in

Thumbnail: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, dan Penggunaannya

Saat ini, perkembangan Youtube terus mengalami kemajuan, bahkan, bisa dibilang bahwa youtube sudah menjadi tontonan bagi banyak orang, bisa jadi kamu salah satunya. Ketika kita ingin menonton Youtube, pastinya akan muncul tampilan sampul agar banyak orang tertarik untuk menontonnya.

Tampilan yang ada pada awal atau sampul video ini disebut juga dengan thumbnail. Namun, bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui apa yang dimaksud dengan thumbnail. Di kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih jauh tentang thumbnail. Jadi, tetap simak artikel ini, sampai selesai, Grameds.

Apa Yang Dimaksud Thumbnail?

Kaufdex/Pixabay.com

Thumbnail merupakan sebuah istilah yang cukup tidak asing saat kita menggunakan internet. Thumbnail biasanya merupakan suatu bagian yang dapat digunakan ketika kita mengunggah video, blog, atau konten lainnya.

Dapat diartikan secara sederhana, bahwa thumbnail merupakan representasi seperti miniatur dari suatu gambar yang lebih besar. Namun, orang yang tidak mengerti akan hal itu seringkali mengenal thumbnail sebagai gambar pratinjau yang pada umumnya berada pada vlog maupun gambar tertentu.

Thumbnail memiliki peran yang memberikan kesan utama bagi para audiens. Dalam bahasa Indonesia, thumbnail bisa kita sebut dengan keluku. Kata “thumbnail” mengacu pada thumbnail atau ibu jari manusia. Hal ini mengacu pada ukuran yang kecil dari sebuah gambar yang sebanding dengan ukuran ibu jari manusia.

Thumbnail menjadi suatu bagian yang penting ketika kita menginginkan untuk memikat penonton maupun siapa saja yang mengakses di internet. Jadi dapat kita ibaratkan bahwa thumbnail adalah sampul sebuah buku. Pada suatu tampilan tertentu, thumbnail menjadi miniatur dari sebuah gambar maupun halaman.

Thumbnail dalam penerapannya, bisa terbagi dalam berbagai macam fungsi pada thumbnail yang bisa dirasakan oleh para pengguna. Misalnya seperti dapat membantu mengurangi proses load file, mempercepat keterbacaan file, memudahkan kinerja hardware. Meskipun memiliki berbagai fungsi, tetapi terdapat beberapa kerugian yang bisa ditimbulkan dalam penggunaan thumbnail.

Penggunaan thumbnail sudah ada sekitar pada tahun 1980. Pada saat itu, gambar yang dihasilkan thumbnail difungsikan sebagai gambar pratinjau dan seringkali berisi tautan ke gambar aslinya. Apabila penggunanya memencet atau klik, maka thumbnail akan membuka pada versi gambar yang lebih besar lagi.

Fungsi Thumbnail

Pada situs web dengan memiliki banyak gambar seperti halnya toko online dengan memiliki katalog visual, sering menyediakan thumbnail. Selain ada pada internet, thumbnail merupakan suatu istilah yang tidak asing bagi para desainer grafis dan fotografer.

Thumbnail memiliki suatu peran penting pada sebuah perangkat. Salah satu perannya sebagai tampilan pratinjau dari suatu gambar digital. Tetapi, untuk memperjelas, berikut ini beberapa fungsi thumbnail yaitu:

The Architecture of Love | Di balik Pena

1. Dapat Mengurangi Proses Load file

Fungsi utama dengan adanya thumbnail adalah dapat mengurangi dan juga mempercepat pada proses loading. Jadi, pada gambar yang ditampilkan di galeri biasanya hanya berupa preview gambar yang memiliki ukuran kecil saja. Maka dari itu, pada proses load file biasanya terjadi cukup lama, akan berkurang karena adanya thumbnail tersebut.

2. Dapat Mempercepat Dalam Keterbacaan File

Dengan adanya thumbnail dapat dimanfaatkan untuk mempercepat dalam keterbacaan pada suatu file. Jadi, apabila Anda memiliki banyak bahkan ribuan file pada media seperti halnya foto maupun video, thumbnail dapat membantu Anda untuk mempercepat dalam proses pada akses keterbacaan file tersebut.

3. Dapat Menambah Tulisan

Selain itu, dengan adanya thumbnail Anda dapat menambahkan tulisan pada Youtube. Jadi bukan hanya gambar yang ditampilkan, tetapi juga teks yang memiliki peran penting guna mendeskripsikan isi pada video kepada penontonnya.

Anda dapat memilih dan menggunakan kata yang mudah diingat, bisa pula berupa judul untuk video tersebut. Pada dasarnya, penonton akan lebih membaca teks yang ada pada gambar thumbnail daripada teks dalam kolom deskripsi.

4. Dapat Memudahkan Kinerja Hardware

Selanjutnya, fungsi lain thumbnail adalah dapat memudahkan kinerja hardware. Hardware merupakan komponen fisik yang dibutuhkan pada perangkat komputer supaya dapat bekerja dengan baik. Hardware terdiri dari layanan monitor, motherboard, mouse, maupun komponen komputer lainnya yang bisa digunakan saat mengoperasikan suatu perangkat.

Pada proses load file yang berkurang dan keterbacaan file yang cepat dapat membuat kinerja pada hardware tidak perlu terlalu berat.

Manfaat Ketika Menggunakan Thumbnail

Thumbnail digital biasanya memiliki ukuran antara 75×75 dan 200×200 piksel. Mereka juga dapat memiliki rasio dengan aspek persegi panjang, seperti ukuran 150×100 piksel. Ukuran pada file thumbnail yang kecil memungkinkan dalam perancangan situs web untuk menawarkan banyaknya konten kepada para pengunjung dengan segera tanpa menambah adanya waktu pemuatan halaman.

Dengan mengklik thumbnail, maka akan membawa Anda pada konten media dengan ukuran yang asli, yang bisa dibuka di tab maupun jendela baru. Selain itu, terdapat manfaat lain pada thumbnail yaitu sebagai berikut:

1. Dapat Menghemat Ruang

Thumbnail akan memungkinkan bagi pengguna internet menyajikan ikhtisar konten media yang berbeda dalam ruang kecil.

2. Keramahan Pada Para Pengguna

Thumbnail pada gambar memiliki keuntungan yang besar. Hal ini karena bisa ditangkap dengan cepat. Thumbnail yang menyusun pada situs web sehingga para pengguna bisa dengan cepat untuk menemukan jalan pada sekitarnya.

3. Interaktivitas

Thumbnail yang melibatkan pengguna dengan situs web biasanya dapat dilakukan dengan cara mengklik thumbnail.

Jenis-Jenis Thumbnail

Thumbnail terdiri dari beberapa jenis. Biasanya jenis-jenis thumbnail dapat dilihat dari para penggunanya. Ada yang menggunakan thumbnail hanya untuk Youtube, Google, perangkat Android dan lainnya. Nah, berikut ini penjelasan beberapa jenis-jenis dalam thumbnail yaitu:

1. Video Thumbnail

Pada jenis video thumbnail merupakan bingkai tunggal atau urutan bingkai pendek dari suatu video. Biasanya, pada jenis thumbnail video ini digunakan sebagai gambar diam untuk mewakili video pada situs web maupun media sosial.

2. YouTube Thumbnail

Jenis thumbnail yang kedua ada pada YouTube, artinya pada versi kecil pada gambar pratinjau video YouTube. Gambar mini ini dapat mewakili konten pad video di saluran YouTube dan pada hasil penelusuran. Tidak hanya itu, YouTube juga akan memungkinkan bagi pengguna membuat gambar mini video yang khusus.

3. Blog Thumbnail

Gambar mini yang digunakan dalam suatu postingan blog maupun artikel biasanya memiliki ukuran yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan gambar aslinya. Gambar mini inilah dapat membantu pembacanya untuk mengidentifikasi pada topik artikel.

Rekomendasi Buku Terkait

Berlomba Jadi Populer di YouTube

Saat ini, sudah banyak orang yang populer melalui Youtube. Maka dari itu, bagi sebagian orang Youtube merupakan salah satu media sosial yang bisa digunakan untuk mencari uang. Lalu, bagaimana cara menjadi populer di Youtube? Kamu bisa mengetahui kiat-kiat menjadi populer di Youtube dengan membaca buku Berlomba Jadi Populer di YouTube.

Melalui buku ini, Anda akan diajak untuk menjelajah channel-channel personal dan bisnis yang populer lewat video yang diunggahnya di YouTube, diantaranya Harry dan Charlie yang mendapat keuntungan lebih dari 100 ribu dolar dengan menjadi mitra YouTube, dan lain sebagainya.

 

YouTube Marketing

YouTube merupakan salah satu media sosial yang paling populer di Indonesia. YouTube Marketing merupakan buku panduan yang akan memandu Anda untuk mempelajari marketing di YouTube.

Dalam buku ini, pembaca akan mengetahui beberapa hal, seperti panduan membangun dan mengoptimalkan channel YouTube, tips ampuh meningkatkan jumlah penonton video-video Anda di YouTube, kiat-kiat meningkatkan jumlah subscriber channel YouTube, dan masih banyak lagi.

Buku ini cocok dipelajari oleh Anda yang tertarik menjalankan kegiatan YouTube marketing. Selain itu, buku ini juga dapat dipelajari oleh Anda yang tertarik memulai menjadi seorang YouTuber.

 

Rahasia Cepat Tenar Dan Dapat Duit Lewat Youtube

Apakah Anda senang bersosialisasi dan memiliki banyak teman di media sosial? Kenapa tidak Anda optimalkan jumlah teman yang banyak tersebut untuk mendapatkan uang melalui YouTube?

Nah, buku ini akan mengupas rahasia, inspirasi, dan panduan untuk mendapatkan ketenaran sekaligus penghasilan melalui YouTube Anda akan diajak untuk mendapatkan inspirasi dan ide segar dari top YouTuber dunia, seperti PewDiePie dan Smosh dengan jumlah subscriber dan penghasilan yang fantastis.

 

Penggunaan Thumbnail

Bicara tentang thumbnail itu sendiri sangatlah beragam dan bisa digunakan untuk beberapa hal. Berikut ini penjelasan tentang penggunaan thumbnail.

1. Thumbnail Untuk GIF

Jika kita bandingkan dengan thumbnail video, maka thumbnail GIF jauh lebih sederhana. Hal ini karena GIF hanyalah loop video pendek, teks dan elemen yang memiliki desain yang bisa dihilangkan.

Pada prinsipnya, gambar itulah dapat bekerja seperti halnya gambar versi mini yang tidak bergerak. Mereka akan membuat mirip seperti file aslinya dan memberikan orientasi dengan cepat.

2. Thumbnail di Toko Online

Saat ini sudah banyak orang yang memiliki toko online dan juga memiliki beberapa produk yang ditampilkan pada pada website. Pada toko online, thumbnail juga digunakan untuk memperlihatkan produk andalan.

Selain itu, thumbnail toko online ini bisa digunakan pada media sosial. Pada media sosial, biasanya thumbnail berupa Call to Action agar orang yang melihat tertarik untuk melihat produk lebih jauh.

3. Pengelola File

Thumbnail merupakan sebuah opsi pada pengelola file, seperti Windows Explorer. Thumbnail juga dapat ditemukan pada program pengeditan foto dan grafik untuk menelusuri banyak gambar dalam suatu folder secara cepat.

Dalam programnya, dapat menggambar serta program yang erat kaitannya dengan tata letak suatu halaman. Thumbnail bisa digunakan untuk mengatur ulang urutan halaman dengan menyeret dan menjatuhkan ke dalam urutan yang berbeda.

Bagaimana Cara Kerja Thumbnail?

Thumbnail merupakan suatu miniatur halaman maupun gambar yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi suatu file berdasarkan jenis pada isinya. Ketika Anda mengklik thumbnail, maka akan membuka sebuah file. Thumbnail pada internet juga dapat bertanggung jawab atas kesan pertama konten web seperti gambar dan video.

Thumbnail digital mewakili versi yang lebih besar dari gambar yang sama, gambar mini juga biasanya dapat fungsi sebagai suatu tautan pada gambar yang lebih besar lagi. Misalnya, apabila Anda mengklik thumbnail pada halaman hasil pencarian Gambar Google, maka akan membuka sebuah halaman yang menyertakan gambar maupun ukuran yang penuh. Demikian pula, jika Anda mengklik dua kali pada gambar mini pada browser, maka foto biasanya akan menampilkan versi ukuran yang lebih penuh.

Situs web dengan memuat banyak gambar, seperti halnya toko online dengan katalog visual, biasanya menyediakan sebuah gambar mini daripada gambar yang lebih besar. Gunanya untuk mempercepat pengunduhan dalam halaman.

Thumbnail juga biasanya dapat dibuat secara otomatis oleh mesin pencari, program pengeditan gambar, dan program manajemen gambar. Ukuran file thumbnail yang lebih kecil tentu sangat berguna untuk penelusuran seluler.

Cara Membuat Thumbnail Youtube

Berikut ini intip cara pembuatan thumbnail yang bisa Anda coba:

1. Usahakan Menggunakan Gambar Wajah yang Ekspresif

Para penonton akan lebih tertarik jika melihat gambar wajah yang terlihat pada layar handphone. Apalagi, jika wajah-wajah yang muncul penuh ekspresi akan membuat pasti penonton semakin ingin untuk melihatnya.

Selain akan penasaran, ekspresi wajah yang terlihat bisa membuat para penonton ingin meneruskan untuk melihat video yang Anda unggah. Biasanya cara ini akan membuat thumbnail YouTube banyak dipakai oleh beberapa Youtuber yang menginginkan untuk mendapatkan banyak klik pada videonya.

2. Tambahkan Tulisan dan Background yang Menarik

Cara lainnya untuk membuat thumbnail YouTube adalah dengan membuat thumbnail YouTube dengan menambahkan sebuah tulisan dan pemilihan background yang menarik.

Anda bisa mulai dengan memilih font yang tebal dan memiliki warna yang kontras dari foto yang akan Anda gunakan. MIsalnya seperti pada foto dalam thumbnail yang berwarna dominan lebih putih. Anda juga bisa memilih warna kuning untuk teksnya.

Selain itu, jangan membuat teks yang terlalu panjang, karena semakin singkat teksnya justru akan semakin baik. Namun, jika Anda memilih untuk menggunakan foto tanpa background, maka Anda bisa menambahkan sendiri dengan memilih warna atau pattern yang lebih menarik.

3. Pastikan Teks Mudah Dibaca

Langkah selanjutnya juga penting. Ketika Anda membuat teks yang sulit dibaca, maka Anda bisa memilih font melalui teks yang tidak terlalu begitu rumit atau jangan memberikan teks yang terlalu panjang dengan pilihan kata yang berbelit-belit.

Cara satu ini akan membuat thumbnail YouTube terbaik lainnya adalah Anda dapat lebih konsisten dengan gaya font yang sama dan wanda yang memberikan kesan lebih menarik.

4. Tambahkan Efek Stiker Agar Lebih Menarik

Cara lainnya bisa membuat thumbnail YouTube dengan menambahkan efek stiker. Fungsinya adalah supaya thumbnail yang Anda buat lebih menonjol seolah-olah efek tersebut merupakan sebuah stiker.

Hal ini juga dapat menciptakan desain yang kuat untuk thumbnail YouTube pada video yang Anda unggah. Anda dapat menghapus background asli melalui foto atau gambar yang ingin Anda gunakan untuk thumbnail YouTube.

5. Terapkan Teknik Kontras Ketika Membuat Thumbnail Youtube

Disinilah Anda dapat membuat teknis kontras dalam desain thumbnail san memberikan peran yang penting. Terdapat banyak pula jenis kontras yang berbeda-beda. Akan tetapi, yang paling utama untuk menjadi pertimbangan adalah kontras warna.

6. Membuat Thumbnail Youtube Menggunakan Ultimate Thumbnail Maker For Youtube

Ultimate Thumbnail Maker For Youtube merupakan aplikasi yang paling sering digunakan untuk membuat banner. Saat Anda membuka aplikasi ini, maka akan menemukan banyak desain yang sederhana dan juga terdapat beberapa menu.

Ultimate Thumbnail Maker memiliki menu guide for add thumbnail yang memiliki fungsi untuk meningkatkan Ansa dalam syarat dasar pembuatan thumbnail.

Nah, itulah beberapa cara membuat thumbnail Youtube. Lalu, apakah kamu akan membuat thumbnail Youtube yang menarik? Demikian pembahasan kita tentang apa itu thumbnail hingga manfaatnya. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu.

Jika ingin mencari buku tentang Youtube, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Rujukan:

  • https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-thumbnail/
  • https://m.liputan6.com/hot/read/4696235/thumbnail-adalah-gambar-pratinjau-kenali-fungsi-dan-cara-kerjanya
  • https://www.qoala.app/id/blog/inspirasi/cara-bikin-thumbnail-youtube/
  • https://www.qoala.app/id/blog/inspirasi/cara-bikin-thumbnail-youtube/
  • https://www.liputan6.com/hot/read/4696235/thumbnail-adalah-gambar-pratinjau-kenali-fungsi-dan-cara-kerjanya
  • https://rmdigital.co.id/kamus/thumbnail/

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy