in

15 Ide Kegiatan Seru Bersama Keluarga

Ide Kegiatan Seru Bersama Keluarga – Seringkali kegiatan berkumpul bersama keluarga menjadi salah satu hal yang paling menyenangkan, apalagi jika sehari-harinya anggota keluarga selalu disibukkan dengan berbagai urusan pekerjaan setiap harinya.

Dengan adanya family time atau waktu keluarga ini, dapat menjadi salah satu momen berharga yang spesial untuk beberapa orang. Tentu saja momen berharga ini ingin dihabiskan sebaik dan semaksimal mungkin. Untuk membantu Grameds menemukan berbagai ide kegiatan menarik yang dapat dilakukan bersama anggota keluarga, berikut ini 15 ide kegiatan seru yang dapat kamu lakukan bersama keluarga. Simak informasi berikut.

Berbagai Kegiatan Seru di dalam Rumah

Dengan semakin tingginya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia, terdapat berbagai anjuran dan protokol kesehatan yang harus dijalankan untuk tetap tinggal di rumah dan mengurangi ke tempat umum jika tidak terlalu diperlukan.Oleh sebab itu, untuk menjadikan rumah sebagai tempat yang menyenangkan, berikut ini beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan di dalam rumah bersama keluarga, sebagai berikut.

1. Tur secara virtual museum dan tempat wisata

tur virtual

Ide kegiatan pertama yang dapat dilakukan di dalam rumah adalah melakukan tur secara virtual museum serta tempat wisata. Dengan semakin menyebarnya pandemi Covid-19 yang terjadi hingga saat ini, terdapat berbagai anjuran untuk tidak bepergian dan tetap tinggal di dalam rumah jika tidak ada keperluan mendesak.

Hal ini membuat banyak orang yang mengalami kerugian, begitu pula dengan keluarga yang telah merencanakan liburan bersama mereka yang harus dibatalkan. Namun, untuk mengurangi kekecewaan tersebut, Grameds dapat pergi ke tempat wisata maupun museum secara virtual melalui berbagai platform atau sosial media yang telah disediakan.

Dengan begitu, Grameds dapat mengajak keluarga maupun teman untuk bersama-sama tur ke tempat wisata maupun museum ini. Pada umumnya, tur ini sendiri dapat dilakukan dan diakses dengan menggunakan Google Earth, berbagai situs tempat wisata yang menyediakan tur virtual, maupun melalui video yang diunggah ke dalam youtube.

Di Indonesia sendiri, Grameds dapat mengakses dan mengunjungi berbagai macam museum yang ada melalui situs iheritage.id., dimana di dalam situs tersebut, kamu akan menemukan katalog museum, budaya, serta alam dari museum yang ingin kamu kunjungi.

2. Menulis blog

menulis blog

Ide kegiatan kedua yang dapat dilakukan di dalam rumah adalah menulis blog. Hal ini khususnya dapat dilakukan bagi kamu yang memang memiliki hobi untuk menulis. Melalui kegiatan ini, kamu juga dapat menuangkan berbagai ide yang kamu miliki ke dalam bentuk tulisan.

Selain itu, menulis blog bukanlah sesuatu yang dapat dikerjakan secara singkat, dengan begitu bisa mengurangi kebosanan yang kamu alami ketika berada di dalam rumah. Grameds sendiri juga dapat menulis blog tentang berbagai tema yang memang kamu sukai, seperti kecantikan, fesyen, gaya hidup, pengalaman hidup, dan masih banyak lagi.

Jika kamu dapat menulis secara konsisten, kegiatan ini juga dapat menjadi salah satu sumber penghasilan kamu dengan cara menghubungkan blog yang kamu miliki dengan akun Google AdSense yang dapat menampilkan iklan.

Dengan semakin meningkatnya pembaca di dalam blog kamu, maka kamu juga berpotensi untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar melalui pemasangan iklan melalui Google AdSense tersebut.

3. Menonton konser musik secara online

online concert

Ide kegiatan ketiga yang dapat dilakukan di dalam rumah adalah menonton berbagai konser musik secara online. Dengan adanya pandemi saat ini, berbagai kegiatan konser musik banyak yang dibatalkan dan tidak dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Namun, sekarang sudah ada solusi bagi Grameds yang masih ingin mendengarkan konser musik yng diadakan oleh musisi favorit kamu yaitu, dengan menonton konser musik yang diadakan secara online.

Langkah ini sendiri juga sudah banyak dijalankan oleh berbagai musisi di seluruh belahan dunia. Selain praktis, karena kamu tidak perlu berpergian untuk menonton mereka. Pada umumnya, harga tiket dari konser online ini jauh lebih murah sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak.

Selain itu, kamu juga bisa mengajak teman dan keluarga yang kamu cintai untuk menikmati musik bersama tanpa harus berada di dalam kerumunan orang-orang asing. Jadi, apa lagi yang kamu tunggu? Untuk mengetahui jadwal dari musisi kesayangan kamu, Grameds dapat selalu memantau media sosial atau website dari musisi tersebut.

4. Membersihkan perabotan rumah tangga

membersihkan perabotan rumah tangga

Ide kegiatan keempat yang dapat dilakukan di dalam rumah adalah membersihkan perabotan rumah tangga. Bila pada hari biasa banyak orang yang tidak memiliki waktu karena harus bekerja dan beraktivitas setiap harinya, namun dengan adanya pandemi yang mengharuskan setiap orang untuk berada di rumah, membersihkan berbagai perabotan rumah tangga bisa menjadi salah satu solusi kegiatan untuk mengisi waktu luang.

Kegiatan ini sendiri juga dapat dilakukan bersama anggota keluarga lainnya, khususnya bagi anak-anak. Dengan membersihkan barang yang ada di rumah dan mengkurasi barang apa yang sudah tidak lagi diperlukan, dapat memberikan ruang kosong yang lebih luas untuk melakukan kegiatan lain.

Selain itu, dengan mengajak anak-anak untuk belajar membersihkan rumah, kamu juga secara tidak langsung mengajarkan mereka keterampilan baru serta mengajak mereka untuk lebih bertanggung jawab atas barang yang mereka miliki.

5. Menonton film maupun serial TV bersama keluarga

menonton film

Ide kegiatan kelima yang dapat dilakukan di dalam rumah adalah menonton film maupun serial televisi bersama-sama. Dengan semakin majunya teknologi saat ini, kamu sudah dapat menikmati berbagai layanan untuk menonton film maupun serial dengan mudah. Berbagai layanan seperti netflix, disney+, dan masih banyak lagi yang dapat kamu dapatkan saat ini.

Dengan banyaknya waktu luang yang dimiliki, kamu bisa mengajak anggota keluarga ain untuk bersama-sama menonton serial televisi maupun film terbaru di ruang tamu dengan cemilan agar waktu yang dihabiskan bersama menjadi menyenangkan.

6. Berkemah atau piknik di halaman atau pekarangan rumah

piknik

Ide kegiatan keenam yang dapat dilakukan di dalam rumah adalah berkemah maupun piknik di pekarangan rumah. Kegiatan ini sangat direkomendasikan khususnya bagi kamu yang memiliki anak kecil dan kesulitan untuk mengajak mereka ke tempat wisata selama kondisi pandemi saat ini.

Untuk menghilangkan kebosanan yang melanda saat berada di dalam rumah, kamu dapat mengajak anak kamu dan seluruh anggota keluarga lainnya untuk mengadakan piknik di taman rumah yang pastinya menyenangkan.

Kamu dapat membuat tenda maupun sekedar menggelar karpet di halaman belakang, tambahkan berbagai permainan yang kiranya dapat dilakukan bersama-sama, dan siapkan juga cemilan yang bisa kamu santap sambil berbincang-bincang ria.

7. Mempelajari bahasa asing baru

mempelajari bahasa asing baru

Ide kegiatan ketujuh yang dapat dilakukan di dalam rumah adalah mempelajari bahasa asing baru. Selain bersenang-senang di dalam rumah, kamu juga bisa memanfaatkan waktu luang yang ada dengan mempelajari berbagai bahasa baru yang dapat membantu menambah wawasan yang kamu miliki.

Hal ini dikarenakan mempelajari bahasa asing bukanlah sesuatu yang mudah dan memerlukan tingkatan fokus serta waktu yang tidaklah sedikit. Dengan adanya keharusan untuk tetap di dalam rumah, dapat menjadi kesempatan yang tepat untuk lebih fokus menambah ilmu dan mempelajari bahasa asing.

Untuk belajar bahasa asing sendiri, kamu dapat memanfaatkan berbagai layanan kelas atau kursus yang dilakukan secara online. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan berbagai layanan seperti aplikasi penerjemah yang dapat mempermudah kamu untuk lebih memahami bahasa asing yang kamu inginkan.

8. Melukis untuk mengisi waktu luang

melukis

Ide kegiatan kedelapan yang dapat dilakukan di dalam rumah adalah belajar melukis untuk mengisi waktu luang di rumah serta mengasah kemampuan kreativitas yang kamu miliki.

Dengan melukis juga bisa membuat kamu untuk menjadi lebih santai dan tenang di tengah kondisi yang ada saat ini. Grameds juga dapat mengajak anggota keluarga lain untuk melukis bersama-sama.

Hasil akhir bukanlah aspek yang paling penting, menuangkan ide kreatif yang kamu miliki dan mengasahnya merupakan sesuatu yang jauh lebih penting dan berharga. Grameds dapat membeli berbagai alat kanvas, cat, dan kuas secara online melalui e-commerce sehingga tidak perlu kesulitan untuk keluar rumah.

9. Melakukan perawatan diri

perawatan diri

Ide kegiatan kesembilan yang dapat dilakukan di dalam rumah adalah melakukan perawatan diri yang pada umumnya memerlukan cukup banyak waktu. Jika di tengah kesibukan sehari-hari kamu tidak memiliki waktu untuk merawat diri dan memanjakan diri, saat inilah waktu yang tepat untuk melakukannya.

Perawatan diri yang dapat dilakukan di rumah sendiri juga beragam, dimulai dari luluran badan, merawat rambut dengan melakukan creambath menggunakan produk rambut sendiri, ataupun memakai masker wajah yang pada umumnya tidak bisa kamu lakukan.

Merawat diri juga tidak dikhususkan untuk perempuan saja, para pria yang ingin memaksimalkan penampilan mereka juga dapat merawat diri mereka, dengan cara menggunakan berbagai produk perawatan wajah agar tampak lebih segar dan terawat pastinya.

10. Menata ulang kamar atau rumah

menata ulang kamar

Ide kegiatan kesepuluh yang dapat dilakukan di dalam rumah adalah menata ulang kamar maupun rumah secara keseluruhan. Dengan banyaknya waktu luang yang tersedia, kamu dapat mengganti tata ruang yang membosankan dan menggantinya dengan hal baru yang dapat membuat kamu lebih betah di rumah.

Dengan menata ulang juga dapat membuat kamu lebih senang di dalam rumah karena terlihat lebih menarik dan nyaman. Kamu juga dapat dengan mudah membeli berbagai perabotan baru secara online tanpa harus keluar rumah. Berbagai ide-ide menarik juga dapat kamu temukan melalui sosial media, seperti pinterest dan juga instagram yang menyediakan variasi beragam.

11. Mengikuti kelas atau kursus olahraga online

kursus olahraga online

Ide kegiatan kesebelas yang dapat dilakukan di dalam rumah adalah mengikuti berbagai kelas atau kursus olahraga secara online untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Dengan adanya waktu luang untuk lebih menjaga kesehatan, Grameds dapat memulai dengan lebih rajin berolahraga.

Selain berolahraga, untuk menjaga kesehatan kamu juga bisa dengan mengatur pola makan yang lebih sehat dan bernutrisi. Pada umumnya, kelas atau kursus online ini diadakan oleh berbagai studio olahraga yang ada di sosial media atau jika kamu baru saja memulai untuk berolahraga, kamu dapat menonton video workout yang ada di platform youtube.

Dengan adanya pandemi saat ini, sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan hal tersebut dapat dilakukan dengan lebih banyak berolahraga. Grameds juga dapat mencoba olahraga santai seperti yoga dan aerobik yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan fleksibilitas tubuh.

12. Menulis jurnal untuk merefleksikan diri

menulis jurnal

Ide kegiatan kedua belas yang dapat dilakukan di dalam rumah adalah dengan menulis jurnal yang dapat membantu kamu untuk lebih melihat ke dalam diri dan merefleksikan tulisan tersebut.

Dengan mencatat refleksi diri dalam bentuk jurnal, kamu dapat menuangkan berbagai pemikiran dan perasaan yang kamu alami sehingga dapat menjadi lebih tenang dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya.

Selain itu, dipercaya pula dengan menulis jurnal, kamu dapat mengurangi kecemasan serta depresi dari masalah-masalah yang ada di kehidupan kamu sehari-hari. Bagi Grameds yang sedang mengalami masa sulit, sangat direkomendasikan untuk menulis jurnal secara rutin agar hati dan pikiran kamu lebih tenang.

13. Membuat berbagai kerajinan 

membuat berbagai kerajinan

Ide kegiatan ketiga belas yang dapat dilakukan di dalam rumah adalah dengan membuat berbagai kerajinan tangan yang dapat membantu kami mengasah keterampilan dan kekreatifitasan yang kamu miliki serta mengisi waktu luang dengan sesuatu yang bermanfaat.

Untuk membuatnya sendiri, kamu dapat menonton berbagai video yang ada melalui platform youtube. Setelah menemukan barang yang kamu ingin buat, kamu dapat mempersiapkan berbagai barang kebutuhannya dengan membeli secara online sehingga tidak perlu menyita waktu yang terlalu banyak.

14. Memasak atau membuat kue bersama

memasak

Ide kegiatan keempat belas yang dapat dilakukan di dalam rumah adalah dengan memasak serta membuat kue bersama dengan anggota keluarga lainnya. Dengan banyaknya waktu luang yang ada, kamu dapat mencoba berbagai resep baru yang kamu ingin kamu kreasikan.

Untuk membuat kegiatan ini lebih menyenangkan lagi, kamu dapat mengajak teman, sahabat, anak, maupun pasangan kamu untuk membuatnya bersama dan setelah hidangan tersebut jadi, kamu bisa bersama-sama menikmati dan menyantap hidangan tersebut.

15. Mewarnai rambut 

mewarnai rambut

Ide kegiatan kelima belas yang dapat dilakukan di dalam rumah adalah dengan mewarnai rambut untuk mengisi waktu luang yang ada. Jika pada umumnya kamu ingin mewarnai rambut harus pergi ke salon dengan pengeluaran biaya yang cukup besar, untuk menekan biaya tersebut kamu dapat mencoba mewarnai rambut sendiri di rumah dengan membeli produk pewarna rambut secara online melalui e-commerce yang tersedia.

Jika pada hari-hari biasa kamu tidak bisa bereksperimen dengan warna yang kamu sukai, dengan adanya pandemi dan mengharuskan kamu untuk tidak keluar rumah dapat menjadi kesempatan yang tepat untuk mencoba berbagai warna yang menarik.

Untuk bagian rambut yang cukup sulit dijangkau, kamu dapat meminta tolong anggota keluarga lain untuk membantu agar hasil akhir dari proses pewarnaan rambut yang kamu lakukan dapat sesuai dengan ekspektasi.

Nah, itulah berbagai rekomendasi kegiatan yang dapat kamu lakukan jika ingin mengisi waktu luang bersama keluarga khususnya di dalam rumah karena keadaan saat ini. Bagaimana? Ternyata banyak hal yang dapat kamu lakukan juga kan walaupun hanya di dalam rumah?

Oleh sebab itu, bagi Grameds tetaplah jaga kesehatan dengan menjaga pola makan, berolahraga secara rutin, dan yang terpenting yaitu, tetap menjaga diri dengan tidak keluar rumah untuk kegiatan yang tidak diperlukan. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu membantu kamu untuk memenuhi segala kebutuhan yang kamu inginkan dengan berbagai produk dan layanan yang tersedia di Gramedia.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Parenting Life - Before After 01

Parenting 4.0 Mendiidk Anak Di Era Digital

Parenting 4.0 Mendiidk Anak Di Era Digital

Positive Parenting Membangun Karakter Positif Anak

Positive Parenting Membangun Karakter Positif Anak

Adaptive Parenting

Adaptive Parenting



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Andrew