in

9 Susu yang Cocok untuk Lansia yang Susah Makan!

Lansia kerap mengalami kesulitan makan karena beberapa faktor, kesulitan makan karena kondisi kesulitan mengunyah, kehilangan minat makan, penurunan fungsi indera atau masalah kesehatan lainnya. Untuk dapat menjaga asupan nutrisi, susu bisa menjadi alternatif bagi lansia. Berikut adalah susu yang diformulasikan untuk lansia.

 

Susu untuk Lansia yang Susah Makan

(Sumber foto: www.pexels.com)

Berikut adalah susu untuk lansia yang susah makan:

1. Appeton 60 Plus Rasa Vanilla 400 g

Appeton 60+ Susu Dewasa adalah makanan lansia pertama yang telah diuji secara klinis untuk meningkatkan nafsu makan, menambah berat badan, membantu penyerapan protein, dan mengurangi resiko kekurangan nutrisi. Karena memiliki total kalori, karbohidrat, serta protein yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan kalori harian lansia.

Dengan komposisi nutrisi yang lengkap dan seimbang dilengkapi dengan mikronutrien dan makronutrien, membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian sehingga dapat mengurangi resiko kekurangan nutrisi, serta proteplex yang memberikan protein secara bertahap sehingga tidak akan membebani kerja ginjal.

Susu ini dikonsumsi 2 atau 3 kali sehari agar dapat memberikan memberikan manfaat optimal seperti membantu lansia memenuhi kebutuhan tenaga mereka. Keunggulan dari susu ini yakni dilengkapi dengan mikronutrien dan makronutrien untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan mengurangi resiko kekurangan nutrisi.

Selain itu, susu ini mengandung proteplex yang aman untuk ginjal, bekerja release dan suplai protein secara bertahap untuk tubuh sehingga tidak membebani kerja ginjal. Mengandung kromium untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Mengandung inulin membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan pertumbuhan bakteri yang baik. Susu ini dibanderol sekitar Rp 329.000 di marketplace atau apotek di seluruh Indonesia

 

2. Entrasol Platinum Vanilla 400 g

Entrasol Platinum merupakan Nutrisi Tinggi Protein dengan Ekstrak Buah Zaitun yang dilengkapi dengan Pro-Fit Advance Formula yang tinggi serat, omega 3 &6, 11 Vitamin & 8 Mineral, Lebih Rendah Gula serta Rendah Laktosa sehingga nyaman di perut. Entrasol Platinum bantu penuhi nutrisi harian agar tetap aktif dan fit, mempercepat masa pemulihan dan menjaga daya tahan tubuh.

Keunggulan:

  1. Ekstrak Buah Zaitun, membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas
  2. Tinggi Protein, membantu menjaga daya tahan tubuh dan massa otot
  3. Tinggi Serat & Rendah Laktosa, sehingga nyaman diperut
  4. Omega 3&6, baik untuk kesehatan jantung & fungsi otak
  5. 11 Vitamin & 8 Mineral, terutama Vitamin D

Komposisi:

Base bubuk (mengandung Isolat Protein Whey, Whey Protein Konsentrat, Kaseinat, Pemanis Alami Sorbitol, Antioksidan Askorbil Palmitat dan dl-alfa Tokoferol), Natrium Kaseinat, Maltodekstrin, Lemak Nabati (Mengandung protein susu, Antioksidan Askorbil Palmitat dan Tokoferol Campuran Pekat), Krimer Nabati (Mengandung Padatan- Susu), Serat Inulin dari Chicory, Susu Bubuk Full Cream (3,7%), Ekstrak Malt (3,5%), Perisa Sintetik, Ekstrak Buah Zaitun (0,04%), Pemanis Buatan Asesulfam-K, Premiks Vitamin dan Mineral.

Susu yang kaya nutrisi ini dibanderol Rp 138.700 untuk kemasan 400 gr. Grameds bisa menemukannya di marketplace dan apotek di daerahmu.

 

Lansia Milenial Hidup Sejahtera Di Masa Lanjut Usia

 

3. Goldsure By Ensure 400 gr

Goldsure merupakan pangan olahan untuk keperluan medis khusus untuk dukungan nutrisi bagi orang dewasa gizi kurang atau gizi buruk. Penggunaan produk ini harus atas rekomendasi dokter.

Susu ini membantu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk mendukung masa pemulihan pada orang dewasa dan dukungan nutrisi bagi orang dewasa yang mengalami kurang gizi atau gizi buruk. Dosis minum susu ini harus mengikuti petunjuk dosis penggunaan atau anjuran dokter.

Komposisi:

Pati jagung terhidrolisa, Minyak nabati (Minyak bunga matahari tinggi oleat, Minyak kedelai, Minyak kanola), Natrium Kaseinat, Isolat protein kedelai, Oligofruktosa (FOS), Sukrosa, Konsentrat protein whey, Mineral (Kalium sitrat, Trikalsium fosfat, Magnesium sulfat, Magnesium klorida, Kalium klorida, Natrium sitrat, Kalium fosfat, Natrium klorida, Kalsium karbonat, Kalium hidroksida, Besi sulfat, Zink sulfat, Mangan sulfat, Tembaga sulfat, Kromium klorida, Kalium iodida, Natrium molibdat, Natrium selenat), Kalsium  -hidroksi- -metilbutirat (CaHMB), Perisa sintetik vanila, Kolin klorida, Vitamin (Asam askorbat, Vitamin E (dl-Alfa tokoferil asetat), Kalsium pantotenat, Niasinamida, Piridoksin hidroklorida, Riboflavin, Tiamin hidroklorida, Vitamin A, Palmitat, Asam folat, Beta karoten, Filokuinon, Biotin, Vitamin D3, Sianokobalamin, Taurin, L-karnitin, Antioksidan (Askorbil palmitat dan Campuran tokoferol).

 

4. Entrasol Gold Cokelat

Entrasol Gold Chocolate merupakan susu bubuk yang ditujukan untuk orang dewasa berusia 51 tahun atau lebih. Orang di usia ini membutuhkan susu yang aman dikonsumsi tanpa menyebabkan lonjakan tekanan darah dan kadar kolesterol, serta mampu melindungi tubuh dari risiko penyakit lainnya.

Khasiat dari susu Entrasol Gold Chocolate dapat memelihara kepadatan tulang di usia 50 tahun ke atas. Dilengkapi buah zaitun sebagai antioksidan dan menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah.

Susu ini memiliki komposisi Maltodekstrin, susu skim, konsentrat protein whey, serat, susu full cream, minyak nabati (mengandung antioksidan askorbil palmitat), isomaltulosa, pemanis alami sorbitol, perisa artifisial coklat, kalsium kaseinat, pengental gom xantan, pengemulsi lesitin kedelai, ekstrak buah zaitun (Hytolive), mineral, dan vitamin. Susu Entrasold Gold Chocolate tersedia dalam ukuran 185 gr yang dibanderol seharga Rp 41.100.

 

5. Entramix Rasa Vanila 174 gr

Entramix merupakan nutrisi lengkap seimbang, yang sangat cocok untuk dewasa hingga lansia dan dapat berperan sebagai pengganti makan, menjaga massa otot, serta kesehatan. Dilengkapi dengan serat pangan inulin yang berperan sebagai prebiotik untuk kesehatan saluran cerna, bantu lengkapi kebutuhan protein dan kalori harian.

Entramix diperuntukkan pan kondisi seperti penderita dengan keterbatasan kemampuan mengonsumsi, mencerna atau menyerap asupan makanan normal. Susu ini juga direkomendasikan untuk orang dalam masa pemulihan dan penyembuhan penyakit tertentu, dan sebagai kebutuhan medis khusus lain sesuai rekomendasi dokter.

Entramix mengandung Maltodekstrin, Minyak Nabati (Minyak Bunga Matahari, Minyak Kanola), Sukrosa, Kalsium Kaseinat, Konsentrat Protein Whey, Serat Pangan, Perisa Sintetik Vanila,  serta diperkaya 12 Vitamin dan 10 Mineral. Susu ini dapat ditemukan di apotek atau marketplace dengan kisaran Rp 67. 000 per box nya.

 

6. Anlene Gold 5X Rasa Vanila 240 gr

Anlene Gold 5X Vanilla hadir dengan serat pangan untuk menjaga kadar kolesterol dan juga kalium untuk menjaga tekanan darah. Susu berprotein tinggi untuk orang dewasa ini juga hadir tanpa tambahan gula untuk menjaga kadar gula darah. Seiring bertambahnya usia, kesehatan tulang, sendi, dan otot kita menurun dan memengaruhi kekuatan dan fleksibilitas kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Di sinilah peran Anlene GOLD 5X, untuk menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot agar tetap fit kini dan nanti. Anlene Gold 5X adalah susu berkalsium tinggi untuk menjaga kesehatan tulang. Hadir dengan kolagen + vitamin C untuk jaga kelenturan sendi, protein berkualitas tinggi untuk kekuatan otot, dan vitamin A, B, C, D, E, magnesium, dan zinc untuk menjaga kekebalan tubuh.

PLUS serat tinggi untuk menjaga kadar kolesterol, sumber kalium untuk menjaga tekanan darah, dan tanpa tambahan gula untuk menjaga kadar gula darah. Susu bubuk tanpa lemak ini merupakan gabungan dari Serat Pangan Inulin, Bubuk Whey, Kalsium Karbonat, Mineral-Vitamin Premix, Bubuk Oat (0,4%) dan rasa asli yang enak. Anlene Gold 5X juga mengandung kolagen dari ikan, gluten dari gandum dan protein kedelai.

Anlene Gold 5X merupakan packaging baru dari Anlene Gold Plus. Tuangkan  4 sendok makan susu bubuk vanilla Anlene Gold 5X dalam 200ml air hangat atau dingin dan konsumsi dua kali sehari untuk mendapatkan nutrisi yang optimal. Anlene Gold 5X dapat ditemukan di marketplace , supermarket atau apotek dengan kisaran Rp 46.000.

 

Rahasia Tetap Muda Hingga Lansia

 

7. Boost Optimum 400 g

BOOST OPTIMUM diperkaya dengan Protein Whey yang kaya akan Lisin untuk mempertahankan kekuatan otot, Vitamin D untuk menjaga kepadatan tulang, dan Vitamin E, B6, dan B12 untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, produk ini juga diperkaya dengan Lemak nabati, kaya akan MUFA (Mono Unsaturated Fatty Acid) untuk menjaga kesehatan jantung, Probiotik (Bifidobacterium Longum dan Lactobacillus Paracasei) dan Prebiotik serat pangan (Fructo Oligo Sacarida, Inulin, dan Acacia Gum) untuk membantu menjaga kesehatan saluran cerna, serta rendah laktosa, tanpa penambah gluten, dan bebas lemak. Produk ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar tetap aktif sepanjang usia dan cocok digunakan untuk mengembalikan produktivitas saat masa pemulihan. Boost optimum tersedia dalam varian rasa vanila.

Boost Optimum dapat diberikan untuk kondisi kurang zat gizi atau sedang membutuhkan suplementasi nutrisi, sedang dalam aktivitas atau pekerjaan yang padat dan kecenderungan melewatkan makan, kurang istirahat, sedang dalam diet atau dalam kondisi kurang berat badan, kehilangan nafsu makan, lanjut usia, serta pasien dalam kondisi pemulihan setelah sakit

Komposisi:

Maltodekstrin, Protein Susu (Whey, Kasein), Campuran Minyak Nabati (mengandung Antioksidan Askorbil Palmitat), Gula, Oligofruktosa, 7 Mineral dan Premiks Mineral, Inulin, Pengemulsi Lesitin Kedelai, Perisa Sintetik Vanila, Pengatur Keasaman, Premiks Vitamin, Lactobacillus paracasei NCC2461, L-karnitin, dan Pemanis Buatan Asesulfam-K.

Boost Optimum ukuran 400 gr ini dijual di marketplace atau apotek dengan kisaran Rp 118.000 – 216.000. Harga sifatnya bervariasi di tiap daerah.

 

8. Susu Etawalin 200 gr

Lansia seringkali mengalami permasalahan pada sendi dan tulang. Penyakit seperti pelemahan tulang, osteoarthritis, osteoporosis, atau rematik menyebabkan peradangan pada sendi dan jaringan tubuh.

Susu Etawalin, merupakan salah satu susu formula untuk dewasa, yang mengandung susu kambing etawa, dan beberapa herbal. Susu Etawalin diklaim memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, seperti meredakan nyeri sendi, membantu mengatasi asam urat, membantu mengatasi radang sendi, dan memperkuat tulang. Susu ini dibanderol sekitar Rp 80.000 – Rp 95.000 untuk kemasan 200 gr.

 

9. Entrasol Senior / Platinum Coklat & Vanilla 400 gr

Entrasol Senior Coklat 400gr merupakan nutrisi untuk orang lanjut usia. Dengan kandungan Protein yang tinggi, membantu menjaga masa otot. Entrasol Senior juga dilengkapi dengan PROCARE Formula yang merupakan nutrisi gizi yang lengkap sehingga bisa digunakan sebagai pengganti makanan utama agar tetap sehat dan aktif.

Entrasol Platinum diperkaya dengan Ekstrak Buah Zaitun yang dilengkapi dengan Pro-Fit Advance Formula yang tinggi serat, omega 3 & 6, 11 Vitamin & 8 Mineral, Lebih Rendah Gula serta Rendah Laktosa sehingga nyaman di perut. Entrasol Platinum bantu penuhi nutrisi harian agar tetap aktif dan fit, mempercepat masa pemulihan dan menjaga daya tahan tubuh. Susu ini dibanderol sekitar Rp 128.000 – 142.000 di marketplace, apotek atau supermarket.

 

Tips Memberikan Makan Bagi Lansia

(Sumber foto: www.pexels.com)

Memberikan makanan bagi lansia yang susah makan memerlukan pendekatan yang hati-hati dan kreatif. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu:

1. Sajikan Porsi Kecil dan Sering

Alih-alih tiga kali makan besar, cobalah memberikan porsi kecil lebih sering sepanjang hari. Cara ini bisa membantu mereka merasa tidak terlalu kenyang dan lebih mudah mencerna makanan lebih baik.

 

2. Pilih Makanan yang Mudah Dikunyah dan Ditelan

Pilih makanan yang lembut atau bisa dipotong kecil-kecil untuk menghindari lansia tersedak atau sulit mengunyah. Makanan seperti puree, sup, yoghurt, dan buah-buahan yang lembut bisa menjadi alternatif.

 

3. Tingkatkan Kualitas Gizi

Fokus pada makanan yang padat gizi dengan kalori tinggi dan kaya nutrisi, seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan produk susu yang diperkaya akan vitamin.

 

Lansia Sejahtera Tanggung Jawab Siapa?

 

4. Perhatikan Preferensi Makanan

Ajak lansia untuk memilih makanan yang mereka sukai dan variasikan menu untuk mencegah mereka kebosanan. Ingatlah bahwa indra pengecap mereka mungkin sudah berubah, jadi cobalah berbagai rasa dan tekstur hingga menemukan makanan yang disukai.

 

5. Berikan Makanan yang Memorable

Berikan makanan kesukaan yang mengingatkan mereka akan sesuatu. Bisa jadi makanan yang mereka sukai saat dulu kala, seperti kue tradisional yang mereka makan sejak kecil. Siapa tau Grameds bisa mengolah makanan tersebut dan membangkitkan kenangan indah bagi mereka.

 

6. Membuat Makanan Lebih Menarik

Sajikan makanan dengan presentasi yang menarik. Warna-warni yang cerah dan penyajian yang menarik bisa meningkatkan selera makan.

 

7. Konsistensi Tepat

Pastikan makanan memiliki konsistensi yang tepat. Makanan yang terlalu kering atau keras bisa sulit dimakan. Jika perlu, campurkan makanan dengan kaldu untuk membuat makanan lebih lembut.

 

8. Menyediakan Suplemen Nutrisi

Jika asupan kalori dan nutrisi masih kurang, pertimbangkan untuk menambahkan suplemen nutrisi yang direkomendasikan oleh dokter atau ahli gizi.

 

9. Ciptakan Lingkungan Makan yang Menyenangkan

Makan bersama keluarga bisa membuat makan menjadi kegiatan sosial yang menyenangkan. Hindari gangguan seperti televisi atau suara keras yang bisa mengganggu konsentrasi saat makan. Ajak cucu atau cicit untuk makan bersama agar mereka lebih bahagia.

 

10. Hindari Makanan yang Memicu Masalah Pencernaan

Beberapa lansia mungkin memiliki sensitivitas terhadap makanan tertentu yang bisa menyebabkan masalah pencernaan. Hindari makanan yang terlalu pedas, asam, atau berminyak jika mereka tidak dapat mentolerirnya.

 

11. Konsultasi dengan Profesional Kesehatan

Jika masalah makan terus berlanjut, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran khusus dan mungkin pemeriksaan lebih lanjut untuk mengatasi penyebab mendasar dari kesulitan makan.

 

12. Telaten dan Bersabar

Memberikan makanan bagi lansia memang bukan hal yang mudah. Terkadang mereka lebih sensitif dan tidak suka diperintah. Alih-alih harus makan makanan sehat, namun makanan yang diinginkan malah yang dipantang demi alasan kesehatan.

Lakukan pendekatan dengan mensubstitusi bahan yang dipantang dengan bahan lain. Semisal mengganti makanan yang berbahan santan dan menggantinya dengan susu agar lebih aman.

Jika lansia dipantang memakan camilan gorengan, Grameds bisa mengganti gorengan dengan siomai, dimsum, bakpau, dan lain-lain.

Cara penyampaian pada lansia pun harus persis seperti menyampaikan pada anak kecil. Mengingat mereka sudah lebih sensitif, Grameds bisa merayu dengan lembut agar mereka mau makan.

 

Itulah tips untuk membuat lansia mau makan. Jika kebutuhan nutrisinya dirasa masih kurang, maka pemberian susu merupakan salah satu alternatif yang bisa diberikan kepada mereka. Grameds juga bisa membaca buku perawatan khusus lansia melalui buku-buku best seller di  Gramedia.com.



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    89% 89% 51 / 57
  • Tidak
    10% 10% 6 / 57


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila Wu