in

Ucapan Turut Berduka Cita dan Berbela Sungkawa

Ucapan Turut Berduka Cita – Situasi duka cita, tentu pernah dialami manusia, karena sejatinya di dunia ini tidak ada yang abadi. Setiap orang akan kehilangan apa yang dimilikinya jika saatnya sudah tiba. Baik kehilangan harta benda, hingga kehilangan orang-orang yang dikasihi karena kematian.

Saat duka menyelimuti seseorang, maka orang-orang terdekatnya akan berusaha menguatkan mereka. Baik dengan kehadiran maupun dengan mengutarakan ucapan duka cita yang menguatkan. Berkaitan dengan itu, berikut adalah beberapa contoh ucapan duka cita yang bisa Anda gunakan dalam situasi tersebut.

Pengertian Berduka Cita

Menurut KBBI duka cita adalah rasa sedih dan susah dalam hati. Pengertian kata duka cita merujuk pada suasana hati yang sedih dan merana akibat suatu kehilangan. Peristiwa kehilangan ini menggoncangkan jiwa sehingga membuat rasa pedih dalam hati.

Pada umumnya, penyebab utama dari duka cita adalah menghilangnya sesuatu yang dimiliki dimana dengan adanya kehilangan ini membuat keinginan tidak terpenuhi. Misalnya kehilangan orang yang disayangi, kehilangan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Penyebab dari duka cita lainnya adalah kegagalan dalam memenuhi keinginan. Kegagalan mencapai atau mendapatkan sesuatu dapat membuat seseorang merasa sedih. Misalnya gagal dalam ujian, kegagalan dalam bisnis, dan kegagalan-kegagalan lainnya.

Selain itu, menderita suatu sakit juga dapat menjadi salah satu penyebab duka cita, terutama apabila rasa sakit itu tak kunjung sembuh. Penderitaan tersebut tidak hanya menimbulkan rasa sakit dan sedih pada yang sakit, tapi juga rasa pedih pada orang yang mengasihinya.

Gambar Ucapan Turut Berduka Cita

ucapan turut berduka cita

Ucapan Turut Berduka Cita untuk Keluarga yang Ditinggalkan

Sebagai bentuk simpati dan empati kepada keluarga yang ditinggalkan pasca kematian, berbagai cara dilakukan untuk mengungkap rasa bela sungkawa. Salah satunya berbentuk ucapan duka cita.

1. Ucapan Berduka Cita Islami

a. Ucapan duka cita umum

  • Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum/almarhumah diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT. Dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan.
  • Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum diampuni segala dosa dan kesalahannya.
  • Saya dan sekeluarga turut berduka Cita. Semoga diberi ketabahan dan kesabaran. Atas Kehendak Allah SWT & Ambil Hikmahnya. Hanya doa yang bisa kami panjatkan, semoga Almarhum diampuni segala dosa-dosanya dan di termpatkan di Surganya Allah SWT.
  • Turut berduka cita atas musibah yang menimpa kamu dan keluarga. Semoga duka ini cepat berlalu.
  • Turut duka cita yang mendalam untuk beliau, semoga beliau tenang di Surga sana.

2. Ucapan Duka Cita yang Menyentuh

Ucapan duka cita yang menyentuh di hati akan berdampak pada luluhnya hati keluarga yang ditinggalkan sehingga mampu mengeluarkan emosi yang sebenarnya. Contoh kata-kata yang menyentuh antara lain sebagai berikut.

a. Kesembuhan hati

Turut berduka cita. Aku berdoa semoga Tuhan menuntunmu pada kesembuhan hati dan membawamu dalam kedamaian di sepanjang waktumu.

b. Doaku untukmu

Aku tahu tidak ada kata-kata yang mampu meringankan beban rasa kehilanganmu. Tapi ketahuilah bahwa do’aku tak pernah terputus untukmu. Semoga Tuhan selalu menyertaimu dalam situasi yang memberatkanmu ini.

c. Sampai jumpa

Selamat jalan sahabatku, Tuhan menyayangimu. Pulanglah dalam damai. Dan sampai jumpa kembali di surga-Nya nanti.

d. Turut berduka

Aku turut sedih dan berduka atas kehilangan yang kamu rasakan. Tapi ingatlah, ia sudah berada di surga, tempat terbaik bersama Tuhan. Semoga Tuhan selalu menyertai dan menguatkan langkahmu tanpanya.

3. Ucapan Duka Cita yang Menguatkan

Orang yang sedang berduka karena krisis dalam kehidupan membutuhkan motivasi agar dapat kembali bangkit menjalani kehidupan. Kata-kata berikut dapat diucapkan untuk menguatkan keluarga yang sedang berduka.

a. Penghiburan Tuhan

Turut berbela sungkawa. Semoga Tuhan memberimu kekuatan untuk menghadapi kesedihan ini. Dia akan memberi penghiburan dan kesembuhan atas rasa kehilangan orang yang kamu sayangi.

b. Kembali bersama

Ikhlaskanlah kepergiannya. Kematian adalah jalan menuju sang Pencipta. Suatu saat kita akan berkumpul lagi di rumah idaman, surga yang keka.

c. Ia sudah sembuh

Tuhan memanggilnya untuk kembali ke surga agar ia tidak lagi merasakan sakit. Ia sudah sembuh sekarang. Ia sudah damai bersama Tuhan dan para malaikat. Semoga Tuhan menguatkan hatimu.

4. Ucapan Duka Cita yang Bijak

Dalam suasana duka karena kehilangan seseorang yang dikasihi, kata-kata bijak terkadang dibutuhkan untuk menenangkan orang-orang yang ditinggalkan. Berikut ini ucapan bijak yang dapat diungkapkan kepada keluarga yang tengah berduka.

a. Bukan akhir

Kematian bukanlah akhir, melainkan suatu awal dari kehidupan yang abadi. Turut berbela sungkawa, semoga Tuhan menempatkannya di tempat terbaik.

b. Air mata

Ketika beban jiwa tak lagi dapat diurai, maka hanya air mata yang menunjukkan segalanya. Selamat tinggal, sahabatku, selamat jalan. Do’a kami selalu menyertaimu agar engkau berada di surga yang indah dalam pelukan Tuhan.

c. Kasih Tuhan

Tuhan selalu berjalan di sebelah kita, melewati kegelapan dan menuntun pada kedamaian. Selamat jalan, sahabatku. Do’aku menyertaimu.

d. Rencana terbaik

Setiap yang datang, pasti akan kembali. Sesungguhnya Tuhan pemilik rencana terbaik bagi seluruh umat-Nya. Semoga damai dalam surga. Semoga tenang dalam pelukan Tuhan yang penuh kasih.

Demikian ulasan mengenai pengertian duka cita, hingga contoh-contoh ucapan turut berduka cita yang bisa diucapkan untuk menguatkan mereka yang telah berduka. Dan bagi Anda juga sedang berduka, cobalah untuk membaca beberapa ayat yang telah disebutkan di atas, untuk menguatkan diri.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ratih