in

Macam-Macam Warna Coklat

Macam-macam warna coklat – Untuk Anda pecinta warna cokelat, kira-kira apa yang membuat Anda menggemari warna ini? Anda suka warna cokelat pasti karena warna tersebut cocok dengan diri Anda, menggambarkan kondisi, atau harapan Anda. Pembahasan kali ini akan mengulas warna cokelat secara mendalam dan padat. Yuk, Grameds.

Sejarah Warna Cokelat

Satu pertanyaan menarik tentang warna cokelat ini, mengapa kata “cokelat” bisa menjadi nama dari makanan, minuman, sekaligus warna? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu menengok sejarah yang telah berlalu. Semua berawal pada abad ke-15.

Namun jauh sebelum abad 15, diperkirakan oleh catatan sejarah, buah kakao untuk pertama kalinya ditemukan di daerah Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Meksiko. Dan penduduk Mesoamerika (bagian selatan Amerika bagian Utara dan sebagian besar Amerika bagian tengah) merupakan orang-orang yang pertama kali mengkonsumsi cokelat sebagai minuman. Diperkirakan mereka mengkonsumsi cokelat sejak empat hingga tiga millennium lalu.

Namun bukti paling awal tentang cokelat diketahui dengan ditemukannya sebuah area pengolahan cokelat pada tahun 1100-1400 SM di Puerto Escondido, Honduras. Di area tersebut ditemukan residu cokelat yang terdapat pada tangki-tangki pengolahan. Hal ini mengisyaratkan bahwa pada jaman itu buah kakao dikonsumsi bukan hanya untuk minuman saja, melainkan juga bisa dijadikan sebagi sumber gula (untuk minuman beralkohol) yang berasal dari selaput putihnya.

Para pakar di bidang ekologi menerangkan minuman yang berasal dari buah kakao ini memiliki rasa yang pahit dan oleh suku Aztec disebut xocoatl. Pada abad ke-15, cokelat dibawa ke Eropa namun saat itu orang-orang Eropa tidak menyukainya karena rasanya pahit. Orang-orang Eropa akhirnya berfikir agar cokelat dapat dikonsumsi. Sehingga terpikirlah ditambahkan gula agar minuman cokelat terasa manis.

Minuman cokelat pun sangat enak dan diekspor ke seluruh dunia. Respon dunia sangat baik dan akhirnya minuman cokelat menjadi terkenal di mana-mana. Sementara itu, warna cokelat belum dikenal. Tidak ada Bahasa yang mampu mendefinsikan warna cokelat. Karena mendunianya minuman cokelat yang warnanya seperti itu, maka warna tersebut dinamai sebagai warna cokelat.

Bagi Anda yang ingin berbisnis di biang cokelat, dapatkan inspirasi dari kisah nyata ini.

beli sekarang

Psikologi Warna Cokelat

Warna cokelat termasuk warna yang mengandung unsur bumi, salah satunya tanah, batu, dan kayu. Oleh karena itu, warna cokelat adalah salah satu warna yang mendatangkan ketenangan. Tidak hanya itu, dominasi warna cokelat diklaim dapat mendatangkan rasa hangat dan lapar.

Warna cokelat, secara psikologis menampilkan kesan dapat diandalkan, kuat, dan pondasi hidup. Namun demikian, warna cokelat yang terlalu dominan dapat memberikan kesan kolot, kaku, tidak berperasaan, dan pesimis.

Di bawah ini kita akan mengulas lebih jauh apa makna warna cokelat dalam psikologi. Bagi Anda penggemar warna cokelat, bagian ini penting untuk Anda ikuti agar dapat mengenal diri Anda sendiri lebih dalam.

Anda yang menyukai warna cokelat cenderung memiliki kepribadian dan sifat seperti di bawah ini. Namun sebelum itu, analisa di bawah hanya untuk mengungkapkan rata-rata saja, bukan berarti semua orang pasti memiliki sifat tersebut. Cokelat seringkali dianggap mewakili penjelasan di bawah ini:

  1. Kehangatan yang diberikan warna cokelat karena basis warna ini adalah warna orange. Kemudian warna orange terebut dicampur dengan warna hitam. Warna cokelat adalah warna yang ramah dan bisa mencairkan suasana yang dingin. Warna cokelat bisa memberikan kehangatan pada orang yang berinteraksi dengannya dan lingkungan sekitarnya.
  2. Sikap dan sifat hangat yang ditampakkan oleh orang yang suka warna cokelat mendorongnya untuk mudah bersahabat dengan siapa saja. Maka tidak heran jika banyak orang yang nyaman dan ingin berteman dengannya.
  3. Warna cokelat identik dengan keeleganan namun tidak berlebihan. Warna cokelat seakan memberikan proporsi yang pas untuk fashion dan penampilan. Tas, pakaian, dan semua yang bertema fashion yang berwarna cokelat akan terlihat relatif lebih keren.
  4. Orang yang menyukai warna cokelat cenderung tidak suka mencari perhatian. Ia lebih nyaman jika tidak menjadi pusat perhatian. Oleh karenanya, warna cokelat identik dengan elegan namun tidak berlebihan.
  5. Warna cokelat melambangkan ketabahan . Orang-orang yang menyukai warna cokelat rata-rata dikenal sebagai orang yang tabah dalam menghadapi rintangan. Oleh karena itu, penyuka warna cokelat biasanya orang yang stabil, dapat diandalkan, dan teratur pada konsep yang telah disepakati.
  6. Warna cokelat dapat meredakan emosi, sehingga warna ini dapat menciptakan nuansa lingkungan yang aman dan menenangkan. Tempat yang berwarna cokelat menghadirkan rasa aman dari tekanan dunia luar serta dapat dijadikan sebagai tempat untuk merenungkan dan mencari solusi masalah.
  7. Orang yang suka warna cokelat biasanya bersikap dewasa dan sederhana. Mereka jarang melakukan hal-hal yang neko-neko. Meskipun demikian, mereka memiliki keberanian yang terkontrol. Jika saatnya dibutuhkan, mereka berani tampil.
  8. Kedewasaan, kedisiplinan, ketenangan, kestabilan, dan tidak suka mencari perhatian merupakan kombinasi sifat dan sikap yang bisa membentuk orang penyuka warna cokelat menjadi orang yang membosankan, monoton, dan tidak canggih bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan penyuka warna cokelat suka pada keteraturan sehingga mereka tidak suka melakukan hal-hal yang berada di luar rencana.
  9. Warna cokelat dipercaya dapat merangsang nafsu makan. Sehingga warna ini sangat cocok apabila digunakan untuk mempromosikan makanan.Oh ya, dalam proses seleksi kerja, selain ada tes psikologi, tidak jarang dilakukan tes buta warna. Buat Grameds yang memerlukan instrumen untuk tes buta warna, bisa miliki buku ini.
    beli sekarang

Fakta Unik Warna Cokelat

Warna cokelat memiliki beberapa fakta unik dalam peradaban dunia. Beberapa fakta tersebut akan kita ulas di bawah ini.

  1. Dalam dunia seni, warna cokelat merupakan salah satu warna yang paling banyak digunakan.
  1. Tokoh-tokoh perempuan di makam peradaban Mesir kuno dilukiskan memiliki kulit berwarna cokelat.
  1. Orang Yunani dan Romawi Kuno menghasilkan tinta berwarna sepia, coklat kemerahan yang terbuat dari berbagai macam cumi-cumi. Konon, tinta ini digunakan oleh Leonardo da Vinci, Raphael dan seniman lainnya selama Renaisans, dan oleh seniman hingga saat ini.Leonardo da Vinci, Raphael dan seniman lainnya selama Renaisans, dan oleh seniman lainnya hingga saat ini.
  1. Di peradaban Romawi kuno, pakaian berwarna cokelat diklasifikasikan sebagai pakaian rakyat kalangan bawah atau kaum barbar. Panggilan untuk para plebeian tersebut, atau rakyat miskin, adalah pullati yang bisa diartikan sebagai “mereka yang berpakaian cokelat”.
  1. Pada akhir abad ke-20, warna cokelat menjadi simbol umum budaya Barat. Hal ini karena warna cokelat dianggap murah, sederhana, sehat, dan alami. Makan siang yang dikemas dalam kantong kertas berwarna cokelat polos. Dan juga, roti berwarna cokelat dan gula merah (agak kecoklatan) diyakini lebih alami dan menyehatkan dibandingkan roti putih dan gula putih.
  1. Warna cokelat merupakan warna rambut manusia kedua yang paling banyak di dunia setelah warna hitam.
  1. Dalam jumlah yang besar mamalia dan burung pemangsa memiliki warna coklat dalam tubuhnya. Warna cokelat tersebut kadang berubah karena isfatnya musiman, namun beberapa permanen sepanjang masa. Warna ini bisa jadi karena adanya keterkaitan kamuflase mereka dengan latar belakang, seperti hutan yang banyak mengandung warna cokelat.
  1. Warna cokelat dibenci oleh kaum impresionis Prancis pada umumnya. Karena aliran mereka tersebut, mereka lebih menyukai warna-warna yang cerah dan murni.
  1. Pada abad pertengahan, para biarawan dari ordo Fransiskan mengenakan jubah berwarna cokelat sebagai bukti pengabdian mereka. Konon, mereka telah berkomitmen untuk hidup rendah hati dan hidup dengan sedikit harta. Dengan demikian, mereka bisa menerapkan hidup sederhana sebagai bentuk solidaritas kepada orang-orang miskin.Pada jaman itu, setiap kelas sosial diharapkan mengenakan pakaian yang sesuai dengan status sosial mereka. Pakaian yang berwarna abu-abu dan cokelat merupakan warna yang biasa digunakan oleh orang-orang miskin. Bahkan ada undang-undang tahun 1363 di Inggris yang mengharuskan orang Inggris yang miskin untuk mengenakan pakaian berwarna cokelat muda.
  1. Dalam ilmu fisika, warna cokelat memiliki cahaya yang intensitasnya rendah. Dengan panjang gelombang sekitar 600 nanometer dalam spektrum yang tampak.

Macam-macam Warna Cokelat

Warna cokelat memiliki beragam jenis. Di bawah ini akan kita bahas macam-macam warna cokelat.

1. Warna Cokelat Tua (Dark Brown)

Warna cokelat tua merupakan warna cokelat yang lebih gelap dari cokelat murni. Warna cokelat tua termasuk ke dalam warna gelap. Warna ini juga biasa disebut dengan otter brown. Warna dengan kode #663333 merupakan warna yang paling mirip dengan warna cokelat tua.

Warna cokelat tua memiliki kode warna #65432 dan tersusun atas 39.6% red, 26.3% green, and 12.9% blue dalam satua RGB. Sementara dalam satuan CMYK, warna cokelat tua terdiri dari 0% cyan, 33.7% magenta, 67.3% yellow, and 60.4% black. Untuk mendapatkan warna cokelat tua, Anda bisa menggabungkan warna dengan kode #ca8642 dengan #000000.

2. Warna Cokelat Kokoa (Cocoa Brown)

Warna cokelat kokoa atau cocoa brown juga dikenal sebagai chocolate brown dan cinnamon. Warna cokelat kokoa ini agak kemerah-merahan sehingga tampak agak mendekat ke warna orange. Warna cokelat dengan kode warna #cc6633 merupakan warna yang paling mirip dengan warna cokelat kokoa.

Warna cokelat kokoa memiliki kode warna #d2691e dan tersusun atas 82.4% red, 41.2% green, and 11.8% blue. Sementara dalam satuan CMYK, warna cokelat kokoa terdiri dari 0% cyan, 50% magenta, 85.7% yellow, and 17.6% black. Untuk mendapatkan warna cokelat ini, Anda bisa menggabungkan warna dengan kode #ffd23c dengan #a50000.

3. Warna Cokelat Beaver

Nama warna cokelat beaver berasal dari hewan pengerat amfibi yang bernama beaver. Hewan ini sebangsa dengan berang-berang namun berbeda jenis. Hewan ini hidup di Amerika Utara dan Eropa. Warna cokelat beaver baru tercatat dalam nama warna pada tahun 1705. Warna cokelat dengan kode #999966 merupakan warna yang termirip dengan warna cokelat beaver.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Warna coeklat beaver dikenal dengan kode warna #9f8170 dan tersusun atas 62.4% red, 50.6% green, and 43.9% blue. Sementara dalam CMYK, warna cokelat beaver terdiri dari 0% cyan, 18.9% magenta, 29.6% yellow, and 37.6% black. Untuk mendapatkan warna ini, Anda bisa menggabungkan warna #ffffe0 dengan #3f0300.

4. Warna Cokelat Russet

Warna cokelat russet berasal dari nama kain kasar berwarna cokelat yang terbuat dari kain wol. Kain tersebut digunakan oleh orang-orang miskin di Inggris karena aturan dan norma yang berlaku di negara tersebut pada abad pertengahan. Di jaman itu, orang miskin diharuskan menggunakan pakaian yang berwarna cokelat dan russet merupakan wujud nyatanya.

Warna cokelat russet berwarna cokelat agak kemerah-merahan namun sediki pucat. Warna ini memiliki kpde hex warna #80461b dan tersusun atas 50.2% red, 27.5% green, and 10.6% blue. Sementara dalam CMYK warna cokelat russet terdiri dari 0% cyan, 45.3% magenta, 78.9% yellow, and 49.8% black.

Untuk mendapatkan warna cokelat russet ini, Anda perlu mengkombinasikan warna #ff8c36 dengan #010000. Dan warna dengan kode hex #993333 merupakan warna yang paling mirip dengan warna cokelat russet.

5. Warna Cokelat Burnt Umber

Warna cokelat burnt umber merupakan warna yang awalnya dikembangkan di negara pizza, Italia. Warna ini kemudian distandarisasi seperti warna yang kita lihat sekarang pada masa Leonardo da Vinci.

Warna cokelat burnt umber dikenala dengan kode hex warna #8a3324 dengan susunan 54.1% red, 20% green, and 14.1% blue dalam satuan RGB. Sementara dalam CMYK, warna ini terdiri dari 0% cyan, 63% magenta, 73.9% yellow, and 45.9% black. Anda dapat memperolah warna ini dengan mengkombinasikan warna #ff6648 dengan #150000. Warna dengan kode hex #993333 merupakan warna yang paling mirip dengan warna cokelat burnt umber.

6. Warna Cokelat Desert Sand

Warna cokelat desert sand merupakan salah satu warna yang memiliki keterkaitan dengan warna pasir. Warna cokelat desert sand bisa dikatakan juga seperti warna cokelat beige yang lebih gelap.

Warna cokelat desert sand pada awalnya merupakan salah satu warna yang digunakan oleh tentara Amerika Serikat untuk melakukan kamuflase alam gurun tiga warna. Warna cokelat deserta sand merupakan warna yang paling pucat. Namun pada tahun 1990, seragam pertempuran prajurit Amerika Serikat diganti menjadi enam warna.

Warna cokelat desert sand merupakan warna yang dikenal dengan kode hex #edc9af dan terdiri dari 92.9% red, 78.8% green, and 68.6% blue. Sementara dalam CMYK, warna cokelat desert sand tersusun atas 0% cyan, 15.2% magenta, 26.2% yellow, and 7.1% black. Anda bisa mengkombinasikan warna #ffffff with #db935f. Warna dengan kode hex #ffcc99 merupakan warna yang paling mirip dengan warna desert sand.

7. Warna Cokelat Khaki

Nama warna cokelat khaki diambil dari Bahasa Urdu yang artinya warna tanah. Jika ditarik lagi ke asal bahasa paling awal, istilah khaki merujuk pada Bahasa Persia. Dalam catatan sejarah, warna ini dipakai pertama kalinya untuk seragam prajurit pengawal Henry Lawrence yang beroperasi pada tahun 1806-1857.

Namun demikian, warna ini untuk pertama kalinya diperkenalkan sebagai seragam militer yang praktis secara resmi pada tahun 1848. Warna ini telah banyak digunakan oleh tentara seluruh dunia karena dapat difungsikan sebagai seragam kamuflase atau penyamaran dari musuh.

Warna cokelat khaki dikenal dengan kode hex warna #c3b091 dan tersusun atas 76.5% red, 69% green, and 56.9% blue dalam RGB. Sementara dalam CMYK, warna cokelat terdiri dari 0% cyan, 9.7% magenta, 25.6% yellow, and 23.5% black. Untuk mendapatkan warna cokelat khaki, Anda perlu mengkombinasikan warna #ffffff with #876123. Warna dengan kode #cc9999 merupakan warna yang paling mirip dengan warna cokelat khaki.

Bagi Grameds yang ingin mendalami warna-warna dalam dunia desain grafis, Anda dapat mempelajari lebih jauh di dalam buku-buku kami.

beli sekarang

Grameds, ulasan kita mengena macam-macam warna cokelat telah sampai di penghujungnya. Gramedia selalu menjaga komitman untuk menjadi #SahabatTanpaBatas dengan buku-buku terbaik rekomendasi kami.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy