Business Ekonomi

Pengertian Industri Kreatif: Jenis, Contoh & Kebijakan Pemerintah

Industri Kreatif
Written by Ananda

Industri Kreatif – Setiap manusia diberkahi kreativitasnya masing-masing. Namun, tidak semua dapat mengembangkannya menjadi suatu hasil karya nyata yang akan berguna bagi masyarakat lainnya. Maka dari itu, industri kreatif hadir untuk menjadi wadah bagi orang-orang yang memiliki ide serta gagasan cemerlang untuk dapat mengolah kreativitasnya.

Kreativitas seseorang sudah sepatutnya dimanfaatkan untuk menciptakan kesejahteraan serta membuka lapangan pekerjaan. Dengan sumber daya manusia yang dimanfaatkan dengan cara yang tepat, industri kreatif diharapkan dapat menghasilkan sebuah karya tanpa mengeksploitasi sumber daya alam yang berlimpah.

Untuk mengetahui secara lebih rinci, apa itu industri kreatif, simak penjelasan mengenai pengertian industri kreatif, jenis, contoh, manfaat, hingga berbagai kebijakan pemerintah yang mengaturnya berikut ini.

Pengertian Industri Kreatif

Pengertian industri kreatif secara umum adalah segala proses penciptaan, kreativitas, ide, dan gagasan dari seseorang atau kelompok yang kemudian dapat menghasilkan karya atau produk setelahnya. Industri kreatif itu sendiri merupakan penggabungan dari dua kata, yakni industri dan kreatif. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, industri merupakan kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, sedangkan kreatif adalah kata sifat yang mencerminkan bahwa seseorang atau kelompok terkait memiliki daya cipta dan kemampuan untuk menciptakan.

Industri Kreatif

Unsplash.com/Bruce Mars

Kreativitas yang dihasilkan oleh seseorang atau kelompok tersebut nantinya diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi serta dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat yang membutuhkan. Maka dari itu, industri kreatif merupakan bidang penting yang harus terus dikembangkan seiring berjalannya waktu dan perlu dibangun bersama-sama dalam perkembangannya karena merupakan salah satu penopang perekonomian negara.

Pengertian Industri Kreatif Menurut para Ahli

Menurut Simatupang, industri kreatif adalah industri yang mengandalkan keterampilan, talenta dan kreativitas yang berpontensi dalam meningkatkan kesejahteraan.

Menurut Departemen Perdagangan RI tahun 2009, industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan keterampilan, kreativitas, dan bakat yang dimiliki individu dalam menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan. Industri ini akan berfokos untuk memberdayakan daya cipta dan daya kreasi suatu individu.

Menurut UK DCM Task Force: 1998, industri kreatif adalah industri yang berasal dari kreativitas individu yang secara potensial mampu untuk menciptakan kekayaan dan lapangan pekerjaan melalui eksploitasi dan pembangkitan daya cipta dan kekayaan intelektual individu tersebut.

Menurut Howkins, industri kreatif adalah industri yang mempunyai ciri-ciri keunggulan pada sisi kreativitas dalam menghasilkan atau menciptakan berbagai desain kreatif yang melekat pada produk barang atau jasa yang dihasilkan.

Jenis-Jenis Industri Kreatif

Di Negara Indonesia, industri kreatif itu sendiri terbagi menjadi 14 jenis sektor yang dapat dikategorikan sebagai bentuk kreativitas yang dihasilkan untuk menumbuhkan perekonomian. Berikut adalah jenis-jenis industri kreatif yang menjadi penumbuh perekonomian masyarakat.

1. Arsitektur

Arsitektur merupakan salah satu jenis industri kreatif yang berkaitan dengan perancangan dan desain konstruksi bangunan. Bidang industri kreatif dalam jenis arsitektur juga menghasilkan produk berupa bangunan dan property yang dapat bernilai tinggi.

2. Periklanan

Periklanan merupakan salah satu jenis industri kreatif yang di dalamnya terdapat banyak sumber daya manusia berupa muda-mudi kreatif. Industri periklanan juga memiliki peranan besar untuk membantu perekonomian bangsa karena sifatnya mempromosikan suatu produk dan jasa kepada khalayak luas.

3. Film, Fotografi, atau Video

Jenis industri kreatif dalam bidang film, fotografi, dan video merupakan salah satu sektor yang berpotensi besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Bidang ini termasuk ke dalam kategori industri kreatif karena proses dalam produksi film atau fotografi maupun video berawal dari mengumpulkan ide-ide dan kreativitas awal.

Industri Kreatif

4. Musik

Musik merupakan salah satu jenis industri kreatif yang digunakan para pegiat seni sebagai cara mengekspresikan perasaan. Bidang musik dapat dikategorisasikan sebagai industri kreatif karena dalam proses komposisi musik, terdapat banyak proses yang harus didukung oleh ide dan kreativitas.

5. Televisi dan Radio

Bidang televisi dan radio merupakan kegiatan kreatif yang di dalamnya berisi berbagai proses produksi dengan berbagai kreasi. Salah satu contoh bidang televisi dan radio ialah penyediaan siaran TV dan siaran radio yang berfungsi untuk mengedukasi serta menghibur para penonton.

6. Pasar seni dan budaya

Pasar seni dan budaya merupakan salah satu jenis industri kreatif yang menampung para pegiat seni serta seniman yang memproduksi karya-karyanya melalui latar belakang kebudayaan dan kreativitas yang mumpuni. Pasar seni dan budaya banyak menghasilkan karya yang menyampaikan pesan-pesan emosional yang sifatnya dekat dengan masyarakat.

7. Kerajinan

Kerajinan merupakan salah satu jenis industri kreatif yang sudah menjadi budaya masyarakat di tiap-tiap daerah. Proses produksi dalam menghasilkan kerajinan didukung dengan berbagai bahan baku yang ditemukan di lingkungan sekitar, misalnya seperti bambu, kayu, tanah liat, batu, logam, dan lain-lain.

8. Fashion

Fashion atau mode merupakan salah satu jenis industri kreatif yang akan selalu berkembang dan berubah seiring berjalannya waktu. Hal tersebut terjadi karena para pencipta mode atau para desainer menciptakan berbagai tren fashion dengan meneysuaikannya dengan keadaan dan kondisi yang sedang terjadi.

9. Desain

Desain merupakan salah satu jenis industri kreatif yang berkaitan erat dengan kegiatan kreatif seperti desain grafis, interior, hingga desain produk. Para penggelut desain dalam industri kreatif ialah mereka yang memiliki ide-ide kreatif untuk selalu menciptakan sesuatu.

10. Permainan Interaktif

Permainan interaktif merupakan salah satu jenis industri kreatif yang menghasilkan permainan komputer dan video yang sifatnya menghibur sekaligus mengedukasi masyarakat. Permainan interaktif ini berkaitan erat dengan tersedianya jaringan internet, sehingga sektor ini memerlukan dukungan tekonologi informatika.

11. Layanan Komputer dan Piranti Lunak

Bidang layanan komputer dan piranti lunak merupakan kegiatan yang berhubungan dengan teknologi informasi. Kegiatan-kegiatan kreatif di dalamnya termasuk jasa layanan komputer, pengembangan piranti lunak, hingga analisis sistem.

12. Seni Pertunjukan

Beberapa bentuk seni pertunjukan di antaranya adalah teater, pagelaran tari, drama musical, hingga pertunjukan wayang. Seni pertunjukan dalam industri kreatif itu sendiri sangat erat kaitannya dengan budaya masyarakat. Beberapa contoh seni pertunjukan ini tidak hanya dapat menjadi sumber penghasilan para seniman, namun juga salah satu cara menjaga kebudayaan.

13. Penerbitan dan Percetakan

Industri kreatif dalam bidang penerbitan dan percetakan banyak memproduksi hasil atau karya dalam bentuk tulis seperti buku, majalah, koran, undangan, dan lain sebagainya. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, para kreator sudah banyak yang mulai mengacu pada karya tulis dalam bentuk digital, seperti misalnya e-book, blog, dan website.

14. Riset dan Pengembangan

Bidang riset dan pengembangan adalah kegiatan kreatif yang berhubungan erat dengan berbagai usaha dalam menciptakan penemuan ilmu dan teknologi untuk penerapan ilmu dan pengetahuan.

Riset itu sendiri merupakan penyelidikan atau penelitian terhadap suatu masalah secara bersistem, kritis, dan ilmiah untuk meningkatkan pengetahuan, sementara pengembangan yang dimaksud ialah ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan fungsi dan manfaatnya untuk menghasilkan teknologi baru.

Keempat belas jenis industri yang telah disebutkan di atas tergolong ke dalam industri kreatif. Hal tersebut karena semuanya memerlukan kreativitas dalam menjalankan prosesnya masing-masing, serta menghasilkan ide-ide baru dalam setiap produknya. Produk-produk yang dihasilkan tersebut kemudian menjadi sebuah karya yang memiliki nilai jual yang berbeda-beda.

Contoh Industri Kreatif

Industri kreatif atau bidang usaha tempat segala kegiatan yang menghasilkan sebuah karya juga memiliki beberapa contoh karya yang dihasilkan. Beberapa karya dari industri kreatif tersebut mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah contoh industri kreatif.

1. Produksi kain batik

Batik merupakan salah satu kain tradisional asal Indonesia yang sudah diketahui oleh banyak negara dan keberadaannya mendunia. Dalam produksi kain batik, tentunya terdapat banyak proses yang harus dilalui. Proses produksi kain batik hingga menjadi produk yang siap dipasarkan pun tentunya membutuhkan banyak kesabaran dan kreativitas.

2. Proses pembuatan film

Proses pembuatan film merupakan tahapan yang cukup panjang, dari mulai menciptakan ide, membuat cerita, penulisan naskah, perekaman, penyuntingan, hingga akhirnya suatu film dapat diputarkan kepada penonton. Produk yang dihasilkan berupa film merupakan buah dari kreativitas pihak-pihak terkait dalam setiap prosesnya.

Industri Kreatif

3. Pagelaran wayang atau sendratari

Pagelaran wayang merupakan pertunjukan drama tradisional yang menampilkan lakon wayang berdasarkan latar belakang kisah tokohnya masing-masing, sedangkan pagelaran sendratari pementasan beragam kesenian berupa drama, tarian, hingga musik dengan berbagai kisah sebagai latarnya. Keduanya merupakan contoh industri kreativ yang kental dengan budaya Indonesia.

4. Percetakan buku

Percetakan buku merupakan salah satu contoh dari sebuah industri kreatif di mana proses produksinya melibatkan produksi tulisan dan gambar secara massal. Produk yang dihasilkan dalma bidang percetakan buku bukan hanya buku, namun juga seperti brosur, flyer, majalah, undangan, dan lain-lain.

5. Peragaan busana

Peragaan busana merupakan kegiatan atau acara yang biasanya diadakan oleh para perancang busana untuk menunjukan dan memperkenalkan karya-karyanya kepada masyarakat luas. Proses dalam peragaan busana merupakan salah satu kegiatan yang membutuhkan kreativitas karena menyangkut banyak pihak, mulai dari perancang busana, model, penyedia produk-produk fashion hingga penunjang busana.

6. Kreator konten

Kreator konten merupakan salah satu pekerjaan yang saat ini banyak digeluti dan hampir selalu dibutuhkan dalam setiap sektor industri kreatif. Seorang kreator konten bertugas untuk menciptakan berbagai materi konten dalam bentuk tulisan, gambar, video, hingga suara mau pun gabungannya. Dalam menjalani setiap proses menjadi seorang kreator konten, dibutuhkan banyak kreativitas dan ide-ide yang cemerlang.

Manfaat Industri Kreatif

Industri kreatif merupakan salah satu bidang yang menjadi penopang perekonomian negara. Industri kreatif di Indonesia juga tidak hanya memiliki jenis yang beragam, namun juga memiliki segudang manfaat untuk masyarakat dan negara.

Manfaat utama industri kreatif ialah menumbuhkan kreativitas dan inovasi dari setiap pelaku bisnis. Hal tersebut juga didukung dengan keadaan Negara Indonesia dengan banyaknya sumber daya manusia khususnya dalam usia kerja produktif.

Sebagai sarana penopang perekonomian negara, industri kreatif juga semakin diperhatikan dengan baik oleh negara. Industri kreatif juga diharapkan dapat menjadi salah satu bidang terbesar untuk mengembangkan industri saat ini.

Karena pentingnya keberadaan industri kreatif ini, maka tidak mungkin untuk menggantungkan banyaknya sektor terhadap alam. Mengingat sumber daya alam yang sifatnya terbatas, negara Indonesia juga harus mengambil langkah dan tindakan yang tepat dalam mengembangkan industri kreatif tanpa mengurangi sumber daya alam yang semakin hari semakin menipis.

Kebijakan Pemerintah Mengenai Industri Kreatif

Pentingnya keberadaan industri kreatif membuat pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan wajib untuk menjadikan industri kreatif tetap berkembang dengan baik. Berikut adalah beberapa kebijakan pemerintah guna meningkatkan industri kreatif di Indonesia.

1. Mengintegrasikan Aset dan Potensi

Kebijakan pemerintah yang pertama dalam bidang industri kreatif ini ialah mengintegrasikan asset dan potensi pengembangan kreativitas. Pengelolaan asset yang dimaksimalkan dapat menjadi sumber modal dalam industri kreatif ini. Dengan mengintegrasikan aset dan potensi kreativitas seseorang, masyarakat akan senantiasa untuk turut terjun secara langsung dan berlomba-lomba untukmenghasilkan kreativitas-kreativitasnya.

2. Mendorong Inovasi dan Kreativitas

Ide-ide dan inovasi yang cemerlang sudah sepatutnya didukung oleh pemerintah dengan bentuk penyediaan modal hingga fasilitas untuk merealisasikan kreativitas tersebut. Karena hal tersebut, para pegiat bisnis akan terus terdorong untuk menciptakan inovasi dengan berbagai kreativitasnya untuk menghasilkan sesuatu.

Ide-ide tersebut tidak jarang mengundang persaingan antar rekan usaha. Namun, hal tersebut juga yang membuat masyarakat semakin terdorong untuk menciptakan inovasi yang out of the box.

3. Membentuk Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif)

Membentuk Badan Ekonomi Kreatif atau yang biasa disebut dengan bekraf merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam memperkuat bidang industri kreatif.

Bekraf merupakan salah satu institusi yang dibentuk presiden dengan tujuan untuk memberikan wadah atau fasilitas bagi orang-orang yang memiliki ide dan kreativitas untuk direalisasikan. Keberadaan institusi Bekraf juga dapat mendorong masyarakat untuk terus menghasilkan inovasi-inovasi baru hingga menjadi sebuah karya.

Institusi ini juga merupakan salah satu bentuk kebijakan pemerintah yang dapat meningkatkan perekonomian negara karena menghadirkan ide-ide yang segar.

Industri Kreatif

4. Meregulasi dan Mendukung Kreativitas

Meregulasi dan mendukung kreativitas anak bangsa merupakan salah satu kewajiban pemerintah. Kreativitas memang sejatinya harus diregulasi dan didukung, salah satu caranya ialah dengan memberikan perlindungan terhadap hak cipta kepada para pencipta, inovator, hingga pelaku bisnis.

Hal tersebut karena kreativitas seseorang merupakan komoditi ekonomi yang dapat diperjual belikan. Tanpa adanya regulasi dan dukungan dari pemerintah, kreativitas tersebut dapat hilang dan pindah tangan karena bentuknya yang tidak terwujud.

Di Indonesia itu sendiri, sudah terdapat regulasi dengan dibentuknya undang-undang perlindungan hak cipta dan hak intelektual.

Kesimpulan

Setelah mengetahui berbagai hal terkait industri kreatif, dapat disimpulkan bahwa mengeksplorasi ide dan kreativitas dari setiap individu merupakan hal penting. Hal itu karena sumber daya manusia dengan ide-ide yang kreatif sangat dibutuhkan untuk dapat menjalankan segala proses produksi dalam sektor-sektor industri kreatif.

Sebagai individu yang dinamis, kita dituntut untuk dapat mengeksplorasi ide tanpa batas, pasalnya industri kreatif ini akan terus-menerus berkembang mengikuti zaman dan harus tetap didukung oleh hadirnya sumber daya manusia yang kompatibel.

Sesuai dengan isi penjelasan di atas, kamu dapat mengetahui secara singkat apa itu pengertian industri kreatif, jenis-jenisnya, contoh, manfaat, hingga berbagai kebijakan pemerintah guna meningkatkan kualitas industri tersebut.

Bagi kamu yang tertarik untuk membangun industri kreatif dan berkecimpung di dunia tersebut, kamu dapat melakukan banyak hal bermanfaat untuk dapat menjalankan teknologi dan bisnismu sendiri. Hal tersebut dapat dimulai dengan mempelajarai banyak hal-hal bersifat teoretis.

Kamu dapat mengunjungi berbagai web untuk membaca berbagai jurnal ilmiah mengenai industri kreatif atau pun mengunjungi website resmi www.gramedia.com untuk mencari berbagai refrensi melalui buku-buku terkait industri kreatif.

Penulis: Alya Madani

BACA JUGA:

  1. Pengertian Ekonomi Kreatif: Ciri-Ciri dan Contoh-Contohnya 
  2. Pengertian, Prospek Kerja, dan Cara Menjadi Content Creator 
  3. Berpikir Kreatif dan Inovatif, Kenali Perbedaannya 
  4. Pola Pikir: Mengembangkan Cara Berpikir Cerdas dan Kreatif 
  5. 10 Peluang Bisnis Usaha yang Cocok untuk Anak Muda 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien