in

10 Rekomendasi Buku yang Dapat Memupuk Rasa Syukur kepada Allah

Pixabay.com

Rasa syukur menjadi salah stau hal penting yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ketika seseorang memiliki rasa syukur dalam dirinya maka hidupnya akan bahagia dan minim rasa iri. Rasa syukur dapat dipupuk dengan berbagai cara. Misalnya melihat keadaan sekitar, membaca, menonton film, dan lain sebagainya.

Untuk memupuk rasa syukur melalui literasi, Grameds dapat membaca beberapa rekomendasi buku di bawah ini.

Buku “Aku Cinta Allah”

Anak-anak perlu diajarkan untuk mensyukuri nikmat sejak kecil. Salah satu caranya, yakni mengajarkan anak untuk mencintai Tuhannya. Dalam Islam, Allah menjadi Tuhan mereka. Maka sejak dini, anak-anak harus didekatkan kepada Sang Pencipta.

Media pembelajarannya pun beragam. Anak-anak dapat dimasukkan ke dalam pesantean atau Taman belajar Alquran untuk mengaji dan belajar agama dengan guru. Namun, untuk mendukung pembelajaran di luar, orang tua dapat memberikan bahan bacaan kepada anak.

Dengan membaca, pengetahuan anak akan menjadi lebih luas. Pemikirannya pun akan semakin matang dan dapat melihat permasalahan dari segala sisi. Buku “Aku Cinta Allah” karya Alwi Alatas cocok untuk anak-anak yang sedang belajar agama Islam.

Berikut deskripsi buku yang dapat dijadikan pertimbangan bagi orang tua maupun orang dewasa di sekitar anak.

Di sebuah mesjid seorang bapak yang cacat shalat dengan cara duduk. Meski rumahnya jauh, ia sengaja berjalan ke mesjid untuk shalat berjamaah. Kenapa Bapak itu mau berjalan dari rumahnya yang jauh untuk shalat berjamaah di mesjid? Apakah kakinya tidak terasa sakit jika berjalan jauh ke mesjid?

Aku Cinta Allah 4: Bersyukur Di Setiap Keadaan

Adapun detail dari buku tersebut sebagai berikut.

Jumlah halaman                  : 38

Tanggal terbit                       : 13 Maret 2020

ISBN                                    : 9786023422814

The Architecture of Love | Di balik Pena

Penerbit                               : Zikrul Hakim

Berat                                    : 0.145 kg

Lebar                                    : 24.0 cm

Buku “Dan Allah pun Bersyukur”

Rasa syukur dapat dipelajari melalui kisah-kisah inspiratif. Kisah-kisah tersebut dapat ditemukan melalui video ataupun bahan bacaan. Buku “Dan Allah pun Bersyukur” karya Mh Ardian Syah dapat menjadi salah satu referensi untuk memupuk rasa syukur kepada Allah S.W.T.

Berikut deskripsi buku “Dan Allah pun Bersyukur”.

Syukur itu sedemikian penting sehingga nilainya setara dengan separuh iman. Tapi, mengapa sedikit sekali manusia yang dapat bersyukur? Hal itu boleh jadi karena manusia tidak benar-benar menghayati makna syukur.

Buku ini bukan hanya menjelaskan makna dan hakikat syukur, melainkan juga sarat dengan kisah syukur orang-orang saleh yang menyentuh pikiran dan hati.

Dan Allah Pun Bersyukur

Adapun detail buku sebagai berikut.

Jumlah halaman                  : 193

Tanggal terbit                       : 6 Maret 2018

ISBN                                    : 9786024181710

Penerbit                               : Mizan Publishing

Berat                                    : 0.16 kg

Lebar                                   : 14 cm

Panjang                                : 20 cm

Buku “Ya Allah, Beri Aku Sabar Agar Bisa Bersyukur”

Rasa syukur tidak hanya hadir ketika bahagia melingkupi diri. Namun juga ketika musibah, kita dapat tetap bersyukur. Tentu hal ini berat, tetapi sebaiknya menanamkan dalam diri bahwa di balik musibah dan kesulitan pasti ada hikmah.

Hikmah tersebut tidak bisa langsung didapatkan. Dia hadir di saat-saat yang tepat menurut Allah bukan menurut manusia. Oleh sebab itu. Dibutuhkan strategi untuk mensyukuri hal-hal kecil atau hikmah dibalik musibah.

Strategi dapat ditemukan melalui tausiah ataupun buku bacaan. Buku “Ya Allah, Beri Sabar Agar Bisa Bersyukur” karya Thoruq Aziz Jayana dapat menjadi salah satu referensi. Grameds dapat membaca deskripsi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memebelinya. Berikut deskripsi buku tersebut.

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. al-Insyirah: 5)

Dalil di atas adalah firman sekaligus janji Allah kepada hamba-Nya yang beriman. Orang iman pasti diuji (berupa musibah) untuk membuktikan keimanan sekaligus menempa kekuatan imannya. Namun, Allah akan memberikan hadiah atas keteguhan iman tersebut, berupa anugerah. Allah hanya perlu melihat kesabaran hamba yang diuji sejak proses musibah itu sampai interval yang memberinya jeda untuk merenungkan apa yang dilaluinya sebagai ujian dari Allah. Kesabaran itulah yang diperlukan oleh seorang hamba untuk membuktikan iman dan cintanya kepada Allah.

Maka dari itu, di kala musibah menimpa kita, berdoalah sabar agar kita bisa menggapai syukur, yang akan Allah balas dengan anugerah-Nya. Dan anugerah tertinggi yang Allah berikan adalah surga.

Jadi, ternyata ada surga di setiap cobaan atau musibah. Kita hanya perlu bertahan, sabar, lalu mensyukuri tanda kecintaan Allah tersebut.

Buku ini mengajak pembaca untuk menemukan sisi kenikmatan dan keindahan di balik bencana yang ditakdirkan untuk kita.

Semoga bermanfaat.

Ya Allah, Beri Aku Sabar Agar Bisa Bersyukur

Adapun detail buku sebagai berikut.

Jumlah halaman                  : 224

Tanggal terbit                       : 21 Maret 2018

ISBN                                    : 9786020770826

Bahasa                                : Indonesia

Penerbit                               : Mueeza

Berat                                    : 0.2 kg

Lebar                                    : 14 cm

Panjang                                : 20 cm

Buku “Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur”

Beberapa orang meyakini rasa syukur menjadi magnet keajaiban. Tidak hanya kebahagiaan yang datang ketika rasa syukur dipupuk setiap hari, tetapi juga keajaiban. Hal-hal tak terduga dapat hadir melalui rasa syukur yang dilakukan setiap hari.

Buku “Tuhan, maaf Aku Kurang Bersyukur” dapat menjadi salah satu buku pengingat bahwa dengan rasa syukur, keajaiban-keajaiban dan kebaikan-kebaikan akan hadir di waktu-waktu tidak terduga. Berikut deskripsi buku tersebut.

“Bersyukur adalah magnet bagi datangnya banyak keajaiban”.

Ciri – ciri orang yang kurang bersyukur sehingga hidupnya tidak bahagia adalah :

  1. Suka mengeluh
  2. Membandingkan hidup miliknya dengan orang lain
  3. Ingin hidup menjadi orang lain
  4. Merasa menjadi orang yang paling malang di dunia
  5. Pesimis
  6. Lebih suka melihat kekurangan daripada kelebihan

Buku Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur membahas lebih dalam tentang hidup kita yang menderita atau kitanya yang lupa bersyukur sehingga nikmat Tuhan manakah yang kita dustakan? Walaupun hidup di dunia tak lepas dari musibah, akan selalu ada yang bisa kita syukuri agar Allah menambahkan lagi nikmat itu.

Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur

Berikut detail buku tersebut.

Jumlah halaman                  : 178

Tanggal terbit                       : 23 Maret 2022

ISBN                                    : 9786239767273

Bahasa                                : Indonesia

Penerbit                               : Syalmahat

Berat                                    : 0.165 kg

Lebar                                   : 14 cm

Panjang                               : 20 cm

Buku “Penuntun: Ayo, Bersyukur”

Anak-anak dapat diajarkan untuk bersyukur kepada Allah melalui banyak media. Salah satunya melalui cerita yang dapat diakses melalui internet atau buku. Buku “Penuntun: Ayo, Bersyukur” karya Benny Rhamdani dan Ade Prihatna dapat menjadi salah satu referensi.

Berikut deskripsi buku “Penuntun: Ayo, Bersyukur”.

Fatin heran mendengar Ibu mengucapkan hamdalah saat hujan turun. Tapi, baru kali ini Fatin bertanya. Jawaban Ibu membuat Fatin ingin banyak bersyukur. Apa saja yang disyukuri Fatin? Mengapa Ibu tersenyum saat mendengarnya? Ikuti ceritanya, yuk!

Tentang Benny Rhamdani

Benny Rhamdani

Benny Rhamdani aktif menulis di majalah BOBO sejak duduk di bangku SMP. Hingga kini, Benny sudah menerbitkan lebih dari 100 buku anak dan remaja, di antaranya Krak! Krak! Krak! dalam seri Room To Read, beberapa judul dalam Seri Dear Kind: Macan Tutul Suka Berbagi, Rusa Suka Berteman, dan Kuda Nil Suka Bekerja Sama, serta beberapa judul dalam Seri Penuntun, seperti: Aku dan Maskerku, Kebiasaan Baruku, dan Aku Senang Berdoa. Beberapa bukunya juga sudah diterjemahkan dan diterbitkan di Australia dan Singapura.

Keunggulan Buku

Buku ini:

Mengajari anak untuk selalu bersyukur kepada Allah Swt.

Mendorong anak untuk berpikir kritis mengenai hal-hal yang bisa disyukurinya.

Mengajak anak untuk belajar membantu orangtua dengan pekerjaan rumah

Seri Penuntun Islam berisi serangkaian penuntun untuk anak (terutama balita) yang dapat mendorong mereka untuk belajar mengenal kebiasaan-kebiasaan baik dan mengikutinya. Dengan packaging cerita menarik dan ringan tentang kegiatan sehari-hari yang penuh dengan kegiatan positif, anak-anak akan lebih mudah dalam menyerap pesan yang ada dalam setiap cerita dalam seri ini.

Penuntun: Ayo, Bersyukur

Adapun detail buku sebagai berikut.

Jumlah halaman                  : 20

Tanggal terbit                       : 19 Februari 2022

ISBN                                    : 9786024722951

Bahasa                                : Indonesia

Penerbit                               : Mizan Publishing

Berat                                    : 0.355 kg

Lebar                                    : 17 cm

Panjang                                : 17 cm

Buku “Sabar Kemudian Syukur Lalu Ikhlas”

Kesabaran, rasa syukur, dan ikhlas menjadi satu rangkaian untuk menjadikan hidup lebih bahagia. Ketiga perasaan tersebut dapat dipupuk dengan ibadah dengan tepat waktu. Melakukan salat lima waktu dan berdoa.

Buku “Sabar Kemudian Syukur Lalu Ikhlas” dapat dijadikan referensi untuk memperkuat ibadah. Berikut deskripsi buku tersebut.

Setiap orang muslim dalam shalat mereka berdoa agar diberi petunjuk ke jalan yang lurus. Mereka meminta setiap lima kali sehari, atau bahkan lebih. Seolah-olah mereka takut jika jalan itu tidak diberikan oleh Allah pada mereka. Atau tenyata sudah diberikan kepada mereka, tetapi mereka selalu melupakannya.

Jalan-jalan itu ada untuk menempuh tujuan hidup, yaitu ridha Allah, cinta Allah, kerelaan Allah untuk menerima kembali makhluk-Nya yang penuh kesalahan dan dosa.

Buku ini berbicara tentang tiga jalan yang ditempuh oleh hati, oleh lisan, maupun oleh perbuatan. Ketiganya mencakup sabar, syukur, dan ikhlas yang selam ini menjadi formula yang tidak kunjung basi. Formula-formula yang justru terus dibutuhkan seperti sebuah obat yang harus diproduksi besar-besaran setiap tahunnya. Formula yang harus ada dalam diri dan dalam buku ini membahas dengan sedikit banyak dari ketiganya.

Sabar Kemudian Syukur Lalu Ikhlas

Adapun detail buku dapat disimak pada paparan berikut ini.

Jumlah halaman                  : 260

Tanggal terbit                       : 22 April 2021

ISBN                                    : 9786025907067

Bahasa                                : Indonesia

Penerbit                               : Anak Indonesia Hebat

Berat                                    : 0.21 kg

Lebar                                    : 14 cm

Panjang                                : 20 cm

Buku “Syukur dan Bahagia Tanpa Tepi”

Kebahagiaan dan syukur menjadi kesatuan untuk membuat hidup tentram dan damai. Keduanya dapat dipupuk sekaligus dengan cara bersyukur maka hidup akan bahagia. Untuk memupuk hal tersebut, Grameds dapat membaca buku “Syukur dan Bahagia Tanpa Tepi” karya Amirah Hanif.

Adapun deskripsi buku tersebut sebagai berikut.

Bagi seorang mukmin, kebahagiaannya pasti akan selalu tampak di wajahnya, tetapi kesedihannya akan selalu tersimpan di dalam hatinya, agar imannya selalu terjaga. Namun, hidup ini terkadang tidak berjalan sesuai harapan kita.

Cobaan hidup yang berat dan menyakitkan senantiasa membebani pundak kita. Akan tetapi, apakah kita akan selalu bahagia, walaupun mendapat luka? Di sisi lain, berbagai berkah kehidupan nan berlimpah terkadang menjadikan kita lupa akan nikmat-Nya.

Maka, buku sederhana ini akan memperlihatkan kiat menumbuhkan serta menyuburkan rasa syukur di dalam hati, ucapan, dan tindakan kita sehari-hari. Sehingga, hidup kita akan semakin tenteram dan bahagia. Sebab, sesungguhnya kebahagiaan hidup akan semakin nyata dirasakan seiring ungkapan syukur kita kepada-Nya.

Seraplah intisari buku ini. Sehingga, kita akan selalu bersyukur untuk memilih bahagia, agar setiap kesedihan binasa. Dengan terus bersyukur, kebahagiaan akan datang lebih besar lagi.

Syukur dan Bahagia Tanpa Tepi

Adapun detail dari buku tersebut sebagai berikut.

Jumlah halaman                  : 256

Tanggal terbit                       : 24 Maret 2020

ISBN                                    : 9786232441262

Bahasa                                : Indonesia

Penerbit                               : Mueeza

Berat                                    : 0.204 kg

Lebar                                    : 14 cm

Panjang                                : 20 cm

Buku “Sabar Tanpa Batas, Syukur Tiada Ujung”

Kesabaran tidak memiliki batas begitu pula dengan ujung. Mereka akan terhenti ketika maut memisahkan. Seharusnya manusia melakukan hal tersebut. Namun, lebih banyak tidak melakukannya.

Untuk kembali mengingatkan bahwa manusia sejatinya harus terus bersabar dan bersyukur, Grameds dapat membaca buku. Salah satunya buku milik Muhammad Syafie el-Bantanie berjudul “Sabar Tanpa Batas, Syukur Tiada Ujung”. Berikut deskripsi buku tersebut.

Sabar dan syukur laksana dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Ia adalah satu paket bekal untuk menjalani hidup ini. Sabar dan syukur akan menuntun kita untuk tetaptaat kepada Allah di saat sempit maupun lapang.Sabar akan membuat kita tidak berkeluh kesah saat musibah menghampiri. Sementara, syukur akan membuat kita tidak lupa dan lalai ketika memperoleh nikmat dan anugerah. Inilah yang menakjubkan pada diri seorang mukmin.Buku ini berbicara tentang sabar dan syukur dalam berbagai aspek kehidupan. Sabar yang memberdayakan, bukan sabar pasrah. Syukur yang mencerahkan, bukan syukur semu hanya di bibir. Hasilnya, insya Allah kita akan merasakan kedamaian dan kebahagiaan hidup. Dan, inilah janji Allah bagi orang-orang yang bersabar dan bersyukur.

Sabar tanpa Batas, Syukur Tiada Ujung

Adapun detail buku dapat disimak melalui paparan di bawah ini.

Jumlah halaman                  : 154

Tanggal terbit                       : 17 April 2017

ISBN                                    : 9786020238128

Bahasa                                : Indonesia

Penerbit                               : Elex Media Komputindo

Buku “Syukuri Jangan Kufuri”

Segala sesuatu yang terjadi pada diri pasti atas ketentuan Allh. Oleh sebab itu, baik kebahagiaan, nikmat, atau bahkan musibah harus selalu bersyukur dan tidak kufur kepada Allah. Di dalam diri harus ditanamkan bahwa semua yang terjadi atas kehendak Allah dan selalu ada kebaikan di balik kemalangan atau musibah.

Buku “Syukuri Jangan Kufuri” karya Ummu Kalsum, dkk dapat menjadi salah satu referensi untuk menjadi pengingat bahwa kemalangan dan musibah selalu memiliki makna. Berikut deskripsi buku tersebut.

Ketika bersedih, renungi kembali nikmat apa saja yang telah Allah berikan kepada kita sebagai bentuk kesyukuran agar kufur tak memiliki celah untuk menguasai hati. Ketika bahagia, renungi kembali ujian mana saja yang sempat diselipkan untuk kita sebagai pembelajaran agar angkuh tak mematikan hati. Jangan biarkan hati menjadi kufur dengan mendustakan segala bentuk kasih sayang Allah.

Jangan jadikan sekeping masalah sebagai alasan untuk terus mengeluh dan bersedih. Di dalam firman-Nya Allah Swt., bersabda: “Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al-An’am: 99) Jika Allah mau, kita bisa saja terbangun hari ini dalam kondisi gelap gulita. Tak ada warna selain hitam pekat. Jika Allah mau, kita bisa saja terbangun pagi ini dalam kondisi tak mendengar suara apa pun. Jika Allah mau, segala perbuatan buruk kita akan dibalas saat itu juga, sebelum kita sadar dan memohon ampun pada-Nya. Beruntungnya Allah tak sejahat itu. Kebaikan-Nya jauh melampaui batas dugaan kita. Terlalu banyak nikmat Allah yang kita dustai. Terlalu abai kita pada setiap hal yang Allah beri.

Syukuri Jangan Kufuri!

Adapun detail buku sebagai berikut.

Jumlah halaman                  : 216

Tanggal terbit                       : 19 Februari 2018

ISBN                                    : 9786020454856

Bahasa                                 : Indonesia

Penerbit                                : Elex Media Komputindo

Berat                                     : 0.300 kg

Lebar                                     : 14 cm

Panjang                                 : 21 cm

Buku “Spiritualitas Sabar dan Syukur”

Rasa sabar dan syukur memiliki kaitan dengan spiritualitas seseorang. Tingkat spiritualitas seseorang dapat terlihat melalui tingkat kesabaran dan rasa syukurnya. Hal tersebut dapat dipelajari melalui buku.

Salah satunya buku “Spiritualitas Sabar dan Syukur” karya Dr. Abdul Wahid Hasan. Berikut deskripsi buku tersebut.

“Buku ini menawarkan cara pandang spiritual tentang sabar dan syukur secara detail. Dengan berpijak pada al-Qur’an, hadits, dan contoh serta kisah para sufi, penulis buku ini, Dr. Abdul Wahid, telah mengungkap secara bijak rahasia-rahasia sekaligus kedahsyatan sabar dan syukur. Sangat menginspirasi!” (Nadirsyah Hosen, Rais Syuriyah PCI Nahdlatul Ulama di Australia-New Zealand).

Spiritualitas Sabar Dan Syukur

Adapun detail buku sebagai berikut.

Jumlah halaman                  : 256

Tanggal terbit                       : 3 Desember 2019

ISBN                                    : 9786023918294

Bahasa                                 : Indonesia

Penerbit                                : Diva Press

Berat                                     : 0.3kg

Lebar                                     : 14 cm

Panjang                                 : 20 cm

 

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Yufi

Saya biasa dipanggil dengan nama Yufi. Saya senang menulis karena dengan menulis wawasan saya bertambah. Tema yang saya sukai adalah tema agama Islam dan juga quotes.

Kontak media sosial Instagram saya Yufi Cantika