Agama Islam

Jam Terbaik Salat Tahajud dan Keutamaannya

jam terbaik salat tahajud
Written by Wida Kurniasih

Jam Terbaik Salat Tahajud dan Keutamaannya – Salah tahajud adalah salah satu ibadah yang ada di dalam agama Islam. Ibadah salat ini dilakukan pada malam hari dan harus tidur terlebih dahulu. Hal inilah yang membuat salat tahajud menjadi ibadah yang cukup berat untuk dilakukan. Akan tetapi, Allah SWT menjanjikan banyak hal bagi hamba-hambanya yang rutin melakukan salat tahajud.

Namun, salat tahajud juga harus dilakukan dengan benar. Tidak boleh sembarang waktu. Kapan waktu terbaik untuk melakukannya? Artikel ini akan membahas mengenai waktu terbaik melakukan salat tahajud. Selain itu, akan dijelaskan pula bagaimana keutamaan-keutamaannya.

Jam Terbaik Salat Tahajud

Jam Terbaik Salat Tahajud dan Keutamaannya 1

close up of A portrait of an asian muslim man pray at mosque, the pray name is sholat, regards end of sholat

1. Sepertiga Malam Pertama

Salah satu jam terbaik untuk melaksanakan salat tahajud adalah pada sepertiga malam pertama. Waktu salat tahajud pertama dapat dilakukan pada waktu setelah salat isya. Batas pada waktu pertama sekitar sampai pukul 22.00.

Seorang muslim yang ingin salat tahajud tiba bisa langsung melaksanakan salat tahajud setelah salat isya. Harus tetap tidur terlebih dahulu sebelum salat tahajud.

2. Sepertiga Malam Kedua

Waktu kedua untuk melakukan salat tahajud yaitu pada sepertiga malam kedua. Waktu ini sekitar pukul 22.00 sampai dini hari. Tepatnya pada pukul 01.00. Dibandingkan dengan waktu sepertiga malam pertama, waktu ini terbilang lebih utama. Pasalnya, waktu sepertiga pada malam kedua ini dipercaya memiliki fadhilah dan banyak keistimewaannya tersendiri.

Pada waktu sepertiga malam kedua, banyak orang yang terlelap tidur. Maka dari itu, ibadah salat tahajud ini adalah ibadah yang cukup berat. Umat muslim yang ingin melaksanakan salat tahajud dianjurkan untuk bangun pada waktu utama. Hal itu dipercaya lebih mendapatkan keutamaannya.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, terdapat penjelasan mengenai salah tahajud. Hadits tersebut berbunyi “Barang siapa yang bangun (salat malam) dan membaca sepuluh ayat, maka ia tidak akan dicatat sebagai orang-orang yang lalai. Barangsiapa yang bangun (salat malam dengan membaca seratus ayat maka ia akan dicatat sebagai orang-orang yang tunduk. Dan, barangsiapa yang bangun (salat malam) dengan membaca seribu ayat maka dia akan dicatat sebagai muqanthirin (orang-orang yang mendapat pahala berlipat-lipat tak terhingga”.

The Power Of Tahajud

The Power Of Tahajud

Beli Buku di Gramedia3. Sepertiga Malam Terakhir

Waktu ketiga yang bisa dipakai untuk salat tahajud adalah pada sepertiga malam terakhir. Waktu sepertiga malam terakhir dimulai pada pukul 01:00 sampai sebelum masuknya waktu subuh. Diantara ketiga waktu terbaik untuk melaksanakan salat tahajud, pada waktu sepertiga malam terakhirlah yang paling utama.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, sepertiga malam yang terakhir adalah waktu yang paling baik untuk melakukan ibadah. Pada waktu inilah dipercaya menjadi waktu yang mustajab. Terlebih ketika ingin memanjatkan doa pada Allah SWT.

Pada waktu sepertiga malam terakhir ini, Allah SWT turun ke langit dunia. Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda “Setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia (Allah SWT) pun berkata,” Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang dia minta? Adakah hamba-Ku yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?”.

Keutamaan Salat Tahajud

Jam Terbaik Salat Tahajud dan Keutamaannya 2

senior old asian muslim male leading a praying in congregation in the house

Salat tahajud adalah amalan yang sangat baik untuk dilakukan. Allah SWT berfirman di dalam surat Al-Isra ayat 79 “Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji”.

banner-promo-gramedia

Maka dari itu, ibadah salat tahajud memiliki banyak manfaat serta keutamaan bagi siapa saja yang menjalankannya. Berikut adalah keutamaan salat tahajud:

1. Mendapat tempat terpuji dan mulia

Salah satu keutamaan salat tahajud adalah ditempatkan pada tempat yang terpuji dan mulia di sisi Allah SWT. Ini merupakan janji Allah SWT kepada umatnya. Allah SWT berjanji akan mengangkat umat-Nya ke tempat-tempat terpuji. Hal itu dijanjikan kepada umat muslim yang tekun dan ikhlas ketika melaksanakan salat tahajud. Salat tahajud yang dilakukan dengan ikhlas dan tekun serta untuk mengharapkan ridha dari Allah SWT akan membawa banyak manfaat.

2. Doanya dikabulkan

Keutamaan berikutnya karena melaksanakan salat tahajud adalah dapat terkabulnya doa-doa yang sedang dipanjatkan. Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa-doa dari seorang muslim yang ahli salat tahajud, atau rutin melakukan salat tahajud.

Rasulullah SAW pernah mengatakan hal ini di dalam sebuah hadits. Rasulullah SAW bersabda “Pada malam hari, ada suatu saat ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah SWT memberinya. Itu berlangsung pada setiap malam.” Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dan Ahmad dari Jabir

3. Menghapus dosa dan kesalahan

Tidak hanya mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan, salat tahajud juga memiliki keutamaan lain. Keutamaan tersebut adalah sebagai penghapus dosa-dosa dan kesalahan yang sudah diperbuat. Di dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda “Lakukan qiyamullail. Karena itu kebiasaan orang shaleh sebelum kalian, bentuk taqarrub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.”. HR. Tirmidzi dari Abu Umamah Al-Bahili.

4. Menjadi seorang ahli dzikir

Seorang muslim yang rutin melaksanakan salat tahajud akan menjadi seorang ahli dzikir. Hal ini disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW menjelaskan bahwa seseorang yang bangun pada malam hari, kemudian membangunkan anggota keluarganya yang lain dan melaksanakan dua rakaat akan mendapat suatu balasan yang baik. Mereka akan dimasukkan di dalam golongan perempuan dan laki-laki yang banyak mengingat Allah SWT. Hal tersebut tercantum di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Nasa’i, dan Ibnu Majah dari Abu Sa‘id Al-Khudri

Rahasia Terlengkap Dahsyatnya Mukjizat Shalat Tahajjud

Rahasia Terlengkap Dahsyatnya Mukjizat Shalat Tahajjud

Beli Buku di Gramedia5. Menjadi rendah hati

Allah SWT mengatakan bahwa orang-orang yang rutin melakukan salat tahajud akan memiliki sifat yang selalu rendah hati serta bersahabat. Rendah hati tersebut dipancarkan melalui ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupannya sehari-hari.

6. Jembatan menuju Surga

Salat tahajud juga merupakan jembatan menuju pintu masuk surga. Allah SWT sudah memberikan sebuah jadi kepada hambaNya. Janji tersebut diperuntukan kepada hamba-hamba yang taat kepada Allah. Akan tetapi, Allah SWT juga akan memberikan nerga sebagai hukuman untuk hamba yang durhaka kepada Allah SWT.

Allah SWT menunjukan kepada hamba-hambanya cara untuk menuju surga. Salah satunya adalah dengan menunaikan ibadah salat tahajud secara rutin.

Keutamaan sholat tahajud berikutnya yakni bisa menjadi jembatan masuk surga. Allah SWT telah menjanjikan surga bagi hamba yang taat kepada-Nya. Sebaliknya, Dia menjadikan neraka sebagai hukuman bagi hamba yang durhaka kepada-Nya.

“Wahai sekalian manusia, sebarluaskanlah ucapkan salam, berikanlah makanan dan sholatlah kamu pada malam sewaktu manusia sedang tidur: niscaya kamu sekalian akan masuk surga dengan selamat”. HR. Tirmidzi

7. Membantu di akhirat

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam (surga yang penuh) taman-taman dan mata air. (Di Surga) mereka dapat mengambil apa saja yang dianugerahkan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam. Dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah SWT). QS. Az-Zariyat 15-18.

Ayat diatas menjelaskan bahwa salat tahajud memiliki keutamaan yang sangat besar. Salah satunya adalah dapat menjadi amalan yang membantu di hari akhir kelak.

8. Menjaga kesehatan fisik

Salat tahajud juga memiliki manfaat secara fisik. Salat tahajud adalah sebuah terapi untuk pengobatan berbagai penyakit yang paling baik. Oleh karena itu, seorang muslim yang rajin menunaikan salat tahajud akan memiliki daya tahan tubuh yang baik. Sehingga ia tidak mudah terjangkit  virus atau terserang penyakit. Maka niscaya ia akan selalu sehat.

Rasulullah SAW bersabda, “Lakukan sholat malam karena itu adalah tradisi orang-orang shalih dihadapanmu, sarana mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dosa, menghapus perbuatan salah, dan mencegah segala macam penyakit dari tubuh.” di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi.

Baca juga:

Itulah jam terbaik serta keutamaan salat tahajud bagi orang-orang muslim. Masih banyak keajaiban lainnya mengenai salat tahajud. Kamu bisa menemukannya di www.gramedia.com. Gramedia akan selalu memberikan rekomendasi beragam artikel serta buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Mirojul Mukminin Mukjizat Shalat Tahajud

Mirojul Mukminin Mukjizat Shalat Tahajud

Beli Buku di GramediaPenulis: Wida Kurniasih

banner-promo-gramedia

Sumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien