in

5 Fakta Menarik Beruang Grizzly beserta Habitat dan Makanannya!

pexels.com

Beruang Grizzly – Di dunia ini banyak sekali binatang yang begitu beragam. Setiap binatang yang ada di dunia ini tentunya juga memiliki perbedaan antara satu dengan lainya. Hal ini juga terjadi pada beruang grizzly yang ternyata memiliki perbedaan mendasar tentang dirinya dengan binatang lainnya.

Keberadaan karakteristik yang berbeda dari beruang grizzly mampu menjadikannya berbeda dengan binatang lainnya. Bahkan beruang grizzly juga kerap muncul di berbagai macam media. Selain itu beruang grizzly juga menjadi salah satu predator puncak pada habitat alaminya di Amerika Utara.

Nah, banyak banget nih fakta menarik yang dimiliki oleh beruang grizzly yang bisa kalian baca lebih lengkap hanya di dalam artikel ini.

Sekilas Tentang Beruang Grizzly

Beruang Grizzly
pixabay.com

Beruang grizzly adalah mamalia besar yang berasal dari Eropa dan Asia. Namun, untuk saat ini keberadaannya lebih mudah ditemukan di Amerika Utara dan Kanada. Beruang grizzly memiliki nama ilmiah Ursus arctos horribilis yang juga masuk ke dalam spesies dari beruang cokelat atau Ursus arctos.

Selain itu, beruang grizzly juga kerap disebut sebagai beruang Silvertrip. Keberadaan dari beruang grizzly mulai berkurang secara drastis pada tahun 1970 hingga 1980-an karena adanya perburuan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika beruang grizzly masuk ke dalam subspecies dari beruang cokelat meksiko dan bertahun-tahun kemudian mengalami sebuah transformasi tertentu, sehingga mereka memisahkan diri. Meski begitu, beruang grizzly masih memiliki kesamaan dari beruang cokelat lainnya seperti pada bagian kecepatan berlari serta berat, tetapi untuk berat tergantung dari tempat dimana mereka berada.

Habitat Beruang Grizzly

Sebelumnya telah dijelaskan jika beruang grizzly adalah salah satu beruang dari Eropa dan Asia. Namun untuk saat ini lebih mudah ditemukan pada daerah Amerika Utara. Nah, kalian akan semakin mudah menemukan keberadaan dari beruang grizzly adalah di beberapa daerah seperti daftar di bawah ini.

  1. Montana,
  2. Washington DC.,
  3. Batu kuning,
  4. Kanada,
  5. Durango,
  6. Idaho,
  7. Chihuahua,
  8. Alaska,
  9. Wyoming,
  10. Siberia, khususnya di Semenanjung Kamchatka.

Di Eropa, beruang grizzly dapat ditemukan di taman nasional atau penangkaran pada beberapa organisasi tertentu. Habitat dari beruang grizzly harusnya memang besar. Hal ini tak lain karena sebagian waktu dari beruang digunakan untuk berjalan kaki guna mendapatkan makanan.

Selain itu, habitat dari beruang grizzly harus terisolasi dan dengan adanya keberadaan dari material tambahan lain yang bisa memungkikan mereka untuk membuat sarang. Sebagai contohnya adalah habitat beruang grizzly yang berada di hutan jenis konifera yang di dalamnya ada pohon pinus dan cemara.

Dimana beruang grizzly begitu suka dengan pohon pinus dan cemara. Beruang grizzly juga bisa bertahan hidup di area semak belukar atau padang rumput.

Beruang Grizzly

Makanan Beruang Grizzly

Beruang Grizzly
pixabay.com

Beruang grizzly adalah mamalia omnivora yang memakan segala jenis makanan, baik itu tumbuhan atau hewan. Beruang grizzly begitu suka makanan seperti rerumputan keras atau lunak. Terkadang mereka suka makan akar pohon serta kulit kayu.

Beruang grizzly juga begitu suka buah-buahan tropis, kacang-kacangan, saturant, ulat dan serangga. Di sisi lain, beruang grizzly juga begitu suka untuk memakan ikan seperti salmon. Beruang grizzly muda berlatih berburu ikan hingga bisa terbiasa dan menjadi ahli dalam menangkap ikan salmon dan ikan lainnya.

Adanya makanan dari laut akan mampu memberikan sumber protein bagi beruang grizzly. Hal ini ditunjukkan jika berat badan dari beruang grizzly pada habitat yang berada di dekat sumber air seperti laut, maka bobotnya akan lebih berat bila dibandingkan dengan beruang grizzly yang berada di habitat hutan belantara. Sebelumnya, juga telah dijelaskan jika berat dari tubuh beruang grizzly dipengaruhi oleh habitat yang mereka tempati.

Selain berburu ikan, beruang grizzly mungkin juga berburu binatang lain seperti rusa, rusa kutub, bison dan lainnya. Beruang grizzly tak hanya makan pada waktu siang hari saja, tetapi beruang grizzly juga harus mempersiapkan diri mereka pada periode hibernasi dengan memiliki berat hingga 180 pon. Itu artinya, beruang grizzly adalah salah satu hewan yang memang memiliki konsumsi makan cukup besar.

Waktu Reproduksi Beruang Grizzly

Beruang grizzly cenderung melakukan masa kawin pada bulan Mei dan Juli. Saat waktu tersebut, beruang grizzly dengan jenis kelamin jantang akan lebih agresif karena mereka akan terus melindungi wilayah mereka karena kondisi mungkin akan semakin panas.

Selain itu untuk beruang grizzly dengan jenis kelamin betina akan lebih banyak mendekat pada beruang grizzly dengan jenis kelamin jantan. Ketika beruang grizzly betina berhasil mendapatkan beruang grizzly jantan biasanya akan ditandai dengan saling mengejar dan bermain selama berjam-jam hingga akhirnya mereka melakukan proses kawin dan berpisah sepenuhnya.

Proses pembuahan tak sepenuhnya akan langsung begitu saja terjadi. Namun dibutuhkan beberapa bulan untuk proses tersebut. Ketika proses pembuahan berhasil, beruang grizzly akan mulai untuk melakukan proses hibernasi.

Proses hibernasi tersebut akan terjadi dalam waktu beberapa bulan atau sekitar enam bulan lamanya sembari menunggu musim dingin tiba. Beruang grizzly betina mampu melahirkan satu anak dua anak setiap kehamilan yang dialaminya.

Dimana waktu kebersamaan antara induk dengan anak dari beruang grizzly akan berlangsung selama dua atau empat tahun.

Beruang Grizzly

Tingkah Laku Beruang Grizzly

Setiap binatang pasti memiliki perilaku yang bisa membedakan dirinya dengan yang lainnya. Hal ini juga berlaku bagi beruang grizzly. Dimana beruang grizzly akan cenderung lebih agresif perilakunya. Hal ini tak lain karena beruang grizzly jantang akan melakukan tindakan untuk melindungi wilayah mereka, tak hanya ke sesama beruang grizzly jantan saja, namun kepada beruang grizzly betina juga akan melakukan tindakan tersebut.

Menariknya tindakan agresif akan terjadi pada beruang grizzly jantan, bahkan bisa lebih kuat lho ketika dalam masa birahi. Sedangkan bagi beruang grizzly betina akan semakin agresif ketika sedang berada di masa anak mereka lahir. Mereka akan semakin lebih protektif terhadap makhluk lain yang ada disekitarnya atau di sekitar wilayah mereka.

Sebelumnya telah dijelaskan jika pola makan dari beruang grizzly bukanlah manusia. Namun ketika ada manusia yang terlalu dekat dengannya, maka beruang grizzly akan melakukan perlindungan kepada dirinya dengan melakukan tindakan yang tak bisa dihindari seperti membunuh atau memakan manusia tersebut. Hal tersebut karena beruang grizzly merasa mendapatkan ancaman dari pihak lain.

Namun, ketika beruang grizzly tidak sedang dalam fase birahi atau pada masa melahirkan, biasanya beruang grizzly akan lebih tenang, tetapi tetap saja mereka akan bisa berbahaya bagi makhluk lain yang mendekatinya.

Karakteristik Beruang Grizzly

Layaknya binatang pada umumnya, beruang grizzly juga memiliki karakteristik yang bisa menjadikannya sebagai ciri khusus maupun pembeda dengan binatang lainnya. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut adalah karakteristik yang dimiliki oleh beruang grizzly.

  1. Beruang grizzly bisa memiliki tinggi mencapai satu meter ketika berdiri dengan empat kakinya. Lalu ketika beruang grizzly berdiri dengan dua kakinya akan mampu mencapai tinggi hingga dua meter.
  2. Lalu, untuk berat badan dari beruang grizzly mampu mencapai hingga 360 atau 550 kilogram. Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya jika beruang grizzly memiliki perbedaan berat badan tergantung habitat yang mereka tempati.
  3. Meski masuk ke dalam spesies beruang cokelat, tetapi beruang grizzly memiliki punuk di bagian punggung yang berguna untuk membantu proses penggalian,
  4. Cakar dari beruang grizzly mampu mencapai ukuran panjang sekitar 10 sentimeter.
  5. Beruang grizzly bisa jauh lebih berat bukan karena makanannya namun karena struktur tulang yang mereka miliki.
  6. Beruang grizzly terlihat seperti binatang yang hanya bisa berjalan secara lambat. Namun beruang grizzly dapat bertahan berjalan sepanjang hari dan mereka bisa berlari dengan cepat sejauh 55 kilometer.

Beruang Grizzly

Ancaman Kepunahan Beruang Grizzly

Beruang Grizzly
pixabay.com

Perlu diketahui, untuk saat ini keberadaan dari beruang grizzly sama seperti hewan lain yang mengalami kondisi terancam punah. Banyak faktor yang menyebabkan beruang grizzly terancam kepunahan.

Misalnya adalah kerusakan habitat beruang grizzly yang dilakukan oleh aktivitas manusia seperti penebangan pohon secara besar-besaran, urbanisasi daerah tertentu,m pembakaran hutan dan lain sebagainya. Selain itu, perubahan iklim sehingga menyebabkan kebakaran hutan serta berburu beruang grizzly yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab adalah factor paling bisa membuat keberadaan beruang grizzly menjadi punah.

Bahkan, perburuan liar terhadap beruang grizzly adalah masalah yang hampir setiap hari dialami oleh binatang tersebut. Sebelumnya, beruang grizzly berjumlah kurang lebih sekitar 50.000 di seluruh dunia.

Namun, terjadi penurunan dalam jumlah yang cukup besar karena aktivitas manusia yang melakukan ambil alih tanah tempat tinggal dari binatang beruang grizzly. Habitat dari beruang grizzly secara berangsur-angsur berubah menjadi kota dan pada saat yang sama perburuan yang dilakukan oleh manusia secara brutal terhadap beruang grizzly berdampak pada penurunan keberadaan binatang tersebut.

Pada tahun 1960, diperkirakan ada sekitar 600 hingga 800 beruang grizzly berada di alam liar Amerika Serikat. Akan tetapi, binatang grizzly adalah salah satu spesies spesifik yang berhasil dilestarikan di berbagai daerah hingga saat ini.

Adanya undang-undang juga menjadi pelindung dari keberadaan beruang grizzly serta menempatkan mereka dalam daftar spesies yang dilindungi dan terancam punah di Amerika Serikat. Sedikit demi sedikit hingga saat ini populasi dari beruang grizzly mulai meningkat dan mereka ditempatkan pada zona pemulihan.

Dimana zona pemulihan tak hanya akan merawat beruang grizzly sebagai hewan namun juga merawat ekosistem tersebut serta mencoba untuk meningkatkan perilaku masyarakat yang lebih baik kepada mereka.

Saat ini, diperkirakan ada sekitar 1.400 dan 1.700 beruang grizzly di Amerika Serikat saja. Selain itu, negara tersebut juga bertanggung jawab secara hukum untuk memberikan perlindungan kepada binatang beruang grizzly.

Fakta Menarik Beruang Grizzly

Beruang Grizzly
pixabay.com

Jika dilihat dari tingkat kepopulerannya, beruang grizzly adalah salah satu jenis beruang yang paling banyak dikenal oleh masyarakat. Memiliki warna cokelat dan bertubuh besar serta kerap muncul di berbagai media menjadikan beruang grizzly selalu dikenal oleh masyarakat secara umum.

Di habitat alaminya, Amerika Utara, beruang grizzly merupakan salah satu predator puncak. Menariknya beruang grizzly juga memiliki berbagai macam fakta unik lho. Lantas, apa saja fakta unik dan menarik dari beruang grizzly? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Memiliki Warna Cokelat dan Beruban yang Berasal dari Amerika Utara

Beruang grizzly adalah salah satu dari subspesies beruang cokelat. Beruang grizzly bersama dengan beruang kodiak sebagian besar di Amerika Utara kecuali pada daerah Kepulauan Kodiak.

Nama grizzly sendiri berdasarkan bulu cokelat yang terkadang pada bagian ujungnya memiliki warna putih. Keadaan tersebut akan lebih mudah terjadi ketika beruang grizzly terkena sinar matahari. Oleh karena itu, beruang tersebut seperti beruban atau grizzled jika diartikan dalam bahasa Inggris.

2. Doyan Banget Makan Kacang-Kacangan dan Buah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika beruang grizzly mampu memiliki bobot yang cukup besar sekitar 363 kilogram dan tinggi bisa mencapai 2 meter lebih ketika berdiri dengan dua kaki. Siapa sangka jika beruang grizzly adalah hewan dengan jenis pemakan segalanya atau omnivora yang terbesar di daratan.

Dimana beruang grizzly bisa makan rusa besar, ikan salmon, buah, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Ketika mendekati musim dingin, beruang grizzly akan makan dengan begitu banyak. Bahkan beruang grizzly mampu makan hingga beratnya naik menjadi 3 pon atau setidaknya satu kilo per harinya.

Meski biasanya hewan yang kerap berhibernasi begitu susah untuk dibangunkan, tetapi khusus beruang grizzly begitu mudah dibangunkan ketika sedang berhibernasi. Oleh karena itu sangat tidak disarankan untuk mendekati beruang grizzly ketika sedang tidur di musim dingin. Ya walaupun di musim lain beruang grizzly juga tetap membahayakan bagi keselamatan.

3. Memiliki Punuk Berotot Guna Menggali Tanah.

Keberadaan punuk pada bagian belakang tubuh beruang grizzly mungkin adalah salah satu fakta yang paling mudah kalian temukan. Dimana keberadaan dari punuk pada tubuh beruang grizzly menjadikannya sebagai pembeda dengan beruang hitam pada umumnya.

Dimana punuk beruang grizzly terdiri dari otot yang mampu memberikan mereka kekuatan lebih besar ketika menggali tanah maupun melumpuhkan mangsanya.

Selain memiliki punuk, beruang grizzly juga sudah dilengkapi dengan cakar panjang mencapai 10 cm lebih. Kebiasaan menggali tanah yang dilakukan oleh beruang grizzly biasanya digunakan untuk mencari makanan atau sebagai tempat hibernasi.

4. Mampu Berlari Hingga 56 Km Per Jam

Sekilas beruang grizzly memang terlihat seperti binatang pemalas dan tak bisa bergerak cepat karena ukuran tubuhnya yang begitu besar. Namun, siapa sangka jika hewan predator ini mampu berlari secepat 35 mil per jam atau sekitar 56 km per jam.

Kecepatan tersebut lebih cepat dari pelari Usain Bolt yang mampu memiliki rekor 100 m dengan kecepatan 44,72 km per jamnya.

Meski beruang grizzly diklaim mampu berlari cepat, tetapi durasi waktu yang mereka butuhkan untuk bertahan memang tergolong sebentar. Beruang grizzly akan bisa kehilangan kecepatan dalam waktu cukup singkat. Namun tetap saja, manusia mustahil bisa lari dari kejaran beruang grizzly.

5. Ada yang Kawin Silang dengan Beruang Kutub

Hasil kawin silang antara beruang grizzly dengan beruang kutub biasa disebut sebagai grolar bear atau pizzlies. Ciri dari grolar bear biasanya memiliki kepala besar dan bulunya berwarna terang.

Keberadaan dari grolar bear terbilang cukup langka. Beruang grizzly lebih banyak tinggal di kutub utara dan kadang mereka berkelana hingga memasuki teritorial beruang kutub. Para peneliti memiliki dugaan jika perubahan iklim bisa menyebabkan perkawinan silang tersebut.

Nah, itulah rangkuman terkait dengan beruang grizzly yang tentunya bisa kalian baca agar semakin menambah wawasannya. Jika kamu ingin mencari buku-buku tentang hewan, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

BACA JUGA:

  1. 14 Hewan Langka di Indonesia yang Dilindungi 
  2. 11 Hewan Paling Setia Terhadap Pasangannya 
  3. Buku Cara Merawat Hewan Peliharaan 
  4. Buku Tentang Kucing Best Seller Terbaru 2022 
  5. Buku Tentang Anjing Best Seller 2022 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda