Psikologi

Pengertian Optimis, Ciri-ciri dan 5 Manfaatnya

pengertian optimis
Written by Wida Kurniasih

Bagaimana pengertian optimis? Optimis adalah salah satu sikap yang mungkin dimiliki banyak orang. Akan tetapi, ada beberapa orang yang tidak menyadari bahwa sikap optimis tersebut ada di dalam diri mereka.

Lalu, apa pengertian optimis? Artikel ini akan membahas mengenai optimis. Mulai dari pengertian optimis, ciri-ciri optimis sampai manfaat dari bersikap optimis.

Pengertian Optimis

apa itu pengertian optimisPengertian optimis secara sederhana adalah sebuah keyakinan dalam mengharapkan sesuatu. Biasanya optimis akan digunakan dalam istilah keberhasilan atau kesuksesan sesuatu.

Pengertian optimis lainnya adalah sebuah bentuk pengharapan. Pengharapan tersebut dimaksudkan pada hal baik yang dapat terjadi. Sekaligus adanya kepercayaan pada masalah yang akan diselesaikan dengan hasil akhir yang baik.

Sikap optimisme bisa muncul di dalam pikiran setiap orang. Sebagai seorang makhluk hidup, manusia memiliki akal. Seorang manusia akan memiliki rasa optimis di dalam pikirannya. Optimis adalah sebuah kepercayaan, bahwa tujuan yang direncanakannya akan berhasil pada kemudian hari.

Melalui pola pikir tersebut, maka banyak orang akan hidup dengan penuh semangat dan gairah. Optimis biasanya dikaitkan dengan hal-hal yang baik seperti optimis mendapat pekerjaan bagus, optimis mendapat nilai yang baik, dan lain sebagainya.

Sikap optimis adalah sebuah perusahaan yang dapat timbul di diri seseorang. Umumnya perasaan ini akan timbul dan tumbuh pada kondisi tertentu. Akan tetapi, ada sebagian orang yang ternyata sulit untuk memulai sifat ini.

Penyebabnya bisa beragam. Sebab, setiap orang memiliki pemikiran dan kondisi yang berbeda. Ada faktor lain yang juga menjadi alasan, seperti masalah psikologis yang sedang dialami.

Pengertian Optimis Menurut Ahli

pengertian optimis menurut para ahli1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI, pengertian optimis adalah orang yang selalu berpengharapan atau berpandangan baik dalam menghadapi segala hal.

2. Robert E Franken

Di dalam bukunya yang berjudul Human Motivation, Robert E Franken menjelaskan bahwa pengertian optimis adalah sebuah cakupan dari variabel-variabel biologis. Dimana sebuah optimism akan dianggap sebagai hasil dari gaya penjelasan tertentu atau explanatory style. Hal itu lebih mengarah kepada pendekatan kognitif.

3. Daniel Goleman

Sebuah karya yang berjudul Working With Emotional Intelligence yang dibuat Daniel Goleman, menyatakan bahwa pengertian optimis adalah harapan yang kuat. Harapan tersebut ditujukan pada segala sesuatu yang akan dihadapi di dalam kehidupan.

Sikap optimis akan membuat seseorang berpikir bahkan masalah akan teratasi dengan baik. Meskipun orang tersebut sedang tidak dalam kondisi yang baik. Berkat sikap optimis, semua akan dirasa mudah untuk dijalani.

4. M Daraei dan AR Ghaderi

M Daraei dan AR Ghaderi menjelaskan pengertian optimis dalam Impact of Education on Optimism or Pessimism yang dipublikasikan dalam Journal of Indian Academy of Applied Psychology. Keduanya menyatakan, bahwa rasa optimis adalah salah satu komponen dari hal psikologi.

Komponen inu erat kaitannya dengan perilaku positif dan emosi positif. Dampak baik dari perilaku optimis tersebut adalah dapat menimbulkan kesehatan. Kesehatan disini adalah dalam hal psikisnya. Seperti memiliki hidup yang terbebas dari stres, fungsi sosial dan hubungan sosial yang baik.

Dari beberapa pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa optimis akan mendatangkan pola pikir yang huga positif. Hal itu akan membuat orang tersebut mampu mengatasi masalah dengan sebaik mungkin. Selain itu, rasa optimis adalah suatu hal yang bisa memicu timbulnya sebuah harapan baru di masa depan yang lebih baik.

Ciri-ciri Optimis

ciri-ciri optimisUmumnya, seseorang yang memiliki rasa optimis akan menjalani hidupnya dengan penuh gairah dan semangat. Ketika menjalankan aktivitas, mereka akan menempatkan diri mereka pada suasana hari yang baik. Mereka juga akan melihat segala sesuatunya sebagai sebuah peluang, daripada masalah.

Optimis merupakan salah satu cara dalam memandang dunia. Di dalam kehidupan ini, akan lebih banyak hak untuk memilih. Akan tetapi, pilihan tersebut harus dipertanggung jawabkan, supaya hidup dapat berjalan dengan baik.

BACA JUGA: 7 Ciri-ciri Orang Yang Percaya Diri

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang memiliki rasa optimis akan cenderung memiliki mental yang sehat. Serta dapat hidup lebih lama daripada orang yang selalu merasa pesimis. Seseorang dengan rasa optimis yang ada dalam hidupnya bukan berarti tidak memiliki cobaan atau masalah.

Akan tetapi, mereka lebih memilih untuk memandang masalah tersebut dari arah yang positif. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri orang yang optimis adalah sebagai berikut:

  • Berpikir bahwa hal-hal yang baik dapat datang dari peristiwa atau hal yang negatif.
  • Akan melihat suatu hambatan atau tantangan sebagai peluang untuk belajar.
  • Membangun sikap positif mengenai diri sendiri dan orang lain.
  • Menerima tanggung jawab atas kesalahan yang mungkin dilakukan, tetapi tidak menjadikan beban.
  • Berharap segala sesuatunya akan berjalan dengan baik.
  • Merasa percaya diri akan berhasil dalam menghadapi suatu tantangan hidup.
  • Merasa bahwa hal-hal baik akan terjadi di masa depan nanti.
  • Merasa bahwa masa depan terlihat dengan cerah.
  • Merasa bersyukur atas hal-hal baik yang terjadi di dalam hidupnya.
  • Selalu mencari cara supaya dapat memanfaatkan peluang dengan sebaik mungkin.
  • Tidak akan membiarkan satu pengalaman buruk mengabur harapannya untuk masa depan.

Optimis adalah perasaan yang dapat terjadi karena berbagai macam kemungkinan. Akan tetapi, kebanyakan orang yang selalu bersikap optimis akan memilih sesuatu dalam sudut pandang yang baik.

Singkatnya, perasaan atau rasa optimis akan menjelaskan peristiwa yang positif. Peristiwa positif tersebut dapat terjadi karena sebuah tindakan, atau karakteristik internal yang berasal dari dalam diri sendiri. Mereka juga akan melihatnya sebagai sebuah bukti, bahwa lebih banyak hal yg positif atau baik yang akan terjadi dimasa depan pada hidup mereka.

Manfaat Optimis

manfaat optimisOptimis adalah sebuah situasi saat seseorang secara konsisten menafsirkan dan menganggap segala situasi di dalam hidupnya dengan cara yang baik. Hal itu akan berdampak positif pula pada kesehatan mental orang tersebut.

Simak beberapa manfaat optimis yang dapat dirasakan oleh seseorang berikut ini!

1. Memotivasi diri sendiri

Orang yang selalu optimis adalah dia yang memiliki motivasi pada dirinya. Dia akan melihat segala hal sebagai sebuah peluang, daripada sebuah masalah. Selain itu, dia akan lebih bersedia dalam mengambil tindakan. Serta aka bekerja untuk apa yang diinginkannya.

Jika dihadapkan pada suatu masalah dalam hidup yang cukup pelik, maka motivasi pertama yang datang berasal dari dirinya sendiri. Mereka akan memotivasi dirinya supaya dapat banhkit. Kemudian beranjak untuk menyelesaikan masalah dengan baik. Itu karena dia akan melihat sesuatu dari pikiran yang positif.

2. Menciptakan lingkungan sosial positif

Pada kebanyakan kasus, orang yang optimis akan mengelilingi diri mereka dengan orang-orang yang memiliki aura positif. Oleh sebab itu, mereka akan senang jika diajak bergaul dan menghabiskan lebih banyak waktu secara bersama.

3. Memperjuangkan apa yang diinginkan

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, orang yang memiliki sikap optimis adalah mereka yang berpikir secara realistis. Artinya bahwa mereka tidak akan menetapkan tujuan untuk diri mereka sendiri yang dirasa tidak memungkinkan dan diluar kemampuannya. Hal sebaliknya, orang optimis adalah mereka yang akan memperjuangkan yang yang diinginkan. Sebab mereka tahu bahwa mereka dapat mewujudkannya.

4. Mengambil pelajaran dari sebuah masalah

Orang yang bersikap optimis adalah mereka yang akan merasa bahagia. Hal ini karena mereka melihat sesuatu dari sisi yang positif dan lebih cerah, sehingga mereka akan merasa lebih bahagia.

Orang yang optimis akan mengambil banyak hal yang bisa dipelajari dari suatu masalah. Meskipun masalah tersebut adalah masalah besar yang sedang dihadapinya.

5. Jujur pada diri sendiri

Orang yang optimis tidak akan takut untuk mengakui kesalahannya. Hal sebaliknya, mereka akan secara terbuka mengakui apa yang menjadi kesalahan mereka. Dari penjelasan-penjelasan sebelumnya, maka dapat dikatakan bahwa orang yang bersikap optimis adalah mereka yang akan jujur pada diri sendiri.

Jika membuat sebuah masalah, mereka tidak akan menyalahkan orang lain atas kesalahan tersebut. Mereka juga akan cukup merasa percaya diri dalam menerima bahwa mereka tidak selalu benar.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian optimis, ciri-ciri dan manfaatnya. Temukan informasi lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Aku harus optimis

Aku harus optimis

Beli Buku di GramediaBuku ini dimaksudkan untuk memberikan pendidikan tentang sikap optimis yang akan berdampak positif dalam menghadapi kesulitan hidup dan berbagai rintangan dalam mencapai cita-cita. Materi dalam buku ini mencakup pentingnya sikap optimis; pilih optimis atau pesimis; pembiasaan bersikap optimis; langkah optimis dengan dzikir dan tawakal; tantangan hidup untuk dipelajari; optimisme menuju kehidupan; keputusan yang mengoptimalkan; hambatan dalam optimisme.

Generasi Optimis

Generasi Optimis

Beli Buku di GramediaGenerasi Optimis merupakan buku ketiga dari seri Generasi yang ditulis oleh Ahmad Rifa`i. Dalam buku ini, penulis mengajak pembaca, terutama pemuda-pemudi untuk terus optimis terhadap apa yang sudah terjadi. Optimisme bukan hanya perlu ditanamkan pada diri kita, tetapi juga harus ditularkan ke banyak mungkin orang. Itulah salah satu tujuan dari penulisan buku ini. Selain itu, setiap pemuda diharapkan memiliki cita-cita yang tinggi agar mereka tetap memiliki keinginan untuk menggapainya. Optimis adalah satu cara menggapai cita-cita tersebut.

Optimis Rasional

Optimis Rasional

Beli Buku di GramediaOptimis Rasional membahas masalah utama yang dihadapi manusia sejak awal peradaban, dan menjelaskan bagaimana metode pertukaran dan spesialisasi menciptakan solusi inovatif untuk menghadapi setiap hambatan baru. Melalui ilmu pengetahuan, ekonomi, dan contoh sejarah, penulis mengungkapkan banyak alasan untuk optimis tentang kesulitan yang kita hadapi saat ini atau yang mungkin akan kita hadapi di masa depan.

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien