in

Simak Tips, Harga, dan Cara Berlangganan Majalah Bobo

bobo.grid.id

Cara Berlangganan Majalah Bobo – Kita semua pasti tidak asing dengan Majalah Bobo yang sering memenuhi rak penjual majalah, baik di kaki lima hingga kios besar, di era tahun 2000an. Majalah Bobo berhasil menjadi majalah anak terpopuler dari karir awalnya hingga hari ini. Grameds pasti ingat berbagai rubrik menarik, informatif, sekaligus menghibur yang ditawarkan dalam setiap edisi terbitan Majalah Bobo.

Setelah sekian generasi anak merasakan manfaat Majalah Bobo, Grameds tetap dapat mengakses berbagai artikel menarik yang tersusun rapih dalam Majalah Bobo di era ini. Grameds tentu dapat menjadikan Majalah Bobo sebagai referensi bagi anak, keponakan, atau bahkan orang-orang tercinta dalam menggali pengetahuan.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas riwayat singkat Majalah Bobo disusul dengan harga dan cara berlangganannya, sehingga Grameds tak perlu khawatir dan tak perlu ragu untuk tetap setiap menjadi pembaca Majalah Bobo.

Cara Berlangganan Majalah Bobo
sumber: Youtube Majalah Bobo

Namun, sebelumnya kami akan membahas pengertian majalah, peran, serta berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari penerbitan suatu majalah.

Pengertian Majalah

Majalah dapat kita artikan sebagai kumpulan kabar, postingan, cerita, serta iklan yang dicetak pada lembaran kertas dimensi kuarto serta dijilid dan diterbitkan secara berkala. Selain itu, ada pula yang disebut dengan majalah serial, yakni majalah yang diterbitkan seminggu sekali, dua pekan sekali ataupun sebulan sekali.

Definisi yang lebih detail mengenai majalah telah dijelaskan oleh beberapa pakar dengan menambahkan beberapa ciri yang khas dalam sebuah majalah. di antaranya sebagai berikut:

  1. Edwin Emery (1967)
    Majalah ialah media opini. Jadi, dalam suatu majalah juga ada tulisan-tulisan yang memuat berbagai opini ataupun pendapat-pendapat, pandangan-pandangan seorang terhadap suatu isu yang mana berkaitan dengan masalah- masalah yang relevan bagi masyarakat luas
  1. Komarudin (1997)
    Majalah merupakan salah satu tipe perlengkapan komunikasi dalam wujud publikasi yang terbit secara berkala seminggu sekali, ataupun sebulan sekali, ataupun pada waktu-waktu tertentu secara teratur. Majalah ini diterbitkan dengan isi yang antara lain berupa artikel-artikel, berita-berita, cerita-cerita yang memiliki nilai sastra, fiksi serta non-fiksi, puisi, resensi, kritik- kritik, karikatur, lelucon- lelucon, pengisi(filler), tajuk rencana, dan kadang- kadang iklan.

Majalah berisi beragam tulisan yang dikemas sebagai artikel dalam subyek yang bermacam-macam. Majalah diperuntukan bagi masyarakat luas dengan tata bahasa yang dapat dengan mudah dipahami oleh banyak orang. Umumnya, sebuah penerbitan majalah didanai oleh iklan, harga penjualan, bayaran berlangganan yang dibayar oleh pembaca.

Dengan memuat bermacam topik tulisan yang cocok dengan tujuan serta topik dari majalah yang bersangkutan, majalah bukan cuma menawarkan tulisan, tetapi juga gambar- gambar ataupun ilustrasi yang bertujuan mendukung isi tulisan serta meningkatkan daya tarik majalah. Dalam sebuah majalah, gambar yang dapat dimuat bisa berupa kartun, foto seseorang, maupun foto objek apa saja yang dikehendaki oleh pembuat majalah.

Majalah yang pada awalnya merupakan produk berbasis media cetak perlahan berevolusi menjadi berbasis digital. Mungkin kita semua tidak asing lagi dengan istilah e-magazine yang merupakan bentuk baru bagi majalah konvensional yang bertransformasi menjadi majalah elektronik, sehingga kita dapat membaca berbagai artikel menarik dari sebuah majalah melalui ponsel pintar, tablet, maupun laptop secara lebih praktis.

Peran Majalah

Majalah memegang peranan penting bagi kehidupan sosial masyarakat, mulai dari sektor terkecil seperti isu yang terkait individu hingga sektor terluas yang mencakup isu nasional maupun internasional. Secara sederhana, peranan majalah dapat kita simpulkan sebagai berikut:

1. Berkontribusi dalam pengawasan terhadap berbagai isu sosial maupun politik

Majalah bisa menjadi media untuk mengawasi pemerintah dan penyambung aspirasi rakyat. Berbagai kebijakan maupun peraturan yang ditetapkan pemerintah, misalnya, dapat terpantau melalui berbagai artikel yang termuat dalam sebuah majalah.

2. Berkontribusi dalam meningkatkan daya pikir kritis masyarakat

Berbagai isu yang disediakan di setiap artikel dalam sebuah majalah dapat berperan besar untuk meningkatkan daya pikir kritis masyarakat. Berbagai pengetahuan baru pun dapat tersalurkan dengan baik melalui kemasan tulisan ringan dan mudah dicerna lewat artikel menarik dalam majalah.

3. Memelihara dan menyebarluaskan warisan kebudayaan dan pemikiran

Majalah dapat mengulas berbagai bentuk warisan kebudayaan dan pemikiran sosok-sosok penting lewat berbagai artikel yang ada di dalamnya. Sebuah majalah dapat menawarkan berbagai konten yang mengangkat suatu kesenian tertentu, sejarah peristiwa dari budaya tertentu, latar belakang terjadinya suatu budaya yang dapat bertahan dalam waktu yang lama, hingga peran pemikiran tokoh-tokoh tertentu dalam melestarikan budaya yang bersangkutan.

4. Memberikan edukasi secara terstruktur kepada masyarakat

Majalah dapat berperan sebagai media edukasi bagi masyarakat luas. Di sini, media bisa menjadi penyuluh dalam berbagai kebijakan pemerintah, termasuk sosialisasi tentang isu tertentu. Sebagai contoh, masyarakat dapat memperoleh edukasi tentang pandem, vaksin, maupun gejala suatu virus lewat artikel yang berkaitan dalam suatu majalah.

5. Memberikan hiburan kepada masyarakat

Majalah dapat dijadikan media untuk memberikan berbagai hiburan bagi masyarakat, mulai dari sebuah permainan, seperti teka-teki silang, yang terselip di dalam konten majalah, hingga komik serta karikatur jenaka yang bertujuan untuk mengkritik dengan cara menghibur.

Cara Berlangganan Majalah Bobo
Bundling Edisi Spesial Bobo 38 & 39

Manfaat Majalah

Selain memiliki peran yang begitu besar jika ditinjau secara luas, majalah memiliki berbagai manfaat yang lebih rinci, baik bagi penerbit secara khusus maupun pembaca secara umum. Berbagai manfaat dari majalah tersebut kami rangkum sebagai berikut:

1. Manfaat Bagi Penerbit

a. Pengembangan Organisasi

Dengan penerbitan suatu majalah, pengorganisasian kantor penerbitan majalah akan semakin berkembang. Industri media yang digeluti penerbit perlahan akan berkembang dan maju seiring dengan meningkatnya reputasi majalah yang diterbitkan.

b. Media Promosi

Penerbitan suatu majalah tentu didanai oleh berbagai sumber pendapatan, salah satunya adalah iklan. Keberadaan iklan dalam majalah merupakan salah satu bagian yang penting demi menyokong pendanaan penerbitan majalah. Dengan ini, majalah berperan pula sebagai media promosi bagi produk barang/jasa.

c. Media Komunikasi dan Penyebaran Informasi

Majalah berperan sebagai jembatan komunikasi antara penulis dengan pembaca, termasuk pula antara narasumber dalam suatu artikel dengan masyarakat secara luas. Selain itu, berbagai informasi yang bermanfaat juga dapat disebarkan lewat kehadiran majalah.

2. Manfaat Majalah Bagi Pembaca

a. Sumber Informasi

Majalah berperan besar terhadap tersedianya sumber informasi bagi masyarakat luas. Para pembaca tentu akan menjadikan majalah sebagai salah satu sumber informasi yang dapat dijadikan rujukan.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

b. Media Penyalur Aspirasi

Majalah dapat menjadi media untuk menampung aspirasi pembaca. Majalah dapat melakukan survei hingga membuka rubrik opini pembaca sebagai bentuk penyaluran pendapat. Tentu dampak yang lebih jauh dari hal ini akan bermanfaat besar bagi tumbuhnya demokrasi di Indonesia.

c. Hiburan

Majalah dapat menjadi referensi alternalitif bagi para pembaca yang mencari hiburan. Pembaca dapat mencari berbagai artikel yang ringan, menarik, dan menghibur yang terselip dalam sebuah majalah.

Berbagai majalah yang ada pun biasanya memiliki tema-tema tertentu sehingga akan menciptakan golongan pembacanya tersendiri. Tema majalah yang diangkat biasanya seputar isu politik, hukum, teknologi, gaya hidup, pendidikan, hingga olahraga. Terdapat pula kategorisasi majalah berdasarkan target pembaca, mulai dari kelompok pembaca wanita, kelompok pembaca pria, hingga kelompok pembaca anak-anak.

Seperti yang telah kami singgung di awal, salah satu majalah yang menjadikan anak-anak sebagai pembaca utamanya adalah Majalah Bobo. Untuk lebih mempermudah Grameds dalam mengenal Majalah Bobo, kami akan mengulasnya secara singkat.

Sejarah Singkat Majalah Bobo

Majalah Bobo merupakan majalah populer anak-anak di Indonesia yang telah terbit sejak 14 April 1973. Sebelum ada di Indonesia, Bobo telah ada terlebih dahulu di Belanda. Pada saat lahir di Indonesia, Majalah Bobo mendapatkan penyesuaian dengan kultur lokal sehingga cukup berbeda dengan versi awalnya di Belanda

Di bawah naungan KG Media yang masih bagian dari Kompas Gramedia, Majalah Bobo berdiri dengan mengusung slogan “Teman Bermain dan Belajar”. Majalah Bobo menempati peran besar sebagai majalah anak-anak terpopuler dan terlaris. Berisi konten yang mendidik dan menghibur, Majalah Bobo sukses sebagai referensi bacaan yang menemani anak-anak Indonesia di segala usia.

Majalah anak dengan maskot kelinci berwarna biru dengan mengenakan sweater merah bertuliskan huruf “B”. Majalah Bobo tampil dalam dua versi: “Bobo” yang ditujukan untuk anak yang duduk di bangku sekolah dasar (SD), di mana terbit seminggu sekali setiap hari Kamis dan “Bobo Junior” yang ditujukan pada anak usia prasekolah hingga usia taman kanak-kanak, di mana terbit dua minggu sekali setiap hari Rabu.

Berawal sebagai halaman yang berisi rubrik untuk anak-anak, PK Ojong dan Jakob Oetama selaku pendiri Kompas Gramedia memperluas rubrik ini menjadi sebuah majalah. Lewat kerjasama dengan Bobo di Belanda, Majalah Bobo berhasil lahir sebagai majalah anak-anak pertama yang menggunakan kertas berwarna.

Pada awalnya, beberapa konten Majalah Bobo di Indonesia merupakan terjemahan langsung dari Bobo di Belanda, di samping beberapa rubrik yang dikembangkan sendiri oleh Majalah Bobo di Indonesia. Pada perkembangannya hingga saat ini, Majalah Bobo secara mandiri memproduksi konten sendiri tanpa bergantung pada Bobo di Belanda.

Cara Berlangganan Majalah Bobo
Bobo 40 (Edisi 06 Januari 2022)

Cara Berlangganan Majalah Bobo

Bagi Grameds yang ingin memperoleh Majalah Bobo, ada dua cara yang dapat dilakukan. Pertama, Grameds dapat membeli Majalah Bobo versi cetak di Gramedia terdekat. Kedua, Grameds dapat memperoleh Majalah Bobo versi elektronik dengan berlangganan lewat Gridstore.id.

1. Pembelian di Gramedia

Grameds dapat membeli berbagai edisi Majalah Bobo di store Gramedia terdekat. Selain itu, untuk mempermudah pembelian Majalah Bobo di Gramedia, Grameds dapat mengaksesnya di www.gramedia.com.

Proses pembelian Majalah Bobo di gramedia.com cukup mudah dilakukan. Grameds dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs www.gramedia.com dan log in menggunakan akun;
  2. Cari kata kunci “majalah bobo” pada kolom pencarian lalu klik enter;
  3. Setelah tampil berbagai produk, silakan klik edisi Majalah Bobo yang diminati;
  4. Pilih store Gramedia penyedia produk (misal: Gramedia Plaza Bintaro), lalu masukkan produk ke keranjang;
  5. Buka keranjang belanja dan segera klik Pembayaran;
  6. Dalam halaman check out isi kolom alamat, lalu pilih cara pengambilan (melalui kurir atau pickup in store, tentukan metode pembayaran (transfer bank, Gopay, atau lainnya), masukkan voucher diskon (kalau ada), dan klik “Bayar Pesanan”;
  7. Segera lakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih;
  8. Tunggu konfirmasi pesanan yang telah dipesan melalui email;
  9. Majalah Bobo pesanan Grameds akan segera sampai ke rumah apabila cara pengambilan dilakukan melalui kurir. Atau, apabila Grameds memilih cara pengambilan dengan pickup in store, Majalah Bobo yang telah terpesan dapat segera dijemput di store Gramedia yang dipilih.

2. Berlangganan Ebook di Gramedia Digital

Akses Majalah Bobo secara lebih bebas dapat Grameds dapatkan melalui berlangganan di Gramedia Digital. Melalui Gramedia Digital, Grameds dapat membeli Majalah Bobo dengan cara lebih mudah, di mana pun dan kapan pun. Hanya dengan mengakses situs Gramedia Digital, Grameds dapat membaca berbagai konten digital lengkap Majalah Bobo secara lebih praktis tanpa perlu keluar rumah.

Berbeda dengan Bobo.id yang hanya terbatas pada artikel-artikel tertentu, Majalah Bobo yang Grameds dapat peroleh di Gramedia Digital memberikan akses yang lebih luas dan leluasa terhadap berbagai rubrik yang ditawarkan.

Untuk melakukan berlangganan ebook bisa melakukan pembelian di ebooks.gramedia.com atau langsung di gramedia.com juga bisa.

Setelah itu Anda perlu menginstal aplikasi Gramedia Digital di playstore untuk pengguna android, dan app store untuk pengguna iphone.

Produk versi cetak Majalah Bobo yang telah dipesan akan dikirim perdana ke alamat pembeli setelah dua sampai empat minggu setelah konfirmasi pemesanan. Pembeli akan dikenakan tarif ongkos kirim sebesar Rp7.500 untuk wilayah Jabodetabek dan kota-kota lainnya di Indonesia. Sementara itu, produk versi elektronik Majalah Bobo yang telah dipesan dapat diakses secara online melalui www.ebooks.gramedia.com.

Setelah kita mengulas secara rinci dan singkat bagaimana perjalanan Majalah Bobo, cara memperolehnya, termasuk harga dan tahapan berlangganannya, Grameds tak perlu lagi ragu untuk berlangganan Majalah Bobo sehingga bisa mengakses berbagai artikel yang menarik dan bermanfaat, khususnya untuk anak-anak tercinta.

Cara Berlangganan Majalah Bobo
Bobo 41 (Edisi 13 Januari 2022)

Segera kunjungi www.gramedia.com untuk membeli Majalah Bobo sesuai edisi yang Grameds inginkan atau Grameds bisa langsung mengakses www.gridstore.id untuk berlangganan Majalah Bobo secara tetap dan mendapatkan akses langsung terhadap berbagai edisi Majalah Bobo, baik dalam bentuk cetak (printed) maupun bentuk digital (e-magz). Semoga artikel ini bermanfaat! Salam literasi!

Penulis: Savero Aristia Wienanto

BACA JUGA:

  1. Ini Fakta Unik Majalah Bobo yang Belum Banyak Diketahui 
  2. Rahasia Super Hemat Baca Buku, Majalah, dan Koran Digital Sepuasnya 
  3. Cara Mudah Bayar Berlangganan Gramedia Digital dengan Go-Pay 
  4. Langkah Mudah Berlangganan Paket Bundling Gramedia Digital x Kompas.id 
  5. Cara Mudah Berlangganan Paket Premium Gramedia Digital 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda