in

10+ Cerita Horor Kisah Nyata dari yang Melegenda sampai yang Viral

Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia memang identik dengan hal-hal mistis. Banyak cerita horor Indonesia yang beredar di masyarakat dan menjadi perbincangan hingga ke generasi selanjutnya. Mulai dari urban legend, mitos, klenik, dan lainnya. Jadi, jangan heran ya kalau ada banyak cerita seram yang bisa kamu temukan di Indonesia.

Uniknya, setiap daerah yang ada di Indonesi memiliki cerita horornya sendiri. Hal ini terbukti dengan adanya berbagai macam hantu yang berasal dari daerah tertentu dan sudah diceritakan secara turun temurun.

Di sini, penulis akan menceritakan beberapa cerita horor Indonesia yang sudah melegenda dan juga cerita yang pernah viral pada masanya. Apakah kamu sudah siap? Yuk simak cerita lengkapnya di bawah ini.

1. Si Manis Jembatan Ancol

Cerita horor Indonesia yang pertama adalah Si Manis Jembatan Ancol. Bagi kamu yang besar di tahun 1990-an, tidak asing mendengar cerita sesosok wanita muda yang ditemukan tewas di kawasan Ancol. Legenda masyarakat Jakarta itu bahkan beberapa kali diangkat menjadi film beberapa waktu lalu dan dibuatkan beberapa serial yang tayang di televisi.

Ada dua versi cerita yang berkembang mengenai kemunculan Si Manis Jembatan Ancol. Versi pertama menceritakan gadis bernama Maryam yang tinggal bersama ibunya di rumah seorang saudagar kaya.

Saudagar tersebut jatah cinta dengan kecantikan dan kemanisannya, namun Maryam menolak dan melarikan diri. Pelarian Maryam sia-sia, karena ia bertemu dengan kawanan preman yang memperkosa dan membunuhnya, lalu jasadnya dibuang di dekat area Ancol.

Versi kedua menceritakan seorang gadis bernama Ariah, yang tidak jauh berbeda nasibnya dengan Maryam yang akan dinikahi oleh seorang juragan kaya bernama Oey Tambahsia. Ariah melarikan diri, namun ia berhasil ditangkap oleh para preman tangan kanan Oey Tambahsia.

Meski sempat melakukan perlawanan, namun ia tidak sanggup melawan karena tenaganya tidak sebanding. Akhirnya Ariah tewas di tangan para preman tersebut dan jasadnya dibuang di dekat persawahan dekat dengan Ancol.

Hingga kini sejumlah orang mengaku pernah melihat sosok Maryam atau Ariah menampakkan diri di atas Jembatan Ancol. Ia digambarkan sebagai sosok berambut panjang dan kehadirannya dipercaya berkaitan dengan terjadinya sejumlah kecelakaan di daerah tersebut.

Cerita menyeramkan terkait kehadiran sosok Maryam pernah dialami oleh Mbah Broto, seorang pelukis di daerah Ancol. Ia mengaku didatangi sosok Maryam yang minta dilukis, namun belum selesai ia melukis sosok tersebut hilang.

Mbah Broto sempat mengejar dan menemukannya, tetapi yang dia lihat justru tubuh wanita itu seperti terbang melayang dari kejauhan.

2. Nyi Roro Kidul

Nyi Roro Kidul menjadi cerita horor Indonesia yang melegenda bagi masyarakat Jawa khususnya yang tinggal di daerah pesisir pantai selatan. Banyak versi yang menyebutkan asal usulnya, salah satunya menyebutkan bahwa ia merupakan putri Prabu Siliwangi dari kerajaan Pajajaran bernama Putri Kandita.

Kehadiran Putri Kandhita tidak disukai oleh selir dan saudara-saudaranya hingga ia dikutuk oleh seorang penyihir dengan penyakit kusta. Prabu Siliwangi dihasut oleh selir dan anak-anaknya untuk mengusirnya dari kerajaan. Mendengar hal tersebut, Putri Kandita melarikan diri dari kerajaan dan mendapat bisikan ghaib untuk menceburkan dirinya ke laut Jawa bagian selatan.

Setelah itu Putri Kandita sembuh dari kutukan tersebut dan memutuskan untuk tinggal di laut selatan bersama pasukannya hingga kini. Cerita yang menyeramkan dan melegenda adalah larangan memakai baju hijau ketika berkunjung ke pantai selatan.

Bagi siapapun yang memakai pakaian hijau di sepanjang pantai selatan, ia akan tertimpa kesialan yaitu diculik oleh penguasa pantai kidul. Pertama ia akan dijadikan pasukan kerajaan dan kedua, ia akan dijadikan sebagai pelayan istana Nyi Roro Kidul. Terlepas dari benar tidaknya cerita tersebut, sejumlah masyarakat pesisir laut selatan mempercayai mitos tersebut hingga kini.

3. Pasar Hantu di Gunung Lawu

Mendaki gunung adalah kegiatan yang menyenangkan, namun apa jadinya jika hal tersebut menjadi cerita yang menyeramkan. Gunung Lawu adalah gunung yang berada di daerah perbatasan antara Karanganyar (Jawa Tengah) dengan Magetan (Jawa Timur) yang banyak dijadikan sebagai objek pendakian.

Namun, Gunung Lawu bukan gunung yang biasa sebab banyak pendaki yang menemui kejadian mistis disana. Sejumlah kejadian mistis banyak ditemui seperti kehadiran pasar di daerah lereng gunung. Cukup aneh karena jarang ada pasar di daerah pegunungan.

Namun pasar yang dimaksud adalah pasar hantu, yang terletak di pos 5 pendakian melalui Candi Cetho. Masyarakat setempat mempercayai jika ada yang melewati pasar hantu tersebut dan mendengar suara pedagang menanyai “mau beli apa?”, pendaki harus menjawab pertanyaan tersebut.

Jika ditawari sesuatu, maka harus ditolak dan mengambil sesuatu yang ada disekitar seperti batu. Setelah itu pendaki juga harus melemparkan uang ke arah sumber suara, jika tidak maka ia akan ditimpa kesialan selama berada di Gunung Lawu. Beberapa pendaki yang melanggar pantangan ini dikabarkan tersesat sampai hilang diculik ke dimensi lain.

4. Kuyang

Cerita Horor Indonesia lainnya datang dari Pulau Kalimantan bernama Kuyang. Sosoknya seperti manusia ketika siang hari dan berbaur dengan masyarakat, namun ketika malam hari ia menjelma menjadi hantu yang menyeramkan.

Ia mampu melepaskan kepala dari tubuhnya. Tidak hanya itu, kepala tersebut bisa terbang bersama dengan anggota organ dalam seperti jantung, hati, dan usus. Ketika terbang, muncul cahaya berwarna merah menyerupai api yang mengikutinya dari belakang.

Ia memiliki dua taring di sebelah kanan dan kiri mulutnya. Kuyang dipercaya sebagai hantu yang suka meminum darah dari seorang ibu yang hamil atau baru melahirkan, serta darah dari bayi yang baru lahir. Agar korbannya tidak curiga, Kuyang biasanya mampu merubah dirinya menjadi seekor kucing atau menjadi burung.

Baca Juga: Rekomendasi Novel Horor Terbaru

5. Wewe Gombel

Wewe gombel adalah cerita hantu Indonesia tertua yang masih ada sampai saat ini. Hantu ini oleh masyarakat dipercaya sebagai wanita yan bunuh diri setelah sebelumnya membunuh suaminya.

Wanita itu tidak bisa memberikan keturunan sehingga suaminya selingkuh dengan wanita lain yang membuatnya tidak berpikir panjang untuk membunuhnya. Ia dipercaya berasal dari daerah Gombel (Semarang) yang dulunya dijadikan sebagai tempat pembunuhan pada masa penjajahan.

Waktu kedatangan wewe gombel biasanya menjelang maghrib dimana ia akan menculik anak-anak yang berada di luar rumah. Anak-anak tersebut akan dibawa ke alam lain karena dianggap tidak mempunyai rumah.

Dari mitos tersebut, orang tua suka melarang anaknya untuk bepergian keluar rumah ketika waktu maghrib karena bisa diculik oleh wewe gombel. Namun, dibalik itu mitos tersebut tersimpan pesan kepada orang tua agar selalu mengawasi dan memperhatikan anak-anaknya untuk tidak bepergian ke tempat yang berbahaya.

Wewe Gombel :Komik Fantasteen The Series
Wewe Gombel :Komik Fantasteen The Series

tombol beli buku

6. Lampor

Cerita mistik menjelang maghrib juga beredar luas di kalangan masyarakat Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Beberapa waktu lalu pengguna tiktok di ramai membicarakan urban legend bernama Lampor.

Oleh beberapa masyarakat, lampor dipercaya sebagai hantu yang membawa keranda terbang yang datang untuk menjemput orang-orang. Sosoknya datang menjelang maghrib, karena itulah masyarakat Temanggung memilih tinggal di dalam rumah daripada beraktivitas di luar.

Ketika diculik lampor, korbannya tidak akan bisa kembali. Meskipun bisa kembali dengan selamat, namun mereka akan menjadi linglung atau gila. Kehadirannya ditandai dengan datangnya angin kencang yang berhembus dari arah selatan.

Cerita mistis tentang lampor beberapa waktu yang lalu sempat diangkat menjadi film dengan dibungkus cerita yang menyeramkan mengenai sosok lampor. Lampor digambarkan sebagai sosok berbadan besar berwarna hitam dengan keranda yang terbang di belakangnya.

Cerpen Pilihan Kompas 1994 - Lampor
Cerpen Pilihan Kompas 1994 – Lampor

tombol beli buku

7. KKN Desa Penari

Seorang pengguna twitter di tahun 2019 pernah membuat gempar karena kisahnya yang menyeramkan. Ia menceritakan kisah nyata yang dialami oleh sejumlah mahasiswa yang sedang melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Kejadian tersebut terjadi 10 tahun yang lalu dimana 2 orang anggota KKN menghilang secara misterius.

Dikisahkan tim KKN tersebut mengambil lokasi desa Penari sebagai tempat mereka melakukan kegiatan. Di tengah pelaksanaan, mereka mengalami kejadian-kejadian misterius yang tidak bisa dijelaskan oleh akal sehat.

Cerita tersebut dipercaya berasal dari daerah Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Bondowoso yang memang terkenal dengan beberapa cerita-cerita yang menyeramkan sampai sekarang. Namun kebenarannya apakah lokasi tersebut adalah Bondowoso masih diperdebatkan hingga saat ini karena banyak disangkal oleh netizen.

KKN Di Desa Penari
KKN Di Desa Penari

tombol beli buku

8. Bus Hantu Jurusan Bekasi – Bandung

Cerita horor selanjutnya datang dari cerita yang pernah viral beberapa waktu yang lalu di dunia maya. Kisah tersebut adalah tentang bus hantu yang terjadi pada pemilik Instagram @hebosto yang diunggah kembali oleh pemilik akun Twitter @spookycici.

Di dalam cerita tersebut mengisahkan tentang @hebosto yang naik bus dari Bekasi menuju Bandung pada malam hari. Pada awalnya, Ia merasa biasa saja ketika naik ke bus tersebut. Namun lama-lama Ia merasa bahwa ada hal yang tidak beres di bus itu. Ia melihat bahwa semua orang yang ada di dalam bus memiliki wajah yang pucat dan ketika itu tiba-tiba tercium bau anyir.

Hingga pada akhirnya Ia memutuskan untuk merekam suasana yang ada di dalam bus menggunakan smartphone miliknya. Akan tetapi, hasilnya sungguh mengejutkan. Di dalam rekaman tersebut tidak nampak seorangpun yang ada di dalam bus kecuali si pemilik HP tersebut.

Padahal, Ia melihat semua kursi yang ada di dalam bus penuh dengan penumpang. Kemudian, Ia akhirnya memutuskan untuk tetap diam dan menunggu hingga bus tiba sampai tujuan.

9. Bercak Darah di Lantai SMA Tugu di Malang

Kota Malang memiliki banyak sekali cerita horor dan mistis. Salah satu yang cukup populer adalah cerita yang berasal dari SMA Tugu. Dimana kisahnya sudah melegenda dan diketahui oleh banyak masyarakat Indonesia.

Untuk kamu yang belum tahu, cerita horor yang ada di SMA Tugu ini adalah bercak darah yang ada di lantai aulanya. Padahal bercak darah tersebut sudah sering dibersihkan. Namun tetap saja muncul terus menerus

Bahkan saat lantainya diganti, bercak darah tersebut muncul kembali. Oleh karena itu, agar tidak menjadi sebuah masalah lagi, lantai aula diganti dengan ubin kayu yang memiliki warna yang gelap. Katanya, bercak darah yang muncul di lantai aula merupakan darah dari korban pembantaian yang terjadi pada zaman kolonial beratus tahun yang lalu.

10. Mbak Yayuk, si Urban Legend Kampus UGM

Selain sekolah, kampus universitas juga seringkali menyimpan banyak cerita horor di dalamnya. Salah satu yang cukup populer adalah cerita Mbak Yayuk yang ada di Universitas Gadjah Mada. Di universitas tersebut terdapat urban legend yang bernama Mbak Yayuk.

Hantu yang satu ini sudah dikenal oleh semua mahasiswa UGM. Sosoknya seringkali terlihat pada malam hari. Anehnya, Mbak Yayuk selalu terlihat oleh siapapun, baik itu CCTV maupun mahasiswa yang masih berada di kampus saat malam hari.

Namun, sebenarnya sosok dari hantu ini tidak terlalu menyeramkan. Sebab, Ia memiliki penampilan yang biasa saja seperti mahasiswa pada umumnya. Akan tetapi yang membuatnya terlihat menyeramkan adalah tatapan matanya yang kosong dan juga wajahnya yang selalu terlihat pucat.

Menurut beberapa sumber, Mbak Yayuk adalah seorang mahasiswa UGM yang mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri karena judul skripsinya ditolak oleh dosen.

11. Kisah di Lubang Buaya

Pernah mendengar kisah Lubang Buaya? Kisah mistis yang satu ini berasal dari salah satu wisata bersejarah yang ada di Jakarta. Lubang Buaya dulunya adalah lokasi yang menjadi tempat pembuangan mayat yang berasal dari korban G30S/PKI.

Oleh sebab itu, hingga saat ini, tempat tersebut masih memberikan kesan menyeramkan bagi siapapun yang mengunjunginya. Ditambah lagi, menurut cerita dari beberapa orang, ketika malam hari, di Lubang Buaya sering terlihat penampakan sosok tentara yang wajahnya berlumuran darah.

12. Kisah Rumah Eyang yang Viral 2018 Lalu

Pada tahun 2018 lalu, muncul cerita menyeramkan dari salah satu Youtuber sekaligus penulis kondang Raditya Dika. Di laman Youtubenya, Ia menceritakan sebuah rumah yang berada di Yogyakarta. Rumah tersebut kini disebut sebagai Rumah Eyang.

Di mana rumah ini merupakan rumah milik nenek dari teman Raditya Dika yang bernama Mister. Saat menginap di rumah tersebut, Radit mengalami beberapa kejadian menyeramkan. Setelah diceritakan ulang bersama Mister, ternyata masih banyak kejadian horor yang terjadi di rumah tersebut.

Mulai dari lemari yang bergerak sendiri. Lalu penampakan sosok setengah badan yang berjalan di belakang rumah. Kemudian ada sosok kuntilanak yang sering duduk di rumah bagian belakang dan masih banyak lagi. Setelah cerita tersebut diangkat, kanal Youtube Raditya Dika ramai dikunjungi warganet. Bahkan sampai ada yang penasaran dengan lokasi rumah eyang tersebut.

13. Rumah Kapal, Didiami Jin Menyerupai Kelelawar

Cerita selanjutnya adalah Rumah Kapal yang memiliki kisah menyeramkan di dalamnya. Rumah ini terletak di Teluk Betung Utara, Bandar Lampung dan memiliki bentuk yang tidak terlalu besar atau luas.

Namun ketika melihatnya, kamu akan merasakan aura mistis yang muncul dari rumah tersebut. Katanya, warga sekitar percaya bahwa ada banyak jin dan hantu yang tinggal di dalam rumah kapal.

Salah satu jin yang sering terlihat oleh warga sekitar adalah sosok tinggi besar yang memiliki badan menyerupai kelelawar. Lalu ada lagi sosok jin yang menyerupai siluman naga dan dipercaya menempati rumah kapal. Keseraman rumah ini semakin kuat karena adanya banyak kecelakaan yang terjadi tepat di depan rumah tersebut.

Rumah di Tepi Kanal (By The Pricking of My Thumbs)
Rumah di Tepi Kanal (By The Pricking of My Thumbs)

tombol beli buku

14. Keluarga Tak Kasat Mata

Cerita yang satu ini sempat viral di forum yang bernama Kaskus. Judul dari kisah tersebut adalah keluarga tak kasat mata. Kisah ini bercerita mengenai seseorang bernama Genta. Usut punya usut, cerita ini bukanlah cerita fiksi, namun berdasarkan dari kisah nyata.

Cerita horor ini dialami langsung oleh Genta ketika masih bekerja di sebuah kantor yang ada di sebuah rumah tua di Yogyakarta. Disini Genta menceritakan banyak kejadian mistis yang Ia alami sendiri.

Mulai dari bertemu dengan sosok yang tidak menyenangkan. Dimana sosok tersebut seringkali mengganggu dirinya dan teman-teman kantornya. Seperti nenek berkerudung, kuntilanak, anak-anak yang berjalan mundur, dan juga hantu sundel bolong yang bernama Siti.

Keluarga Tak Kasat Mata
Keluarga Tak Kasat Mata

tombol beli buku

15. Dibantu Melahirkan oleh Makhluk Halus

Kisah yang terakhir adalah kisah seorang perempuan yang dibantu melahirkan oleh sosok makhluk halus. Awalnya, ada seorang ibu hamil yang datang ke rumah sakit untuk persalinannya. Pada akhirnya, ibu tersebut melahirkan dengan lancar dan selamat.

Akan tetapi saat keluar dari rumah sakit tersebut, warga yang ada di sekitar rumah sakit bertanya kepada ibu-ibu tersebut. Sebab, ibu itu keluar dari rumah sakit yang sudah lama terbengkalai dan tidak beroperasi.

Namun ibu tersebut dengan yakin menjawab bahwa Ia masuk ke dalam rumah sakit yang benar. Yaitu rumah sakit pada umumnya. Ada banyak dokter, perawat, pasien, dan lainnya. Tapi ternyata, rumah sakit itu sudah tidak beroperasi sejak lama dan dipindahkan ke lokasi yang baru.

Itulah beberapa cerita horor Indonesia yang wajib kamu ketahui. Kira-kira cerita mana yang paling membuat kamu takut?

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah