IPA

Ragam Hewan Terbesar di Dunia, Sebagian Masih Bisa Kita Temui Saat ini

Hewan Terbesar di Dunia
Written by Ananda

Hewan Terbesar di Dunia – Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang juga memiliki banyak keunikan. Ketika kita mendatangi kebun binatang mungkin kita akan merasa takjub melihat penampakan gajah yang sangat besar. Tubuh gajah memang lebih besar dari manusia.

Namun ternyata gajah bukanlah satu satunya hewan terbesar di dunia. Sebab masih banyak hewan lain yang memiliki tubuh lebih besar darinya. Lalu apa saja hewan-hewan terbesar yang ada di dunia? Mari kita ulas lebih dalam.

Macam-Macam Hewan Terbesar di Dunia

Hewan terbesar di dunia sudah pasti adalah hewan yang memiliki tubuh sangat besar, bahkan kita cenderung menganggapnya sebagai hewan raksasa. Jika berbicara tentang hewan raksasa, yang teringat dalam pikiran kita sudah pasti dinosaurus yang spesiesnya memiliki ukuran tubuh rata rata berada di atas 1,5 meter. Bahkan beberapa di antaranya ada yang memiliki tinggi hingga belasan meter dengan berat ratusan ton.

Lalu bagaimana dengan hewan terbesar saat ini? Meski dinosaurus sudah lama punah sejak jutaan tahun yang lalu, tapi ternyata saat ini masih ada hewan terbesar di dunia.

Hewan terbesar di dunia yang ada sekarang kebanyakan merupakan warisan dari zaman pleistosen yang berlangsung sekitar 2.588.000 hingga 11.500 tahun yang lalu. Zaman ini pernah mengalami zaman es dan setelah zaman ini berlangsung maka konon terlahirlah homo Sapiens yang pertama.

Hewan hewan di zaman pleistosen sebenarnya tidak semuanya punah karena diduga beberapa ada yang berevolusi dengan bentuk yang pastinya lebih kecil dari bentuk aslinya. Sebagai contoh, hewan yang terbesar di dunia yang ada pada zaman pleistosen adalah mammoth (mammuthus primigenius) yang merupakan nenek moyang dari gajah.

Bisa kita perhatikan hewan dari segi bentuk dan ukurannya, gajah memang mirip dengan mammoth. Lantas bagaimana dengan hewan terbesar di dunia yang ada saat ini? Ternyata masih ada lho hewan terbesar di dunia yang ukurannya ini memang terbilang raksasa jika dibandingkan dengan ukuran wajar spesiesnya.

Hewan Terbesar di Dunia

Berikut beberapa hewan terbesar di dunia yang perlu kita ketahui untuk menambah pengetahuan.

1. Paus Biru

Hewan Terbesar di Dunia

Kompas.com

Hewan terbesar di dunia yang masih kita jumpai sekarang adalah paus biru (Balaenoptera Musculus). Paus biru menjadi mamalia laut terbesar di dunia yang ukurannya bisa mencapai 33 meter dengan berat hingga 181 ton lebih. Ukurannya yang sebesar kapal pesiar ini membuatnya menyandang predikat sebagai hewan terbesar di dunia yang pernah ada di bumi.

Kebanyakan paus biru bisa dijumpai di samudera pasifik, tapi ada juga yang menemukannya di samudera Hindia dan samudera Selatan. Awalnya paus biru menjadi hewan yang bisa mudah dijumpai, lalu pada awal abad ke-20, paus biru ini banyak diburu sebelum akhirnya menjadi salah satu hewan yang dilindungi pada tahun 1966 dan manusia tidak diperbolehkan lagi memburunya.

2. Hiu Paus

Selain paus biru, ada hiu paus (Rhincodon Typus) yang menjadi spesies ikan terbesar di dunia. Panjang dari hiu paus ini bisa mencapai hingga 12 meter lebih dan berat sekitar 21 ton lebih.

Hiu paus memiliki tampilan yang agak menyeramkan karena memiliki mulut moncong yang sangat besar ketika terbuka. Lalu pada bagian atas badannya yang berwarna hitam terhadap corak bintik bintik berwarna putih. Saat membuka mulutnya, maka ikan ikan kecil dan plankton akan terserap masuk ke dalam mulutnya.

Hewan terbesar di dunia ini ternyata menghuni semua lautan tropika yang bersuhu hangat karena hiu paus sangat suka di udara yang hangat. Hiu paus paling banyak dijumpai di kawasan sebelah barat benua Australia. Hewan di dunia ini memiliki berat yang berbeda. Ada yang ukurannya kecil ada juga yang besar. Beberapa hewan terbesar di dunia bahkan ada yang sudah punah.

3. Gajah Afrika

Hewan Terbesar di Dunia

Unsplash,com

Sudah disinggung sebelumnya bahwa gajah merupakan hewan darat yang memiliki badan besar. Gajah jenisnya sangat banyak, yang terbesar yaitu gajah Afrika. Spesies gajah ini memiliki tinggi rata rata 3 meter dengan berat mencapai 8.185 kg. Porsi makan gajah Afrika sangat banyak. Dalam satu hari ia bisa mengkonsumsi 450 kg tumbuhan. Namun sayangnya, makanan tersebut hanya tercerna sekitar 40 persen saja.

4. Gajah Asia

Jenis gajah lainnya yang juga memiliki tubuh besar yaitu gajah Asia. Spesies gajah ini memiliki panjang tubuh sekitar 6,4 meter dan tinggi 3,5 meter. Beratnya mencapai 4,990 kg. Yang membedakan gajah Asia dan gajah Afrika yaitu pada telinganya. Gajah Asia memiliki telinga lebih kecil, sedangkan gajah Afrika telinganya lebar.

5. Wooly Mammoth

Hewan Terbesar di Dunia

Kompas.com

Wooly Marmot merupakan hewan terbesar di dunia yang sudah punah. Hewan ini memiliki ukuran tubuh sekitar 4 meter. Tubuhnya mirip seperti gajah dengan gading yang panjang melengkung. Tubuh mammoth dipenuhi bulu panjang berwarna coklat tua.

Hewan Terbesar di Dunia

6. Indricotherium

Indricotherium merupakan hewan yang memiliki nama lain yaitu paraceratherium. Hewan ini juga memiliki tubuh yang berukuran besar dan juga memiliki berat kurang lebih sekitar 20.000 kg dengan panjang mencapai 12,2 meter.

7. Stephen Mammoth

Jenis mammoth lainnya yang juga masuk dalam kelompok hewan terbesar di dunia sepanjang sejarah yaitu steppe mammoth. Hewan ini memiliki tubuh dengan tinggi 4 sampai 4,5 meter. Gadingnya memiliki berat kurang lebih 50 kg. Sama seperti wooly Mammoth, spesies mammoth ini juga sudah punah.

8. Beruang Kutub

Hewan Terbesar di Dunia

Unsplash.com

Beruang kutub atau ursus maritimus juga termasuk fauna terbesar di dunia. Berat beruang ini mencapai 680 kg. Panjang tubuhnya sekitar 2,6 meter. Menurut Guinness World Records, beruang kutub merupakan karnivora terbesar di bumi.

9. Beruang Kodiak

Jenis beruang lainnya adalah yang termasuk dalam hewan besar yaitu beruang kodiak. Hewan bernama latin Ursus Arctos Middendorffi ini bisa ditemukan di Alaska. Spesies beruang ini masuk kedalam kategori omnivora atau pemakan segala. Tubuhnya mencapai 3 meter dengan bobot hingga 816 kg.

10. Gaur

Mungkin banyak diantara kita yang belum mengenal gaur. Hewan ini sering disebut sebagai bison India. Bos gaurus atau gaur merupakan spesies sapi terbesar di bumi, berat mencapai 1.133 kg dengan panjang 3,3 meter.

11. Jerapah

Hewan Terbesar di Dunia

Unsplash.com

Siapa sangka jika hewan berleher panjang ini termasuk dalam kategori hewan terbesar di dunia. Jerapah atau Giraffa Camelopardalis memiliki berat tubuh hingga 1,5 ton. Hewan ini memiliki corak cantik dan leher panjang yang menjadi ciri khasnya. Anda masih bisa melihat hewan ini di kebun binatang atau taman safari.

12. Badak Putih

Badak putih atau ceratotherium simum merupakan spesies badak dengan berat hingga 3,5 ton. Panjang tubuhnya mencapai 4 meter. Meskipun tubuhnya berat namun badak in8 bisa berlari kencang. Kecepatan lainnya bahkan mencapai 40 km per jam.

13. Badak Hitam

Badak Hitam adalah hewan dengan memiliki ciri khas bibir runcing. Badak hitam memiliki tubuh yang sangat besar dengan berat bisa mencapai 1.397 kg. Meskipun demikian, badak ini masalah lebih kecil dibandingkan badak putih yang ada di bagian Afrika.

14. Titanoboa

Hewan terbesar di dunia yang sudah punah selain mammoth ada juga titanoboa. Hewan ini termasuk ular raksasa dengan panjang antara 12,8 sampai 14,3 meter dengan berat 1,25 ton. Diperkirakan titanoboa ini pernah tinggal di daerah sungai Amazon.

15. Arthropleura

Hewan Terbesar di Dunia

Kompas.com

Hewan raksasa selanjutnya yaitu arthropleura atau kaki seribu dengan panjang 2,6 meter. Hewan ini belum diketahui termasuk kelompok karnivora atau herbivora. Selain itu, letak mulut hewan purba ini juga belum diketahui hingga sekarang.

16. Hiu Basking

Jenis hiu lainnya yang juga masuk dalam kelompok hewan terbesar di dunia yaitu hiu Basking. Berat tubuhnya mencapai 19 ton dengan panjang 32 kaki. Hiu ini bisa ditemukan di teluk Fundy. Hiu ini memiliki gerakan lambat dan tidak berbahaya. Basking shark ini juga terancam punah, sehingga harus dilindungi.

17. Hiu Putih Besar

Hewan laut yang berukuran besar selanjutnya yaitu hiu putih besar. Spesies ikan ini memiliki berat sampai 3,32 ton dengan panjang antar 15-20 kaki. Hiu putih besar terkenal ganas. Spesies ikan besar ini bisa ditemukan di perairan seluruh dunia.

18. Hiu Macan

Hiu macan memiliki berat 3,22 ton. Hiu ini juga termasuk dalam ikan buas. Hewan ini masuk dalam kelompok omnivora atau pemakan segala. Meskipun buas namun gerakan hiu macan cukup lambat ketika sedang tidak mencari makan. Namun bisa berubah arah dengan cepat. Jadi ketika sedang berenang di laut, kemudian menemukan hiu ini jangan mudah tertipu. Karena bisa saja tiba tiba mendekat dan memangsa.

19. Pari Manta Laut Raksasa

Menurut penjelasan di kpp.go.id, pari manta laut merupakan ikan terbesar di dunia. Lebar tubuhnya kurang lebih 6-8 meter. Sedangkan beratnya mencapai 3 ton. Pari ini tidak beracun. Ekornya tidak memiliki sengat. Kulit pari manta diselimuti lendir tebal. Ciri khas lain bisa dilihat dari sepasang tanduk yang ada di dekat mulut.

Warna hewan ini cukup beragam ada yang hitam, biru keabu Abian, coklat dan nyaris putih. Pari manta laut raksasa ini juga masuk dalam kelompok hewan yang dilindungi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 4/KEPMEN-KP/2014.

20. Mola-Mola Laut

mola-mola laut

Kompas.com

Hewan terbesar di dunia yang hidup di laut berikutnya yaitu mola mola Laut. Ikan ini memiliki bentuk yang unik. Karenanya mola mola laut masuk dalam kategori hewan terancam punah. Mola mola laut tidak memiliki sirip ekor. Sedangkan sayapnya terletak secara vertikal. Bentuk tubuhnya bulat dan gemuk, sehingga moal mola Laut bergerak lambat.

Kerabat terdekat ikan mola mola adalah ikan buntal dan triggerfish. Ikan ini sangat rentan terhadap serangan parasit di laut. Untungnya, ikan ini tidak berbahaya untuk manusia. Mereka bisa menyelam hingga 2.600 kaki. Umumnya, mereka suka nongkrong di kedalaman 160 hingga 650 kaki (sekitar 46-198 meter), tetapi kadang-kadang bisa lebih dalam.

Setelah menyelam di bagian laut yang paling dalam dan paling gelap untuk berburu mangsa, ikan mola mola menghabiskan setengah hari berjemur di bawah sinar matahari di dekat permukaan air, untuk menghangatkan kembali tubuh mereka dan membantu kelancaran pencernaan mereka. Mereka mungkin terlihat seperti sedang pura-pura mati jika kamu cukup beruntung untuk melihatnya di alam liar. Itu karena sunfish laut sering terlihat berbaring miring di permukaan, kadang-kadang mengepakkan sirip punggung mereka.

Ikan mola memiliki berbagai jenis. Jenis ikan terbesar selanjutnya yaitu mola-mola Selatan. Tubuh ikan mola-mola ini memiliki berat yang bisa mencapai 2,3 ton. Hewan terbesar di dunia yang ada di lautan selanjutnya yaitu mola mola Hoodwinker. Spesies ini memiliki berat sekitar 1,87 ton. Dan kelompok hewan terbesar di dunia selanjutnya yaitu mola ekor tajam. Berat tubuhnya mencapai 2 ton. Spesies ini biasanya hidup di perairan tropis dan subtropis.

21. Sturgeon Beluga

Ikan besar lainnya yaitu sturgeon Beluga. Tubuhnya mencapai 2,072 ton. Habitatnya ada di laut hitam, Kaspia dan ariatik. Populasinya semakin sedikit karena sering dieksploitasi karena memiliki kaviar yang harganya mahal.

22. Cumi-Cumi Raksasa

Kompas.com

Masih dengan hewan terbesar di dunia yang tinggal di lautan ada cumi cumi raksasa (Architeuthis Dux) yang ukuran panjangnya bisa mencapai 13 meter dengan berat hingga 1 ton lebih. Cumi cumi raksasa atau yang lebih dikenal dengan nama Giant Squid ini tinggal di kedalaman laut sehingga agak sulit untuk menjumpainya. Meski agak sulit dijumpai, tapi habitat cumi-cumi raksasa ini tersebar di seluruh lautan di dunia.

23. Buaya Muara

Buaya muara (crocodylus porosus) menjadi salah satu hewan terbesar di dunia yang memiliki ukuran hingga mencapai 7 meter dengan berat sekitar 2-3 ton. Buaya muara banyak tinggal di wilayah sungai sungai dan juga di dekat lautan atau muara sehingga seringkali dijuluki sebagai buaya air asin.

Hewan terbesar di dunia ini tersebar di seluruh wilayah di dunia. Mulai dari perairan dataran rendah dan perairan pantai di daerah tropis Asia Tenggara dan Australia.

Buaya muara sangat aktif di siang hari dan malam hari dan bisa memangsa siapapun yang masuk ke dalam wilayahnya sehingga bisa dikatakan kalau jenis buaya ini sangat ganas dan berbahaya untuk manusia. Buaya muara punya kemampuan untuk melompat dari dalam ke dalam air sekitar 7 meter lebih untuk menerkam mangsanya.

24. Gorila

Gorila adalah primata yang terbesar di dunia. Khusus spesies gorila beringei memiliki tinggi sekitar 1,9 meter dengan berat mencapai 205 kilogram. Gorila yang dianggap paling besar dibandingkan spesiesnya ini hidup di hutan pegunungan Republik Demokratik Kongo. Sayangnya, saat ini hanya terdapat sekitar 5000 gorila yang tersisa di Bumi, sehingga mereka termasuk hewan terancam punah.

25. Harimau

Harimau adalah kucing terbesar di dunia. Ukuran panjang tubuhnya bisa mencapai 3 meter dan beratnya mencapai 300 kg. Harimau bisa memakan daging sebanyak 27 kg atau lebih hanya dalam waktu satu malam saja. Harimau juga lebih suka menghabiskan waktunya berjauhan dengan harimau lainnya. Mereka dikenal saling menghormati wilayah masing masing.

Hewan Terbesar di Dunia

Jika Grameds ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang berbagai hewan terbesar di dunia dan banyak misteri lainnya yang ada di dunia ini, Grameds bisa membaca dan mendapatkan buku-bukunya di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu memberikan yang terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. 12 Daftar Hewan Paling Berbahaya di Dunia
  2. 7 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia
  3. 10 Hewan Terkecil di Dunia, Kamu Bisa Melihatnya?
  4. 11 Hewan Paling Setia Terhadap Pasangannya
  5. Jenis Hewan Laut, dan Hewan Laut Terbesar
  6. 14 Hewan Langka di Indonesia yang Dilindungi


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien