in

Manfaat Minyak Bumi Sebagai Sumber Daya Alam

Manfaat Minyak Bumi – Minyak bumi atau petroleum adalah bahan bakar berasal dari fossil yang merupakan  bahan baku untuk bahan bakar minyak, bensin, produk-produk kimia dan juga sumber energi yang penting karena “minyak” memiliki persentase yang signifikan dalam memenuhi konsumsi dari energi dunia. Produksi minyak bumi pada 10 tahun terakhir menunjukan kecenderungan yang menurun dimana dari 246 juta barel atau setara dengan 949 ribu bph, pi tahun 2009 berkurang menjadi 283 juta barrel atau setara dengan 778 ribu bphn di tahun 2018. Penurunan produksi minyak bumi ini disebabkan karena “sumur-sumur” produksi utama dari minyak bumi yang umumnya sudah tua dan sumur baru yang masih relatif terbatas keberadaannya.

Minyak bumi adalah komoditas dari hasil tambang dengan peran yang sangat penting di kehidupan manusia terutama pada sumber energi. Terutama pada bahan yang mudah terbakar seperti, elpiji, bensin, solar, kerosin, material seperti lilin parafin dan juga aspal dan berbagai reagen kimia yang dibutuhkan untuk pembuatan plastik, karet sintetis, deterjen, obat-obatan, dan lainnya.

Gas alam merupakan komponen vital untuk melakukan suplai energi dunia, gas alam akan menjadi sumber penting untuk memproduksi baik itu bahan bakar maupun amonia yang merupakan komponen vital untuk memproduksi pupuk. Namun berbeda dengan bahan-bahan bakar fosil lainnya gas alam merupakan sumber dari energi yang paling bersih karena memiliki intensitas karbon yang rendah dan juga teraman dan paling berguna dari semua sumber energi yang ada.

Bisnis Hulu Migas : Mengurai Persoalan Dan Memahami Masa Depan Bisnis Hulu Migas Indonesia

tombol beli bukuAsal Usul Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan sumber daya mineral yang penting juga bermanfaat bagi kehidupan manusia, dimana sumber daya yang berasal dari sisa-sisa organisme laut seperti contohnya tumbuhan dan hewan yang sudah lama terendap di dalam dasar lautan, dimana membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memproses pembentukan minyak bumi. Terjadi campuran komplks senyawa organik yang terdiri atas senyawa hidrokarbon dan non hidrokarbon dari hasil sisa-sisa mikrrorganisme, tumbuhan, dan binatang yang tertimbun selama berjuta-juta tahun.

Terkandung senyawa kimia di dalam minyak bumi yang terdiri dari  unsur karbon, hidrogen, oksigen, sulfur, halogenida, dan logam. Minyak bumi juga mengandung komponen hidrokarbon dan non hidrokarbon sebanyak 50-98%. Beberapa organismenya adalah alga dan plankton yang sudah lama terkubur di dalam tanah. Proses dari ekstraksi minyak bumi ini membutuhkan tahapan yang panjang dan rumit, penggalian minyak bumi dengan tahapan yang panjang dan tidak mudah dimana membutuhkan peralatan dengan alat berat . setelah proses pengangkatan berhasil dilakukan maka tahap berikutnya adalah proses pengolahan yang menghasilkan berbagai bentuk bahan bakar yang berbeda.

Tidak semua negara memiliki sumber daya semacam minyak bumi ini, beberapa negara lain memiliki kekayaan alam sama seperti minyak bumi dan sebagian negara yang memiliki kekayaan bumi minyak bumi mungkin dapat menjadi negara kaya dan maju karena nilai dan salah komoditas dari minyak bumi memiliki nilai yang tinggi. Contoh negara yang memiliki kekayaan alam minyak bumi adalah Amerika Serikat, Arab Saudi, China, Kanada, dan Rusia. Salah satu terbesarnya adalah negara amerika serikat dimana dapat menghasilkan 19 juta barel minyak per harinya dan menempati angka 19% dari keseluruhan produksi minyak mentah yang ada di dunia. Amerika Serikat merupakan negara Adikuasa yang menjadi negara pengimpor minyak mentah dengan cadangan minyak terbanyak di seluruh dunia. Negara Arab Saudi juga salah satu negara penghasil minyak mentah dengan jumlah porsi yang cukup besar, dimana Arab Saudi dapat memproduksi minyak dengan jumlah 11 juta barel minyak setiap harinya. Kedua negara tersebut merupakan negara yang menghasilkan minyak terbanyak di dunia, dimana kedua negara itu juga mengandalkan minyak bumi sebagai penghasilan utama.

Selanjutnya ada negara Rusia yang memegang penghasil minyak terbanyak ketiga di dunia dan juga penghasil gas bumi terbesar dan melakukan ekspor ke berbagai bagian negara. Rusia menghasilkan 11 juta barel minyak per harinya. Negara Kanda  merupakan negara yang memiliki cadangan minyak bumi dengan jumlah besar dimana negara ini berpapasan langsung dengan Amerika Serikat dan menghasilkan 5 juta barel minyak per harinya setara dengan 5 % dari total penghasil minyak di dunia. Negara China dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia ini memiliki cadang dari minyak bumi dengan jumlah yang banyak dimana dapat menghasilkan 4 juta barel minyak per harinya setara dengan 4% dari total penghasil minyak di dunia.

Negara kita Indonesia meskipun tidak masuk ke dalam penghasil minyak terbesar, negara kita ini juga masuk ke dalam penghasil minyak bumi. Daerah-daerah yang dilakukannya pengeboran minyak bumi berada di wilayah Papua, Tarakan, Balik papan, Cepu, Cirebon, Wonokromo, Riau, dan Aceh.

 

Jejak Para Pemburu Minyak

tombol beli buku

Deskripsi Buku

Kalau anda sering melihat pendulang emas, maka saya adalah pendulang lumpur atau mudlogger, dan nama pekerjaan kami adalah mudlogging. Tentu dengan harapan menjadi pendulang “kulit rusa” alias buckskin alias buck, dan sekarang pengertiannya menjadi dolar. Buku ini adalah jejak perjalanan hidup saya yang kepingin jadi dokter walau otak kental macam oli gardan traktor dan merasa kalau belajar sampai hitam hidungnya maka saya berhak jadi dokter.

“Unik, menarik, dan kadang usil.” – Rovicky Dwi Putrohari (Pengamat migas, praktisi migas, Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia)

banner-promo-gramedia

“Hal-hal sederhana yang sering kali terlewatkan oleh kebanyakan orang akan menjadi topik menarik dalam coretan tulisan Pakde Mimbar.” – Muhamad Kundarto (Penulis lepas)

Komposisi Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan campuran yang kompleks yang sebagian besar, sekitar 90% hingga 97% yang terdiri dari senyawa hidrokarbon. Hidrokarbon terkandung dalam minyak bumi terutama alkana yang sisanya sikloalkana, alkena, alkuna, dan senyawa aromatik. Dimana memiliki komponen kecil lainnya di luar dari hidrokarbon yang merupakan senyawa dari karbon yang mengandung oksigen, barelang, dan nitrogen.

Gas alam sebgaian besar terdiri dari alkana dengan suku rendah C1 sampai C4 dengan metana yang merupakan komponen utamanya, dan selain alkana sendiri terdapat gas lainnya seperti CO2, O2, N2, H2S, ataupun gas mulia seperti helium dengan jumlah yang sangat sedikit.

Dijelaskan dalam peraturan menteri (Permen) energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 7 Tahun 2019 Mengenai Pengelolaan dan Pemanfaatan Data Minyak dan Gas Bumi merupakan hasil proses alami dari hidrokarbon yang berupa fasa yang dapat berupa “cair” dan “padat”. Minyak bumi dapat diperoleh dengan proses penambangan namun berbeda dengan batubara atau endapan hidrokarbon yang berbentuk padat.

 

Proses Terbentuknya Minyak Bumi

Sumber dari minyak bumi yang bisa ditemukan pada bagian bawah tanah hingga lapisan bawah laut, terbentuk dengan proses dengan diawali ketika hewan atau tanaman terkubur di dalam lapisan kerak bumi selama ratusan juta tahun yang lalu. Hewan dan tanaman yang telah mati dan terkubur akan masuk dan terbawa ke dalam lapisan kerak bumi melalui pergerakan lapisan lempeng bumi. Kemudian seluruh dari sisa hewan dan tanaman yang menjadi fosil akan bereaksi dengan panas bumi beserta dengan gas alam yang terbentuk secara alami. Proses-proses yang terjadi akan mengubah fosil menjadi cairan hitam yang disebut dengan minyak bumi.

Karena minyak bumi berasal dan terbentuk dari pelapukan macam-macam sisa dari organisme (tumbuhan, hwan, jasad-jasad renik yang tertimbun dalam lautan bersama lumpur  dalam waktu jutaan tahun. Lumpur akan berubah menjadi berbagai batuan sedimen yang berpori dan sisa-sisa dari organisme akan bergerak ke tempat yang memiliki tekanan rendah dan juga berkumpul pada sebuah daerah yang terperangkap, disebut dengan batuan kedap. Gas alam, minyak, dan air akan terakumulasi dalam bentuk deposit minyak bumi yang di rongga bagian atas dari gas alam sedangkan cairan minyak yang mengambang berasal dari atas deposit air.

Jasad renik yang terkubur bersama dengan lumpur> diproses dengan waktu jutaan tahun>mengendap di dalam dasar lautan> akan menghasilkan bintik minyak dan gas>terakumulasi di bantuan kedap>Menjadi deposit minyak bumi.

Dalam proses memperoleh minyak bumi diperlukannya proses pengeboran, dimana biasanya minyak bumi ditemukan yang telah dipisah dari gas alam berbentuk cairan kental hitam dan berbau merupakan minyak mentah atau crude oil. Minyak mentah ini belum bisa dimanfaatkan secara langsung karena itu perlu untuk dilakukan pemurnian atau refining yang distilasi bertingkat. Prinsip distilasi ini ada pemisah dari komponen-komponen campuran berdasarkan dengan perbedaan titik didih sehingga diperolehnya kelompok-kelompok komponen dalam rentang titik didih tertentu yang disebut dengan fraksi-fraksi.

Menjadi Raja Minyak Dunia

tombol beli bukuDeskripsi Buku

Menjadi RAJA MINYAK DUNIA, bagaimana? Harus memiliki lahan pengeboran minyak? Memiliki pabrik pengolahan minyak? Duduk di atas kursi raja, memberikan perintah untuk melakukan transaksi jual dan beli minyak dunia, dan ikut serta dalam dinamika pergerakan harga minyak dunia? Tetapi hal tersebut memerlukan biaya yang relatif besar. Buku ini menjelaskan bahwa ada upaya lain untuk dapat mewujudkan gaya hidup sang raja dalam melakukan perdagangan minyak dunia dengan cara online. Metode online tradingdapat dilakukan dengan modal terjangkau. Sehingga buku ini memberikan pandangan bahwa perdagangan minyak dunia dapat dilakukan oleh kalangan umum hingga profesional. Dalam buku ini saya menjelaskan metode pendekatan berdasarkan technical analysis, yaitu suatu pendekatan strategis yang langsung berhubungan dengan aksi harga (price action). Lebih jauh dasar pemikiran tersebut bahwa selama ini indikator untuk menentukan beberapa aspek penting terhadap potensi ekonomi mendatang umumnya selalu menggunakan harga minyak sebagai acuan.

10 Manfaat Minyak Bumi bagi Kehidupan Manusia

  • Bahan bakar

Minyak bumi yang masih menjadi minyak mentah memang tidak dapat digunakan dan masih bersifat sangat berbahaya. Proses pengolahan minyak bumi ini terbagi menjadi bermacam-macam tingkatan dimana proses penyulingan sehingga didapatkan beberapa komponen minyak bumi yang lebih ringan. Hasil dari penyulingan ini akan menjadi minyak bumi yang menjadi bahan bakar reisdu seperti bensin, solar, bensol, dan minyak tanah. Beberapa jenis minyak ini akan menjadi bahan bakar untuk kendaraan dan dapat menggerakan mesin diesel.


  • Sumber gas cair

Manfaat dari minyak bumi yang kedua ini sering digunakan oleh masyarakat untuk keperluan dapur seperti contohnya gas, gas cair atau lebih sering kita kenal dengan gas LPG yang didapatkan dari hasil pengolahan dari minyak bumi dan selain dari manfaat gas alam, nilai produk ini memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan bakar untuk kendaraan dimana gas cari didapatkan dari sumber minyak bumi yang sudah diolah melalui proses penyulingan dan pemurnian khusus.


  • Industri kimia

Senyawa di dalam pengolahan minyak bumi yang memiliki peran untuk memproduksi beberapa produk kimia dan beberapa produk yang dihasilkan dari olahan minyak bumi seperti,  cat minyak, cat dinding, cat mobil, cat kayu, dan beberapa produk berbahan dasar plastik. Sisa-sisa dari hasil pengolahan minyak bumi ternyata bisa untuk dimanfaatkan untuk banyak hal untuk kehidupan manusia.


  • Sumber produksi polimer

Manfaat minyak bumi ada juga yang tidak sadari padahal kita sering jumpai di kehidupan sehari-hari, dimana minyak mentah bisa menghasilkan polimer khusus yang sangat penting untuk membuat beberapa komponen industri. Salah satu industri yang memakai polimer dari minyak mentah adalah industri plastik. Plastik merupakan kebutuhan yang diperlukan di kehidupan manusia  untuk peralatan rumah tangga, mainan, tempat untuk meletakan berbagai benda, dan untuk keperluan sehari-hari lainnya.

banner-promo-gramedia


  • Produksi bahan serat

Bahan serat seperti rayon, polyester, nilon, dan bahan tekstil sintetis juga menggunakan komponen dari minyak bumi. Manfaat dari minyak bumi yang telah melewati berbagai macam tahapan pengolahan akan menghasilkan berbagai macam produk yang salah satu bahannya adalah campuran serat yang tidak mudah terbakar. Bahan-bahan ini dibutuhkan untuk berbagai macam benda dan tergantung dengan sumber dari minyak mentah ini sampai saat ini belum ditemukan dari sumber serat yang baru selain bersumber dari minyak bumi.

  • Sumber produk keperluan dapur

Keperluan dapur seperti kulkas, kunci pintu, kunci jendela, kursi, panel pintu memiliki keterkaitan dengan minyak bumi saat proses produksinya. Manfaat dari minyak bumi digunakan sebagai sumber pengolahan baik sebagai sumber panas maupun produk sampingan untuk mengolah baja, aluminum atau besi.

 

  • Bahan produksi mobil

Bahan produksi mobil memiliki beberapa bagian dari mobil seperti blok bodi mobil, kabel instalasi listrik, dan berbagai perangkat lain di bagian dalam mobil juga membutuhkan minyak mentah. Dimana minyak mentah ini akan diolah dengan maca-macam cara dan menghasilkan produk utama dan sampingan. Jumlah serat yang dihasilkan dalam pengolahan minyak bumi dan dibuat menjadi lapisan di dalam blok badan mobil dan beberapa komponen elektronik yang lebih ringan dan juga beberapa catin untuk mobil seperti minyak rem, minyak pelumas, dan bahan mobil itu sendiri.

  • Sumber pengolahan pupuk

Sumber pengolahan pupuk di pertanian membuat tanaman menjadi lebih subur dan juga terhindar dari berbagai jenis hama penyakit dan pengolahan pupuk juga dibutuhkan untuk beberapa senyawa sintetis yang dihasilkan dari pengolahan minyak mentah, dimana pengolahan minyak mentah ini di menghasilkan panas atau sumber tenaga untuk menggerakan mesin produksi

  • Penggerak listrik tenaga surya

Menciptakan listrik tenaga surya merupakan salah satu cara manusia mengembangkan cara-cara baru dalam mendapatkan sumber listrik, dimana ketika sumber listrik dari alam mulai terbatas maka manfaat dari matahari dapat digunakan sebagai tenaga untuk memenuhi kebutuhan listrik manusia dan matahari menyediakan sumber listrik secara alami dan tidak membutuhkan biaya yang mahal.

  • Pembangkit listrik

Pembangkit listrik perlu minyak bumi sebagai sumber panas dimana manfaat dari minyak bumi yang diolah dengan cara khusus dan pembangkit listrik akan menghasilkan tenaga dari uap, dimana uap panas akan menggerakan bagian turbin pada pembangkit dan akan diterima oleh penggerak kumparan magnet untuk menghasilkan listrik. Manusia membutuhkan aliran listrik sebagai sumber tenaga, menggerakan perangkat elektronik dan semua perlengkapan yang dibutuhkan oleh tenaga listrik

Keuntungan dan Kerugian dari Pengolahan Minyak Bumi 

Diketahui minyak bumi merupakan sumber daya alam yang dapat dihasilkan secara langsung oleh alam kita, proses dari pembentukan tersebut juga panjang. dManusi terus berusaha mengembangkan beberapa cara agar menemukan manfaat dan juga mendapatkan jaminan yang besar dari pemakaian minyak bumi, pemakaian minyak bumi ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan di dalamnya seperti,

Keuntungan

banner-promo-gramedia

Pengolahan minyak bumi dan gas alam dapat dilakukan dengan cara yang sangat ringan dibandingkan dengan pengolahan yang dilakukan untuk sumber daya yang lain dan juga menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Minyak bumi ini sebenarnya sangat mudah untuk di proses pendistribusian sehingga sumber pengolahan yang dilakukan dengan karaning pipa yang kemudian di tanmakna ke dalam pusat pengolahan khusus sehingga berbeda dengan sistem pengolahan dari sumber daya lain. Minyak bumi ini juga memiliki manfaat di dalam pembangunan dan pembangkitan tenaga listrik karena memiliki sistem penyaluran dari bahan bakar yang cukup ringan dan juga cukup cepat dan juga proses yang mudah dimana dalam sistem untuk pembakit tenaga listrik bisa dipasangkan di kawasan manapun.

Kerugian

Sumber daya minyak bumi dan gas memerlukan waktu yang cukup lama ketika di prosess pembentukannya kembali, karena minyak bumi sebenarnya memiliki sifat sekali pakai yang tidak baik sehingga sumber dari minyak bumi bisa habis kapan saja. Dalam proses pengolahan minyak bumi menimbulkan polusi dan pencemaran lingkungan. Serta perlu untuk memiliki biaya yang tidak sedikit dan relatif menghabiskan dan yang banyak dibanding memproses sumber daya manusia lainnya.

Nah, itulah pengertian, asal usul, komposisi, proses terbentuk, keuntungan, kerugian dan manfaat bagi kehidupan dari minyak bumi yang dapat membantu Grameds untuk lebih mengetahui dan memahami minyak bumi  dengan lebih baik. Melalui pengertian, asal usul, komposisi, proses terbentuk, keuntungan, kerugian dan manfaat bagi kehidupan dari minyak bumi, Grameds juga diharapkan dapat memetik nilai yang terkandung di dalamnya.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Chelsea