in

Macam-Macam Warna Biru

Maca-Macam Warna Biru – Anda pecinta warna biru? Sebagaimana sifat biru yang menenangkan, Anda mungkin orang yang suka akan ketenangan. Namun tahu tidak kalau warna biru yang Anda sukai tersebut memiliki banyak jenis? Nah Grameds, kali ini kita akan membahas secara mendalam tentang macam-macam warna biru.

Warna merupakan elemen yang sangat penting dalam dunia tekstil, desain, dan painting. Sedikit saja perbedaan warna dari harapan bisa mempengaruhi mood Anda bukan? Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui warna dan jenis dari masing-masing warna.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan mendalami warna biru. Mulai dari selayang pandang, arti warna biru dalam psikologi, dan jenis-jenis warna biru. Masing-masing jenis dari warna biru memiliki komposisi yang berbeda. Oleh karena itu, bagi Anda yang berprofesi di bidang yang erat dengan warna, perlu mengenali warna dengan detail, salah satunya warna biru.

Grameds, Anda bisa mempelajari desain grafis lebih mendalam dengan membaca buku ini.

beli sekarang

Sekilas tentang Warna Biru

Warna biru seringkali identik dengan warna laut atau warna langit. Warna biru merupakan salah satu warna yang paling populer bahkan tidak sedikit perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan warna biru. Sebut saja Samsung, Facebook, Ford, HP, Twitter, Paypal, Skype, Telegram, Zoom, LinkedIn, Intel, Microsoft, dan masih banyak perusahaan lainnya.

Bisa dikatakan, biru merupakan raja warna klasik dan warna biru muncul di lebih dari setengah perusahaan pada bidang apapun. Menurut analis strategi bisnis, Anna Lundberg, warna biru merupakan warna yang tenang, memberikan ketenangan, melambangkan tanggung jawab, dan mewakili kecerdasan. Dengan demikian, masih menurut Anna, warna biru merupakan warna yang tepat untuk mewakili institusi korporat yang dapat dipercaya.

Meskipun demikian, dalam melakukan promosi produk, Anda perlu untuk melakukan riset terlebih dahulu. Meski banyak sekali perusahaan yang menggunakan warna biru sebagai logo dan warna dasrnya, warna biru dikatakan kurang tepat jika dipilih untuk media promosi produk berupa makanan. Hal itu karena warna biru dipercaya dapat mengurangi nafsu makan.

Warna biru juga sering digunakan dalam dunia medis untuk melakukan terapi mental. Di dunai terapi kejiwaan, warna biru sering digunakan untuk warna cat dinding, sofa, pakaian terapi, lukisan, kain, dan sebagainya.

Mengapa Warna Biru Jarang Terlihat di Alam?

Meskipun warna biru sangat populer dan mudah untuk dilihat oleh banyak mata, namun satu hal yang perlu kita sadari bahwa warna biru jarang terlihat di alam liar. Kita menemukan warna biru seringkali hanya pada laut atau perairan dan langit. Bahkan, warna biru ini hanya bisa ditemukan pada sepuluh persen dari 300.000 lebih spesies tanaman berbunga di dunia ini. Sedikit sekali kan, Grameds? Kenapa ya?

Hal ini karena ada proses kimia dan fisika yang terlibat di dalamnya. Perlu diketahui, bahwa mata kita dapat melihat ribuan jenis warna karena Tuhan telah menitipkan enam hingga tujuh juta sel yang peka terhadap cahaya. Sel-sel tersebut dinamakan sebagai sel kerucut.

Pada orang dengan penglihatan normal, sel kerucut akan mengenali tiga dasar yang dapat ditangkap oleh mata manusia, yakni merah, hijau, dan biru. Oleh sebab itulah, dalam dunia warna, dikenal dengan skala RGB atau red, green, dan blue.

Kembali pada pembahasan mengapa warna biru sangat jarang terlihat di alam liar? Karena warna biru merupakan warna yang mudah terserap oleh hewan dan tumbuhan. Hal ini mengakibatkan warna biru jarang tersebar atau terpantul ke alam liar. Selain itu, pigmen biru merupakan pigmen yang jarang ada di alam liar.

Sedangkan menurut sejarah, para pelukis menyatakan bahwa warna biru merupakan warna yang memiliki pigmen paling mahal, sehingga warna biru hanya digunakan untuk subjek atau objek yang penting saja.

Warna Biru dari Kacamata Psikologi

Dari sisi psikologi, warna biru memiliki makna yang sangat dalam. Warna biru memberikan gambaran sebagai berikut:

1. Tenang dan Menenangkan

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalamnya warna biru memberikan ketenangan pada siapapun yang memandangnya. Warna biru seringkali memberikan efek yang positif kepada pikiran. Orang yang menyukai warna biru biasanya tidak suka mengganggu maupun diganggu sehingga pada umumnya mereka adalah orang-orang yang sangat menghargai privasi orang lain dan diri sendiri.

Warna biru juga melambangkan kesabaran dan pengertian, sehingga warna biru sering dijadikan media untuk menurunkan emosi yang membuncah dan amarah yang meledak. Warna biru juga identik dengan lautan yang dalam dan mengesankan ketenangan.

2. Tidak Suka Konfrontasi

Sebagai pembawa kedamaian dan ketenangan, warna biru tidak suka akan konfrontasi dan mengaduk suasana. Warna biru tidak suka untuk terlalu ikut campur sesuatu yang bukan menjadi urusannya. Oleh karenanya, warna biru membenci gagasan-gagasan yang menciptakan konflik.

Selain itu, warna biru tidak suka menjadi pusat perhatian dan cenderung tertutup. Biru cenderung menyimpan rapat-rapat apa yang tidak terlalu penting untuk diceritakan.

3. Meredakan Stress

Kecemasan, ketakutan, dan kekhawatiran seringkali menjadi pikiran yang menipu diri sendiri. Konon, warna biru dapat menetralisir pikiran-pikiran negativn tersebut. Ketenangan yang dibawa oleh sifat alami warna biru dapat diandalkan untuk melawan ketakutan-ketakutan yang tidak perlu. Banyak nasehat yang mengatakan jika pikiran Anda sedang kalut, pandanglah langit atau datangi lautan yang biru, maka secara perlahan pikiran Anda akan tenang.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

4. Memiliki Energi Positif

Warna biru dapat memberikan efek positif bagi tubuh dan pikiran. Ekspresi diri yang berlebih dapat diredakan dengan warna biru, amarah yang memuncak bisa didinginkan dengan warna biru, dan kelelahan yang sangat konon dapat direhatkan dengan warna biru.

Namun demikian, sebagaimana segala sesuatu yang berlebihan akan menjadikan sifat yang berlawanan dari sifat aslinya, warna biru yang terlalu dominan mengesankan tidak peduli, dingin, dan memadamkan semangat.

5. Memiliki Aura Baik dan Kuat

Biru memancarkan aura kebaikan dan kekuatan di balik ketenangannya. Warna biru cenderung tabah dalam penderitaan dan sabar untuk mencapai kebahagiaan. Warna biru melambangkan progresivitas dan kepercayaan diri tanpa harus merasakan kesedihan atau seram.

Biru juga menjadi simbol kesopanan, kesalehan, kecerdasan, wibawa, ketajaman pikiran, stabil, namun terkesan sedikit konservatif. Dalam beberapa kepercayaan, warna biru diyakini dapat mengusir roh-roh jahat dan membawa kedamaian. Oleh karena itu, beberapa keyakinan menggunakan warna biru dalam ritual atau simbolnya.

6. Melankolis

Tidak dapat dipungkiri bahwa warna biru merupakan warna yang identik dengan melankolis. Sebagai sifat asli dari melankolis, warna biru seringkali memberikan deskripsi tentang pribadi yang hati-hati, berorientasi pada detail, perfeksionis, penyabar, kreatif, berintuisi tajam, fokus pada tujuan, jarang menunjukkan ekspresi yang berlebihan, dan pendiam.

Macam-macam Warna Biru

Dalam dunia desain grafis dan konveksi, warna sangat penting karena ada banyak jenis dari satu warna. Di bawah ini, akan kita bahas bersama macam-macam warna biru agar kita lebih mengenal tentang warna biru. Anda dapat menghasilkan warna-warna di bawah ini jika mengkombinasikan satu warna dengan warna lainnya.

1. Biru Aqua atau Cyan

Warna biru aqua juga dikenal sebagai warna biru cyan, electriccyan, dan waterspout dengan kode #00ffff. Warna aqua ini tersusun atas 0% red, 100% green, 100% blue dalam RGB dan 100% cyan, 0% magenta, 0% yellow, 0% black dalam CMYK. Dengan demikian, warna cyan ini merupakan murni cyan karena tidak tercampur dengan warna lain. Warna ini merupakan paduan anatara warna dasar hijau dan warna dasar biru.

2. Biru Light Cyan

Warna biru light cyan memiliki kode hex #e0ffff terdiri atas 87.8% red, 100% green and 100% blue dalam skala RGB. Sementara dalam skala CMYK, warna biru light cyan terdiri atas 12.2% cyan, 0% magenta, 0% yellow and 0% black sehingga dapat dikatakan warna ini merupakan warna murni cyan namun diberi campuran warna merah agar tampak lebih pucat. Warna ini bisa Anda peroleh dengan mengkombinasikan #ffffff dengan #c1ffff.

3. Biru atau Blue

Warna biru atau blue merupakan warna asli dari biru yang sesungguhnya. Adapun jenis warna biru yang lain mendapatkan campuran dari warna lainnya. Warna biru murni memiliki kode #0000ff dengan nilai RGB 0% red, 0% green, 100% blue dan 100% cyan, 100% magenta, 0% yellow, 0% black. Bila kita lihat dari komposisi di atas, dari skala RGB dapat kita simpulkan bahwa tidak terdapat campuran merah dan hijau sedikitpun. Warna ini disertai dengan kadar 240 derajat sudut warna, saturasi 100%, dan pencahayaan sebesar 50%.

4. Biru Navy

Warna biru navy merupakan warna biru tua yang banyak digunakan sebagai baju agar penggunanya tampak segar dan bersih. Warna navy ini memiliki kode warna hex #000080 dan skala RGB 0% red, 0% green, 50.2% blue. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa warna biru navy hanya terdiri dari warna biru tanpa ada campuran warna merah ataupun hijau. Sementara dalam skala CMYK, navy terdiri atas 100% cyan, 100% magenta, 0% yellow, 49.8% black maka tidak mengherankan jika warna ini cenderung lebih gelap dibandingkan warna biru asli. Untuk mendapatkan warna ini, Anda perlu mengkombinasikan antara warna  #0000ff dengan #000001.

5. Biru Langit yang Dalam atau Deep Sky Blue

Warna biru langit yang dalam atau deep sky blue merupakan warna yang sering ditampilkan dalam menggambarkan birunya langit yang agak dalam. Warna biru langit yang dalam ini memiliki kode #00bfff dan terdiri atas 0% red, 74.9% green, 100% blue dalam nilai RGB. Sedangkan dalam CMYK, warna biru deep sky blue terdiri atas 100% cyan, 25.1% magenta, 0% yellow, 0% black dan sudut warna 195.1 derajat, saturasi 100%, dan cahaya 50%. Agar bisa menemukan warna biru langit yang dalam ini, Anda dapat mengkombinasikan antara warna #00ffff dengan #007fff.

Halo, Grameds. Bagi Anda yang ingin memahami lebih dalam tentang warna agar semakin mahir dalam dunia desain grafis, Gramedia selalu menyediakan buku-buku terbaik kami.

beli sekarang

6. Biru Langit atau Sky Blue

Berbeda dengan warna biru langit yang dalam, warna yang akan kita bahas kali ini merupakan warna biru langit yang normal. Dibandingkan dengan deep sky blue, warna sky blue ini relative lebih terang. Dengan kode hex warna #87ceeb, biru langit memiliki 52.9% red, 80.8% green, 92.2% blue dalam RGB dan 42.6% cyan, 12.3% magenta, 0% yellow, 7.8% black dalam CMYK. Agar bisa memperolah warna biru langit, Anda bisa mengkombinasikan antara warna #ffffff dengan #0f9dd7. Warna biru langit memiliki sudut warna 197.4 derajat, saturasi sebesar 71.4% pencahayaan 72.5%.

7. Biru Baja atau Steel Blue

Biru baja atau yang juga dikenal sebagai steel blue merupakan warna biru yang didapatkan pada baju yang di-treatment tertentu untuk melindungi dari karat atau korosi. Warna biru baja ini memiliki kode hex warna #4682b4 dengan kadar RGB 27.5% red, 51% green, 70.6% blue dan kadar CMYK 61.1% cyan, 27.8% magenta, 0% yellow, 29.4% black. Warna ini dapat ditemukan pada sudut warna 207.3 derajat, saturasi 44%, dan pencahayaan 49%. Agar Anda bisa memperolah warna ini dalam melakukan desain, Anda bisa mengkombinasikan warna #8cffff dengan #000569.

8. Biru Turquoise

Warna biru turquoise ini memiliki kode #40e0d0 dengan kadar RGB 25.1% red, 87.8% green, 81.6% blue dan kadar CMYK 71.4% cyan, 0% magenta, 7.1% yellow, 12.2% black. Warna ini memiliki sudut warna pada 174 derajat, saturasi 72.1%, dan pencahayaan 56.5%. Agar bisa memperoleh warna biru turquoise, Anda dapat mengkombinasikan antara warna #80ffff dengan #00c1a1.

9. Biru Midnight Blue

Warna biru yang dinamai midnight blue ini hampir sama dengan biru navy hanya saja warnanya lebih gelap. Warna ini mewakili gelapnya biru langit di tengah malam. Warna biru ini memiliki kode #191970 dan memiliki skala RGB 9.8% red, 9.8% green, dan 43.9% blue. Sementara dalam skala CMYK, warna biru midnight terdiri atas 77.7% cyan, 77.7% magenta, 0% yellow, dan 56.1% black. Untuk mendapatkan warna biru midnight ini, Anda dapat mengkombinasikan warna #3232e0 dengan #000000. Dan warna yang terdekat dengan warna biru midnight adalah #000066 yang juga bisa dinamai dengan very dark blue.

10. Biru Cornflower

Bunga cornflower yang berwarna biru merupakan tanaman yang memiliki sejarah panjang. Tanaman ini telah dikenal sejak jaman Romawi kuno. Bunga ini banyak ditemukan di Eropa, terutama di ladang gandum hitam yang banyak di benua biru tersebut.

Bunga cornflower banyak dibudidayakan di Inggris, sebelum banyak tanaman lainnya menghiasi Eropa. Bunga yang awalnya ditemukan di Mesir ini memiliki warna biru yang unik dan menjadi dasar penyebutan salah satu jenis warna biru.

Biru cornflower ini memiliki kode #9aceeb dengan kadar RGB 60.4% red, 80.8% green, dan 92.2% blue. Sementara dalam skala CMYK, warna biru cornflower ini terdiri atas perpaduan 34.5% cyan, 12.3% magenta, 0% yellow, dan 7.8% black. Anda perlu mengkombinasikan warna #ffffff dengan #359dd7 agar mendapatkan warna biru cornflower. Dan warna yang terdekat dengan biru cornflower adalah warna dengan kode #99ccff.

11. Biru Bubuk atau Powder Blue

Warna biru bubuk merupakan warna biru yang pucat. Dinamai sebagai biru bubuk untuk menerangkan warna dari bubuk kobalt kaca (cobalt glass). Bubuk tersebut digunakan dalam pencucian atau pewarnaan. Biru bubuk ditetapkan sebagai salah satu warna pada tahun 1894.

Warna biru bubuk dikenal dengan kode #b0e0e6 dan memiliki skala RGB 69% red, 87.8% green, dan 90.2% blue 69% red, 87.8% green, dan 90.2% blue. Sementara dalam CMYK, warna biru bubuk terdiri dari 23.5% cyan, 2.6% magenta, 0% yellow, dan 9.8% black. Untuk mendapatkan warna biru bubuk, Anda bisa mengkombinasikan warna #ffffff dengan #61c1cd. Warna yang terdekat dengan biru bubuk adalah #99ccff.

beli sekarang

Grameds, demikianlah pembahasan kita mengenai macam-macam warna biru. Gramedia senantiasa berinovasi agar tetap bisa menjadi #SahabatTanpaBatas bagi Anda dengan buku-buku terbaik kami.

Penulis: Nanda Iriawan Ramadhan

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy