in

Cara Menentukan Target Membaca dan Cara Mencapainya

pixabay

Cara menentukan target membaca – Setiap orang memiliki target di dalam hidupnya. Target tersebut bermacam-macam tergantung apa yang sedang dikerjakan dan ingin dicapai dalam hal tersebut. Apa pun target tersebut tentunya menjadi hal yang sangat penting bagi kalian. Namun, dalam menentukan target tentunya juga jangan melupakan kesehatan mental, kesehatan fisik, dan pengembangan diri yang kalian miliki agar target tercapai dengan sempurna.

Dalam hal ini, target yang akan dibahas adalah tentang target dalam membaca buku dan bagaimana cara mencapainya. Setiap pembaca buku pastinya memiliki cara membaca sendiri, ada orang yang senang membaca buku dengan santai tanpa terbebani oleh targetnya untuk membaca, ia hanya menikmati apa yang sedang ia baca.

Namun, di sisi lain ada juga orang yang memiliki target dalam membaca buku. Orang yang ambisius itu pastinya sudah menentukan berapa banyak buku yang ia baca dalam sebulan atau dalam hitungan waktu yang lain.

Bagi orang yang baru saja ingin mencoba menentukan target untuk membaca buku pastinya sedikit bingung bagaimana cara memulainya. Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara menentukan target membaca dan juga cara mencapainya. Untuk mengetahui lebih jelas bagaimana caranya, mari simak ulasan berikut.

beli sekarang

E-book “Membaca Saham: Panduan Dasar Seni Berinvestasi dan Teori Permainan Saham. Kapan sebaiknya Membeli, Kapan sebaiknya Menjual.

Tentukan Apa Yang Ingin Dibaca

Sebelum kalian membaca buku dan ingin menentukan target kalian dalam membaca, sebaiknya perlu ditentukan apa saja buku yang ingin kalian baca agar lebih mudah untuk mewujudkan target kalian.

1. Tentukan Berapa Banyak Buku

Kamu harus menentukan berapa banyak buku yang akan kamu baca. Banyaknya buku atau bacaan juga akan menentukan target kamu dalam membaca, buku yang lebih banyak dan lebih sedikit akan memengaruhi waktu dalam membaca buku untuk mencapai target. Untuk memulainya, kamu bisa mulai dengan membayangkan berapa banyak buku tersebut.

Contohnya, jika kamu ingin membaca buku mengenai kopi yang ada di Indonesia maka kamu hanya perlu membaca sebanyak satu atau dua buku saja. Namun, jika kamu ingin memiliki karier sebagai petani kopi di Indonesia maka kamu perlu membaca buku mengenai kopi sebanyak-banyaknya.

Hal ini bertujuan agar kamu paham dan mendalami pekerjaan tersebut. Tidak hanya mengenai kopi saja, kamu juga harus membaca buku apa saja yang berhubungan dengan pertanian dan perkebunan dengan melibatkan bacaan dari artikel yang ada di berbagai jurnal yang telah diterbitkan.

Hal ini menunjukkan bahwa  kalian juga harus membaca beberapa topik lain dalam bacaan. Contohnya jika kamu ingin belajar mengenai cara membuat madu, tentunya kamu pasti akan membaca beberapa buku yang berhubungan dengan madu. Lalu ketika kamu ingin belajar tentang pembukaan usaha maka kamu juga perlu membaca hal-hal yang berkaitan dengan hukum usaha yang ada di daerah di mana kamu ingin mendirikannya.

2. Cari Tahu Buku Yang Harus Dibaca

Ketika kamu sudah menentukan berapa buku yang harus dibaca maka kamu juga harus menentukan apa buku yang harus kamu baca. Pilihlah buku yang menurutmu penting untuk kamu baca. Kamu harus melakukan riset untuk mengetahui apa saja buku yang penting untuk kamu. Luangkan waktumu sebanyak mungkin untuk mencari tahu hal tersebut.

Banyak cara untuk mencari tahu buku-buku yang sesuai dengan target kamu. Kamu dapat mengunjungi toko buku dan melihat rekomendasi buku apa saja yang dipajang di toko tersebut. Bahkan, kamu juga bisa meminta saran dari pekerja yang ada di toko itu mengenai buku yang harus kamu baca.

Selain itu, banyak juga penjual buku yang dapat merekomendasikan buku-buku yang harus kalian baca. Rekomendasi buku sangat bermanfaat agar kalian tahu buku apa yang harus kalian baca, karena buku tersebut tentunya penting untuk kalian. Tidak hanya sekadar asal baca saja.

Tidak hanya secara luring atau langsung saja dalam mencari tahu buku yang harus kamu baca. Kamu juga dapat mencarinya secara daring melalui internet mengenai rekomendasi buku sesuai dengan topik yang menurutmu penting. Bahkan, jika kamu mengenal seseorang yang paham mengenai topik yang ingin kamu baca, kamu bisa meminta saran dari dia.

3. Pilih Bacaan Berkala

Jika kamu ingin dapat mendapat banyak informasi dalam waktu yang cepat, kamu bisa membaca bacaan berkala. Bacaan berkala tersebut meliputi, artikel, majalah, dan surat kabar. Misalnya kamu memiliki ketertarikan untuk mempelajari hal tentang saham maka kamu perlu membaca informasi terkini mengenai naik turunnya saham pada setiap harinya. Hal tersebut juga berhubungan dengan majalah atau artikel mengenai keuangan dan investasi.

Untuk mendapatkan informasi tersebut, kamu bisa mengunjungi toko majalah atau pun surat kabar yang memiliki bacaan mengenai topik yang kamu cari. Selain itu, kamu juga dapat mencarinya secara daring yang sesuai dengan topik yang kamu inginkan.

Kamu bisa mencari dengan kata kunci “majalah” dan “jurnal” untuk memudahkan kamu untuk mencarinya. Bahkan, di beberapa universitas juga menyediakan daftar jurnal akademis yang memiliki berbagai jenis ilmu pengetahuan.

4. Cari Keberagaman Bacaan

Beberapa topik dalam bacaan ada yang mengharuskan kamu untuk membaca bacaan lain yang masih berhubungan dengan topik tersebut. Namun, hal ini juga merupakan cara yang bagus, di mana kamu dapat melihat sudut pandang lain dari topik yang sama. Langkah ini sangat tepat jika topik yang kamu baca mengenai hal yang memiliki banyak perdebatan dan pemikiran di dalamnya.

Kamu harus memahami secara menyeluruh mengenai topik penting yang ingin kamu baca. Dengan kamu memahami topik bacaan kamu, artinya kamu juga dapat dengan cepat mencapai target dalam membaca. Hal ini penting, khususnya untuk kamu yang memiliki target yang rumit dengan jangka waktu yang panjang.

Contohnya, kamu memiliki target menjadi seorang ekonom yang andal dalam tugasnya. Maka selain kamu membaca buku dasar dari ekonomi, kamu juga dapat membaca buku ekonomi neoklasik yang mendominasi bidang tersebut. Namun tidak hanya itu, kamu juga bisa membaca hal yang berhubungan dengan ekonomi dengan pemikiran lainnya seperti, Keynesianisme, Marxis, dan ekonomi klasik baru.

Mengatur Bacaan Kamu

Untuk mencapai target membaca, kamu juga perlu mengatur bacaanmu. Hal ini sangat penting agar kamu bisa mencapai target yang telah kamu tentukan sebelumnya.

1. Buat Daftar Bacaan

Setelah kamu menentukan berapa banyak bacaan yang kamu inginkan maka kamu juga perlu untuk membuat daftar bacaan kamu. Hal ini dapat membantu kamu untuk mencapai target bacaanmu. Pada tahap ini kamu harus meliput atau mencatat apa saja yang dapat membantu kamu untuk mencapai target dalam membaca.

2. Buat Peringkat Pada Daftar Bacaan

Sering kali menjadi ide yang baik untuk membuat peringkat berdasarkan kepentingan dalam menetapkan target. Hal ini dapat membantu kamu untuk memprioritaskan saat kamu berusaha mencapai target yang kamu inginkan. Ini juga berlaku untuk target bacaan kamu.

Kamu dapat membuat peringkat daftar bacaan berdasarkan apa yang menurut Anda paling penting untuk dibaca dan apa yang paling direkomendasikan. Jika kamu tidak terbiasa dengan topik yang kamu baca, ada beberapa teks pengantar dasar yang dapat kamu gunakan terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu dapat beralih ke bahan bacaan yang lebih sulit.

Misalnya, target hidup kamu adalah menjadi sutradara film, tetapi kamu tidak tahu banyak tentang pembuatan film. Maka bacaan pertama yang baik adalah buku yang mencakup teknik dan konsep produksi dasar. Di sisi lain, buku-buku yang menjelaskan teori penulis secara rinci tetapi tidak mencakup topik lain dapat dibaca nanti.

3. Buat Jadwal Membaca

Setelah selesai membuat peringkat dalam daftar bacaan kamu maka saatnya untuk menetapkan target untuk apa yang harus dibaca selanjutnya dan kapan. Kamu bisa membuat jadwal untuk membaca buku dan majalah yang menurut kamu paling penting.

Tetapkan tenggat waktu untuk masing-masing buku atau bab yang menunjukkan dengan tepat apa yang ingin kamu baca. Tenggat waktu ini akan membantu kamu agar menjaga jadwal yang telah kamu tetapkan.

Pikirkan secara realistis tentang apa yang dapat kamu capai. Sangat bagus untuk membaca empat buku dalam sebulan dan tetap membaca publikasi aktual yang penting dalam bidang yang kamu pelajari. Tetapi kebanyakan dari mereka tidak punya waktu untuk melakukan itu. Memperhitungkan kecepatan membaca kamu sendiri dan waktu yang kamu butuhkan untuk membaca. Berdasarkan hal tersebut, tetapkan target yang dapat dicapai.

Menetapkan target yang terlalu ambisius dapat menyebabkan kegagalan dan keputusasaan. Hal ini dapat melemahkan motivasi kamu untuk mencapai target berikutnya. Hal ini dapat mengganggu tujuan dari penetapan target dari awal.

4. Buat Catatan

Setelah kamu mulai membaca, ada baiknya jika kamu membuat catatan tentang apa yang telah kamu baca secara teratur. Hal ini berguna jika kamu perlu meninjau kembali beberapa informasi pada hari berikutnya. Idealnya, catatan berisi informasi yang diperlukan sehingga kamu tidak perlu kembali ke sumber aslinya.

Saat membuat catatan, cobalah untuk menangkap ide-ide besar, bukan detail kecil. Ide ini muncul di dalam tulisan ketika kamu membacanya berulang-ulang. Kamu juga dapat menggunakan isyarat visual seperti font tebal atau miring, judul bab, tabel, bagan, dan diagram.

Garis besar, kartu catatan, batas folder, atau alat pengorganisasian lainnya dapat memudahkan untuk menemukan informasi yang kamu cari dikemudian hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa membuat catatan yang efektif dapat membantu kamu lebih memahami dan mengingat apa yang telah kamu baca.

Cara Mencapai Target Membaca

Setelah semuanya kamu lakukan tadi maka kamu juga harus fokus untuk mencapai target membaca yang kamu inginkan. Berikut adalah beberapa caranya.

1. Pilih Waktu Untuk Membaca

Kamu harus menyisihkan sedikit waktu untuk membaca setiap hari. Kamu bisa menentukannya dari 15 menit atau bahkan satu jam, tetapi pastikan untuk membaca pada waktu yang sama setiap hari.

Ketika membaca menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari maka hal tersebut dapat menjadi sebuah kebiasaan. Setelah beberapa saat, membaca akan terasa secara otomatis pada titik ini.

Banyak ragam cara membaca yang dilakukan oleh setiap orang. Misalnya, banyak orang membaca setiap malam sebelum tidur. Yang lain memiliki kebiasaan membaca dengan bus atau kereta api dalam perjalanan ke dan dari tempat kerja. Kemudian, yang lain suka membaca di pagi hari.

2. Ikuti Jadwal Yang Telah Dibuat

Kamu harus terus menuruti jadwal yang telah kamu buat. Jangan sampai kamu melewatkan waktu membaca yang ditentukan secara khusus, kecuali ada hal lain yang tidak bisa ditinggalkan. Jika karena alasan tertentu Anda harus melewatkannya, coba tunda lagi. Jangan sampai kamu merusak rutinitas yang telah kamu buat sebelumnya.

Ingatlah bahwa kamu perlu meluangkan waktu dan upaya kamu untuk mencapai target Anda. Tidak ada jalan pintas untuk ini. Jika kamu serius mengenai target kamu maka kamu harus membacanya secara teratur.

3. Buat Evaluasi

Evaluasi apakah bacaan yang telah kamu baca berkontribusi pada target yang telah kamu tetapkan. Jika tidak maka kamu harus memperbaiki daftarnya.

Kamu bisa saja menyimpulkan bahwa tidak ada buku yang kamu pilih yang dapat membuat pemahaman atau pengetahuanmu pada hal yang baru. Jika demikian, kamu harus melewatkan buku itu dan mungkin buku-buku serupa lainnya. Misalnya, pada titik tertentu kamu mungkin merasa telah menguasai ilmu ekonomi Keynesian. Jika demikian, membaca lebih banyak buku tentang topik tersebut mungkin tidak lagi menjadi prioritas utama kamu.

Di sisi lain, kamu mungkin menemukan bahwa banyak literatur yang kamu pilih berhubungan dengan banyak topik lain yang tidak kamu kenal. Jika kamu tidak melihat buku tentang topik itu dalam daftar, kamu bisa menambahkan lebih banyak bahan bacaan ke dalam daftar yang kamu buat.

Bayangkan, misalnya, membaca tentang pembuatan anggur, kamu mungkin menemukan konsep kimia yang tidak kamu pahami. Dalam hal ini, pertimbangkan untuk menambahkan buku tentang kimia dasar bisa kamu masukkan ke daftar bacaan kamu.

Seiring waktu, kamu mungkin menemukan bahwa apa yang ingin kamu baca lebih sulit daripada apa yang siap kamu baca. Daripada memaksakannya dan tidak memahami sebagian besar dari apa yang kamu baca, letakkan di akhir daftar dan periksa lagi nanti. Bacaan ini bisa menjadi bacaan yang lebih berharga saat kamu belajar lebih banyak tentang topik tersebut.

4. Buatlah Motivasi Untuk Membaca

Motivasi dan kesabaran adalah kunci untuk mencapai setiap target yang kamu miliki. Mempertahankan motivasi adalah hal yang sangat penting untuk mencapai target kamu.

Ide yang menarik jika kamu merencanakan ke depan dengan beberapa ide tentang bagaimana cara untuk tetap termotivasi dan mengatasi keputusasaan. Ini bisa termasuk memiliki teman di sekitar kamu yang tahu bahwa kamu membutuhkan kata-kata penyemangat dan sistem penghargaan untuk mencapai taarget kamu.

Gunakan bantuan untuk meningkatkan motivasi. Ketika kamu mencapai akhir buku (atau bahkan bab yang sulit), berilah hadiah untuk diri kamu. Misalnya, setelah kamu membaca buku-buku yang ada di dalam daftar, kamu dapat menikmati makanan penutup yang lezat, menonton film, atau membeli sepatu baru. Hal ini akan membantu kamu untuk membuat koneksi positif untuk mencapai target dan mendorong kamu untuk mencapai titik berikutnya.

Jika Anda mengalami kegagalan yang membuat sulit untuk menjaga jadwal kamu untuk sementara waktu, kamu dapat merevisi rencanamu. Miisalnya, bahwa orang yang kamu cintai mengalami keadaan darurat. Ini mungkin akan membuat kamu sulit berkonsentrasi membaca buku tentang pembuatan anggur untuk sementara waktu.

Setelah semuanya tenang, kamu kembali dan lihat rencana yang kamu buat. Mungkin kamu dapat membuat rencana yang masuk akal untuk menyusun jadwal dengan menambahkan beberapa menit pada waktu membaca harian. Namun jika kamu terlalu jauh tertinggal untuk menyesuaikan tenggat bukan berarti kamu gagal.

beli sekarang

Buku ini memaparkan ihwal metode dan etika belajar serta aktivitas menuntut ilmu dalam Islam

Grameds, demikianlah cara menentukan target membaca dan cara mencapainya yang diberikan oleh Gramedia. Kamu bisa membacanya dan menerapkan dalam kehidupanmu. Diharapkan setelah membaca artikel ini maka kamu dapat membuat target membacamu sendiri.

Jika kalian ingin mempelajari ilmu-ilmu lainnya, kalian juga bisa membeli dan membaca buku lain yang ada di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan buku-buku berkualitas dan juga bermanfaat untuk kamu. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq