Bahasa Indonesia

Perbedaan Efektif dan Efisien Disertai Tabel dan Contohnya

efektif vs efisien
Written by Ahmad

Apa Perbedaan Efektif dan Efisien? – Kata efektif dan kata efisien adalah kata yang sering dipasangkan untuk menyebutkan sesuatu.

Selain itu, kedua kata ini bisa dijadikan untuk tolak ukur atau penilaian suatu pekerjaan atau usaha. Meskipun sering digunakan, ternyata masih banyak yang keliru bahkan tidak tau arti dari kata efektif dan kata efisien.

A. Arti Kata Efektif

Perbedaan Efektif dan Efisien Disertai Tabel dan Contohnya 1

Menurut KBBI, efektif adalah kata yang memiliki arti ada efeknya. Arti lainnya adalah dapat membawa hasil, manjur, atau mujarab. Jika merujuk pada KBBI, efektif dapat diartikan sebagai sesuatu yang memiliki hasil. Hasil yang dimaksud adalah dalam hal positif atau dapat dikatakan berhasil.

Selain itu, efektif juga dapat dikatakan sebagai sebuah usaha. Usaha untuk mendapatkan suatu hasil, target, atau tujuan. Maka dapat disimpulkan bahwa suatu usaha bisa dibilang efektif ketika hasil, target, atau tujuan yang ditetapkan sebelumnya dapat dicapai. Efektif juga bisa diukur dari ketepatan waktu dalam menjalankannya.

Arti kata efektif menurut para ahli

Selain pengertian di atas, ada beberapa ahli yang menyatakan pendapatnya mengenai efektif. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Hidayat

Hidayat (1986) menjelaskan, efektif adalah suatu ukuran yang digunakan untuk menyatakan target. Melihat dan menyatakan seberapa besar sebuah target telah dicapai. Target disini menjelaskan mengenai kuantitas, kualitas dan waktu. Jika target yang dicapai memiliki persentase yang besar, maka efektifitasnya juga akan besar dan sebaliknya.

2. Sondang P. Siagian

Menurut Sondang P. Siagian (2001:24), efekti adalah suatu pemanfaatan. Pemanfaatan sebuah sumber daya, sarana dan prasarana yang dilakukan dalam jumlah tertentu. Jumlah tersebut ditetapkan dengan keadaan sadar sebelumnya. Jumlah tersebut juga digunakan untuk menghasilkan beberapa jumlah barang atau jaga kegiatan yang sedang dijalankan.

3. Schermerhorn John R. Jr.

Efektif adalah sebuah pencapaian target. Target yang dimaksud adalah sebuat output, diukur melalui cara membandingkan. Output anggaran (OA) dibandingkan dengan output realisasi (OS). Ketika hasilnya OA > OS maka disebut efektif. hal tersebut diutarakan oleh Schemerhon John R. Jr. (1986:35)

B. Arti Kata Efisien

Perbedaan Efektif dan Efisien Disertai Tabel dan Contohnya 2Dalam KBBI, efisien memiliki arti tepat atau sesuai untuk mengerjakan sesuatu. Selain itu efisien juga dapat berarti mampu menjalankan tugas dengan tepat dan cermat, berdaya guna, tepat guna. Sesuatu dikatakan efisien ketika tidak membuang-buang waktu, tenaga dan biaya.

Arti kata efisien menurut para ahli

1. S.P. Hasibuan

S.P. Hasibuan menjelaskan, efisien adalah sebuah perbandingan terbaik. Perbandingan yang dimaksud adalah antara output (hasil laba dengan sumber yang digunakan) dan input (masukan) dan juga hasil optimal yang dicapai melalui penggunaan sumber daya yang terbatas.

2. Miranda

Efisien menurut miranda adalah suatu prediksi. Prediksi yang dimaksud yaitu pengeluaran atau rasio antara kuantitas sumber yang digunakan melalui keluaran yang telah dikirim.

3. Mulyadi

Mulyadi mengatakan, bahwa efisien adalah suatu ketepatan cara. Cara yang dimaksud adalah sebuah usaha atau kerja untuk menjalankan sesuatu. Akan tetapi, tanpa harus membuang tenaga, waktu dan biaya.

#mulaidariETF: Mari investasi saham

#mulaidariETF: Mari investasi saham

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

Ebook ini berisi mengenai Teknik untuk investor pemula, maupun profesional. Dalam ebook ini, akan dijelaskan mengenai ETF secara menyeluruh, mulai dari melihat perbedaan antara investasi pasif dan investasi aktif, mempelajari indeks dan cara melakukan investasi pasif, mengenal lebih dalam ETF, sampai dengan cara memilih dan melakukan evaluasi kinerja ETF.

Perbedaan Efektif dan Efisien

Meskipun memiliki sedikit persamaan, tetapi sebenarnya dua kata ini berbeda. Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa perbedaan dari kata efektif dan efisien.

1. Berkaitan dengan tujuan

Perbedaan antara efektif dan efisien berikutnya berkaitan dengan tujuan. Dalam hal ini, efektif menekankan pada sebuah hasil. Tujuan dari efektif adalah untuk mencapai sebuah hasil yang memuaskan, dan sesuai dengan harapan. Berbeda dengan efisien, efisien menekankan pada sebuah proses. Sebuah pekerjaan atau usaha dapat disebut efisien, jika dijalankan dengan menghemat biaya, tenaga dan waktu. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai sebuah hasil yang maksimal.

2. Bidang sumber daya dan biaya

Sebuah pekerjaan atau usaha dapat dikatakan efektif apabila sudah menjalankan beberapa tindakan. Tindakan-tindakan tersebut digunakan untuk memenuhi suatu target yang sudah diharapkan. Dalam situasi seperti ini, tidak perlu memikirkan mengenai biaya atau sumber daya yang harus dikeluarkan.

Keadaan sebaliknya, sebuah pekerjaan atau usaha dapat dikatakan efisien saat mampu memanfaatkan sumber daya yang telah ada. Selain itu, sudah mengalami penyesuaian. Dalam situasi ini, jika memungkinkan, tidak mengeluarkan biaya yang berlebihan. Keluarkan biaya yang sudah direncanakan sebelumnya.

3. Berkaitan dengan sebuah proses

Sebuah pekerjaan yang terbilang efektif, tidak selalu dilakukan dengan cara yang efisien dan sebaliknya. Karena pendekatan kedua kata tersebut terhadap proses sudah jelas berbeda. Maka dari itu, perlu adanya usaha yang efektif dan juga maksimal. Hal tersebut dilakukan demi mencapai tujuan yang sesuai harapan.

4. Berkaitan dengan upaya

Efektif adalah sebuah tindakan yang tidak membicarakan mengenai penghematan biaya, tenaga dan waktu. Semua hal bisa dilakukan, asalkan target dapat tercapai.

Berbeda dengan efisien yang mengharuskan untuk melibatkan tenaga, waktu dan biaya. Perlu dilakukan pengelolaan yang baik. Hal tersebut dilakukan supaya dapat mencapai hasil tanpa melakukan tindakan yang boros.

Secara singkat, perbedaan efektif dan efisien dapat dilihat dari table berikut:

EFEKTIF EFISIEN
Memfokuskan pada tujuan Memfokuskan pada cara
Memfokuskan pada pemilihan cara yang tepat Memfokuskan pada pemilihan cara yang hemat
Waktu pengerjaan lebih singkat. Hal tersebut karena ketersediaan sumber daya dan hal-hal lainnya. Waktu pengerjaan lebih lama. Hal tersebut karena sumber daya yang dipangkas.
Biaya yang dikeluarkan bisa banyak Menghemat biaya

 

Contoh Sederhana Efektif dan Efisien

Berikut ini adalah sebuah contoh sederhana yang dapat menggambarkan perbedaan antara efektif dan efisien:

Aji ingin pergi dari Jakarta ke Madiun. Aji pergi menggunakan kereta dengan tiket seharga Rp. 650.000,- dengan waktu tempuh 4 jam. Dalam kasus ini, Aji melakukan sebuah perjalanan yang dapat dikatakan efektif. Akan tetapi, perjalanan tersebut tidak efisien karena Aji mengeluarkan biaya yang mahal.

Aji pergi dari Jakarta ke MAdiun menggunakan bus ekonomi dengan tiket seharga Rp. 150.000,- dengan waktu tempuh selama 12 jam. Dalam kasus ini, Aji melakukan sebuah perjalanan yang dapat dikatakan efisien. Akan tetapi, tidak efektif karena memerlukan waktu perjalanan yang lebih lama.

Jika Aji bisa memperhitungkan sebuah aktivitas yang efektif dan efisien, maka seharusnya Aji memilih hal lain. Aji harus memilih untuk menggunakan bus standart eksekutif yang akan memakan biaya sebesar Rp. 300.000,-. Akan tetapi waktu yang ditempuh lebih sedikit, yaitu selama 6 jam. Maka uang yang dikeluarkan tidak terlalu mahal dan waktu yang ditempuh tidak terlalu lama. Dalam kasus ini, maka kegiatan atau usaha yang dilakukan Aji dapat terbilang efektif serta efisien.

Kamus Bahasa Indonesia

Kamus Bahasa Indonesia

tombol beli buku

Buku ini adalah sebuah kamus mengenai kosa kata bahasa Indonesia. Kamus ini diperuntukan kepada pelajar, mahasiswa, atau masyarakat umum. Di dalam kamus juga sudah dilengkapi dengan pedoman ejaan bahasa Indonesia (EBI) terbaru yang disahkan lewat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 50 Tahun 2015, padanan kata terbaru, dan juga daftar kategori bentuk terikat dalam bahasa Indonesia.

Baca juga artikel terkait “Perbedaan Efektif dan Efisien” :

Sumber: dari berbagai sumber

Penulis: Wida Kurniasih

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien