Komunikasi

Perkembangan Alat Komunikasi Modern

Written by Rifda Arum

Alat Komunikasi Modern – Manusia kini menikmati kecanggihan dalam proses komunikasi. Dengan mudahnya kita bisa mengetahui peristiwa penting yang terjadi di negara lain hanya dalam hitungan detik. Begitupun kemudahan yang dirasakan Grameds dalam mengakses sumber bacaan dari penulis asing. Hal ini tidak lepas dari peran alat komunikasi modern.

Peradaban manusia dari masa ke masa juga mempengaruhi tren alat komunikasi. Melalui berbagai macam tahapan pembaruan alat komunikasi kuno, alat komunikasi modern bisa ditemukan dan terus dikembangkan dengan mengeliminasi kekurangan pendahulunya.

https://www.pexels.com/

Pengertian Alat Komunikasi Modern

Alat komunikasi modern adalah media canggih yang digunakan untuk transmisi pesan dari pengirim pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan). Perbedaan mendasar antara alat komunikasi tradisional dengan alat komunikasi modern ditandai dengan unsur teknologi. Alat komunikasi modern memanfaatkan bahkan cenderung bergantung dengan aliran listrik, jaringan sinyal, dan berbagai sentuhan teknologi lainnya.

Alat komunikasi modern memiliki jangkauan yang luas. Selain itu, alat komunikasi modern menghasilkan informasi atau pesan yang canggih seperti memuat tulisan, gambar, bahkan gambar bergerak (video). Alat komunikasi modern juga memungkinkan manusia bertukar informasi dengan cepat meskipun terpisah jarak yang jauh.

Sejarah Alat Komunikasi Modern

Alat komunikasi modern merupakan upaya untuk menyempurnakan proses komunikasi antar manusia. Oleh karena itu, manusia memperbarui alat komunikasi terdahulu dengan menambahkan teknologi untuk mengatasi kelemahan yang sebelumnya menghambat aktivitas bertukar informasi.

Alat komunikasi modern berkembang dengan sangat pesat seiring dengan perubahan zaman. Setiap perubahan yang dilakukan bertujuan untuk membantu manusia memperoleh informasi. Kini, keterbatasan komunikasi antar manusia pun semakin menghilang.

Awalnya, alat komunikasi sangat bergantung pada lokasi, pola tertentu, dan kelompok masyarakat setempat. Namun, alat komunikasi modern meleburkan sekat itu.

Beli Buku di Gramedia

Karakteristik Alat Komunikasi Modern

Dennis L. Wilcox menyebutkan beberapa karakteristik yang dimiliki alat komunikasi modern dalam buku Public Relations Writing and Media Techniques.

  • Distance insensitive

Apabila alat komunikasi tradisional memiliki hambatan besar pada jarak, alat komunikasi modern hampir tidak mengalami kesulitan persebaran informasi jarak jauh. Sayangnya hal ini juga merupakan salah satu kelemahan yang dimiliki alat komunikasi modern karena cenderung tidak sensitif dengan jarak (distance insensitive).

Dengan kemudahan akses pada alat komunikasi modern, semua orang bisa melakukan persebaran informasi dengan mudah. Namun, hal ini membuat persebaran informasi kerap melanggar hak privasi. Kehidupan pribadi orang lain khususnya publik figur selalu menjadi target berita yang prosesnya sering melanggar privasi.

Selain itu juga fenomena doxing atau tindakan menyebarluaskan data pribadi seseorang dengan memanfaatkan jaringan internet muncul di era ini sebagai salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh alat komunikasi modern. Penyebaran data pribadi sering dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

  • Flattened

Siapapun bisa mengakses berita atau bahkan menjadi penyebar informasi pertama tanpa harus menyandang status wartawan. Hal ini menjadikan karakteristik alat komunikasi modern bersifat datar atau non hirarkis berbeda dengan alat komunikasi tradisional yang biasanya digunakan oleh komunikator dengan posisi lebih tinggi dibandingkan dengan komunikan. Komunikator yang menggunakan alat komunikasi modern bisa berasal dari profesi manapun begitu pun komunikan.

  • Interaktif

Alat komunikasi modern menghasilkan proses komunikasi yang interaktif. Ini berarti komunikan sebagai penerima pesan cenderung reaktif atas informasi yang diterimanya. Mereka bisa memberikan umpan balik seperti bertanya, berkomentar, atau memberi kritik juga dukungan. Contoh komunikasi interaktif bisa dilihat dari fitur komentar yang disediakan platform media sosial.

  • Lebih sedikit batasan jarak dan waktu

Kecanggihan teknologi yang terdapat dalam alat komunikasi modern telah menghapus batasan jarak dan waktu. Komunikator dan komunikan yang terbentang jarak dan waktu bisa berkomunikasi dengan mudahnya tanpa hambatan.

  • Amatir/Non Profesional

Kita semua pasti akrab dengan istilah citizen journalism atau jurnalisme warga yang berarti kegiatan partisipasi masyarakat dalam mengumpulkan, melaporkan, menganalisis, dan menyebarkan informasi yang memiliki nilai berita. Citizen journalism merupakan produk dari alat komunikasi modern. Ini adalah hasil dari kemudahan akses alat komunikasi modern sehingga bermunculan komunikator amatir atau non profesional yang menyebarkan informasi penting.

  • Biaya akses rendah

Investasi teknologi yang terus ditingkatkan dalam pembuatan alat komunikasi modern berdampak pada kemudahan akses. Sebab, alat komunikasi modern telah menggugurkan hambatan jarak dan waktu sehingga kebutuhan untuk mengakses informasi menghabiskan biaya yang tidak mahal.

  • Format fleksibel

Apabila format informasi atau bahasa di era alat komunikasi tradisional bersifat khusus atau spesifik, alat komunikasi modern memuat informasi yang fleksibel. Data, dokumen, atau informasi yang dihasilkan dari alat komunikasi modern biasanya menggunakan bahasa dan format yang disepakati secara umum. Alasan ini membuat peristiwa penting yang terjadi di belahan dunia lain bisa dengan cepat kita terima.

Beli Buku di Gramedia

Macam-Macam Alat Komunikasi Modern

1. Surat Kabar

https://www.pexels.com/

Surat kabar awalnya memang muncul tanpa informasi visual, tapi surat kabar adalah alat komunikasi modern pertama yang memuat gambar grafis modern. Meskipun gambar grafis pertama yang dimuat hanya berupa foto dan dengan warna terbatas yaitu monokrom, surat kabar mengubah wajah alat komunikasi modern. Informasi yang dihasilkan oleh surat kabar memiliki daya tarik visual yang sangat kuat.

Selain itu juga surat kabar secara profesional dikelola oleh jajaran redaksi atau kantor berita yang membuatnya memiliki kredibilitas tinggi. Sebelum dikelola oleh perusahaan penerbitan atau kantor berita, berita harian mulanya hanya diproduksi pemerintah.

Acta Diurna disebut sebagai perintis dari surat kabar modern. Acta Diurna adalah buletin pengumuman pemerintah Romawi Kuno yang diukir diatas logam atau batu dan ditempatkan di area publik. Selanjutnya, Johann Carolus dari Jerman menyandang predikat sebagai penerbit koran harian pertama di dunia bernama Relation aller Fürnemmen und gedenckwürdigen Historien. 

2. Radio

https://www.pexels.com/

Radio merupakan alat komunikasi modern yang menerjemahkan gelombang elektronik menjadi sinyal. Kemudian, sinyal yang diterima digunakan untuk menyampaikan informasi berupa suara.

Radio awalnya merupakan sebuah studi gelombang elektromagnetik para ilmu2an. Mereka bermimpi untuk menciptakan alat komunikasi nirkabel yang bisa melewati tanah, air, bahkan udara. Radio pun berangkat dari teori James Clerk Maxwell yang menyatakan bahwa gelombang elektromagnetik dapat merambat melalui ruang bebas.

Penemu asal Italia bernama Guglielmo Marconi berhasil menyempurnakan penelitian para pendahulunya melalui transmisi radio yang sukses secara komersial pertama kali pada tahun 1894. Lalu, saluran radio pertama di dunia dilakukan oleh Reginald Aubrey Fessenden pada 24 Desember 1906. Stasiun radio pertama di dunia milik Fessenden itu didirikan di Massachusetts, Amerika Serikat.

3. Telepon

https://www.pexels.com/

Telepon adalah alat komunikasi modern yang menghubungkan dua pengguna untuk melakukan komunikasi jarak jauh melalui jaringan kabel. Kedua pengguna dapat saling berbicara dan mendengarkan lawan bicaranya dengan jelas.

Alexander Graham Bell dikenal sebagai penemu telepon karena ia adalah orang yang berhasil memenangkan hak paten atas telepon pada tahun 1876. Meskipun begitu, beberapa penemu lain juga diasosiasikan sebagai penemu telepon seperti Antonio Meucci dan Elisha Gray. Bahkan alat komunikasi serupa telepon sebetulnya sudah diuji coba dan dikembangkan oleh para ilmuwan pada kurun waktu 1660-1670-an.

4. Faksimili

https://woiden.com/

Faksimili atau faks adalah alat komunikasi modern yang digunakan untuk mengirim dokumen melalui jaringan kabel telepon analog. Pada perkembangan selanjutnya faks sudah memanfaatkan jaringan internet.

Faks berbentuk seperti kombinasi antara telepon dan mesin fotocopy. Cara kerja faks juga merupakan gabungan fungsi beberapa alat yaitu telepon, scanner, fotocopy dan printer. Mesin faks akan menerima dokumen berupa kertas yang nantinya akan di-scan kemudian dikirimkan kepada penerima dengan memasukkan nomor telepon faks yang dituju.

Namun, kini peran faks kerap digantikan dengan e-mail yang jauh lebih praktis karena hanya membutuhkan jaringan internet dan perangkat komputer yang umumnya dimiliki banyak orang. Sedangkan faks membutuhkan perangkat sesama faks yang biasanya hanya dimiliki gedung perkantoran.

 

5. Intercom

https://media.istockphoto.com/

Pernahkah Grameds terlalu asyik menghabiskan waktu di toko buku Gramedia hingga disadarkan oleh pengumuman dari pengeras suara yang memberi peringatan bahwa toko akan segera ditutup? Atau mungkin mendengarkan pemberitahuan mengenai kehilangan barang di tempat umum?

Pemberitahuan seperti ini sungguh sangat membantu karena mungkin kita akan terjebak di dalam toko setelah melewatkan waktu tanpa disadari. Kita juga bisa menemukan barang hilang kita di tempat umum dengan lebih cepat apabila disebarkan melalui media serupa.

Siaran suara yang disebarkan melalui pengeras audio di tempat umum sebetulnya memanfaatkan salah satu alat komunikasi modern yang disebut intercom. Alat komunikasi modern yang satu ini mengaplikasikan teknologi tanpa kabel yang menghubungkan satu ruangan dengan ruangan lainnya dalam radius terbatas. Dengan menekan sebuah tombol, pengirim pesan hanya perlu berbicara pada microphone yang tersedia. Kemudian suara si pengirim pesan akan diperdengarkan melalui intercom yang terpasang di area-area sekitarnya.

Beli Buku di Gramedia

6. Televisi

https://www.pexels.com/

Bisakah Grameds bayangkan betapa membosankannya kehidupan tanpa televisi? Mungkin sebagian orang sudah tidak bergantung dengan hiburan televisi karena digeser dengan kecanggihan smartphone. Namun, kita tak boleh lupa bahwa televisi adalah alat komunikasi modern pertama yang bisa memuat gambar bergerak atau video. Bahkan smartphone pun mempunyai perangkat dasar atau konsep yang dikembangkan dari televisi.

Televisi adalah alat komunikasi modern yang mentransmisikan gelombang sinyal video menjadi partikel-partikel kecil yang disebut dengan elektron. Elektron kemudian memantulkan balok yang ada di belakang layer televisi menjadi susunan partikel berurutan berupa gambar atau video.

Awalnya televisi disebut sebagai radio bergambar. Penyebabnya karena televisi komersial pertama yang dijual berupa radio yang ditambah dengan tabung neon sebagai penghantar gambar. Baird, penjual televisi komersial pertama ini, berhasil melepas 1000 unit televisi kepada pembelinya di Britania Raya.

 

7. Handy Talky

https://www.pexels.com/

Handy talky adalah alat komunikasi modern nirkabel yang kerap digunakan oleh para perangkat keamanan seperti petugas keamanan di bank, pasukan pengamanan presiden, anggota kepolisian, dan masih banyak lagi. Handy talky berbentuk seperti ponsel genggam keluaran lama yang memiliki antena panjang dengan layar kecil tanpa warna dan susunan tombol.

Benda berwarna hitam ini bekerja dengan memanfaatkan gelombang radio. Jarak tempuh komunikasi handy talky adalah sepanjang 12 mil. Komunikasi yang dihasilkan oleh handy talky sayangnya hanya bersifat sementara karena salurannya dapat berganti setiap waktu.

 

8. E-mail

https://www.pexels.com/

Electronic mail (e-mail) atau surat elektronik adalah versi modern dari surat. E-mail merupakan alat komunikasi modern berupa pesan atau informasi elektronik yang memuat tulisan. Pembeda dasar antara surat dan e-mail adalah metode pengirimannya. Surat manual dikirim melalui pengiriman ekspedisi atau pos, sedangkan e-mail bisa diterima dalam hitungan detik karena hanya membutuhkan jaringan internet.

Raymond Samuel Tomlinson adalah seorang programmer komputer asal Amerika yang pertama kali mengimplementasikan program e-mail pada tahun 1971. Ia mengembangkan sistem pertama pengiriman surat antar pengguna melalui sistem ARPANET—yang menjadi cikal bakal internet.

Apabila Grameds hendak mengirimkan sebuah e-mail, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar akun di platform penyedia layanan e-mail seperti Google, Yahoo, Outlook, dll. Setelah itu pertukaran pesan bisa dilakukan melalui ponsel pintar atau perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan internet.

9. Ponsel Pintar

https://www.pexels.com/

Ponsel pintar atau kerap disebut smartphone adalah alat komunikasi modern dengan konsep awal yang sama dengan telepon. Mulanya smartphone yang sebelumnya dikenal dengan nama handphone atau telepon genggam hanya bisa menerima pesan singkat atau panggilan telepon saja. Oleh sebab itu, handphone hanya membutuhkan sinyal jaringan seluler.

Setelah melalui serangkaian inovasi dan berasimilasi dengan kecanggihan teknologi, telepon seluler tidak hanya bisa menerima pesan atau panggilan telepon. Smartphone yang terhubung jaringan internet mempunyai akses yang tidak terbatas pada dunia maya, seperti media sosial, mesin pencarian online, e-commerce, dsb. Smartphone kini dilengkapi perangkat penunjang seperti kamera, perekam suara, bluetooth, dll. Fungsi smartphone bahkan melampaui televisi.

 

10. Smartwatch

https://www.pexels.com/

Penunjuk waktu yang dililitkan di pergelangan tangan kita atau jam tangan awalnya dibuat untuk mempermudah manusia mengetahui waktu di manapun kita berada. Terkadang jam tangan juga dikategorikan sebagai aksesoris fesyen.

Namun, manusia menyadari kebutuhan yang semakin dinamis. Jam tangan kini mengalami pembaruan yang signifikan. Tidak hanya memiliki dasar kerja mesin dengan sistem analog, jam tangan bergabung dengan teknologi yang kemudian dikenal dengan sebutan smartwatch atau jam pintar.

Smartwatch adalah alat komunikasi modern yang pertama kali dikembangkan oleh penemu asal Kanada bernama Steve Mann pada tahun 1998. Smartwatch memiliki layar yang terkomputerisasi dan bisa dihubungkan dengan ponsel. Notifikasi yang muncul pada smartphone dapat tampilkan di layar smartwatch sehingga kita dapat mengetahui pesan masuk melalui smartwatch tanpa harus mengecek ponsel.

Kini berbagai perusahaan teknologi di dunia berlomba-lomba merilis smartwatch dengan fitur teranyar. Terakhir, publik dibuat takjub dengan kepiawaian smartwatch yang dapat menerima panggilan langsung dari ponsel pengguna.

Beli Buku di Gramedia

Kesimpulan

Alat komunikasi modern memang telah memudahkan kehidupan manusia. Beragam kekurangan dan hambatan yang terdapat pada alat komunikasi pendahulunya terus dipelajari dan dievaluasi. Kita pun dapat merasakan kecanggihan teknologi pada alat komunikasi modern yang terus mengimbangi kehidupan kita yang dinamis.

Meskipun kita dimanjakan dengan kehandalan yang ditawarkan, kebijaksanaan menggunakan alat komunikasi modern tetap dibutuhkan. Manusia tidak boleh terlena dan menghabiskan waktu terlalu banyak dengan alat komunikasi modern hingga melupakan aktivitas lainnya.

Selain itu, akses informasi yang tanpa batas juga perlu dipahami dengan bijak. Grameds tidak diperkenankan melanggar privasi orang lain dengan menyebarkan data-data pribadi yang bersifat rahasia. Apabila hendak menyampaikan pendapat atau kritik di dunia maya, Grameds tidak boleh mengganggu kenyamanan orang lain.

Nah, sekian penjelasan mengenai alat komunikasi modern yang telah menunjang kebutuhan sehari-hari kita akan informasi. Grameds bisa mencari tahu lebih dalam mengenai komunikasi dengan mengakses buku-buku di www.gramedia.com

Penulis: Anendya Niervana

Baca Juga!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien