Psikologi

Pengertian Introvert, Ciri-Ciri, dan Cara Berinteraksi Dengannya

pengertian introvert
Written by Ananda

Pengertian Introvert – Setiap orang itu berbeda, bukan cuma soal fisik, tetapi juga kepribadiannya. Jangankan kamu dan temanmu, orang yang kembar juga kadang memiliki kepribadian yang sangat berbeda satu sama lain. Membahas tentang kepribadian ini, biasanya kita mengelompokkan orang-orang menjadi dua jenis yaitu, kelompok orang yang memiliki kepribadian ekstrovert dan satu lagi adalah, mereka yang memiliki kepribadian introvert.

Orang yang memiliki kepribadian ekstrovert dikenal sebagai sosok yang aktif dalam kesehariannya. Mereka memiliki banyak kegiatan, dan hampir selalu dikelilingi oleh banyak orang dan merasa nyaman dengan situasi tersebut. Nah karena mereka aktif dan melakukan banyak hal, tidak heran rasanya jika seorang ekstrovert memiliki banyak teman dimana pun dia berada. Lalu bagaimana dengan pengertian introvert?

Banyak orang sering menganggap pengertian introvert adalah sosok pemalu, tertutup, bahkan sering dicap sebagai sosok yang ansos alias anti sosial. Introvert memang memiliki kepribadian yang berbanding terbalik dengan ekstrovert. Namun perbedaan itu tidak lantas membuat mereka jadi orang yang ansos atau anti sosial. Nah supaya tidak salah sangka lagi dengan kepribadian introvert, berikut pengertian introvert, ciri-ciri, dan cara berinteraksi dengan sobat introvert!

Pengertian Introvert

Pengertian Introvert

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, banyak orang sering salah paham dengan para introvert. Mayoritas dari mereka sering diasosiasikan sebagai sosok pemalu, anti sosial, bahkan dianggap dingin oleh orang sekitarnya. Padahal pengertian introvert adalah tipe kepribadian yang lebih fokus pada pikiran atau perasaan, dan lebih menyukai suasana yang tenang.

Hal yang berbeda justru dirasakan para ekstrovert. Berbanding terbalik dengan introvert, para ekstrovert sangat bersemangat saat berinteraksi dengan banyak orang seperti datang ke pesta, atau acara-acara sejenis yang melibatkan orang banyak.

Tipe-Tipe Introvert

Sekilas, introvert terlihat sama. Namun tidak banyak yang tahu jika kepribadian satu ini juga terbagi menjadi beberapa tipe. Berikut tipe-tipe introvert yang perlu kamu ketahui:

1. Introvert sosial

Disebut introvert sosial bukan karena mereka tidak bisa bersosialisasi dengan baik, tetapi karena mereka lebih menyukai circle pertemanan yang kecil. Introvert tipe ini hanya memiliki beberapa teman dekat yang sudah bersama mereka selama bertahun-tahun. Mereka sangat dekat dengan teman-temannya, bahkan sudah menganggapnya sebagai saudara sendiri.

2. Introvert pemikir

Introvert jenis satu ini adalah seorang pemikir ulung dan suka berimajinasi. Mayoritas introvert pemikir adalah orang yang cerdas, serius, dan sangat berhati-hati dalam melakukan apapun. Dan karena mereka suka berimajinasi, introvert satu ini biasanya dihuni oleh orang-orang yang memiliki kreativitas yang tidak terbatas. Mereka mampu melakukan hal-hal yang dianggap mustahil, dan membuat siapa pun merasa kagum dengan pencapaiannya.

3. Introvert yang mudah cemas

Diantara tipe introvert lainnya, introvert satu ini adalah yang paling pemalu. Mereka tidak selalu menyukai suasana ramai, dan lebih senang menghabiskan waktu dirumah bersama orang-orang yang membuatnya merasa nyaman. Bukannya anti sosial atau apa, introvert satu ini tidak suka berada diantara banyak orang karena mereka merasa canggung, dan tidak tahu harus melakukan apa. Mereka tidak pintar basa-basi ataupun mencari topik pembicaraan.

4. Restrained introvert

Kamu pasti pernah punya teman yang pertama kenalan, pendiamnya minta ampun. Jangankan banyak omong, ditanya aja jawabannya singkat-singkat. Namun sifat dinginnya ini akan berubah saat dia sudah mengenal kamu lebih lama. Saat introvert ini merasa nyaman denganmu, mereka akan lebih terbuka dan banyak bicara. Kebanyakan orang sering salah paham dengan introvert jenis ini. Padahal hanya karena mereka pendiam di pertemuan pertama, bukan berarti mereka tidak tertarik berteman bukan?

Tanda-Tanda Orang Introvert

Pengertian Introvert

unsplash.com/Gemma Chua-Tran

Walaupun di atas kertas, ekstrovert dan introvert mudah dibedakan, mengingat keduanya memiliki perbedaan yang sangat jauh. Namun di dunia nyata, kita menghadapi banyak orang sehingga akan sulit sekali membedakan mana si ekstrovert dan mana yang introvert. Meski begitu, seorang introvert akan menunjukkan tanda-tanda tertentu yang membuat kamu bisa menebaknya dengan mudah. Tanda-tanda apa aja?

1. Mereka merasa lelah saat harus berhadapan dengan banyak orang

Banyak orang beranggapan, seorang introvert itu pemalu dan tidak bisa bersosialisasi. Padahal, kenyataannya tidak semua orang introvert seperti itu. Mereka bisa dengan mudah berbaur dan berinteraksi jika memang diharuskan, bahkan menghadiri acara yang membuatnya bertemu dengan banyak orang.

Namun hanya karena seseorang datang ke pesta, bukan berarti mereka menyukainya bukan? Seorang introvert memang tidak keberatan bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang, namun bukan berarti dia menyukainya.

Salah satu hal unik dari seorang introvert adalah, mereka mudah sekali merasa lelah saat berhadapan dengan banyak orang, makanya mereka tidak pernah bisa bertahan lama dalam sebuah acara besar.

Bahkan meski dari luar seorang introvert tampak baik-baik saja, mereka sebenarnya lelah harus menemui setiap orang, mengobrol, dan pura-pura tertarik dengan topik obrolan yang muncul.

Di saat semua orang sibuk bicara, seorang introvert akan sibuk mencari cara untuk keluar dari acara tersebut dan kembali ke rumahnya yang nyaman dimana dia bisa berhenti pura-pura dan menjadi dirinya sendiri.

2. Introvert lebih suka menghabiskan waktunya sendirian

Introvert memang tidak keberatan menghabiskan waktu dengan banyak orang, namun jika boleh memilih, mereka lebih suka menghabiskan waktunya sendirian. Bagi banyak orang, menghabiskan waktu sendirian itu menyedihkan, bahkan tidak sedikit orang merasa kesepian.

Namun hal itu tidak pernah berlaku bagi orang introvert. Sebaliknya, saat sedang sendirian, adalah saat yang paling menyenangkan bagi mereka. Mereka bisa menjadi diri sendiri dan melakukan apa yang mereka mau, tanpa perlu memperdulikan orang lain.

3. Memiliki teman yang sedikit

Dibandingkan dengan ekstrovert yang memiliki circle pertemanan yang luas, seorang introvert lebih suka circle pertemanan yang kecil namun berkualitas. Mereka benar-benar selektif dalam memilih teman, dan kadang hanya memilih orang-orang dengan kepribadian yang mirip dengannya.

Jangan salah sangka, seorang introvert ramah pada semua orang, dan tidak keberatan untuk berkenalan dengan orang baru. Namun tidak semua orang yang dia kenal akan dianggap sebagai teman. Introvert tidak peduli jika dia tidak memiliki banyak teman. Buatnya, kualitas jauh lebih penting dari kuantitas.

4. Mereka suka bicara sendiri

Kebiasaan unik lain dari seorang introvert adalah, mereka suka self talking atau bicara dengan dirinya sendiri. Tenang, mereka sama sekali tidak gila kok! Bagi yang tidak biasa, self talking terlihat aneh. Namun bagi seorang introvert, self talking adalah cara mereka untuk mengekspresikan pikiran dan perasaannya.

Dan percaya atau tidak, metode self-talking ini membuat perasaan seorang introvert jauh lebih tenang dari sebelumnya karena dia sudah mengeluarkan semua unek-unek yang mengganggunya.

5. Mereka selalu berpikir sebelum bertindak

Bukan hanya memilih teman, seorang introvert juga selalu hati-hati saat harus mengambil keputusan. Saking hati-hatinya, introvert kadang membutuhkan waktu yang lama untuk memutuskan sesuatu.

Sebelum mengambil sebuah keputusan, seorang introvert akan lebih dulu menimbang berbagai pilihan yang dia punya, melihat plus minusnya, lalu memilih mana yang paling baik untuk dirinya. Dalam hidupnya, nyaris tidak ada istilah asal-asalan, karena mereka selalu berpikir sebelum melakukan sesuatu. Makanya tidak heran kalau introvert nyaris tidak pernah mengambil keputusan yang salah.

6. Lebih produktif saat harus bekerja sendirian

Mayoritas orang lebih suka bekerja dalam sebuah tim. Salah satu alasannya karena beban kerja yang berat akan jadi lebih ringan jika dikerjakan bersama. Namun beda ceritanya kalau orang tersebut adalah introvert. Seperti yang sudah di katakan sebelumnya, introvert lebih suka menghabiskan waktu sendirian.

Hal ini nyatanya juga berlaku saat dia bekerja. Dibandingkan bekerja dalam sebuah kelompok, introvert lebih suka bekerja sendirian. Saat sendirian, introvert merasa lebih bebas. Mereka bisa berpikir lebih baik, bekerja lebih fokus, dan mengambil keputusan yang jauh lebih bijak.

7. Mereka lebih suka mengeluarkan pikirannya dalam bentuk tulisan

Meski tidak semua, tetapi mayoritas introvert tidak suka terlalu banyak bicara. Mereka bukan tipe orang yang blak-blakan dalam bicara dan menyatakan pemikirannya tanpa disaring terlebih dahulu. Alih-alih asal bicara, introvert lebih suka mengutarakan apa yang dia pikirkan dalam bentuk tulisan.

Salah satu alasannya karena saat menulis, mereka memiliki waktu untuk memikirkan dulu apa yang akan ditulis olehnya. Mereka hati-hati dalam berpendapat, karena tidak ingin tulisannya menyakiti orang lain atau lebih parah, menjadi bumerang bagi dirinya sendiri.

8. Suka berimajinasi

Selain suka melakukan self-talking, seorang introvert juga kadang membiarkan dirinya berkelana kemana-mana. Saat sedang sendirian, mereka suka berimajinasi banyak hal yang menurutnya menarik. Bagi banyak orang, menghayal mungkin hanya buang-buang waktu. Namun bagi introvert, menghayal dapat mengurangi stress bahkan tidak jarang mereka mendapatkan ide bagus saat sedang berimajinasi.

Pengertian Introvert

Cara Berinteraksi dengan Orang Introvert

Pengertian Introvert

unsplash.com/Trung Thanh

Beda dengan ekstrovert yang terbuka dan mudah berteman dengan siapa saja, seorang introvert tidak bisa begitu. Mereka akan menjauh dan merasa tidak nyaman jika sikap kita terlalu ramah, namun akan sulit untuk akrab dengan introvert jika kita juga bersikap pasif seperti dirinya. Nah karena menghadapi introvert itu susah-susah gampang, kamu perlu cara khusus. Berikut cara menghadapi orang introvert.

1. Habiskan lebih banyak waktu dengan mereka

Introvert terutama tipe restrained introvert bukanlah tipe yang mudah didekati. Mereka tidak mudah percaya pada orang lain, dan untuk itu kamu harus lebih sering menghabiskan waktu dengannya. Di awal, semuanya memang tidak mudah. Kamu mungkin akan lebih banyak makan hati karena sikap mereka yang pendiam, bahkan terkesan dingin. Tapi setelah dua atau tiga kali bertemu, orang introvert akan jadi lebih terbuka, dan bukan sosok dingin menyebalkan yang kamu temui sebelumnya.

2. Hati-hati dalam memilih pertanyaan

Salah satu hal tersulit saat berbicara dengan seorang introvert adalah, kita tidak pernah bisa menebak apa yang ada dipikirannya. Wajah mereka cenderung datar, sehingga sulit untuk menebaknya. Karena sifatnya yang tertutup itu, ada baiknya kalau kamu berhati-hati saat mengajukan pertanyaan. Pastikan pertanyaan yang kamu ajukan tidak menyinggung, dan membuatnya menjauh darimu.

3. Bahas topik favoritnya

Tidak peduli sependiam apa seorang introvert, mereka akan selalu jadi lebih bersemangat saat membahas topik yang disukainya. Kalau kamu ingin berteman atau menjalin hubungan dengan seorang introvert, pastikan kamu sudah lebih dulu mencari tahu apa yang mereka suka. Membahas topik favoritnya akan membuat seorang introvert jauh lebih terbuka, akan lebih bagus lagi jika kamu juga mengerti dengan topik tersebut dan memiliki ketertarikan yang sama sehingga obrolan kalian nyambung.

4. Jangan kepo

Siapa sih yang suka berteman dengan orang yang suka kepo dengan urusan orang lain? Orang introvert terutama membenci orang kepo yang terlalu banyak bertanya. Ingat, mayoritas introvert adalah tipe orang yang tertutup, dan sikapnya akan sangat tertutup pada orang yang baru pertama kali ditemuinya.

Mereka tidak suka ditanya-tanya, apalagi jika pertanyaan itu menyangkut hal-hal pribadi. Jadi daripada kamu membuatnya risih, dan akhirnya menjauh, akan lebih baik kalau kamu menunggu dia yang bercerita. Jika dia sudah merasa nyaman, dia sendiri yang akan bercerita tentang dirinya sendiri.

5. Jadilah pendengar yang baik

Membuat seorang introvert banyak bicara itu susah-susah gampang, apalagi kalau kamu baru berkenalan dengannya. Jadi kalau kamu sudah berhasil menemukan topik yang menarik, dan memancing obrolan dengan dia, jangan merusaknya dengan membuat introvert jadi pendengar.

Sebaliknya, beri dia kesempatan untuk bicara. Sekali seorang introvert bicara banyak dengan kamu, itu artinya dia sudah nyaman berada di dekat kamu, dan memaksanya menjadi pendengar hanya akan merusak usaha kamu untuk bisa dekat dengannya.

6. Jangan membicarakan orang lain apalagi membuka rahasia orang

Orang introvert pada dasarnya bukan tukang gosip, dan tidak menyukai orang-orang yang suka bergosip. Jadi saat kamu berbicara dengan seorang introvert, pastikan kamu tidak membicarakan keburukan orang lain di depannya. Well, mereka memang bisa dipercaya dan dapat menjaga rahasia dengan baik.

Namun membicarakan orang lain di depan introvert akan membuat kamu terlihat buruk di matanya. Introvert akan menganggap kamu sebagai orang yang tidak bisa dipercaya, dan orang seperti itu tidak akan pernah bisa menjadi teman bagi seorang introvert.

7. Selalu ada saat dibutuhkan

Kalau kamu ingin berteman dengan seorang introvert, maka kamu harus lebih dulu membuktikan bahwa kamu layak untuk disebut sebagai temannya. Selain bisa dipercaya, selalu ada saat dibutuhkan juga menjadi kualitas yang sangat disukai oleh introvert. Tenang aja, disaat kamu sedih atau susah, introvert juga akan melakukan hal yang sama untukmu.

8. Jangan memaksanya

Di awal kenalan, introvert memang terkesan sulit didekati. Mereka tidak banyak bicara, dan tertutup. Ada banyak alasan mengapa mereka bersikap begitu kepada orang baru. Mulai dari malu, segan, atau takut salah bicara Namun itu tidak berarti kamu boleh memaksanya untuk terbuka. Hal itu akan hanya akan membuat seorang introvert semakin menjauh. Alih-alih memaksanya untuk bersikap terbuka, akan lebih baik buat kamu untuk menunggu dia merasa nyaman denganmu.

Pengertian Introvert

Itu tadi pengertian introvert, ciri-ciri, dan cara menghadapinya. Memulai pertemanan dengan seorang introvert memang tidak selalu semudah membalikkan telapak tangan. Namun jika kamu sabar, dan mau memberikan mereka waktu untuk beradaptasi, introvert akan jadi teman yang sangat baik untukmu.

Mereka memang bukan tipe teman yang terlalu banyak omong, namun sikap pendiamnya bukan berarti mereka tidak peduli denganmu. Introvert sangat peduli dengan teman-temannya, dan sangat setia. Mereka penjaga rahasia yang baik, dan bisa diandalkan. Dalam situasi yang sulit, introvert tidak segan mengulurkan tangan dan membantu kamu menyelesaikan semua masalah yang ada tanpa keluhan.

Buat Grameds yang mau mencari tahu tentang pengertian dan segala hal seputar introvert, kamu bisa mengunjungi www.gramedia.com. Di sini, kamu bisa mendapatkan berbagai buku seputar topik tersebut. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan informasi terbaik dan terbaru untuk kamu.

Penulis: Siti Marliah

BACA JUGA:

  1. Apa Itu Introvert? Simak Ciri, Sifat & Kepribadian Introvert
  2. 3 Jenis Tipe Kepribadian: Introvert, Extrovert & Ambivert
  3. Pengertian Kepribadian Ekstrovert, Ciri-Ciri, Kekurangan & Kelebihannya 
  4. 4 Teori Kepribadian Utama, Ini Penjelasan Lengkapnya
  5. Pengertian dan Macam-Macam Personality
  6. Tipe Kepribadian: Pengertian, Ciri, Tipe, Konsep, dan Fungsinya

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien