in ,

14 Rekomendasi Kado Pernikahan untuk Sahabat Terbaikmu

blue.kumparan.com

Kado Pernikahan untuk Sahabat – Mirip seperti ulang tahun, teman ataupun saudara yang melangsungkan pernikahan juga sebaiknya diberikan ucapan serta hadiah. Meski memberikan uang lebih praktis, namun ada kalanya kamu juga bisa memberikan kado pernikahan untuk sahabat.

Dalam hal ini, hadiah kado bisa apa saja, tetapi sebaiknya barang yang diberikan berupa barang-barang yang mudah diingat oleh pasangan pengantin. Selain itu, sebaiknya kamu memilih kado pernikahan terbaik atau yang bisa digunakan oleh pasangan pengantin di kemudian hari.

Pada dasarnya, bda banyak barang yang dapat kamu jadikan kado pernikahan. Jika masih bingung, maka kamu bisa simak artikel ini, Grameds.

Rekomendasi Kado Pernikahan Untuk Sahabat

1. Speaker Bluetooth

Kado Pernikahan untuk Sahabat
jadistore.com

Memulai lembaran baru di rumah tentunya akan butuh penyesuaian. Nah, bagi bagian sebagian orang, salah satu cara untuk kemudian membiasakan diri tersebut ialah dengan bersantai mendengarkan musik bersama. Speaker Bluetooth juga sangat praktis digunakan di mana pun, mulai dari ruang tamu, kamar tidur, hingga pada area kamar mandi sekalipun.

Selain itu, speaker juga dapat dikoneksikan ke ponsel ataupun laptop, sehingga sangat mudah dan nyaman. Sedikit tips, jika kamu ingin membeli speaker bluetooth berkualitas, sebaiknya pilih yang memiliki sertifikasi IP yang tahan air serta debu, serta yang punya konektivitas Bluetooth 4.0 ke atas.

Beberapa merek terbaik yang dapat menjadi pilihanmu seperti diantaranya pada JBL, Xiaomi, Polytron, Anker, Tronsmart, hingga Advance.

2. Food Chopper

Kado Pernikahan untuk Sahabat
sehatq.com

Pengantin baru pastinya membutuhkan makan karena salah satu kunci untuk mencapai kebahagiaan diantaranya adalah lewat perut. Oleh sebab itu, biasanya pengantin baru akan melakukan berbagai resep masakan di dapur. Jadi, mengapa tidak sekalian memfasilitasi hobi tersebut?

Jika memberikan blender mungkin terlihat biasa, maka kamu dapat memberikan peralatan dapur yang tengah menjadi tren yaitu pada food chopper. Food chopper dapat menghaluskan makanan dalam beberapa tingkat sesuai dengan kebutuhan dan dapat menjadi salah satu kebutuhan gaya hidup sehat, Berbagai merek food chopper yang dapat menjadi pilihan, seperti Mitochiba, Solid, Cosmos, Starco, hingga pada merk Philips.

3. Kain Shibori Multifungsi

Kado Pernikahan untuk Sahabat
bukalapak.com

Jika ingin memberikan hadiah pernikahan yang unik serta dapat kamu gunakan di sepanjang waktu, maka kain khas Indonesia dapat menjadi jawabannya. Salah satu motif yang paling timeless atau tidak termakan zaman atau bahkan sekarang tengah menjadi tren adalah kain shibori.

Kain shibori bisa dibilang kain yang multifungsi dan dapat dijadikan sebagai kain bawahan ataupun dijahit untuk digunakan sebagai dress, kemeja, celana, blouse, dan sebagainya. Kamu juga dapat membeli dua potong kain agar temanmu dapat membuatnya sebagai pakaian couple nantinya. Kain shibori dari Galeri Atin ini merupakan kain ecoprint daun jati dengan ukuran 200 x 105 cm.

Selain itu, kain shibori sangat pas untuk kamu jadikan sebagai dress atau kemeja untuk berbagai acara resmi. Produk eksklusif ini juga bisa dibuat secara handmade oleh Galeri Atin.

4. Lampu Kamar Tidur Unik

Lite and Deco Lampu Meja 9182T/M
Dekoruma.com

Ketika pasangan baru saja pindah ke rumah yang baru perabotan mereka pastinya akan terbilang sedikit. Selimut, sprei, air purifier, ataupun humidifier pasti sudah menjadi ide kado bagi orang lain. Kamu bisa memberikan kado yang lebih berbeda dan melengkapi ide itu semua dengan memberikan lampu kamar tidur yang unik.

Apalagi, jika temanmu memiliki karakter yang eksentrik lampu tidur yang unik bisa dijadikan sebagai desain interior rumah. Bahkan, saat ini sudah ada banyak lampu hias tidur yang sudah dilengkapi dengan remote yang dapat dikendalikan dari jauh. Jadi, apakah kamu tertarik untuk memberikan lampu tidur hias sebagai kado pernikahan?

5. Rice Cooker Digital

Kado Pernikahan untuk Sahabat
shopee.co.id

Nasi sebagai makanan utama orang Indonesia. Di setiap rumah, pasti setidaknya terdapat satu penanak nasi. Kamu dapat memberikan rice cooker digital yang modern serta kekinian. Terlebih lagi, desain dan motif yang unik, sehingga hadiah ini menjadi sangat berkesan.

Rice cooker digital bisa mengatur waktu memasak nasi sesuai dengan yang kamu inginkan. Bahkan, tingkat kepadatan nasi pun dapat diatur, kamu dapat memilih nasi yang pulen atau agak padat. Beberapa rice cooker digital juga akan menjaga nutrisi makanan dan ada yang dapat mengurangi kadar gula di dalam nasi.

6. Sprei dan Bed Cover

Kado Pernikahan untuk Sahabat
pixabay.com

Dua benda ini juga sangat penting bagi para pasangan baru karena mereka nantinya tidur di tempat yang sama. Dengan memberikan sprei baru bisa membuat pasangan pengantin merasa tidur di kasur baru.

Alangkah baiknya, berikan warna cerah untuk dapat memberikan kenyamanan ekstra saat tidur. Jangan lupa juga untuk sertakan bed cover, ya. Kado ini mungkin bukan kamu saja yang akan memberikannya, tapi kamu sudah bisa berperan dalam memberikan banyak koleksi kepada para pengantin baru.

7. Peralatan Makan

Kado Pernikahan untuk Sahabat
pixabay.com

Terkadang, pengantin baru akan pindah ke rumah yang benar-benar masih kosong serta tidak memiliki perabotan. Untuk dapat membantu mereka (pasangan pengantin), sebaiknya cobalah kamu menghadiahkan peralatan makan. Tak perlu banyak, kamu bisa memberikan peralatan makan yang umum digunakan saja, seperti peralatan makan dan minum.

Alangkah baiknya, berikan perlengkapan makan yang unik serta jarang digunakan oleh orang lain. Selain itu, kamu dapat memilih piring serta gelas dengan warna senada untuk para pengantin pria dan warna lainnya untuk para pengantin wanita.

8. Satu Set Perlengkapan Masak

Kado Pernikahan untuk Sahabat
pixabay.com

Percaya atau tidak percaya, dengan memasak bisa meningkatkan rasa sayang antara suami dan istri. Jadi, perlengkapan memasak pastinya menjadi salah satu kado pernikahan yang paling tepat. Kalau memang ingin lengkap, kamu bisa berikan satu atau dua benda di dapur untuk mereka. Kamu dapat memulainya dengan kompor gas atau listrik sebagai pilihan mudah. Jika ingin ide lain, cobalah memberi pemanggang atau microwave untuk para pengantin baru. Bisa jadi, mereka akan semakin mesra karena bisa membuat kue di rumah.

9. Humidifier dan Essential Oil

Kado Pernikahan untuk Sahabat
shopee.co.id

Benda ini juga sedang tren. Telah banyak orang yang menggunakannya untuk ruang tamu ataupun kamar tidur. Bukan hanya dapat melembapkan udara di ruangan, humidifier juga akan memberikan kesegaran di rumah. Alangkah baiknya, tambahkan juga essential oil yang dapat dipadukan dengan pelembab udara tersebut. Dijamin, pasangan pengantin baru serta keluarga atau temanmu itu akan senang menerimanya.

10. Tanaman Hias

12 Tanaman Hias yang Memiliki Manfaat Kesehatan Halaman all - Kompas.com
kompas.com

Pilih tanaman hias kecil yang kemudian dapat diletakkan di pot serta dibawa masuk ke dalam rumah. Kamu juga dapat memulai dengan kaktus yang memang akan sangat bermanfaat di dalam rumah. Tanaman mungil ini bisa juga digunakan untuk memperindah dekorasi rumah.

Dengan memberikan tanaman hias akan mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab. Masing-masing mereka harus saling saling untuk merawatnya dan juga menyiramnya, sehingga keharmonisan pengantin baru bisa terjaga.

11. Nintendo Switch

Daftar Harga Nintendo Switch di Indonesia Juli 2022 Halaman all - Kompas.com
tekno.kompas.com

Siapa bilang game hanya dapat digunakan untuk sebagian orang? Nintendo Switch mampu menyimpan puluhan game yang dapat dimainkan bersama pasangan. Bahkan, untuk memainkan game yang ada di Nintendo Switch bisa dibilang tidak membutuhkan keahlian khusus.

Kamu dapat selain memberikan game 1 – 2 Switch, Mario Party, atau Just Dance. Terlebih lagi, game-game ini dapat dimainkan berdua bersama pasangan.

12. Coffee Maker

pixabay.com

Benda ini juga dapat menjadi ide kado menarik untuk pasangan yang baru menikah. Alat ini juga dapat menjadi alasan pasangan suami istri untuk duduk bersama dengan secangkir kopi sambil mengobrol berbagai macam hal.

Kamu pun bisa sekalian memberikan rekomendasi kopi terbaik dengan aroma dan rasa yang nikmat. Selain itu, kamu juga dapat memilih coffee maker yang dapat digunakan untuk membuat teh. Bahkan, tempat untuk penyaring kopinya bisa dimasukkan daun teh. Dengan begitu, benda yang satu ini bisa untuk membuat teh atau kopi.

13. Tiket Liburan

pixabay.com

Hampir sebagian besar pasangan pengantin baru kemudian ingin berbulan madu setelah menikah. Jika mereka mendapatkan tiket liburan, maka dana untuk berbulan madu mereka pasti tak menjadi membengkak. Oleh karena itu, kamu bisa memberikan kado pernikahan berupa tiket liburan. Dengan begitu, pasangan pengantin baru akan sangat senang bisa berbulan madu dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

14. Voucher Menginap di Hotel

pixabay.com

Kado pernikahan untuk sahabat selanjutnya adalah memberikan voucer menginap di hotel. Untuk voucernya sendiri tidak perlu yang jauh, kamu bisa memesan hotel yang dekat dengan tempat tinggal. Dengan kado pernikahan ini, pasangan pengantin baru pastinya akan terlihat sangat senang.

Tips Memilih Kado Pernikahan yang Berkesan

pixabay.com

Pada setiap kado pasti terdapat doa terselip di dalamnya. Untuk itu, kamu juga harus tepat memilih kado pernikahan yang tepat. Berikut dibawah ini adalah tips memilih kado pernikahan.

1. Benda yang Disukai oleh Pengantin

Seseorang akan merasa senang saat diberikan benda yang dia sukai. Jika kamu mengetahui benda yang diinginkan oleh salah satu pasangan pengantin, jadikan saja hal ini sebagai kadonya.

2. Berikan Kado yang Berguna untuknya

Selain disukai, benda yang akan diberikan sebagai hadiah juga harus berguna bagi keduanya. Bayangkan saja kamu akan membutuhkan barang apa setelah pernikahan serta hidup berumah tangga.

3. Berikan Bantuan Jasa Juga Bisa

Jika memang tidak bisa memberikan barang, ajukan dirimu untuk membantu pernikahannya. Berikan tenaga serta waktu yang kamu miliki untuk meringankan beban pikiran mengurus acara pernikahan hingga selesai.

4. Tanyakan Kebutuhan Pengantin

Jika kamu memang bingung ingin memberikan kado apa, tanyakan saja kebutuhan atau barang-barang yang belum ia miliki. Dengan demikian kamu akan benar-benar memberikan kado yang tepat.

5. Patungan dengan Teman Dekat

Supaya tidak memberatkan kamu, coba janjian dengan teman dekat lainnya untuk kemudian patungan membeli kado. Jangan lupa juga untuk semua yang ikut urunan wajib memberikan ucapan selamat dan doa di dalam kartu ucapan.

Pada dasarnya, masih ada banyak sekali kado pernikahan untuk sahabat yang bisa kamu berikan ketika sahabat menikah. Meski begitu, sebaiknya sesuaikan juga budget kado pernikahan ketika kamu ingin memberikan kado pernikahan. Jadi, kamu akan memberikan kado pernikahan dalam bentuk apa?

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Kado Pernikahan untuk Sahabat

1.  Wedding Journal: How To Prepare Your Marriage

Sebelum melangkah dan memutuskan untuk menikah, hendaknya kita memahami tentang pernikahan itu sendiri, termasuk konsekuensi yang akan dihadapi. Juga, perfu bagi kita untuk menyiapkan diri, terlebih kesiapan mental. Jangan sampai, pernikahan yang (sebaiknya) sekali seumur hidup menjadi sebuah keputusan yang akan disesali. Kita juga perlu tahu, apakah pasangan adalah “the one”, apakah diri kita sudah siap, apakah kesiapan sisi finansial untuk acara pernikahan sudah oke.

Tak jarang, pada masa pranikah, saat kita dan pasangan menyiapkan acara yang akan dikenang seumur hidup malah muncul konflik. Nah, bagaimana menyikapinya? Buku ini akan memandu para pasangan yang sedang menyiapkan pernikahan, mulai dari memantapkan menyiapkan syarat-syarat yang diperlukan, hingga mengatur dan mempersiapkan acara pernikahan.

2. Create Your Dream Wedding Invitation, Membuat Undangan Pernikahan Kreatif

 

Create Your Dream Wedding Invitation, Membuat Undangan Pernikahan Kreatif Dengan Photoshop+cd

Buku ini menyajikan beragam langkah panduan praktis dalam rangka membuat desain undangan pernikahan atau wedding invitation menggunakan software Photoshop. Dikemas dengan bahasa yang sederhana dan mudah diikuti, buku ini tidak hanya dapat menjadi referensi bagi pengguna software Photoshop yang sedang mengembangkan diri menjadi seorang desainer grafis, melainkan juga dapat menjadi sumber inspirasi bagi pengguna software Photoshop pada tingkat pemula.

Ulasan-ulasan yang dipaparkan dalam buku ini tidak hanya mengangkat sebuah tema desain undangan pernikahan yang sedang menjadi tren, melainkan juga mengangkat beberapa tema lain yang tidak kalah menarik. Terdapat desain undangan pernikahan bernuansa etnis, kemudian juga undangan bernuansa penuh bunga, sampai dengan undangan pernikahan bermotif lebih bebas atau grunge.

Tampilnya beberapa contoh template yang dimuat dalam CD penyerta menjadikan buku ini semakin lengkap sebagai referensi untuk melangkah menjadi seorang master desainer wedding invitation.

3. Kapan Kamu Nikah?

Kapan Kamu Nikah? Yakin kamu siap Nikah? Nikah tidak segampang update status quote, “Daripada tukeran coklat, mending tukeran buku nikah” lho. Coba deh pikir baik-baik apa yang membuat kamu ingin cepat nikah. Kalau hanya ikut-ikutan, coba deh pertimbangkan kembali keinginan tersebut.

Daripada ngebet nikah, mending gunakan waktu berhargamu untuk belajar tentang pernikahan dan mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Kalau memang sudah pantas nikah, pasti ada jalannya kok untuk merasakan proses ijab kabul. “…for getting married is not only a celebration or wearing a beautiful gown. It is a lifetime commitment.” – Anizabella Lesmana (hal. 89).

Buku ini cocok sekali untuk kamu yang ingin mengetahui lebih mendalam tentang hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah. Buku ini berisi 6 fase, fase pertama tentang mengenal diri sendiri, fase kedua tentang mengatasi ketakutan, fase ketiga tentang mempersiapkan diri, lalu fase kelima dan enam tentang kehidupan pasca resepsi serta menjaga pernikahan.

4. Harta Benda Perkawinan

Buku ini mengkaji mengenai hak dan kedudukan yang setara dari suami istri terkait kepemilikan harta dalam perkawinan. Buku ini diharapkan dapat memenuhi literatur hukum keperluan pada umumnya dan memperkaya materi bagi pengembang hukum keluarga dan waris serta hukum harta benda perkawinan pada khususnya. Daftar Isi antara lain :

  • Harta Benda Perkawinan dalam Hukum Positif Indonesia.
  • Harta Bersama dalam Perkawinan Campuran.
  • Asas Keadilan sebagai Dasar Kesetaraan Hak dan Kedudukan Suami dan Istri dalam Perkawinan.
  • Harta Bersama sebagai Objek Jaminan Kebendaan dalam Perjanjian Kredit.
  • Aspek Moral sebagai Dasar Tanggung Jawab Suami dan Istri terhadap Pemenuhan Perjanjian Kredit
  • Harta Bersama sebagai Benda dalam Kerangka Hukum Benda Nasional.

Jika kamu ingin mencari buku tentang pernikahan atau nikah, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. 28+ Ide Kado Ulang Tahun Cewek, Istri, dan Pacar
  2. 21 Rekomendasi Kado Ulang Tahun untuk Ibu/Mertua
  3. 19 Rekomendasi Kado untuk Ibu Tercinta
  4. 20 Kado Ulang Tahun untuk Teman dan Sahabat 
  5. 20 Ide Kado Ulang Tahun untuk Anak-Anak
  6. 20 Rekomendasi Kado Ulang Tahun untuk Suami dan Istri 
  7. 20 Ide Kado Ulang Tahun Romantis untuk Pacar

Written by Ananda