Pendidikan Jasmani

10 Jenis Senam dan Manfaat dari Melakukannya Secara Rutin!

jenis senam

Jenis Senam – Mengetahui mengenai berbagai macam senam memang perlu untuk disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Grameds. Senam merupakan salah satu di antara berbagai cabang olahraga yang menggunakan berbagai gerakan tubuh. Dalam kegiatan senam, dibutuhkan kecepatan, kekuatan, serta keserasian dalam gerakan fisik.

jenis senam

https://www.maxmanroe.com/

Senam bisa membantu seseorang untuk menjaga kebugaran, menambah kekuatan, kelenturan, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak sekadar itu, apabila senam dilakukan secara rutin, maka dapat membuat proporsi tubuh menjadi lebih ideal sehingga bisa membuat orang dapat tampil dengan lebih percaya diri.

Seiring dengan berkembangnya era yang semakin modern, senam mengalami perkembangan yang cukup pesat, yaitu makin banyaknya berbagai macam variasi senam. Seperti senam irama, aerobik, artistik, lantai, zumba, SKJ, akrobatik, ritmik sportif, power tumbling, dan trampolin.

Berikut ini penjelasan dari berbagai macam senam lengkap beserta dengan manfaat dan juga cara melakukannya

Manfaat Senam Secara Umum

jenis senam

https://id.pinterest.com/

Olahraga senam pada dasarnya mempunyai banyak sekali manfaat bagi manusia, baik dari sisi kesehatan jasmani dan juga kesehatan rohani. Melakukan senam dengan teratur bisa membuat Grameds mendapatkan hasil yang positif seperti :

1. Membantu Memperkuat Imun Tubuh

Manfaat senam yang dapat Grameds peroleh, yakni  sistem kekebalan tubuh bisa menjadi semakin kuat. Para peneliti dary Pennysylvania State University melakukan penelitian ada kelompok wanita aktif  dan tidak aktif, beserta dengan dampak olahraga terhadap sistem kekebalan tubuh dari para peserta penelitian. Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan melalui jurnal Neuroendocrinology Letters.

Peneliti mengamati satu kelompok yang berolahraga dengan menggunakan treadmill selama 30 menit, sementara kelompok lainnya melakukan kegiatan intens dengan waktu 30 detik, dan kelompok yang terakhir tidak berolahraga sama sekali. Hasilnya, peneliti mendapatkan hasil bahwa olahraga senam yang dilakukan dalam intensitas yang sedang dan secara teratur mampu meningkatkan antibodi tertentu dalam darah yang dikenal dengan imunoglobin.

Sementara itu, kelompok wanita yang tak berolahraga tidak menunjukkan peningkatan fungsi sistem kekebalan tubuh sama sekali serta kadar kortisol dalam tubuh pun jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan yang kelompok aktif. Jadi dapat disimpulkan bahwa manfaat senam salah satunya yakni bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Olahraga senam adalah salah satu kegiatan yang direkomendasikan oleh American Heart Association. Bahkan, olahraga senam sangat direkomendasikan untuk orang – orang yang mempunyai risiko terkena penyakit jantung. Manfaat dari senam bisa membantu untuk menguatkan serta membantu kinerja jantung. Hal ini juga dapat menjadikan darah terpompa secara maksimal ke seluruh tubuh.

Disamping itu, manfaat senam pun bisa membantu menjaga pembuluh darah supaya tetap bersih dengan meningkatkan  kadar kolesterol baik atau yang disebut juga sebagai HDL. Sementara itu, senam yang dilakukan secara rutin juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL yang berada di dalam darah.

Untuk memperoleh manfaat senam yang satu ini, Grameds dianjurkan melakukan senam sebanyak lima kali dalam seminggu, dengan durasi sekitar 30 menit pada tiap – tiap sesinya.

3. Berat Badan Lebih Terjaga

Grameds pasti sudah mengetahui bahwa olahraga dan pola makan yang sesuai merupakan tips alami untuk menurunkan dan menjaga berat badan? Nah, sama halnya dengan rutin melakukan kegiatan yang satu ini. Manfaat dari senam yakni bisa menurunkan berat badan, dan membantu untuk mempertahankan berat badan tetap ideal.

Meski demikian, hal tersebut tetap bergantung pada jumlah berat dan kecepatan senam yang Grameds lakukan. Untuk menurunkan berat badan, mungkin Grameds perlu membakar 400 sampai 600 kali per harinya. Jadi, tak perlu ragu melakukan olahraga yang satu ini, untuk yang tengah menjalani program diet, olahraga senam merupakan pilihan yang tepat!

4. Membantu Meningkatkan Mood

Pada masa pandemi Covid – 19, setiap orang pasti kerap kali merasa bad mood, bosan, cemas, bahkan hingga stres. Apakah Grameds setuju? Hal ini sangat wajar, mengingat Grameds lebih sering menghabiskan waktu hanya di dalam rumah. Ruang lingkup pun menjadi semakin terbatas, ya. Nah, manfaat dari senam dapat membantu untuk mengatasi perasaan tersebut, lho.

Menggerakan tubuh bisa meningkatkan suasana hati serta membuat perasaan menjadi lebih bahagia. Ini dapat menjadi manfaat senam yang tak kalah menarik, bukan? Melakukan olahraga dengan intensitas tinggi akan mempengaruhi terhadap mood, meski hanya dilakukan dengan durasi yang singkat. Seperti yang telah kita ketahui, olahraga juga termasuk salah satu cara untuk membuang rasa stres.

5. Tidur Pun Menjadi Lebih Nyenyak

Masalah sulit tidur atau yang juga disebut sebagai insomnia adalah salah satu gangguan yang sering kali dialami oleh orang – orang di masa sekarang. Walau begitu, Grameds harus segera mengatasinya, apabila tidak insomnia dapat memberikan pengaruh yang buruk, salah satunya yakni dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, lho. Ada pun salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan susah tidur, yakni dengan rutin melakukan olahraga senam.

Manfaat senam yang satu ini bisa Grameds dapatkan apabila dilakukan dengan rutin, ya. Menurut sebuah studi yang  telah dilakukan pada sekelompok orang yang memiliki masalah tidur kronis, mengungkapkan bahwa dengan melakukan olahraga senam secara teratur dapat menjadi alternatif pengobatan yang efektif untuk insomnia. Jadi, manfaat senam yang satu ini juga tak kalah pentingnya, lho.

Macam – macam Senam dan Cara Melakukannya

jenis senam

https://www.bolatimes.com/

Berikut ini berbagao macam senam lengkap beserta cara melakukannya yang benar, diantaranya yakni :

1. Senam Irama

Senam irama adalah jenis senam yang dilakukan dengan menggunakan gerakan bebas dengan diiringi alunan irama atau alunan musik. Macam senam tersebut bisa dilakukan dengan memakai alat bantu ataupun tidak. Gerakan dasar pada senam ini dapat berupa ketukan, tepukan tangan, nyanyian musik, dan lain sebagainya. Gerakan pada senam irama biasanya sesuai dengan lagu dan terkesan seakan seperti tarian serta bisa dilakukan secara individu (perorangan) atau kelompok.

Senam irama memiliki berbagai jenis senam, sebagai berikut:

  • Senam ritmik menggunakan alat pita.
  • Senam ritmik menggunakan alat bola.
  • Senam ritmik menggunakan alat tali.
  • Senam ritmik menggunakan alat berupa simpai.
  • Senam ritmik menggunakan alat gada.

2. Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan salah satu di antara jenis olahraga senam yang memadukan berbagai gerakan yakni gerakan aktif, kreatif, dan juga energik. Dalam praktikknya, kegiatan senam tersebut memakai musik dengan irama atau tempo yang relatif cepat. Jenis senam ini mempunyai gerakan dasar yakni kaki melompat – berjalan serta bergerak aktif ke sana ke mari selaras dengan irama yang dimainkan.

Gerakan dalam senam aerobik dapat dengan menggunakan pola atau pun tidak menggunakan pola. Sama seperti senam irama, macam senam ini juga diiringi dengan menggunakan musik yang mempunyai ketentuan ritmis, kesinambungan, serta durasi tertentu. Salah satu hal penting dalam gerakan senam aerobik ialah pengaturan nafas yakni penggunaan oksigen yang tepat serta dilakukan cara yang sesuai. Teknik dasar dalam senam aerobik ialah dengan melakukan gerakan yang berulang. Durasi senam aerobik berkisar dari 20 hingga 30 menit.

3. Senam Artistik

Senam artistik ialah salah satu jenis senam yang biasanya ada di dalam perlombaan. Dalam senam artistik gerakannya disusun dengan menggunakan masing – masing alat serta sudah ditetapkan sesuai dengan peraturan pertandingan yang berlaku.

senam & pijat bayi - jenis senam

Peralatan yang digunakan dalam kegiatan senam artistik ini ada beberapa macam, yakni lantai, kuda – kuda pelana, kuda – kuda lompat, gelang – gelang, palang tunggal, palang sejajar, palang bertingkat, dan balok keseimbangan dengan ukuran yang sudah ditetapkan. Kegiatan senam artistik dapat dilakukan sendiri maupun beregu serta telah mempunyai aturan dan kriteria penilaiannya masing – masing.

Senam artistik ini juga merupakan jenis senam yang menggabungkan dari teknik gerakan tumbling dengan keterampilan senam akrobatik. Tumbling ialah salah satu disiplin dalam senam di mana seorang pesenam melakukan berbagai rangkaian gerak yang cepat serta eksplosif pada satu garis lurus.

4. Senam Trampolin

Senam trampolin merupakan jenis senam yang hampr menyerupai senam akrobatik. Perbedaanya ialah pesenam dalam senam trampolin pada umumnya akan melakukan akrobat di atas trampolin. Sehingga jenis senam ini membuat gerakan memantul pada trampolin. Beberapa macam gerakan yang umumnya dilakukan pada saat melakukan senam trempolin di antaranya ialah lompatan sederhana, lipatan, posisi mengangkang, dan juga jungkir balik. Senam trampolin dapat melatih ketangkasan, keberanian, serta untuk kekuatan otot kaki.

5. Senam Akrobatik

Senam akrobatik adalah salah satu jenis senam yang dilakukan dengan cara menampilkan berbagai gerakan yang ekstrim seperti misalnya melakukan putaran di atas, salto, serta berbagai gerakan lainnya yang memerlukan kelenturan dan daya keseimbangan yang baik. Dalam melakukan senam akrobatik wajib melakukan latihan khusus yang dipandu dengan instruktur yang andal serta sudah profesional di dalam bidangnya.

Manfaat yang akan didapatkan apabila rutin melakukan senam akrobatik ialah bisa menjadikan tubuh lebih lentur dari yang sebelumnya, meningkatkan keseimbangan tubuh, membuat sistem motorik menjadi lebih kuat, serta untuk melatih mental karena dalam melakukan senam akrobatik ini dibutuhkan nyali dan kesiapan yang besar. Hal itu dikarenakan gerakan yang dilakukan dalam senam akrobatik dapat dikatakan cukup ekstrim.

6. Senam Kesegaran Jasmasni atau SKJ

Senam Kesegaran Jasmani atau SKJ adalah kegiatan senam di mana peserta dari kegiatan ini ini akan melakukan berbagai macam gerakan dengan menggunakan iringan irama musik. Seiring berjalannya waktu, kini banyak sekali komunitas SKJ yang secara aktif pada tiap beberapa minggu sekali melakukan olahraga ini dengan. Sehingga membuat keberadaan senam kebugajaran jasmani ini semakin eksis, familiar, dan juga digemari oleh masyarakat dari berbagai kalandan di mulai dari anak – anak sekolah hingga ibu – ibu rumah tangga.

7. Senam Zumba

Senam zumba adalah salah satu jenis senam yang memiliki fungsi untuk membakar kalori dengan efektif. Olahraga ini merupakan jenis senam kebugaran yang bisa disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh dari masing – masing pesertanya.

Senam zumba mempunyai gerakan yang senada dengan irama musik yang mengiringi, dan juga dilakukan dalam durasi waktu tertentu. Gerakan dari senam zumba ini dilakukan guna untuk melatih berbagai otot tubuh dan denyut jantung. Pada senam zumba, fokus utamanya ialah untuk melatih serta meningkatkan kelenturan otot inti pada tubuh, kaki, dan juga bokong. Senam zumba termasuk olahraga yang memiliki sifat aerobik.

Tiap – tap olahraga yang dilakukan dengan kurun waktu lebih dari 4 menit secara teratur bisa disebut sebagai olahraga aerobik, termasuk olahraga berenang, berlari, bersepeda, dan juga senam zumba. Melakukan senam zumba dengan durasi kurang lebih satu jam bisa membakar sekitar 360 hingga 532 kalori. Langkah – langkah yang diperlukan relatif sederhana, tetapi Grameds akan lebih sering melakukan gerakan pada bagian pinggul sehingga seluruh tubuh turut bergerak.

Variasi gerakan senam zumba biasanya tergolong sebagai olahraga jenis ketahanan (resistance). Selain memiliki manfaat untuk melatih jantung, senam zumba juga bisa untuk memperkuat otot.

8. Senam Lantai

Senam lantai merupakam kegiatan olahraga yang cara gerakan serta bentuk latihannya dilakukan sesuai dengan namanya yakni di lantai. Pada umumnya, senam lantai dilakukan dengan menggunakan alas berupa matras. Macam – macam senam lantai yaitu sikap lilin, head stand, hand stand, berguling ke depan (forward roll), berguling ke belakang (back roll), guling lenting (neck spring), kayang, dan juga loncat harimau.

9. Power Tumbling

Power tumbling atau yang juga dikenal sebagai tumbling ialah sebuah olahraga yang merupakan pengembangan dari latihan trampolin yang dipadukan dengan kecepatan serta kemampuan akrobatik. Pertandingan dari power tumbling bisa dilakukan secara individu maupun beregu.

Berbeda dengan senam trampolin yang biasanya, power tumbling memakai trampolin kecil yang disusun hingga membentuk seperti sebuah trek lurus dengan panjang berkisar 25 meter. Pesenam akan melakukan dua kali set, di mana pada tiap set menunjukkan delapan keterampilan. Untuk melakukan power tumbling dengan baik dan sesuai, pesenam wajib untuk mempunyai kekuatan, koordinasi, keseimbangan tubuh, serta kesadaran spasial yang cukup baik.

10. Senam Ritmik

Senam ritmik adalah salah satu jenis senam yang mempunyai ciri khas yakni perpaduan dari tarian dan balet. Komposisi gerakan senam ini pada umumnya disampaikan melalui lantunan irama musik dan jugamenggunakan beberapa alat bantu seperti bola, pita, tali, serta gada.

Tiap – tiap gerakan pada jenis senam ritmik ini bisa melatih kelenturan, kelincahan, ketangkasan, dan juga daya tahan bagi semua anggota tubuh. Apabila Grameds tertarik dengan jenis senam ini, sebaiknya melakukan latihan dengan rutin, sebab gerakan – gerakannya membutuhkan tingkat keterampilan yang tinggi.

Sekian penjelasan mengenai senam irama beserta dengan jenis – jenis senam yang lainnya, semoga dapat membantu Grameds dalam memahami senam serta sebagai alternatif kegiatan olahrga yang dapat dilakukan pada tiap harinya untuk tetap sehat dan bugar.

Baca juga :



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien