Psikologi

Memahami Arti Gengsi, Ciri-Ciri hingga Cara Mengatasi Hal Tersebut!

Gengsi adalah
Written by Ananda

Gengsi adalah salah satu sifat buruk yang memang sulit sekali untuk ditangani. Kerap kali adanya rasa gengsi akan bisa menjadikan seseorang lebih sombong, arogan bahkan hingga tak disukai oleh banyak orang.

Gengsi juga bisa ada pada diri seseorang dan bisa saja terjadi karena dipengaruhi oleh sifat bawaan dari lahir akibat pola asuh orang tua atau memang disebabkan oleh lingkungan dimana ia berada sehari-hari. Memiliki rasa gengsi kerap dianggap sebagai bentuk meningkatkan harga diri serta status sosial.

Padahal, dalam kehidupan sehari-hari adanya sifat gengsi tak hanya merugikan diri sendiri melainkan juga bisa merugikan orang lain. Orang yang memiliki rasa gengsi akan sulit untuk berbaur dengan orang lain karena di dalam dirinya sudah memiliki standar pribadi yang ditunjukkan oleh suatu sikap.

Jika kalian berpikir gengsi bisa menaikkan harga diri, maka hal itu salah. Justru sikap itulah yang bisa membuat orang lain jadi tidak menghargai dirimu. Oleh karena itu, lebih baik memiliki sikap rendah hati, sehingga kita bisa bergaul dengan siapa saja. Hidup dengan gengsi juga sangat merepotkan bahkan hingga merugikan.

Nah, untuk lebih jelas tentang semua hal yang berhubungan dengan gengsi. Kalian bisa membaca ulasan yang ada di dalam artikel ini, Grameds

Alasan Kenapa Gengsi Begitu Merugikan

Gengsi adalah

pixabay.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika gengsi adalah suatu sifat yang merugikan bahkan terbilang merepotkan. Alih-alih untuk menaikkan harga diri malah berakibat menjadi dibenci banyak orang. Nah, mungkin kalian belum tahu apa saja alasan sifat gengsi bisa begitu merugikan? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Pengembangan Diri Akan Terasa Begitu Sulit Dilakukan

Alasan pertama sifat gengsi bisa memberikan kerugian besar terhadap diri sendiri adalah karena ketika kalian memiliki sifat gengsi akan menyebabkan kesulitan dalam proses pengembangan diri.

Hal ini tak lain karena gengsi akan membentuk pola pikir bahwa diri kalian sendiri sudah memiliki kepintaran di atas segalanya, sehingga tak lagi memerlukan yang namanya pembelajaran baru dalam hal apapun.

Selain itu, kalian juga akan memiliki pemikiran bahwa apa yang sudah didapatkan memang lebih besar dibandingkan milik orang lain. Hal ini akan menjadikan kalian tak mau mengembangkan diri akan hal baru.

Padahal sebenarnya kalian masih bisa memiliki kesempatan untuk berkembang menjadi lebih baik lagi. Namun, karena sifat gengsi tersebut menjadikan diri kalian lebih susah dalam proses pengembangan diri.

2. Sulit Menghargai Akan Setiap Proses Yang Ada

Ketika kalian memiliki sifat gengsi dalam kehidupan, maka secara tak langsung kalian tak akan bisa menjalani proses yang sedang terjadi dengan begitu nikmat. Bahkan, kalian akan merasa begitu tersiksa dalam melakukan setiap proses yang ada.

Hal tersebut tak lain karena kalian memiliki pola pikir bahwa apa yang sedang kalian lakukan saat ini bukanlah suatu hal yang terbaik bagi diri kalian. Tak hanya itu saja, pasalnya sifat gengsi akan menjadikan kalian merasa bisa mendapatkan sesuatu yang lebih daripada menjalankan proses yang sedang dijalani saat ini.

Ketika hal tersebut terjadi, maka bukan lagi rasa nikmat dalam menjalani proses melahirkan keterpaksaan dalam berkompromi dengan keadaan hanya karena adanya sifat gengsi dalam diri kalian.

Namun, jika kalian memutuskan untuk menurunkan standar hidup yang ada saat ini serta bisa menikmati proses yang sedang dijalani, maka kemungkinan besar kalian akan mampu untuk bisa lebih menghargai hal tersebut sebagai suatu bagian hidup untuk menjadi lebih di kehidupan yang akan datang. Selain itu, kalian juga harus sadar jika semua dalam hidup ini membutuhkan proses.

Gengsi adalah

3. Memiliki Pemikiran Dangkal

Adanya rasa gengsi dalam kehidupan kalian juga akan berpengaruh terhadap pola pikir pribadi. Pasalnya, sifat gengsi bisa menjadikan kalian menjadi seseorang yang tak realistis dan selalu beranggapan bahwa standar terbaik adalah sesuai dengan apa yang sedang kalian pikirkan.

Hal tersebut menjadikan kalian akan selalu tak akan bisa bekerja sama serta membangun relasi yang baik dengan banyak orang sekaligus. Padahal belum tentu jika apa yang kalian pikirkan adalah yang terbaik untuk orang lain.

Oleh karena itu, penting sekali untuk kalian agar menjadi pribadi dengan pola pikir terbuka agar bisa menjauhi adanya sikap gengsi dalam kehidupan ini.

4. Sangat Menyiksa Diri

Dalam kehidupan ini, ada banyak sekali hal yang begitu sederhana serta mampu memberikan kebahagiaan jika kalian tak memelihara rasa gengsi. Hidup ini tak begitu sulit, tetapi rasa gengsi yang membuat semuanya menjadi sulit.

Hidup tak mahal, tetapi rasa gengsi yang menjadikan semua terlihat mahal. Percaya atau tidak sebenarnya rasa gengsi yang tertanam dalam kehidupanmu akan bisa menaikkan dirimu sendiri dari dalam.

Bahkan, mungkin tanpa kalian sadari jika selama perjalanan hidup ini sudah menyepelekan hal baik hanya karena rasa gengsi semata. Jika sudah begini, maka yang akan dirugikan adalah diri sendiri.

Kalian akan selalu mempersulit diri sendiri dengan standar hidup yang begitu tinggi. Ketika suatu keadaan tak bisa sesuai dengan apa yang kalian inginkan, maka kalian merasa tak akan memiliki rasa bahagia.

5. Haus Akan Pengakuan

Sadar atau tidak, rasa gengsi akan menjadikan kalian sebagai seseorang yang haus akan pengakuan. Coba kita lihat aktivitas banyak orang di media sosial yang dimana pada awalnya media sosial digunakan untuk mempermudah komunikasi serta saling berbagi. Namun, saat ini keberadaan dari media sosial seakan menjadi suatu ajang untuk unjuk diri, sehingga bisa mendapatkan pengakuan sesuai apa yang kita inginkan.

Bahkan, tak jarang banyak orang mulai rela mempertahankan gengsi di media sosial hingga melakukan hal yang berada di luar kemampuan mereka. Hal tersebut tidak akan memberikan kebahagian yang baik dan hanya sekadar kebahagian palsu.

Adanya kebahagian palsu tersebut bisa memancing rasa iri dan dengki bagi orang lain. Jika sudah begini yang akan merugi bukan diri sendiri melainkan orang lain.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa memiliki sifat atau rasa gengsi dalam kehidupan bisa sangat merugikan bagi diri sendiri maupun orang lain.

Ciri Orang yang Lebih Mementingkan Rasa Gengsi

Gengsi adalah

pixabay.com

Gengsi dapat diartikan sebagai harga diri atau sebuah martabat dari seseorang individu. Oleh karena itu, kita juga butuh yang namanya gengsi, sebab tanpa ada gengsi, maka seseorang dapat merasa rendah diri hingga menjadikan orang lain turut memandang rendah diri kita.

Meski begitu, ketika kita terlalu mementingkan gengsi, hal tersebut bukannya memberikan dampak positif malah dapat berakibat negatif. Misalnya mendapatkan kesan sebagai sosok individu yang sombong sehingga dijauhi oleh orang lain.

Namun, terkadang mereka yang selalu memiliki rasa gengsi yang tinggi tak menyadari akan hal tersebut. Nah, untuk mempermudah kalian dalam mengetahui ciri orang yang lebih banyak mementingkan rasa gengsi, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Tidak Peduli dengan Orang yang Lebih Muda

Mereka yang memiliki rasa gengsi terlalu tinggi biasanya tidak akan memberikan rasa respek kepada orang yang lebih muda apalagi untuk anak kecil. Hal tersebut tak lain karena ia selalu berfikir jika dirinyalah yang seharusnya dihormati bukan malah sebaliknya.

Oleh karena itu, ketika dirinya mendapatkan saran dari yang jauh lebih mudah, biasanya ia tak akan menerimanya. Bahkan, hal tersebut bisa terjadi ketika dirinya sadar jika saran tersebut memang lebih bagus daripada apa yang ia pikirkan.

Padahal, tidak semua yang memiliki usia muda memiliki kondisi kurang pengalaman atau kurang bijak. Terkadang, mereka memiliki sudut pandang pemikiran yang jauh lebih bijak daripada kita yang memiliki usia lebih dewasa. Dalam hal ini, saling menghormati merupakan kunci untuk bisa menjalin hubungan baik dengan orang lain.

2. Tidak Memiliki Hormat Kepada Mereka yang Berkedudukan Rendah

Meskipun orang yang memiliki gengsi tinggi tak keberatan untuk menjalin kerjasama dengan mereka yang berkedudukan lebih rendah dengannya, tetapi hall tersebut belum tentu menjadikan mereka bisa memberikan rasa hormat kepada rekan tersebut.

Memberi rasa hormat kepada orang lain berarti menganggap orang lain memiliki kedudukan yang sama dengan diri kita. Hal ini begitu wajar karena kita sebagai manusia memiliki kedudukan sama dimata Tuhan. Oleh karena itu, perbedaan kedudukan dalam dunia karir atau ekonomi bukan berarti menjadi penghalang untuk berteman.

3. Memiliki Keinginan Tampil Sempurna Hingga Enggan Berbuat Baik

Memperhatikan penampilan memang bukan hal yang salah atau bahkan memang harus diperhatikan. Namun apakah kalian akan terus berusaha untuk selalu berpenampilan sempurna di mata orang lain hingga enggan untuk bisa berbuat baik? Jika iya, itu tandanya jika rasa gengsi dalam diri kalian masih terlalu besar.

Pasalnya, dalam perjalanan hidup akan ada suatu kondisi yang mengharuskan kita tampil tak sempurna atau bahkan dalam kondisi buruk rupa. Namun, jika hal tersebut diperlukan demi perbuatan baik, seharusnya tak ada masalah.

Misalnya adalah ketika kalian harus rela kotor ketika akan menyelamatkan seekor anak kucing dalam kondisi terjebak di selokan. Apakah jika memang kondisinya seperti itu, kalian masih tetap enggan untuk menyelamatkan anak kucing tersebut karena tak ingin dibilang jelek? Coba tanyakan kepada diri sendiri.

4. Selalu Anti Terlihat Gagal

Mereka yang terlalu gengsi, biasanya akan selalu berusaha untuk menyembunyikan kegagalannya di depan umum. Bahkan, tak jarang dirinya akan menutupi kegagalan dengan berbagai macam pencitraan seolah ia telah mendapatkan keberhasilan. Padahal sebenarnya dirinya terlalu gengsi untuk mengakui jika dirinya telah gagal.

Dalam hal ini, bukan berarti kalian harus selalu menyebarluaskan soal kegagalan di depan orang lain. Namun, kalian juga harus tahu jika kegagalan merupakan bagian dari hidup. Oleh karena itu, ketika orang lain mengetahui jika dalam perjalan hidupmu ada sebuah kegagalan, tentunya hal tersebut bukanlah masalah besar. Asalkan dengan catatan jika kalian juga sudah mampu menyikapi setiap kegagalan dengan benar,

5. Enggan Mengakui Adanya Kesalahan

Mereka yang memiliki gengsi cukup tinggi biasanya tak mau mengakui kesalahan bahkan disertai dengan tidak mau mengungkapkan rasa maaf. Adanya sikap tersebut menjadi salah satu pemicu terjadinya penyebab kehancuran suatu hubungan.

Baik itu, hubungan dalam pertemanan, asmara maupun dalam keluarga. Oleh karena itu, salah satu cara untuk memperbaiki hubungan adalah dengan mengakui adanya kesalahan seta menyingkirkan rasa gengsi dalam diri.

Itulah beberapa ciri orang yang memiliki sifat gengsi tinggi dalam diri mereka. Jadi, adakah ciri-ciri di atas dalam diri kamu?

Tips Mudah Mengatasi Gengsi yang Berlebihan

Gengsi adalah

pixabay.com

Rasa gengsi jika dalam takaran yang tepat bisa memberikan banyak manfaat pada diri kita. Selain bisa meningkatkan kepercayaan diri, gengsi juga bisa membangun kekuatan serta identitas tertentu dalam diri pribadi.

Akan tetapi, beberapa orang kerap kali memiliki rasa gengsi dengan takaran yang berlebihan. Dimana gengsi yang berlebihan terbentuk hanya untuk melindungi kelemahan serta kekurangan diri sendiri.

Tak jarang ada orang yang memiliki rasa gengsi yang begitu tinggi sampai rela berbohong seakan-akan dirinya memiliki sesuatu. Padahal dalam kondisinya nyata hal tersebut memang tak ada. Hal tersebut dilakukan semata-mata agar dirinya selalu bisa dilihat lebih baik dari orang lain.

Jika kondisi tersebut dibiarkan, maka gengsi yang terlalu tinggi akan bisa memberikan kerugian besar pada diri sendiri. Nah, untuk bisa menghindari rasa gengsi yang berlebihan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian terapkan.

1. Tetap Menjadi Diri Sendiri

Salah satu ciri orang dengan gengsi tinggi adalah tak ragu untuk melakukan kebohongan untuk dirinya sendiri. Misalnya berbohong tentang harga, status hingga prestasi yang dimilikinya. Rasa gengsi akan menjadikan kalian akan selalu ingin berada di posisi yang lebih dibanding orang lain. Selain itu, rasa gengsi juga akan menjadikan seseorang menjadi lupa akan cara bersyukur kepada Tuhan.

Tak jarang pula mereka kerap memaksakan dirinya untuk mengikuti atau meniru orang lain yang padahal belum tentu orang tersebut memiliki pemikiran yang sama dengan dirinya. Hal tersebut tak lain dilakukan agar dirinya terlihat lebih atau hanya sekedar untuk menutupi setiap kekurangan yang ia punya.

Nah, salah satu cara untuk bisa mengatasi rasa gengsi yang terlalu tinggi adalah tetap menjadi diri sendiri. Ketika menjadi diri sendiri serta selalu bersyukur terhadap apa yang dimiliki akan bisa memberikan dampak positif di kehidupan, khususnya untuk kesehatan mental pribadi.

2. Berhenti Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Adanya rasa gengsi dapat membuat seseorang menjadi memiliki rasa tak cukup serta selalu melihat apa yang dimiliki oleh orang lain. Misalnya adalah ketika kalian selalu membandingkan prestasi dan pencapaian yang dimiliki pribadi dengan milik orang lain. Hal tersebut akan menjadikan diri kalian memiliki rasa tak pernah puas.

Padahal harga diri setiap individu yang ada di dunia ini memiliki sifat subjektif dan juga tak bisa dibandingkan satu sama lain. Meski sepele tetapi orang kerap melupakan hal tersebut dengan rasa gengsi yang terlalu berlebihan.

Jika seperti ini, maka cara terbaik untuk mengatasi rasa gengsi yang berlebihan adalah dengan selalu berucap syukur dan juga tak membandingkan apa yang telah dimiliki pribadi dan apa yang telah dimiliki orang lain.

3. Hindari Sikap Keras Kepala

Cara berikutnya untuk bisa mengatasi rasa gengsi yang berlebihan adalah dengan menghindari sifat keras kepala. Orang yang memiliki sifat keras kepala kerap kali meyakini jika pendapat mereka pribadi selalu paling benar serta tak segan untuk menolak pendapat maupun pandangan dari orang lain.

Hal tersebut juga bisa menjadikan seseorang jadi sulit dalam menerima kritik. Sedangkan cara untuk bisa menghindari sifat tersebut adalah belajar untuk memahami serta mendengarkan orang lain. Selain itu berpikiran terbuka juga salah satu caranya.

4. Tak Ragu Mengucapkan Terimakasih dan Maaf

Beberapa orang yang memiliki gengsi berlebihan akan memandang jika mengucapkan kata maaf adalah suatu kelemahan. Padahal dengan mengucapkan kata maaf bisa mengajarkan untuk menjadi individu rendah hati.

Oleh karena itu, ketika kalian memiliki salah, jangan ragu untuk mengucapkan kata maaf secara tulus dan tak mengulangi kesalahan tersebut di lain waktu.

Hal tersebut juga berlaku ketika kalian mendapatkan bantuan dari orang lain untuk selalu mengucapkan terima kasih. Mengucapkan kata terimakasih atas apa yang telah diberikan oleh orang lain kepada kalian adalah salah satu bentuk dari menghargai mereka.

Nah, itulah ulasan mengenai tentang rasa gengsi. Akan lebih baik, jika kita sebagai manusia memiliki rasa gengsi sesuai takaran tanpa ada yang berlebihan. Sebab sesuatu yang berlebihan memang tak baik. Semoga semua pembahasan di atas bisa membuat Grameds mengatasi rasa gengsi yang ada di dalam diri.

Jika kamu ingin mencari buku-buku tentang menjadi pribadi yang baik, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

BACA JUGA:

  1. Jemawa dan Cara Menghindarinya 
  2. Ketahui 15 Ciri-Ciri Orang Rendah Hati, Kamu Salah Satunya? 
  3. Sifat Childish: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya 
  4. Apa Itu Toxic People dan Cara Mengatasinya 
  5. Toxic Friendship: Ciri, Dampak & Cara Mengatasi Toxic Friendship 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien