in

8 Cara Mendeskripsikan Diri Sendiri yang Menarik dan Profesional

Sumber: EKRUT

Cara mendeskripsikan diri sendiri – Deskripsi diri sering menggambarkan penampilan seseorang dalam hal kelebihan, kelemahan, keterampilan, dan kemampuan. Salah satu kunci sukses melamar pekerjaan adalah mampu menggunakan deskripsi yang tepat tentang diri Anda sendiri. Tentu saja, deskripsi diri tidak perlu over promise atau dilebih-lebihkan.

Contoh deskripsi diri yang menarik pasti membuat perekrut atau HRD melihat Curriculum Vitae (CV) atau resume Anda, terutama bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan. Deskripsi Diri CV adalah deskripsi singkat namun ringkas tentang profil pribadi seseorang.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), deskripsi artinya uraian secara jelas dan rinci. Sederhananya, deskripsi diri adalah deskripsi tentang orang yang dijelaskan dalam kalimat.

Anda dapat memasukkan beberapa informasi dalam deskripsi diri Anda. Mulai dari data pribadi seperti nama dan pendidikan, pengalaman kerja hingga kemampuan yang dimiliki.

Jika melihat definisi di atas, kebanyakan orang beranggapan bahwa membuat deskripsi diri tidaklah sulit jika memiliki banyak pengalaman dan kemampuan. Padahal, ketika menggambarkan diri sendiri, yang terjadi justru sebaliknya.

tu, mereka mencari cara  mendeskripsikan diri yang menarik dan profesional sebagai referensi.

Hal itu karena Anda tidak dapat memasukkan semua pengalaman dan kemampuan Anda dalam deskripsi Anda. Karena akan membuat deskripsi diri Anda menjadi terlalu panjang.

Deskripsi diri yang terlalu panjang cenderung menyulitkan HRD untuk memahami poin-poin penting yang Anda buat. Hal tersebut membuat deskripsi diri Anda tidak efektif untuk menarik perhatian HRD.

Oleh karena itu, menulis deskripsi pribadi harus relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jadi, Anda dapat memilih pengalaman dan kemampuan yang relevan untuk disertakan dalam deskripsi Anda.

Oleh karena itu, informasi dalam deskripsi diri lebih singkat namun sangat menarik di mata HRD. Sehingga nilai Anda sebagai kandidat potensial lebih tinggi dari kandidat lainnya.

Untuk itu pada kesempatan kali ini Gramedia akan mengulas bagaimana cara mendeskripsikan diri sendiri dan contoh deskripsi diri yang baik.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Apa itu Deskripsi Diri?

Cara Mendeskripsikan Diri Sendiri
Sumber: EKRUT

Menurut Randi Ramliyana dari ebook yang berjudul “Menggagas Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Era Kelimpahan” pengertian deskripsi diri adalah sesuatu pernyataan atau bentuk tulisan yang mengenalkan tentang diri sendiri seseorang, dari berbagai latar belakang yang dimiliki. Isi deskripsi diri berasal dari diri seseorang.

Deskripsi diri sendiri menjelaskan siapa Anda, apa yang Anda lakukan, dan apa yang perlu diketahui orang lain tentang Anda. Secara umum, isi dari deskripsi diri adalah:

  • Nama lengkap dan nama panggilan (atau bisa langsung ke pengalaman kerja)
  • Informasi tentang pengalaman kerja
  • Berisi gambaran tentang pendidikan
  • Keahlian
  • Tujuan dan minat pekerjaan atau karir yang diinginkan

Grameds, di dunia kerja ternyata perekrut, pengguna, atau pewawancara hampir selalu mengajukan pertanyaan seperti ini “Bisakah Anda menggambarkan diri Anda sendiri?” atau “Ceritakan sedikit tentang diri Anda!”

Dikutip dari laman magoosh, berikut merupakan beberapa pertanyaan tentang deskripsi diri sendiri saat sedang melakukan interview kerja:

  • Cobalah meringkas diri Anda dengan kata-kata sesedikit mungkin!
  • Deskripsikan diri Anda dalam satu kalimat. Sebutkan 3 kata yang paling menggambarkan dirimu?
  • Bagaimana orang lain menggambarkan Anda?
  • Menurut Anda, apa sifat atau deskripsi paling penting tentang diri Anda?
  • Kata-kata apa yang muncul di benak Anda saat memikirkan diri sendiri?
  • Kata sifat apa yang akan Anda gunakan untuk menggambarkan diri Anda?
  • Bagaimana Anda menggambarkan kepribadian Anda?

Grameds, pertanyaan yang menggambarkan diri sendiri sering ditanyakan karena mereka ingin tahu seperti apa pribadi Anda dan bagaimana Anda memandang diri sendiri. Oleh karena itu, kita harus mengetahui cara membuat dan menyusun karangan deskripsi yang ringkas, baik dan akurat.

Cara Mendeskripsikan Diri Sendiri

Bagaimana Cara Menulis Deskripsi Diri yang Menarik?

Cara Mendeskripsikan Diri Sendiri
Sumber: Pixabay

Informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi pada resume memainkan peran penting dalam menarik perhatian HRD. Deskripsi diri adalah cara cepat untuk mengukur apakah kandidat HRD cocok untuk lowongan pekerjaan yang sedang dibuka.

Informasi tentang contoh yang menggambarkan diri sendiri tidak boleh ceroboh. Cara pertama untuk melakukan deskripsi diri adalah dengan mendeskripsikan secara singkat pengalaman kerja Anda dan kelebihan yang dimiliki.

Hal tersebut akan lebih baik jika pengalaman dan kelebihan sesuai dengan lowongan pekerjaan yang diinginkan. Tulis singkat, padat dan jelas, untuk menunjukkan kontribusi Anda kepada perusahaan jika Anda ingin mengisi posisi yang kosong tersebut.

Cara Membuat Deskripsi Diri

Cara Mendeskripsikan Diri Sendiri
Sumber: Pixabay

1. Buatlah dengan Ringkas

Cara pertama membuat deskripsi diri adalah membuatnya singkat. Caranya, kalimat pertama pengenalan diri Anda harus mencantumkan nama, jabatan, atau pengalaman Anda.

Jika Anda masih menganggur dan sedang mencari pekerjaan, Anda dapat menyebutkan jurusan, gelar, atau tingkat sertifikasi Anda.

Contoh kalimat deskripsi:

“Nama saya Ziaggi Fadhil Zahran Saya lulus jurusan Sastra Indonesia di Universitas Nasional.”

2. Jelaskan Pengalaman dan Pencapaian Anda

Pengalaman dan pencapaian ini dapat dipersonalisasi dalam pendahuluan, untuk menyoroti detail yang paling relevan dengan orang yang Anda ajak bicara. Jika Anda sedang dalam wawancara kerja, diskusikan keterampilan dan prestasi kerja Anda.

Jika Anda memberikan presentasi, berikan informasi yang mendukung otoritas Anda di bidang yang Anda bicarakan. Saat memperkenalkan diri kepada calon pelanggan, sebutkan produk dan layanan terbaik Anda.

3. Akhiri dengan Menyesuaikan Arah Tujuan Anda

Saat Anda membuat deskripsi diri untuk memperkenalkan diri, Anda juga perlu menyimpulkan dengan mengarah pada apa yang Anda inginkan (apa yang terjadi selanjutnya). Misalnya, dalam wawancara kerja, nyatakan mengapa Anda paling cocok untuk pekerjaan itu.

Sebagai contoh lain, memperkenalkan diri Anda kepada klien atau kolega baru juga harus diakhiri dengan ajakan bertindak. Dalam kasus bisnis, itu bisa berupa pertemuan, penjualan, atau korespondensi lainnya. Dalam presentasi Anda, Anda dapat meringkas apa yang ingin Anda diskusikan.

4. Jelaskan Tujuan Karir Anda

Di sini Anda dapat melengkapi deskripsi diri yang memberikan pernyataan tentang tujuan karir Anda dan juga bagaimana tujuan tersebut berhubungan dengan posisi yang Anda lamar.

5. Gunakan Kata Kunci yang Berhubungan

Di sini, Anda tidak boleh sembarangan saat membuat deskripsi diri, agar tidak sembarangan Anda harus menggunakan kata kunci yang relevan untuk menggambarkan diri Anda sebagai kandidat potensial untuk posisi tersebut.

6. Gunakan Angka

Anda harus mempertimbangkan untuk menyertakan angka yang sesuai sebagai bukti data terukur tentang keterampilan yang telah Anda peroleh dalam deskripsi diri Anda. Anda juga dapat menggunakan angka untuk memberi tahu kepada HRD seberapa baik yang telah Anda kerjakan di masa lalu.

Cara Mendeskripsikan Diri Sendiri

7. Jangan Ragu untuk Mengekspresikan Diri Sendiri

Jangan menggunakan terlalu banyak kata umum. Karena itu membuat deskripsi diri Anda normal. Coba gambarkan diri Anda dengan sedikit kesenangan tentang kepribadian Anda dari waktu ke waktu untuk menunjukkan keunikan Anda sebagai seorang kandidat.

8. Periksa Penulisannya

Terakhir, pastikan untuk merinci atau menulis ulang penulisan dalam deskripsi diri Anda. Kesalahan tata bahasa atau kata-kata yang terdengar aneh harus segera diperbaiki.

Contoh Mendeskripsikan Diri Sendiri dalam CV

Cara Mendeskripsikan Diri Sendiri
Sumber: Finansialku

Inilah beberapa contoh deskripsi diri (CV) yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Contoh Deskripsi Diri Fresh Graduate

Saya merupakan lulusan baru dari Universitas Nasional dalam jurusan Ilmu Komunikasi dengan IPK 3,60. Selama 4 tahun kuliah, saya aktif berorganisasi dan menjadi ketua Himpunan Mahasiswa selama 1 tahun.

Selain itu, saya memiliki pengalaman magang sebagai penulis konten di salah satu perusahaan media online terkemuka di Indonesia. Saya memiliki passion untuk bekerja di perusahaan media online atau televisi. Saat ini, saya sangat tertarik untuk mendapatkan pengalaman di bidang jurnalis dan pemasaran digital.

Lima tahun pengalaman Lulusan S2 Sastra Inggris dalam penulisan kreatif, tata bahasa dan pengajaran sastra di tingkat SMA dan SMP. Terdapat sertifikasi resmi dari beberapa lembaga untuk pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dan mendidik siswa-siswi SMA dengan gangguan jiwa yang berat.

2. Contoh Deskripsi Diri dengan Pengalaman Kerja

Real Estate dan Marketing memiliki lebih dari 4 tahun pengalaman akuntansi di industri ini. Dapat menguasai pengetahuan akuntansi umum, penagihan, penganggaran dan akuntansi umum. Dapat menguasai praktek dan prosedur akuntansi inovatif untuk meningkatkan efisiensi keterampilan.

Digital Marketing Strategist 40% telah berhasil membantu mengembangkan profitabilitas perusahaan yang konsisten di seluruh perusahaan melalui konversi penjualan berkualitas sangat tinggi.

Memiliki pengalaman lebih dari 2,5 tahun sebagai Customer Service Specialist. Problem solver yang super kreatif dengan keterampilan komunikasi yang hebat. Program loyalitas untuk pelanggan baru dapat dibuat untuk meningkatkan loyalitas pelanggan hingga 50%. Melakukan pencarian customer service supervisor untuk lebih mengembangkan karir manajemen.

Tujuh tahun berpengalaman sebagai spesialis dukungan TI profesional sebagai teknisi sistem atau jaringan. Spesialis dalam mengoperasikan platform dan memiliki keterampilan komunikasi verbal dan tertulis yang baik dan dapat memecahkan masalah dalam perangkat lunak yang kompleks dengan cara yang mudah dipahami.

3. Contoh Deskripsi Diri Mengubah Jalur Karir

Saya memiliki pengalaman sebagai Professional Real Estate selama 3 Tahun. Saya ingin membawa pengalaman ini ke ranah Sales. Saya memiliki ahli dalam layanan pelanggan yang baik dan benar juga dapat bekerja sama dengan klien untuk memenuhi kebutuhannya. Saya dapat  berkomunikasi dengan baik serta mampu bekerja di bawah tekanan. Ahli dalam mengatasi dalam membuat rekam jejak layanan pelanggan yang luar biasa

4. Contoh Deskripsi Diri Business Management

Saya ahli di bidang bisnis management selama 5 tahun, berorientasi pada pertumbuhan bisnis dengan implementasi strategi penjualan dan pemasaran, analisa pasar, dan evaluasi pertumbuhan yang baik. Ahli dalam menjadi koordinator pengembangan bisnis kemampuan bekerja sama dengan tim penjualan, pemasaran, bisnis, serta produk.

5. Contoh Deskripsi Diri yang Menarik untuk Melamar Posisi Manajer

Saya seorang yang memiliki semangat yang tinggi dan ambisius. Hal itu terbukti, karena saya telah mengembangkan pendekatan yang matang dan bertanggung jawab, untuk setiap pekerjaan yang saya lakukan maupun dalam situasi yang saya hadapi.

Sebagai seorang yang memiliki pengalaman 4 tahun dalam manajemen, saya sangat baik dalam bekerjasama dengan orang lain untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, dengan tepat waktu dan keunggulan. Dalam posisi saya sebelumnya, saya dapat meningkatkan kinerja, operasi, dan produktivitas tim saya sebesar 55%.

6. Contoh Deskripsi Diri Pekerjaan Content Writer

Saya lulusan sastra Indonesia di Universitas Nasional yang juga ahli dalam berbicara, percaya diri dan menyukai tantangan. Skill yang saya miliki adalah keterampilan menulis. Saya memiliki pengalaman 5 tahun dalam menulis.

Sudah ada sekitar 2000+ artikel saya yang telah dipublikasikan di surat kabar maupun platform media online terkemuka di Indonesia. Selama saya bekerja, saya telah berhasil memiliki pengalaman dalam meningkatkan traffic website sebesar 50% dalam waktu 1 tahun.

7. Contoh Deskripsi Diri Lulusan SMA

Saya seorang siswa kelas 12 jurusan sosiologi. Saya seorang updater dan saya suka belajar bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Saya mampu berbahasa Inggris dengan skor TOEFL 550. Selain aktif mengikuti beberapa kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi di sekolah, saya juga menjadi pengajar kursus selama 3 bulan.

Cara Mendeskripsikan Diri Sendiri

8. Contoh Deskripsi Diri Lulusan Baru SMK

Lulusan SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dari SMK… Berpengalaman dan mampu membangun jaringan LAN dan WAN hingga fasilitas jaringan lainnya. Saat ini, saya ingin bekerja untuk menjadi IT support.

9. Contoh Deskripsi Diri untuk Customer Service

Saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik berpengalaman dalam layanan pelanggan selama 2 tahun. Dalam peran customer service saya saat ini, saya telah menangani lebih dari 200 masalah pelanggan. Saya memiliki pengalaman dalam menangani keluhan pelanggan melalui telepon atau email.

10. Contoh Deskripsi Diri untuk Posisi Admin

Nama saya Ziad Imani, seseorang dengan memiliki pengalaman di bidang administrasi. Pengalaman sebagai petugas administrasi di perusahaan staff admin selama lebih dari 6 tahun.

Saya mahir dalam penanganan database, administrasi sistem dan dapat memahami Microsoft Office dengan baik. Selain itu, saya juga orang yang sangat teliti dan selalu memperhatikan detail tanggung jawab saya, khususnya hasil laporan administrasi.

11. Contoh Deskripsi Diri Singkat Melamar Jadi Guru

Nama saya Rian Mansuri. Saya lulus dengan gelar pendidikan guru sekolah dasar di Universitas Pendidikan Nasional Indonesia (UPI). Saya melakukan magang di sekolah dasar swasta selama 8 bulan. Saat ini saya sangat bersemangat menemukan posisi mengajar untuk tahun ajaran mendatang. Saya memiliki beberapa RPP yang saya buat selama magang. Saya percaya, saya akan sangat cocok untuk pembukaan kelas di sekolah Anda.

12. Contoh Deskripsi Diri Posisi Penjualan/Ritel

Saya seorang pekerja keras dan selalu berusaha untuk mencapai standar tertinggi, dalam setiap tugas yang diberikan. Dalam peran saya sebelumnya sebagai Perwakilan Penjualan, saya mendemonstrasikan kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan tinggi, menjual produk dan layanan kepada pelanggan dari semua lapisan masyarakat.

Selain itu, saya juga memiliki pengalaman menangani keluhan pelanggan dan menyelesaikan situasi bermasalah yang muncul. Saya dipromosikan dua kali karena saya mampu melampaui target penjualan dua kali.

13. Contoh Deskripsi Diri Desainer Grafis

Lulusan dengan jurusan desain grafis dari Universitas Nasional dan telah berpengalaman selama 3 tahun dalam bidang desain. Dibuktikan dengan menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator hingga CorelDRAW dengan benar.

14. Contoh Deskripsi Diri Untuk Posisi Sales

Berpengalaman di bidang profesional manajemen penjualan dan pemasaran. Memiliki kualitas yang luar biasa dalam negosiasi dan juga menekankan perolehan keterampilan kepemimpinan yang ditargetkan.

15. Contoh Deskripsi Diri Untuk Posisi HR

Lebih dari 5 tahun memiliki keahlian dalam mengelola employee benefit perusahaan, rekrutmen, orientasi karyawan, proses manajemen kinerja, dan pengumpulan data SDM. Ahli dalam membangun komunikasi dan hubungan dengan karyawan lain di semua tingkatan.

Penutup

Demikian ulasan mengenai, cara mendeskripsikan diri sendiri beserta contohnya. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang cara mendeskripsikan diri sendiri, kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

Baca juga:

12 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Disukai Oleh Rekruter, Simak di Sini!

6 Langkah Cara Jualan di Facebook dan Berbagai Tips yang Wajib Dicoba!

7 Cara Membuat CV Online Mudah Tanpa Software, Gratis!

10 Cara Mengenal Diri Sendiri Lebih Dalam dan Manfaatnya

[Mudah] Cara Membuat Puisi Yang Bagus dan Unsur-unsurnya

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by ziaggi