in

5 Contoh Silsilah Keluarga serta Cara Mengetahui Silsilah-Mu!

PublicDomainPictures/Pixabay.com

Contoh Silsilah Keluarga – Keluarga adalah hal terpenting bagi semua orang karena dengan keluarga kita belajar memahami arti kasih sayang dan mencintai satu sama lain yang tumbuh antar anggota keluarga.

Dalam sebuah keluarga pastinya seseorang tidak hanya sekadar kedua orang tua atau saudara kandung saja, tetapi lebih jauh ke kakek-nenek dan anggota keluarga lainnya. Hal ini disebut dengan silsilah keluarga.

Silsilah keluarga secara umum diartikan sebagai hubungan kekeluargaan yang didasarkan oleh faktor genetik dan dikenal luas sebagai sistem kekerabatan dalam lingkungan sosial, budaya, dan agama. Satu hal penting dari mengetahui silsilah keluarga adalah kita dapat mengetahui dengan jelas tentang asal-usul diri sendiri dan keluarga serta sanak saudara lainnya.

Selain itu, mengetahui silsilah keluarga juga memiliki dampak positif untuk selalu menjaga hubungan baik antar saudara dan mengenal lebih dekat saudara-saudara kita. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga keturunan dari hubungan pernikahan yang terlalu dekat jika kita tidak mengetahui siapa saja yang menjadi bagian dari keluarga kita.

Untuk itu mengetahui informasi terkait silsilah keluarga juga menjadi hal penting dalam mengenal keluarga kita lebih jauh dan pada pembahasan kali ini kami telah merangkum berbagai informasi terkait dari contoh silsilah keluarga yang dapat ketahui sebagai tambahan wawasan mengenai hubungan antar keluarga.

Selanjutnya pembahasan terkait contoh silsilah keluarga dapat kalian simak di bawah ini. Namun, sebelum itu, ada baiknya kalau kita membahas tentang pengertian silsilah keluarga.

Supaya tali persaudaraan semakin dekat dan saling mengenal satu sama lain, maka ada baiknya kita membuat silsilah keluarga. Terlebih lagi, saat ini, membuat silsilah keluarga sudah bisa dibuat dengan menggunakan komputer. Bagi Grameds yang ingin membuat silisilah keluarga, maka bisa membaca buku Membuat Silsilah Keluarga Pakai Komputer.

Contoh Silsilah Keluarga

Pengertian Silsilah Keluarga

Silsilah adalah diagram yang menunjukkan hubungan keluarga (silsilah) dalam struktur pohon. Informasi silsilah dapat dilihat dalam berbagai format. Salah satu bentuk representasi silsilah yang paling umum adalah bagan dengan generasi tua di atas dan generasi muda di bawah. Sebuah silsilah yang menunjukkan semua keturunan dari satu orang memiliki bagian tersempit di bagian atas.

Bagan keturunan, yaitu pohon yang menunjukkan nenek moyang seseorang, bentuknya lebih mirip pohon, dengan bagian atas lebih lebar daripada bagian bawah. Beberapa bagan silsilah menunjukkan orang di sebelah kiri dan nenek moyang mereka di sebelah kanan.

Pohon silsilah adalah sekumpulan keturunan seseorang yang berhubungan dengan orang lain yang menjadi istri dan kerabatnya. Silsilah keluarga adalah susunan keluarga dari atas ke bawah dan ke samping, dengan nama belakang yang disebutkan di atas.

Pentingnya silsilah bersifat universal, yang berarti bahwa orang di seluruh dunia memiliki silsilah dan juga di setiap benua dipahami bahwa setiap orang pasti memuji nenek moyang mereka. Kita sering membaca silsilah raja-raja, yang memuat sejarah atau silsilah para penguasa yang memerintah suatu daerah, baik yang tertulis pada prasasti atau benda lain, yang maknanya tidak hanya diketahui, tetapi harus diulang dan diingat oleh semua orang.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Menurut buku “Menciptakan Silsilah Keluarga dengan Pembangun Silsilah Keluarga” terbitan Elex Media Komputindo, silsilah keluarga dapat dipahami secara sederhana sebagai inti terkecil dari suatu masyarakat, yang terdiri dari beberapa anggota, dimulai dari ayah, ibu dan anak.

Keluarga dalam arti yang lebih luas tidak hanya ayah, ibu dan anak tetapi juga sanak saudara lainnya yang saling berhubungan atau berhubungan satu sama lain.

Setiap keluarga tentunya memiliki silsilah keluarga atau kekerabatan. Silsilah ini bersifat historis. Jadi sistem ini dibangun dari nenek moyang sampai keturunannya. Itulah mengapa mereka dikenal dalam sistem silsilah keluarga sebagai nenek dan kakek buyut, nenek dan kakek, ayah, ibu, paman, bibi, sepupu, keponakan, dll.

Namun, menelusuri silsilah keluarga tidaklah mudah. Misalnya ada hubungan yang kurang harmonis antar anggota keluarga. Hal ini tentu menjadi masalah karena menimbulkan permusuhan dalam keluarga, yang kemudian dapat hidup terpisah. Lagipula, generasi penerus mungkin tidak saling mengenal meski sebenarnya mereka adalah saudara sedarah.

Bagaimana cara membuat silsilah keluarga?

Ada beberapa langkah untuk membuat silsilah keluarga. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah cara yang dapat dilakukan untuk membuat silsilah keluarga yang praktis:

Kumpulkan informasi tentang keluarga

Catat anggota keluarga yang ingin Anda sertakan dalam silsilah keluarga Anda. Mulailah dengan menulis nama orang yang Anda kenal dan mintalah anggota keluarga lain untuk mengisi bagian yang kosong.

Sebagian besar silsilah keluarga menelusuri nenek moyang mereka kembali tiga atau empat generasi. Anda dapat memasukkan generasi sebanyak yang Anda inginkan, tergantung pada data yang Anda terima.

Lakukan penelitian Anda

Jika nama-nama anggota keluarga yang terkumpul masih ada yang hilang, Anda bisa melakukan riset. Misalnya, berbicara dengan keluarga besar.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan riset online untuk menemukan catatan sensus, berita, dan informasi lain yang dapat disaksikan oleh anggota keluarga Anda.

Buat sketsa

Setelah semua informasi terkumpul, saatnya membuat sketsa kasar silsilah keluarga. Mulailah dengan menggambar diri Anda untuk anggota keluarga lainnya. Bisa juga dimulai dari leluhur tertua yang Anda kenal hingga anggota keluarga yang paling baru.

Buat bagan

Setelah membuat sketsa kasar, lanjutkan ke langkah penting membuat silsilah atau bagan keluarga. Buatlah diagram yang menunjukkan nama-nama anggota keluarga dalam bentuk (misalnya lingkaran atau persegi) yang dihubungkan dengan garis untuk menunjukkan hubungan tersebut.

Bentuk yang membingkai setiap nama dibandingkan dengan daun pohon. Format yang Anda pilih untuk majalah ini juga harus berukuran sama. Misalnya, jika Anda menggunakan format kotak, nama semua anggota keluarga diapit dalam kotak.

Masukkan informasi tambahan

Anda juga dapat menyisipkan foto, ulang tahun, dan informasi lain yang ingin Anda masukkan ke dalam silsilah keluarga. Namun, detail tambahan ini bersifat opsional dan dapat disesuaikan agar sesuai dengan silsilah keluarga yang Anda pilih untuk dibuat. Setelah selesai, bagan yang sudah selesai dapat dibagikan dengan anggota keluarga lainnya.

Dalam membangun keluarga yang harmonis, tak selamanya mudah. Meski begitu, kita tetap bisa membuat keluarga yang harmonis. Untuk melakukan hal itu, kamu bisa membaca buku Harmonious Family.

Contoh Silsilah Keluarga

Cara membuat silsilah keluarga melalui aplikasi

Pada prinsipnya silsilah keluarga dapat dibuat secara manual dengan tangan atau diketik menggunakan aplikasi pendukung seperti Microsoft Word. Namun saat ini sudah ada beberapa program dan website lain yang bisa digunakan untuk membuat silsilah keluarga, diantaranya :

1. My Heritage

My Heritage adalah website yang dapat digunakan untuk membuat silsilah keluarga. Selain itu, situs ini memiliki fungsi pencarian untuk mengambil informasi keluarga berdasarkan nama saja.

2. Ancestral Quest

Ancestral Quest adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk membuat silsilah keluarga dengan berbagai fungsi. Program ini dapat menampilkan silsilah keluarga yang cukup lengkap.

3. Family Tree Creator

Family Tree Creator adalah aplikasi yang fungsi utamanya adalah membuat bagan silsilah keluarga. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan.

4. FamilySearch Tree

Family Search Tree merupakan aplikasi berbasis Android yang dapat melacak anggota keluarga. Program ini memiliki fungsi silsilah keluarga yang akan ditampilkan sesuai dengan anggota keluarga yang dimasukkan.

5. FamilySearch Get Involved

FamilySearch Get Involved adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna mencari informasi tentang anggota keluarga. Aplikasi ini bekerja dengan mencari anggota keluarga dengan nama mereka.

Contoh Silsilah Keluarga

Contoh Silsilah Keluarga

1. Contoh Silsilah Keluarga Keraton Yogyakarta

Sebagai bagian dari keluarga kerajaan yang sudah ada sejak zaman kerajaan jaman dahulu dan masih tetap terjaga keturunannya sampai sekarang sudah tentu silsilah keluarga keluarga keraton Yogyakarta masih terjaga jelas bagan keturunannya seperti gambar di bawah ini:

2. Silsilah Keluarga Sendiri

Sebagai seseorang yang lahir dan tumbuh bersama keluarga Sobat Grameds juga dapat membuat dan menambahkan daftar anggota keluarga Sobat Grameds ke dalam bentuk bagan silsilah keluarga sendiri seperti contoh pada gambar di bawah ini:

3. Silsilah Keluarga Kerajaan Inggris

Inggris memiliki bentuk pemerintahan monarki konstitusional yang berarti sebuah negara tersebut diatur oleh kerajaan yang dipimpin seorang raja atau ratu. Hal ini membuat peran penting silsilah keluarga dalam kerajaan Inggris sebagai gambaran siapa saja yang kelak akan menjadi raja atau ratu yang akan memimpin negara Inggris nantinya.

Contoh silsilah keluarga kerajaan Inggris dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

4. Silsilah Keluarga Nabi Muhammad SAW

Umat muslim mengenal dengan baik sosok nabi terakhir dan penutup seluruh nabi yang dikenal sebagai nabi Muhammad SAW, beliau adalah sosok pemimpin umat islam yang sangat dihormati oleh para sahabat dan umat muslim seluruh dunia. Sebagai seorang nabi tentunya sangat menarik untuk mengetahui bagaimana silsilah keluarganya dan bahkan hingga sekarang para anak keturunannya masih dapat diketahui dengan jelas struktur keturunannya.

Contoh silsilah keluarga Nabi Muhammad SAW dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Contoh Silsilah Keluarga
Sumber: Wikimedia.org

5. Silsilah Keluarga Soeharto

Apakah sobat Grameds pernah mendengar dengan istilah keluarga cendana? Jika istilah tersebut masih asing di telinga sobat Grameds istilah tersebut sebenarnya mengacu pada keluarga mantan presiden Indonesia yang kedua yakni bapak Soeharto karena diketahui keluarga mereka tinggal di jalan yang bernama Jl. Cendana.

Sebagai seorang mantan presiden Indonesia tentunya menarik untuk mengetahui garis keturunan seorang Soeharto melalui silsilah keluarganya melalui gambar di bawah ini:

Sumber:  Buku “Soeharto Pikiran, Ucapan, dan Tindakan Saya”

Manfaat Mengetahui Silsilah Keluarga

Silsilah keluarga memiliki beberapa keunggulan yang sangat penting dan harus diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

1. Menjaga hubungan baik dengan anggota keluarga lainnya

Manfaat pertama dari silsilah keluarga adalah untuk menjaga hubungan baik dan persaudaraan antar anggota keluarga. Anda bisa memanfaatkannya saat berpapasan di jalan atau bertemu di suatu tempat, keduanya bisa saling mengenali.

Misalnya, jika Anda sedang berlibur atau bekerja di luar kota atau di luar negeri, tentu akan lebih nyaman dan menentramkan jika ada seseorang yang dapat dituju, salah satunya adalah anggota keluarga di kota atau negara tersebut.

2. Memberikan dukungan kepada sanak saudara

Selain menjaga hubungan baik dengan anggota keluarga lainnya, manfaat lain dari mengetahui silsilah keluarga adalah dapat mendukung keluarga lain di saat sedih dan berbagi keceriaan di saat gembira. Dengan silsilah keluarga, Anda dan anggota keluarga lainnya dapat bekerja sama untuk membantu dengan berbagai cara, terutama ketika ada orang yang sedang kesulitan.

Ketika anggota keluarga saling membantu, ada kemungkinan anggota keluarga dapat menawarkan bantuan saat Anda membutuhkan bantuan atau dalam kesulitan. Perasaan saling membantu ini akhirnya berkembang menjadi persahabatan yang erat antara anggota keluarga.

3. Untuk menghindari kesalahpahaman

Salah satu hal yang sering terjadi saat ini adalah kerabat yang tidak saling mengenal. Hal ini tentu saja karena anggota keluarga tidak pernah mengenal satu sama lain. Oleh karena itu, silsilah keluarga dapat menjadi sarana untuk mencegah kesalahpahaman dalam hubungan sosial.

Misalnya, dalam budaya tertentu ada anggota keluarga yang tanpa sadar berselingkuh dengan seseorang yang ternyata berasal dari keluarga jauh. Bahkan jika tidak ada dari mereka yang tahu, mungkin hubungan ini tidak diperbolehkan, tetapi kesalahpahaman atau ketidaktahuan ini hanya ada di beberapa budaya.

4. Konservasi keluarga

Manfaat lain yang dapat diberikan oleh silsilah keluarga adalah pelestarian keluarga. Manfaat ini tentunya menjadi salah satu hal terpenting untuk menghindari pemutusan garis keturunan. Tentunya cara yang biasa dilakukan adalah dengan segera menikahkan anggota keluarga yang belum menikah. Untuk menjaga garis keluarga tetap hidup, tentu saja.

5. Pengetahuan tentang riwayat penyakit

Manfaat terakhir yang jarang diketahui orang tentang implikasi mengetahui silsilah keluarga Anda adalah mengetahui riwayat kesehatan turun-temurun keluarga Anda. Penyakit keturunan ini harus dikenali untuk mencegah berkembangnya penyakit tersebut.

Mengetahui riwayat penyakit dapat dilihat sebagai upaya untuk melakukan tindakan pencegahan. Misalnya, silsilah keluarga menunjukkan bahwa anggota keluarga menderita komplikasi diabetes dan penyakit jantung. Tentu saja, ini cukup untuk meningkatkan risiko keturunan berikutnya ketika mereka bertemu.

Selain itu, ketika tindakan pencegahan dapat diambil. Lebih baik mengikuti gaya hidup yang lebih sehat daripada keduanya, misal menghindari makanan manis dan rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh dan jantung.

Sebutan Untuk Urutan Silsilah Keluarga

1. Urutan Silsilah Keluarga dalam Bahasa Indonesia

Silsilah keluarga setiap budaya dan agama memiliki istilahnya masing-masing, termasuk silsilah keluarga dalam Bahasa Indonesia. Berikut ini adalah silsilah keluarga yang banyak dianut oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang wajib kamu perhatikan, yaitu:

  • Keturunan pertama disebut cilawagi
  • Keturunan kedua disebut buyut
  • Keturunan ketiga disebut moyang
  • Keturunan keempat disebut nenek dan kakek
  • Keturunan kelima disebut ayah/ bapak dan ibu
  • Keturunan keenam disebut anak
  • Keturunan ketujuh disebut cucu
  • Keturunan kedelapan disebut cicit
  • Keturunan kesembilan disebut piut
  • Keturunan kesepuluh disebut anggas

Masyarakat Indonesia umumnya membuat urutan silsilah keluarga sampai kepada keturunan kesepuluh saja. Dengan mengetahui sepuluh keturunan, tentu kamu akan lebih mudah dalam menyusun urutan silsilah keluargamu.

2. Urutan Silsilah Keluarga dalam Bahasa Jawa

Berbeda dengan budaya atau bahasa Indonesia, budaya dan Bahasa Jawa memiliki adat istiadat Jawa tersendiri tentang silsilah keluarga. Menurut Jawa, silsilah keluarga dapat diketahui hingga keturunan kedelapan belas atau yang disebut nama istilah “trah”.

Nah, berikut ini adalah urutan silsilah keluarga dalam bahasa Jawa yang lengkap.

  • Trah moyang ke-1 disebut dengan nama bapak/ simbok.
  • Trah moyang ke-2 disebut dengan nama mbah atau eyang. Untuk perempuan akan disebut dengan simbah putri atau eyang puteri, sementara untuk laki-laki akan disebut dengan simbah kakung atau eyang kakung.
  • Trah moyang ke-3 disebut mbah buyut
  • Trah moyang ke-4 disebut mbah canggah
  • Trah moyang ke-5 disebut mbah wareng
  • Trah moyang ke-6 disebut mbah udheg-udheg
  • Trah moyang ke-7 disebut mbah gantung siwur
  • Trah moyang ke-8 disebut mbah gropak senthe
  • Trah moyang ke-9 disebut mbah debok bosok
  • Trah moyang ke-10 disebut mbah galih asem
  • Trah moyang ke-11 disebut mbah gropak waton
  • Trah moyang ke-12 disebut mbah cendheng
  • Trah moyang ke-13 disebut mbah giyeng
  • Trah moyang ke-14 disebut mbah cumpleng
  • Trah moyang ke-15 disebut mbah ampleng
  • Trah moyang ke-16 disebut mbah menyaman
  • Trah moyang ke-17 disebut mbah menya-menya
  • Trah moyang ke-18 disebut mbah trah tumerah

3. Urutan Silsilah Keluarga dalam Bahasa Inggris

Berbeda dengan kedua sistem urutan silsilah keluarga sebelumnya, ada dua kategori urutan silsilah keluarga yang dimiliki oleh budaya Inggris atau biasa disebut dengan istilah family tree, yaitu core family dan extended family. Core atau nuclear family merupakan sebuah sebutan untuk keluarga inti meliputi ibu, ayah, dengan anak maupun tanpa anak. Sedangkan, extended family bisa dipahami sebagai bagian dari keluarga besar yang mencakup buyut hingga sepupu.

Berikut ini adalah penyebutan anggota keluarga dalam bagan silsilah keluarga dengan Bahasa Inggris, yaitu:

Istilah anggota core family:

  • Ayah disebut Father
  • Ibu disebut  Mother
  • Saudara laki-laki disebut Brother
  • Saudara perempuan disebut Sister
  • Saudara lebih tua disebut Older brother/sister
  • Saudara lebih muda disebut Younger brother/sister
  • Pasangan menikah disebut Spouse
  • Suami disebut Husband
  • Istri disebut Wife
  • Anak disebut Child
  • Anak laki-laki disebut Son
  • Anak perempuan disebut Daughter
  • Sementara itu, istilah anggota extended family:
  • Kakek disebut Grandfather
  • Nenek disebut Grandmother
  • Paman disebut Uncle
  • Bibi disebut Aunt
  • Sepupu disebut Cousin
  • Saudara ipar laki-laki disebut Brother-in-law
  • Saudara ipar perempuan disebut Sister-in-law
  • Keponakan laki-laki disebut Nephew
  • Keponakan perempuan disebut Niece

Sekian pembahasan terkait contoh silsilah keluarga yang dapat kalian simak dengan baik pada pembahasan di atas sebagai wawasan tambahan dalam mengenal anggota keluarga dengan lebih baik dan menjaga keharmonisannya tetap terjaga.

Jika ingin mencari buku tentang keluarga, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Pandu Akram

Artikel terkait:

Biografi Bill Gates dan Kesuksesannya Sebagai Pendiri Microsoft

13 Anggota Keluarga Halilintar Sesuai Urutan dan Cerita Hidupnya

Rekomendasi Nama Kelompok Yang Kreatif untuk Teman, Keluarga dan Kantor

Lagu Indonesia Tentang Keluarga yang Cocok Didengarkan

Rekomendasi Film Disney yang Cocok Ditonton Bersama Keluarga



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.