Sosial Budaya

Memahami Arti Gomawo dan Cara Penggunaanya

Written by Nandy

Gomawo artinya  – Bahasa adalah salah satu media untuk menyatukan antara satu orang dengan orang lain. Tentunya kita tahu jika bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang kerap digunakan sebagai media pembantu berkomunikasi antara satu orang dari suatu negara ketika bertemu dengan orang lain yang tidak berasal dari satu negaranya.

Hal ini karena setiap negara selalu memiliki bahasa nasional yang hanya dimengerti oleh penduduk setempat saja. Salah satunya adalah negara Korea yang menjadikan bahasa korea (한국어/조선말) sebagai bahasa resminya.

Sebenarnya, arti yang diucapkan sama seperti bahasa Indonesia, ada kata maaf, tolong, terima kasih dan lain sebagainya namun diucapkan dalam bahasa Korea. Bagi kalian yang kerap menyaksikan serial drama Korea tentunya juga tidak asing dengan berbagai macam kosakata dari negara tersebut.

Salah satunya adalah kata Gomawo yang ternyata kerap diucapkan sebagai bentuk ungkapan rasa terima kasih kepada seseorang. Nah, dalam artikel ini akan membahas terkait dengan arti kata Gomawo dan kosakata lainnya dalam bahasa Korea yang mungkin pernah kalian dengar namun belum tahu artinya.

Arti Kata Gomawo

pixabay

Mungkin tak banyak orang yang tahu arti dari kata Gomawo. Meski begitu, bagi para pencinta drama Korea, kosakata Gomawo memang tidak asing. Hal tersebut karena kosakata Gomawo kerap diucapkan para pemeran drama Korea.

Tak heran di Indonesia sendiri banyak anak muda yang kerap menggunakan kosakata Gomawo dalam kehidupan sehari-harinya. Hal ini tidak bisa lepas dari adanya kepopuleran drama Korea yang sudah mendunia.

Bahkan, penggunaan bahasa Korea terbilang cukup familier di telinga semua orang bahkan hingga di luar negaranya seperti Indonesia. Gomawo artinya adalah ucapan terima kasih jika dalam bahasa Indonesia.

Gomawo merupakan ungkapan terima kasih yang biasanya akan digunakan ketika kondisi tidak normal atau saat sedang berbicara santai dalam bahasa Korea. Gomawo artinya adalah sebuah ucapan terima kasih yang akan disampaikan kepada teman sebaya ataupun orang seumuran.

Jika kalian menggunakan kosakata Gomawo pada orang yang tak dikenal maupun kepada orang yang lebih tua, maka tindakan tersebut akan dianggap kurang sopan di Korea.

Intinya, Gomawo artinya memberikan ucapan terima kasih yang dilakukan secara informal atau santai. Tak hanya menggunakan kosakata Gomawo saja, namun ada juga ungkapan terima kasih lainnya dalam bahasa Korea.

Misalnya seperti Kamsahamnida dan Gomapseumnida juga bisa digunakan sebagai ungkapan terima kasih kepada orang lain.

Beberapa Ungkapan Terimakasih Dalam Bahasa Korea

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika kosakata Gomawo artinya adalah ucapan terima kasih yang bersifat informal dan biasanya akan digunakan kepada teman sebaya. Oleh karena itu, jika memang kalian ingin bisa tahu lebih banyak tentang ucapan terima kasih dalam bahasa Korea.

Tentunya kalian wajib tahu apa saja jenis ucapan kosakata terima kasih selain Gomawo. Jika Gomawo biasanya digunakan secara informal, maka akan ada ucapan terima kasih dalam segi formalnya.

Nah, di bawah ini adalah penjelasan terkait beberapa ucapan terima kasih dalam bahasa Korea.

1. Gomawoyo

Selain Gomawo ternyata ada kosakata Gomawoyo yang juga bisa menjadi bentuk ucapan terima kasih lainnya. Dimana Gomawoyo merupakan ucapan terima kasih yang digunakan secara informal.

Tentunya kosakata Gomawoyo bisa digunakan pada orang yang baru dikenal atau yang memiliki usia lebih muda. Namun dibandingkan dengan Gomawo, Gomawoyo terkenal lebih sopan.

2. Kamsahae dan Kamsahaeyo

Kamsahae dan Kamsahaeyo merupakan salah satu jenis kata ucapan terima kasih dalam bahasa Korea. Kamsahaeyo sendiri adalah ucapan terima kasih yang bisa digunakan ketika dalam suasana santai.

Sedangkan untuk Kamsahaeyo adalah jenis kata ucapan terima kasih yang lebih sopan dibandingkan dengan Kamsahae. Meski begitu pada prakitnya, Kamsahae dan Kamsahaeyo terbilang masih masuk ke dalam tingkatan informal atau santai. Tingkatan kesopnan Kamsahae dan Kamsahaeyo masih sama dengan kosakata Gamawoyo.

3. Kamsahamnida

Jika Gomawo artinya adalah sebagai ucapan terima kasih namun dalam kondisi informal atau suasana santai. Tentunya dalam bahasa Korea juga ada kata ucapan terima kasih dengan bentuk yang lebih sopan untuk kondisi formal.

Salah satunya adalah Kamsahamnida yang merupakan ungkapan kata terima kasih dalam bahasa Korea namun untuk kondisi yang lebih formal. Kamsahamnida sendiri biasanya digunakan untuk orang yang lebih tua, atasam, maupun senior.

Selain itu pengucapan Kamsahamnida juga bisa ditujukan pada orang yang baru saja dikenal maupun kepada orang yang dihormati. Ucapan terima kasih dengan kosakata Kamsahamnida memang paling umum digunakan di negara Korea.

4. Gomapseumnida

Berikutnya ada Gomapseumnida yang juga merupakan ucapan terima kasih dalam suasana formal. Biasanya penggunaan kosakata Gomapseumnida adalah pada saat situasi resmi atau pada orang tua yang usianya lebih tua.

Nah itulah beberapa jenis kata ucapan terima kasih dalam bahasa Korea. Tentunya kalian juga tahu jika selain Gomapseumnida masih ada jenis kata ucapan terima kasih lainnya. Selain itu, setiap kosakata ucapan terima kasih memiliki tingkat kesopanannya sendiri-sendiri.

Oleh karena itu, dengan mengetahui jenis kosakata terima kasih di atas akan lebih memudahkan kalian ketika menggunakannya.

Jawaban Ucapan Terimakasih Dalam Bahasa Korea

Setelah mengetahui beberapa jenis kosakata ucapan terima kasih. Berikutnya kita akan mempelajari tentang beberapa kosakata jawaban ucapan terima kasih dalam bahasa Korea. Tentunya kita tahu jika ucapan terima kasih selalu identic dengan kata jawaban.

Nah hal tersebut juga berlaku bagi bahasa Korea yang mana setiap kata ucapan terima kasih selalu memiliki jawabannya masing-masing. Agar kalian makin paham lagi, berikut merupakan ulasan mengenai beberapa jenis jawaban ucapan terima kasih dalam bahasa Korea.

1. Byeolmalseumeulyo

Byeolmalseumeulyo adalah jenis kosakata jawaban dari ucapan terima kasih dalam bahasa Korea yang bisa kalian gunakan. Dimana untuk arti dari Byeolmalseumeulyo adalakh sama-sama atau terima kasih kembali.

2. Kwenchanseumnida atau Kwenchanayo

Kwenchanseumnida atau Kwenchanayo adalah kosakata berikutnya yang bisa dijadikan jawaban dari ungkapan terima kasih dalam bahasa Korea. Kwenchanseumnida atau Kwenchanayo sendiri memiliki arti tidak apa-apa.

Sebenarnya jika dilihat dari fungsinya, keberadaan dari Kwenchanseumnida atau Kwenchanayo memang memiliki lebih dari satu fungsi. Dan salah satu fungsi dari Kwenchanseumnida atau Kwenchanayo adalah menjawab ucapan terima kasih yang diungkapkan oleh orang lain.

3. Ne atau Eung

Ne atau Eung bisa menjadi salah satu pilihan kosakata jawaban ungkapan terima kasih dalam bahasa Korea. Ne atau Eung sendiri memiliki arti kata “ya”. Selain itu kosakata Ne memiliki tingkatan lebih sopan sebagai jawaban ungkapan terima kasih dibandingkan dengan kata Eung. Dari semua jenis jawaban kata terima kasih, Ne atau Eung adalah yang paling singkat.

4. Chonmaneyo

Chonmaneyo juga bisa kalian jadikan pilihan sebagai jawaban ucapan terima kasih dalam bahasa Korea. Chonmaneyo sendiri memiliki arti terima kasih kembali. Biasanya penggunaan kosakata Chonmaneyo lebih banyak diungkapkan dengan cara tertulis dan memang jarang sekali diungkapkan secara lisan dalam sebuah percakapan yang ada.

Nah itulah ulasan mengenai beberapa jenis kosakata jawaban ungkapan terima kasih yang bisa kalian gunakan. Tentunya ungkapan tersebut bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan mengetahui apa saja jenis kosakata jawaban ungkapan terima kasih tersebut, tentunya kalian semakin bisa memberikan jawaban atas ungkapan terima kasih yang diberikan oleh orang lain.

Beberapa Kata Maaf Dalam Bahasa Korea

Selain kata terima kasih, dalam bahasa Korea juga ada kosakata ucapan kata maaf yang bisa diungkapkan oleh seseorang. Sama halnya dengan kosakata terima kasih, ungkapan kata maaf juga ada beberapa jenis.

Setiap jenis kata maaf dalam bahasa Korea selalu memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Nah, agar kalian semakin paham apa saja jenis ucapan kata maaf, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

미안합니다 (Mianhamnida)

미안합니다 (Mianhamnida) merupakan salah satu kosakata ucapan maaf dalam bahasa Korea. Dimana 미안합니다 (Mianhamnida) akan digunakan secara formal. 미안합니다 (Mianhamnida) bisa ditujukan pada orang yang dihormati atau kepada orang tua. Meski begitu tak jarang juga ucapan 미안합니다 (Mianhamnida) digunakan agar terlihat ketulusan ketika mengucapkan kata maaf.

미안해요 (Mianhaeyo)

Berikutnya, ada 미안해요 (Mianhaeyo) yang juga bisa dijadikan salah satu ucapan maaf yang akan untuk orang lain. Selain itu 미안해요 (Mianhaeyo) merupakan bentuk lain dari 미안합니다 (Mianhamnida) yang juga sama-sama bisa digunakan dalam kondisi formal.

Namun penggunaan 미안해 (Mianhae) lebih banyak diucapkan pada orang yang kurang akrab atau menang belum kalian kenal. Misalnya adalah ketika kalian menabrak orang tak dikenal ketika berjalan kaki, nah pada saat itu kalian bisa menggunakan 미안해 (Mianhae) sebagai ucapan kata maaf.

미안해 (Mianhae)

미안해 (Mianhae) merupakan salah satu jenis kosakata minta maaf dalam bahasa Korea yang bisa kalian gunakan pada situasi informal. Dimana Mianhae hanya akan digunakan pada orang yang seumuran dengan kalian atau dengan orang yang usianya lebih muda. Sebagai catatan, jangan pernah mencoba menggunakan kata Mianhae pada orang yang lebih senior dari kalian. Hal tersebut karena dianggap kurang sopan.

미안하다 (Mianhada) / 미안 (Mian)

미안하다 (Mianhada) / 미안 (Mian) adalah jenis kata ucapan maaf dalam bahasa Korea yang memiliki sifat lebih personal jika dibandingkan dengan kosakata 미안해 (Mianhae). Selain itu penggunaan 미안하다 (Mianhada) / 미안 (Mian) biasanya akan ditujukan kepada pasangan kalian atau kepada orang yang memang begitu akrab dengan kalian. Meski begitu suatu kondisi tertentu akan menjadikan penggunaan 미안하다 (Mianhada) / 미안 (Mian) terlihat tidak begitu tulus kelihatannya.

죄송합니다 (Jwesonghamnida)

죄송합니다 (Jwesonghamnida) adalah salah satu jenis kata ucapan dalam bahasa Korea dengan tingkatan yang sangat sopan. Dimana kalian bisa menggunakan kosakata 죄송합니다 (Jwesonghamnida) kepada orang yang dihormati. Selain itu penggunaan 죄송합니다 (Jwesonghamnida) juga bisa dijadikan sebagai bentuk penghormatan dalam bahasa Korea.

죄송해요 (Jwesonghaeyo)

Keberadaan dari kosakata 죄송해요 (Jwesonghaeyo) akan memiliki tingkat kesopanan yang sama dengan kosakata 미안해요 (Mianhaeyo). Namun kebanyakan penggunaan 죄송해요 (Jwesonghaeyo) lebih banyak ditemukan pada percakapan casual seperti pada percakapan yang dilakukan oleh teman kerja.

잠시만요 (Jamsimanyo)

Sebenarnya 잠시만요 (Jamsimanyo) adalah frasa yang ada di dalam bahasa Korea dengan arti tunggu sebentar. Kalian juga bisa menggunakan 잠시만요 (Jamsimanyo) ketika berada di situasi tertentu seperti ketika melayani pesanan. Tentunya kondisi tersebut akan lebih baik jika menggunakan 잠시만요 (Jamsimanyo) dibandingkan dengan mengucapkan kata maaf.

실례합니다 (Sillyehamnida)

실례합니다 (Sillyehamnida) adalah salah satu kosakata yang ada di dalam bahasa Korea yang memiliki arti permisi. Biasanya penggunaan실례합니다 (Sillyehamnida) akan digunakan pada kondisi tertentu. Misalnya ketika kalian ingin bertanya dengan orang lain namun merasa sungkan. Nah di situasi inilah kalian bisa menggunakan kosakata 실례합니다 (Sillyehamnida) sebagai kata ganti ucapan maaf karena telah mengganggu mereka.

Nah itulah beberapa jenis kata ucapan maaf yang bisa kalian pelajari. Dari penjelasan di atas, tentunya kalian tahu jika setiap kata maaf dalam bahasa Korea selalu memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Oleh karena itu kalian bisa mencoba menggunakan salah satu jenis kata maaf di atas sesuai dengan situasi yang sedang terjadi.

Beberapa Jenis Ucapan Minta Tolong Dalam Bahasa Korea

Sebelumnya telah dijelaskan beberapa kosakata ucapan terima kasih dan maaf dalam bahasa Korea. Nah agar lebih lengkap penguasaan bahasa Korea kalian, maka berikutnya adalah penjelasan akan beberapa jenis kata ucapan minta tolong yang ada dalam bahasa Korea.

Berikut ini adalah penjelasan akan beberapa jenis kata minta tolong yang ada di dalam bahasa Korea.

도와주시겠어요 (Dowajusigesseoyo)

도와주시겠어요 (Dowajusigesseoyo) adalah jenis kata ucapan minta tolong yang ada di dalam bahasa Korea. Penggunaan kosakata 도와주시겠어요 (Dowajusigesseoyo) memang masih begitu sopan. Oleh karena itu penggunaan kata 도와주시겠어요 (Dowajusigesseoyo) biasanya pada kondisi formal.

도와주실래요 (Dowajusillaeyo)

Selanjutnya ada kata 도와주실래요 (Dowajusillaeyo) yang bisa digunakan sebagai ucapan minta tolong. Jika diartikan, 도와주실래요 (Dowajusillaeyo) akan memiliki arti “bisakan kamu membantu saya”. Meski keberadaan 도와주실래요 (Dowajusillaeyo) tidak sesopan 도와주시겠어요 (Dowajusigesseoyo).  Namun kata 도와주실래요 (Dowajusillaeyo) masih bisa digunakan sebagai bentuk ucapan minta tolong dalam kondisi formal. Adanya penambahan 시 (si) akan memperlihatkan tingkat kesopanan dalam ungkapan 도와주실래요 (Dowajusillaeyo).

도와주세요 (Dowajuseyo)

도와주세요 (Dowajuseyo) adalah kata ucapan minta maaf yang memang paling banyak digunakan pada kehidupan sehari-hari. Dimana penggunaan kata 도와주세요 (Dowajuseyo) memang bisa juga digunakan pada kondisi darurat.

도와줘 (Dowajwo)

도와줘 (Dowajwo) jika diartikan secara harfiah adalah “tolong aku”. Penggunaan kata 도와줘 (Dowajwo) biasanya akan dilakukan pada kondisi informal atau kepada orang dengan usia seumuran maupun lebih muda dari kalian.

Nah, itulah beberapa jenis kata ucapan yang ada di dalam bahasa Korea. Mulai dari kata ucapan terima kasih, maaf hingga minta tolong sudah dijelaskan dalam artikel ini. Semoga semua pembahasan di atas bisa menambah wawasan kamu.

Jika ingin mencari buku tentang bahasa Korea, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien