasuki dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka di bidang tata rias dan perawatan kosmetik, dari tingkat paling dasar hingga perkembangan terkini. Ini menyajikan dasar-dasar perawatan kecantikan lengkap.

Mulai dari dasar-dasar yang perlu diketahui terapis dalam menjalankan tugasnya, hingga penggunaan alat bantu yang benar dan mahir, hingga postur tubuh yang benar saat berinteraksi dengan klien. Singkatnya, buku ini benar-benar panduan bagi para ahli kecantikan dan semua orang yang terjun ke dunia kecantikan.

Buku ini disusun dengan hati-hati, berdasarkan metode yang dikembangkan selama bertahun-tahun. Meski padat informasi, materi disampaikan dengan bahasa yang lugas dan sederhana sehingga mudah dipahami dan dipraktekkan.

Penutup

Demikian ulasan mengenai informasi tentang kecantikan wanita lembah hunza pakistan dan rekomendasi buku kecantikan. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang informasi tentang buku kecantikan lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

Baca juga terkait Kecantikan wanita lembah hunza pakistan:

Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan dan Kecantikan

13 Manfaat Kentang Rebus Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh!

Review Novel Cantik Itu Luka: Kecantikan Itu Membawa Malapetaka

20 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan, Yuk Simak!

15 Manfaat Madu bagi Kesehatan dan Kecantikan



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda