in

60+ Kata-Kata untuk Ayah yang Menyentuh dan Penuh Makna

Pixabay.com

Kata-Kata untuk Ayah – Selain sosok ibu, ayah adalah sosok yang memiliki jasa besar pada kehidupan anaknya.  Berkat kerja kerasa dari ayah, maka keluarga pun mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu, sosok ayah juga sering kali dijadikan sebagai panutan oleh anak-anaknya.

Memiliki ayah yang bertanggung jawab, serta mengajarkan kebijaksanaa dalam hidup tentu adalah hal yang menguntungkan. Ungkapan kasih sayang pun perlu sekali-kali diungkapkan kepada sosok ayah dan tidak hanya ibu saja. Berikut adalah beberapa kata ungkapan kasih sayang untuk ayah yang bisa dijadikan sebegai referensi.

Kata-Kata untuk Ayah
Pixabay.com

Kata-kata Untuk Ayah

  1. Ayah adalah sosok yang tidak banyak bicara, hingga ia terkesan tidak peduli. Namun, sebenarnya dalam hati ayah, hanyalah ada sosok anak-anaknya saja.
  2. Ayah adalah sosok yang selalu mengerti dengan semua keinginan dari anaknya, namun sebaliknya seorang anak terkadang tidak mengerti bahkan acuh dengan keinginan ayahnya.
  3. Ayah, terima kasih untuk segala hal yang telah engkau perjuangkan. Kerja keras, cinta, tawa, perlindungan dan tangis yang telah ayah korbankan untuk anak-anaknya.
  4. Ayah adalah sosok orang yang mencitai keluarganya dalam diam, sosok yang tidak pandai mengungkapkan perasaan dan sosok yang selalu mengerti serta memahami keluarganya, ketika tidak ada orang lain yang paham.
  5. Ayah, janglah engkau menahan seluruh rasa sedih itu hanya dengan diam, ayah ceritakanlah beban mu, agar dapat mengurangi beban pikiranmu.
  6. Untuk yang kesekian kalinya, ayah aku ingin mengatakan bahwa aku mencintaimu. Aku juga ingin mengungkapkan terima kasih, karena telah menjadi sosok panutan, sahabat serta orang tua yang baik.
  7. Ayah, terima kasih aku ungkapkan karena engkau telah menjadi sosok yang selalu menggenggam tanganku, ketika tiada orang lain yang menggenggam dan terima kasih karena engkau selalu mengawasi langkahku setiap saat.
  8. Cobalah perhatikan dan pandang wajah ayah yang kelelahan, maka sayangilah dan doakanlah ayah.
  9. Apabila ada yang salah, aku tahu bahwa ayah akan memperbaikinya.
  10. Untuk dunia, mungkin kamu hanya seseorang, tapi untuk ku, kau adalah dunia itu, aku menyayangi mu ayah.
  11. Sebelumnya aku belum pernah melihat pahlawan super, namun setelah melihat ayah, aku tahu ia adalah sosok pahlawan super itu.
  12. Setiap hari aku selalu berdoa untuk kebaikan diriku sendiri. Seperti ketika aku berdoa agar Tuhan memberikan umur panjang pada ayah ku.
  13. Ada rindu yang tidak akan pernah habis, yaitu adalah rindu seseorang pada sosok ayahnya.
  14. Ayah, tulangmu begitu kuat untuk menyangga seluruh cobaan hidup. Demi anak serta istri mu yang berada di rumah.
  15. Aku hanya ingin membuat ayah bangga pada ku. Setidaknya, setelah apa yang telah ayah berikan kepadaku.
  16. Ayah, aku menghargai segala bentuk pengorbanan yang telah engkau berikan. Aku akan senantiasa membalas jasa mu dan itulah janji manis ku pada ayah.
  17. Ayah, lelahmu selalu kau rasakan sendirian. Sementara aku, ingin ayah berbagi kisah kesedihanmu, agar membantu meringankan beban mu.
  18. Ayah ku selalu memiliki 1000 asalan untuk selalu berjuang serta mengalihkan segala kesedihannya.
  19. Ayah kau adalah sosok yang selalu menyayangi anak-anaknya. Keringatmu telah menjadi inspirasi bagiku dan tawamu adalah hal yang selalu aku rindukan, begitu pula dengan sedihmu, telah menjadi derita bagiku.
  20. Ayah adalah sosok yang tidak banyak menunjukan ekspresinya dengan ucapan, akan tetapi ia selalu memberikan tepukan yang ringan di pundak, atau jabat tangan yang erat, dan itu sudah cukup untuk memberitahuku bahwa ayah sangat bangga pada diriku.
  21. Restu dari ibu dan ayah adalah ridho dari Tuhan yang akan mengiri setiap langkah-langkah ku.
  22. Ayah, aku meminta maaf karena sebagai anak aku tidak pernah mendengarkan keluh kesahmu.
  23. Ayah, jagalah dirimu baik-baik, aku jauh di sini selalu memberikan doa untukmu agar engkau selalu dalam keadaan baik dan Tuhan selalu menjaga mu.
  24. Ayah, berada jauh dari mu selalu membuat hati ku tak menentu. Kenangan ketika bersama dengan mu adalah momen yang tidak akan pernah bisa digantikan oleh apapun, aku rindu ayah.
  25. Maafkan anak mu yah, kebodohanku selama ini terlalu mengikuti egoku hingga aku tak sadar bahwa aku telah menyakiti ayah.
  26. Terima kasih aku ucapkan kepada ayah yang selalu memberikan nasihatnnya, meskipun terkadang aku tidak terlalu peduli dan sering kali membuat ayah merasa sedih.
  27. Cinta dari seorang ibu memang menenangkan, akan tetapi cinta dari ayah lebih menguatkan.
  28. Jika ayah berada jauh, aku harap ayah akan mendengar tangisan dari anak-anaknya yang saat ini sangat merindukan sosok ayahnya.
  29. Tidak ada satu pun lelaki yang kuat seperti ayah dan tidak ada satu pun lelaki yang rela melakukan segalanya demi aku seperti ayah.
  30. Jangan khawatir ayah. Hari ini, lusa atau pun esok ayah akan selalu menjadi pahlawan bagi diriku.
    Kata-Kata untuk Ayah
  31. Hadiah terhebat yang pernah aku miliki adalah dengan aku memanggilnya ayah. Aku menyayangimu.
  32. Ayah engkau adalah panutan bagiku, karena ayah telah mengerjakan banyak hal dan tak pernah lelah berjuang demi keluarganya.
  33. Ku ucapkan terima kasih pada ayah atas kebahagiaan yang ayah perjuangkan dari keringat ketika ayah mencari rezeki di siang dan malam hari.
  34. Cinta ayah memang tidak terlihat, namun bukan karena ia tidak peduli, akan tetapi karena ayah tidak pandai menunjukan cintanya.
  35. Satu pelukan dari ibu dan ayah kita hari ini, akan jauh lebih membahagiakan daripada seribu pelukan yang kita rasakan dari batu nisannya nanti.
  36. Setiap pengorbanan dari ayah, di dalamnya selalu ada doa yang terselip. Doa yang ayah panjatkan agar anak-anaknya bisa sukses di kehidupannya kelak.
  37. Aku memiliki mimpi, yaitu untuk membuat ayahku tersenyum dengan lepas.
  38. Ayah tidak memberikan hadiah terbaik kepada seseorang, karena ayah akan memberikan hadiah terbaik itu pada ku, anaknya.
  39. Ayah, tetaplah berada di sisiku, panggil aku dan genggam tanganku ketika ayah tengah merasa sedih.
  40. Keinginan ku adalah untuk membuat ayah merasa bangga, meskipun aku tidak bisa selalu sama seperti apa yang ayah ku harapkan.
  41. Aku tahu, ayah bukanlah sosok superhero. Akan tetapi ayah adalah orang yang paling hebat dalam hidupku.
  42. Apakah ayah tahum bahwa aku ingin ayah bisa memeluk diriku seperti ketika aku masih kecil.
  43. Cinta seorang ayah selalu mampu menguatkan anak-anaknya.
  44. Kepada ayah, aku ingin mengucapkan bahwa aku mencintaimu, karena ayah telah menjadi sahat terbaik yang pernah aku miliki.
  45. Ayah adalah satu-satunya sosok yang selalu percaya kepada kemampuan yang aku miliki, ayah jugalah orang pertama yang selalu yakin bahwa aku bisa melakukan apa saja.
  46. Ayah adalah orang yang mendapatkan gelar juara satu di seluruh dunia.
  47. Aku menghomarti sosok ayah ku, tetapi aku mencintai ibuku – Adolf Hitler.
  48. Pada setiap hembusan napasnya, ayah selalu memancangkan tiang penuh asa agar langkah anaknya sampai kepada bianglala – Abdurahman Faiz.
  49. Ayah telah mengajarkan pada ku mengenai pengorbanan, akan tetapi ibu telah mengajarkan pada ku mengenai ketulusan.
  50. Warisan terbesar yang diberikan seorang ayah pada anaknya adalah ia dapat membuat seluruh keluarganya sebagai sosok teladan – Ahmad Dahlan.
    Kata-Kata untuk Ayah
  51. Ayah merupakan kepala keluarga, maka hormati serta selalu sayangi ayahmu sepanjang hidupnya.
  52. Seorang ayah tidak akan pernah membiarkan anaknya sendirian, ayah akan selalu menjaga serta membimbing anaknya dalam setiap jalan hidup.
  53. Cinta dari seorang ayah akan mampu menguatkan anak-anaknya.
  54.  Panggilan dari ayah dari anak-anaknya, ketika buruh pulang dari bekerja ialah obat duka dari dampratan majikannya di kantor. Suara memanggil ayah dari anak-anak yang tengah berdiri di depan pintu itulah yang dapat menyebabkan telinga ayah menjadi tebal, meski gajinya kecil. Suara memanggil ayah dari anak-anak, itulah urat tunggang serta pucuk bulat peri penghidupan untuk manusia – Buya Hamka.
  55.  Mungkin kita tidak akan pernah bisa mendengar tangisan dari seorang ayah, karena seorang ayah akan selalu ingin terlihat kuat agar anaknya mampu berlindung di tangan serta dadanya, tanpa pernah meragukannya, ayah dapat memberikan rasa aman kepada sang anak, ketika sang anak tengah merasa terancam, itulah seorang ayah – Kang Maman.
  56. Ayah, engkau adalah sosok panutan bagi diriku, engkau telah mengajarkan banyak hal padaku, engkau tidak pernah mengenal kata lelah dan selalu berjuang demi keluarga.
  57. Ayah aku selalu menghargai setiap pengorbananmu, akan aku balas seluruh jasamu kelak ketika aku dewasa.
  58. Sosok yang selalu menginspirasi diriku adalah ayah.
  59. Seorang ayah akan selalu bersedia untuk bekerja keras agar keluarganya bahagia. Maka, jadilah sosok ayah yang hebat.
  60. Satu nasihat dari ayah adalah salah satu wujud dari kepeduliannya kepada anak-anaknya.

Kata Ucapan Untuk Hari Ayah

Ketika hari ibu, anak tentu akan berlomba-lomba untuk mengucapkan hari ibu serta memberikan kado. Jangan lupa pula untuk turut mengucapkan kata-kata manis pada ayah di hari ayah. Grameds bisa mengucapkan wujud terima kasih Grameds selama ini kepada ayah, dengan mengatakan hal-hal manis pada ayah. Berikut kata ungkapan untuk hari ayah, sebagai referensi.

  1. Ayah ada sebuah pepatah yang berbunyi seperti ini : ‘setiap pria bisa menjadi sosok ayah, tetapi dibutuhkan seorang pria yang istimewa untuk menjadi sosok ayah’ Ayah adalah pria yang spesial dalam hidup ku, terima kasih banyak ayah!
  2. Ayah seperti dirimu, adalah hadiah paling indah dari Tuhan. Aku bersyukur memiliki sosok ayah seperti dirimu. Selama hari ayah, aku mencintai ayah!
  3. Hari ini adalah hari spesial mu. Hari untuk merayakan serta memberi tahu ayah, bahwa betapa sosok ayah sangat aku hargai serta aku cintai. Selamat hari ayah!
  4. Selamat hari ayah untuk ayah ku tercinta. Terima kasih untuk semua yang telah ayah lakukan, terima kasih untuk ayah meskipun tidak pernah mengungkapkan cintanya, tetapi selalu menunjukan rasa cintanya pada keluarga.
  5. Ayah aku ingin mengucapkan terimakasih karena telah memberikan aku begitu banyak cinta serta perhatian yang tak terlampau. Ayah adalah sosok ayah yang terbaik. Selamat hari ayah!
  6. Ayah bukanlah sebuah jangkar yang digunakan untuk menaham atau sebuah layar yang digunakan membawa keluarganya ke suatu tempat. Tapi ayah adalah sosok cahaya yang menjadi penuntun dengan seluruh kasih untuk menunjukan jalan. Selamat hari ayah, untuk ayah ku yang terbaik.
  7. Ayah adalah sosok pria yang paling boasa yang dapat diubah oleh cinta menjadi sosok penyanyi, petualang, pahlawan serta pendongeng. Selamat hari ayah.
  8. Tidak memedulika betapa jauh jaraknya, aku anakmu akan selalu menjadi bagian dari diri ayah, karena ayah adalah bagian dari diriku. Selamat hari ayah.
  9. Semenjak aku kecil, ayah selalu memberika mimpi. Berkat ayah, aku bisa melihat masa depanku, tangan ayahlah yang selalu membimbing diriku dan ayahlah yang selalu membersamaiku selamanya. Selamat hari ayah.
  10. Saat yang paling membanggakan dalam hidupku ialah ketika orang memberi tahu diriku, bahwa apel tidak akan jatuh jauh dari pohonya. Terima kasih ayah telah menjadi sosok yang luar biasa untuk diriku. Selamat hari ayah!
  11. Ayah merupakan sosok yang selalu ingin mengangkat anaknya ketika anaknya terjatuh. Ayah akan selalu memberi kesempatan anaknya untuk mencoba lagi dan lagi serta siap untuk mengangkat anaknya kembali. Selamat hari ayah!
  12. Aku telah mempelajari banyak yang dibutuhkan untuk dapat mampu menjalani kehidupan yang baik dari sosok ayah. Terima kasih telah selalu ada untukku ayah. Selamat hari ayah.
  13. Selamat hari ayah untuk pria spesial yang selalu ada dalam setiap langkahku.
  14. Ayah adalah sosok pahlawan super pertama bagi seorang putra, ayah adalah sosok cinta pertama bagi seorang putri. Ayah telah memberikan kami semua yang kami butuhkan. Terimakasih ayahku.
  15. Semakin bertambahnya usia, semakin aku menyadari bahwa ayah telah banyak berkorban dalam hidupku dan telah membuat diriku menjadi sosok yang lebih baik lagi. Selamaat hari ayah, ayahku tercinta.
  16. Tidak ada lagi yang lebih membuat ku bahagia selain mengetahui, bahwa aku telah memiliki sosok ayah yang penuh kasih. Selamat hari ayah nasional.
  17. Aku tidak tahu, apa yang akan aku lakukan apabila tidak ada sosok ayah dalam hidupku. Oleh karena itu, aku sangat bersyukur sebab aku memiliki sosok ayah yang penuh kasih di dalam hidupku.
    Kata-Kata untuk Ayah
  18. Selamat hari ayah untuk sosok ayah yang selalu membimbing diriku dengan kebijaksanaan yang ia miliki, sehingga aku dapat berada di posisiku saat ini.
  19.  Bagi seorang ayah yang telah semakin tua, tidak ada lagi yang lebih berharga dibandingkan seorang putri – Euripides.
  20. Saya tidak dapat memikirkan kebutuhan apa pun ketika saya masih di masa kanak-kanak, sekuat kebutuhan akan perlindungan dari sosok ayah – Sigmun Freud.
  21. Saya ayah memiliki kekuatan lebih dari seratus kepala sekolah – Georger Herbert.
  22. Selamat hari ayah, ketahuilah bahwa aku, anakmu, sayang pada ayah meskipun aku jarang mengatakannya padamu.
  23. Aku bangga karena aku menjadi anak ayah. Terima kasih telah menjadi sosok ayah yang hebat serta kuat. Selamat hari ayah untuk ayahku yang istimewa.
  24. Maafkan anakmu yah, apabila aku belum mampu untuk membuat dirimu bangga padaku, akan tetapi aku selalu berdoa agar ayah diliputi banyak kebahagiaan.
  25. Tidak ada lagi sosok pria yang mampu berdiri lebih tinggi, dibandingkan ketika ia membungkuk untuk dapat membantu seorang anak – Abraham Lincoln.
  26. Ayahku adalah pahlawan bagi ku, karena ayah selalu ada untuk diri ku ketika aku membutuhkan ayah – Bindi Irwin.
  27. Aku sangat mencintai ayah sebagai bintang, ayah adalah contoh dari bintang yang paling bersinar terang dengan binar-binar bahagia yang menerangi hati saya – Terri Guillemets.
  28. Seorang ayah adalah satu-satunya teman yang dapat diandalkan oleh seorang anak – Emile Gaboriau.
  29. Ayahku ialah guruku. Akan tetapi yang paling penting ia adalah sosok ayah yang hebat – Beau Bridges.
  30. Tidak ada rasa malu serta ketakutan, kata ayah, yang paling terpenting ialah bagaimana kita mampu menghadapinya -Georher R.R Martin.

Itulah kumpulan kata-kata untuk ayah sebagai ungkapan kasih saya atau ucapan terimakasih pada ayah. Grameds dapat membaca kisah-kisah mengharukan tentang ayah dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia. Karena sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu menyediakan beragam buku berkualitas dan original. Tunggu apa lagi? Segera check out dan baca bukunya sekarang juga!

BACA JUGA:

  1. 179 Kata-Kata Cinta Romantis Buat Pasangan, Pacar, Kekasih, Keluarga 
  2. Quotes Bijak Haemin Sunim tentang Cinta & Kehidupan 
  3. 34 Kata-Kata Bijak Tentang Perjuangan dan Semangat Muda 
  4. Kumpulan Kata-Kata Bijak dari Orang-Orang Terkenal di Dunia 
  5. List Buku Kumpulan Quotes, Kata Bijak, Kata Mutiara Best Seller 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda