in

15 Rekomendasi Susu untuk Bayi Kucing Terbaik dan Terjangkau!

Sumber: Urban Bogor

Susu untuk bayi kucing – Diklasifikasikan sebagai hewan mamalia, kucing tentunya membutuhkan pasokan Air Susu Ibu (ASI) yang diperoleh dari induknya selama beberapa hari pertama setelah lahir.

Namun sayangnya, tidak semua anak kucing bisa mendapatkan perhatian dan susu yang cukup dari induknya. Tahukah Anda, anak kucing juga bisa dibiarkan tanpa induk yang merawatnya, lho.

Jika iya, tentu Sobat Grameds tentunya tidak akan diam saja untuk langsung merawatnya, bukan? Nah, saat memilih susu anak kucing sebagai pengganti ASI, ternyata Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih susu sapi. Dr Sarah Wooten, seperti yang dia tulis di PetMD.com, mengatakan susu sapi untuk anak kucing seharusnya dihindarkan.

Karena anak kucing tidak memiliki cukup enzim dalam sistem pencernaannya untuk mencerna laktosa dalam susu sapi. Susu sapi untuk anak kucing sendiri dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti diare dan dehidrasi. Lalu pengganti susu apa yang bisa Sobat Grameds gunakan untuk anak kucing?

Lalu bisakah Anda memberitahu kandungan apa yang dibutuhkan kucing berdasarkan usianya? Jenis susu apa yang ingin Anda berikan kepada kucing Anda? Untuk menjawabnya, Anda perlu memahami poin-poin yang akan kami bahas dalam proses pemilihan susu. Kami juga merekomendasikan susu untuk bayi kucing yang paling terbaik di sini! Simak penjelasannya.

Cara Memilih Susu untuk Bayi Kucing yang Bagus

Susu untuk Bayi Kucing
Sumber: PintarPet

Kucing akan terus tumbuh dan berkembang secara aktif jika kebutuhan nutrisi tubuhnya selalu terpenuhi secara baik. Memberi makan terutama dalam bentuk kering dan basah tidaklah cukup. Sebagai camilan, Anda bisa memberikan susu yang mengandung banyak nutrisi, karena hal tersebut penting bagi tubuh bayi kucing Anda.

Produsen makanan hewan seperti Hartz, Whiskas, dan Royal Canin menawarkan berbagai produk susu untuk bayi kucing. Anda bebas memilih berdasarkan preferensi Anda atau kesukaan kucing Anda terhadap produk pabrikan tertentu. Hanya saja dalam memilih Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang penting. Simak poin-poin berikut untuk mengetahuinya!

1. Sesuaikan Susu dengan Usia Kucing Anda

Pada kucing yang masih kitten alias anak-anak, mereka belum mampu menggigit dengan kuat. Di usia ini, Anda bisa memberikan susu sesuai dengan usianya. Begitu juga untuk kucing dewasa dan tua, tidak bisa sembarangan diberi makan karena harus sesuai dengan usia dan kondisi fisiknya. Lalu bagaimana ? Inilah penjelasannya.

Jika Anda memiliki anak kucing yang masih kecil, berikan ia susu bergizi berupa protein dan lemak. Selama periode kitten, susu tinggi protein tinggi lemak juga menyimpan laktoferin yang dapat membantu memperkuat sistem imun kucing untuk menangkal penyakit infeksi.

Pada kucing usia 4 bulan keatas, laju pertumbuhannya lambat. Selama periode ini, susu yang baik harus rendah kalori, rendah lemak, dan kaya protein. Saat diberi susu tinggi kalori dan tinggi lemak, tubuh kucing Anda bisa berkembang dengan baik.

Hal tersebut juga berlaku untuk kucing yang lebih tua atau lanjut usia, pilihlah susu rendah lemak. Tidak hanya membantu mencegah kegemukan pada kucing, susu rendah lemak juga membantu kucing tetap sehat dan hidup lebih lama. Pada kucing yang lebih tua, agak sulit untuk mengasihnya susu, jadi Anda bisa mencampurkan sedikit susu ke dalam makanannya setiap hari.

2. Pilih Berdasarkan Susu (Cair dan Bubuk)

Sama seperti susu manusia, susu kucing juga tersedia dalam dua bentuk: cair dan bubuk. Setiap bentuk susu memiliki kelebihannya masing-masing, Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan keadaan keuangan Anda.

Jika Anda ingin susu yang bertahan tidak mudah habis, belilah susu kucing bubuk. Susu ini bertahan lebih lama tergantung pemakaiannya dan Anda juga dapat membuat lebih banyak dengan takaran yang disarankan.

Susu untuk Bayi Kucing

Hanya saja susu bubuk membutuhkan usaha lebih dari Anda untuk membuatnya. Namun, bagi yang ingin berhemat, Anda dapat meluangkan waktu beberapa menit untuk melarutkan formula sebelum memberikannya kepada kucing Anda.

Susu kucing cair lebih cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk melarutkan susu bubuk. Kepraktisan susu cair menjadi nilai tambah yang pasti Anda nikmati. Namun susu kucing cair sering dijual dalam berbagai ukuran. Secara umum, susu yang dibuka harus segera digunakan. Jika masih ada kelebihan, sisa susu sebaiknya dibuang untuk menghindari bakteri.

3. Pilih yang Mengandung Nutrisi Penting Lainnya

Bahan utama seperti protein susu dapat membantu kucing tumbuh sehat. Sedangkan nutrisi lainnya seperti taurin, asam linoleat, glukosamin dan asam dokosaheksaenoat secara khusus dapat menjaga fungsi beberapa organ lain di dalam tubuh.

Misalnya, probiotik yang tinggi bakteri asam laktat dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan kucing Anda. Khusus untuk anak kucing dan kucing dewasa yang rentan mengalami gangguan lambung, susu yang diperkaya probiotik akan sangat baik untuk saluran usus kucing.

Zat yang baik seperti asam linoleat dan asam docosahexaenoic akan membantu kucing terhindar dari penyakit kardiovaskular. FOS dalam susu juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh, DHA dan EPA juga akan meningkatkan fungsi kognitif kucing dan menjaga fungsi retina anak kucing. Selain itu taurin juga merupakan zat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan organ dalam kucing.

Rekomendasi Susu untuk Bayi Kucing Terbaik

Susu untuk Bayi Kucing
Sumber: Kumparan

Susu yang kalian berikan kepada bayi kucing haruslah khusus alias tidak boleh disamakan dengan susu manusia.  Yang sudah diketahui susu bayi kucing menyimpan kalori dan laktosa lebih sedikit. Apabila Anda belum mengetahui produk atau merk mana yang ingin dibeli untuk susu bayi kucing, Anda dapat menyimak rekomendasi susu bayi kucing terbaik yang Gramedia bagikan ini!

1. Air Susu Induk Kucing Lain

Susu untuk Bayi Kucing
Sumber: FaniCat

Sebagai langkah awal dalam merawat anak kucing terlantar, Anda bisa mencari ibu pengganti yang juga akan merawat anak kucing Anda.

Hal ini agar kucing tetap mendapatkan manfaat dari pemberian ASI yang sepenuhnya sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya.

Namun, memberikan anak kucing kepada induk kucing yang berbeda tidak selalu berhasil. Itu karena tidak semua induk kucing menerima anak kucing lain yang bukan dari kandungannya, lho.

2. New Zealand Growssy Milk

Susu untuk Bayi Kucing
Sumber: CekList.id

Susu Growssy merupakan susu kucing New Zealand yang sangat populer di Indonesia. Harga jual yang ekonomis membuatnya sangat diminati oleh banyak orang. Susu ini dirancang sebagai bubuk mikro yang cepat larut dan tidak akan menggumpal.

Kandungan laktosa susu ini cukup rendah untuk memudahkan pencernaan. Ini mengandung antioksidan kompleks seperti taurin, minyak ikan, frukto-oligosakarida, vitamin E dan vitamin C, memungkinkannya menjaga sistem kekebalan tubuh bayi kucing. Selain itu, susu ini juga bisa Anda berikan pada induk kucing sebagai suplemen.

3. PetAg Kitten Milk Replace

Sumber: CekList.id

Kemudian ada merk susu kucing PetAg Kitten Milk Replacer dengan formula khusus yang tidak mengandung laktosa, sehingga sangat aman untuk bayi kucing.

PetAg Kitten Milk Replacer mengandung cukup kalori, lemak, protein, karbohidrat, vitamin dan mineral untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Susu kucing ini berbentuk bubuk, jadi Anda harus mengencerkannya dengan air terlebih dahulu. Nah merk yang paling recomended ini, harga susu kucing ini sekitar Rp. 400.000-500.000.

4. Hartz Kitten Milk Replacer Powdered Formula

Susu untuk Bayi Kucing
Sumber: CekList.Id

Hartz adalah produsen makanan hewan premium yang menawarkan beberapa koleksi susu kucing. Kitten Milk Replacer Powder Formula adalah formula susu kucing yang membantu memaksimalkan pertumbuhan anak kucing dalam waktu 6 minggu setelah lahir.

Produk ini kaya akan kalsium untuk tulang, vitamin untuk pertumbuhan secara keseluruhan dan asam linoleat untuk kesehatan kulit. Ada formula nutrisi penting yang menjadikan formula ini ideal untuk kucing hamil, menyusui, atau dalam masa pemulihan.

5. Zeal Pet Food 100% Natural Lactose Free Pet Milk for Cats & Dogs

Sumber: CekList.id

Laktosa dalam jumlah besar dapat menyebabkan masalah pencernaan yang serius pada kucing. Jika Anda tidak ingin mengkhawatirkannya, pilihlah susu ini, karena dikatakan 99,5% bebas laktosa per nutrisi. Produk Selandia Baru ini juga bebas gluten dan hipoalergenik, sehingga cocok untuk kucing segala usia.

Disajikan dalam bentuk cair, Anda tidak perlu tenaga dan waktu lebih untuk membuatnya. Produk ini tidak hanya mendukung pertumbuhan kucing berkat kandungan vitamin dan kalsiumnya yang tinggi, tetapi juga mengandung beta-karoten, CLA dan asam lemak omega-3 yang baik untuk daya tahan tubuh, tulang, dan jantung kucing.

6. Royal Canin Babycat Milk

Susu untuk Bayi Kucing
Sumber: CekList.id

Jika Sobat Grameds sedang mempertimbangkan merek susu kucing yang premium, untuk ras Anggora atau Persia, merk susu Royal Canin Babycat Milk juga bisa menjadi pilihan.

Royal Canin Babycat Milk juga termasuk pemasok makanan hewan yang populer di dunia. Segala kebaikan nutrisi berupa probiotik FOS, energi, protein, dan kalsium tinggi di dalam Babycat Milk akan mendukung pertumbuhan bayi kucing Anda.

Kucing kesayangan Anda juga mendapatkan DHA yang akan meningkatkan kemampuan kognitifnya. Anda bisa membuat produk ini dalam bentuk bubuk yang larut dalam air hangat atau dingin tanpa menggumpal. Anda bisa memberikan susu ini kepada anak kucing dari usia 0-2 bulan.

Royal Canin memiliki reputasi sebagai merek premium yang melayani semua kebutuhan hewan peliharaan, mulai dari kucing hingga anjing. Harga susu kucing Royal Canin juga cukup mahal, sekitar Rp 250.000-300.000/kemasan dengan berat 300g. Namun, hal ini sebanding dengan kandungan gizi yang dikandungnya.

7. Whiskas Milk for Cats

Sumber: CekList.id

Di Indonesia, Whiskas sangat terkenal. Susu Whiskas ini diproses dengan menghilangkan kandungan laktosa hingga 98% pada setiap nutrisinya. Jika Anda ingin memberikan susu kepada bayi kucing Anda sebagai suplemen non-pencernaan, berikan susu ini.

Susu untuk Bayi Kucing

Kemasan botol yang menarik dengan kombinasi warna ungu yang sangat “Whiskas” membuatnya sangat menarik untuk dilihat. Produk ini telah dipilih oleh ahli gizi di seluruh dunia sebagai salah satu susu kucing terbaik. Oleh karena itu, Whiskas merancang susu ini dengan nutrisi penting yang seimbang, termasuk nutrisi tambah.

8. Dr. Clauder’s Pro Life – Kitten Milk Plus

Sumber: CekList.id

Produk susu dari Jerman ini cocok untuk bayi kucing dan kucing dewasa, sangat cocok untuk Anda yang memiliki banyak kucing dengan berbagai usia. Didesain dalam bentuk bubuk sehingga Anda dapat menyimpannya lebih lama daripada menggunakan susu cair.

Meskipun tidak terlalu realistis, Anda tetap senang menghemat uang, bukan? Belum lagi kandungan nutrisi esensialnya yang tinggi seperti asam amino, asam lemak omega tiga, vitamin, mineral, protein organik dan karbohidrat, formula ini akan menjadi pengganti ASI terbaik untuk bayi kucing Anda maupun kucing dewasa.

9. Beaphar Kitty Milk

Susu untuk Bayi Kucing
Sumber: CekList.id

Fase pertumbuhan anak kucing adalah yang paling sangat krusial, di mana perhatian harus diberikan pada semua masukan yang mereka terima. Apalagi jika bayi kucing tersebut tidak memiliki induk, tentunya kebutuhan tubuh akan nutrisi penting menjadi aspek yang paling penting yang harus dipenuhi.

Jika anak kucing Anda mengalami kondisi ini, berikan Beaphar Kitty Milk. Dikemas dalam kemasan 200 gram, susu bubuk ini diklaim setara dengan 700 ml susu cair. Ini mengandung 32% protein yang dikombinasikan dengan minyak, vitamin, mineral, dan taurin untuk memastikan anak kucing tumbuh sehat dan aktif.

10. Gimborn GimCat Cat-Milk

Sumber: CekList.id

Selanjutnya, GimCat Cat-Milk hadir dengan nutrisi berupa 35% protein dan 28% lemak. Kedua nutrisi ini diperlukan untuk pertumbuhan anak kucing. Faktanya, kucing hamil dan menyusui, kucing tua, kucing tanpa induk, dan kucing yang sedang dalam masa pemulihan membutuhkan semua vitamin yang ada di susu ini juga.

Dengan kata lain, ini adalah susu kucing yang ideal untuk kucing segala usia. Rasanya seperti ASI, produk ini juga diperkaya dengan taurin, asam arakidonat, dan turunan laktosa yang masing-masing baik untuk kesehatan kulit, bulu, dan usus kucing Anda.

11. Bioline Goat Milk for Dogs and Cats

Susu untuk Bayi Kucing
Sumber: CekList.id

Bioline Goat Milk adalah susu yang diperas dari induk kambing. Menurut berbagai penelitian, susu hewani mendekati ciri-ciri susu induk kucing, yaitu susu dari induk kambing. Oleh karena itu, produk ini tidak hanya cocok untuk kucing tetapi juga untuk anjing.

Produk berikut bebas laktosa dan hipoalergenik sehingga aman untuk pertumbuhan dan saluran pencernaan bayi kucing Anda. Anda bisa memberikan susu kambing Bioline sebagai susu untuk anak kucing, kucing dewasa, kucing hamil atau kucing yang sedang sakit.

12. Top Growth

Sumber: Tokopedia

Merk susu kucing selanjutnya adalah merk Top Growth. Merek susu ini sangat membantu melindungi bayi kucing dari zat jahat yang ada di lingkungannya. Kandungan kalsium dan potasiumnya meningkatkan pertumbuhan tulang. Berbagai vitamin yang terkandung dalam susu merk Top Growth dijamin dapat memperkuat daya tahan tubuh bayi kucing.

Susu merk Top Growth dapat digunakan sebagai pengganti susu untuk bayi kucing yang tidak disusui. Dikemas dalam bentuk sachet dan kaleng, susu merk Top Growth ini juga cukup ekonomis, mulai dari Rp 3.000 per bungkus.

13. Koneko Baby Cat Milk

Susu untuk Bayi Kucing
Sumber: PintarPet

Berikutnya adalah susu kucing rendah laktosa dari Jepang, yaitu Koneko yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak kucing yang baru lahir.

Selain mudah diserap tubuh, susu kucing ini juga mengandung bahan-bahan yang sangat menyehatkan seperti kalsium yang tinggi, antioksidan, DHA, taurin dan protein. Meski memiliki sumber nutrisi yang melimpah, harga susu kucing Koneko cukup terjangkau, mulai dari Rp24.000 saja/box isi 200 gram.

14. SGM LLM+

Sumber: Kumparan

Nah, kalau kamu kesulitan mencari susu kucing di atas, kamu bisa menggunakan susu manusia, lho! pada Anda tertawa melihatnya? itu pasti kan?? Tenang Sobat Grameds, jangan khawatir! SGM LLM+ bisa banget jadi pengganti susu untuk bayi kucing kamu.

Susu SGM LLM+ tidak mengandung laktosa yang dapat menyebabkan masalah pencernaan pada bayi kucing Anda. Aromanya juga sedikit asin dan tengik, pasti kucingmu akan menyukainya. Tapi, untuk susu ini, harus diaduk dengan air sehangat mungkin untuk bayi kucingmu, ya! Anda dapat dengan mudah menemukan susu SGM LLM+ di supermarket, toko susu bayi, atau toko online favorit Anda.

15. Susu Beruang Bear Brand

Susu untuk Bayi Kucing
Sumber: Kumparan

Siapa sih yang tidak mengenal merk Nestlé Bear Brand atau susu beruang? Susu yang bisa didapatkan di minimarket terdekat ini bisa banget menggantikan susu kucing kamu! Bear Brand Milk ini bebas Laktosa ya Sobat Grameds, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk memberikannya kepada anak kucingmu!

Penutup

Demikian ulasan mengenai berbagai susu untuk bayi kucing. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang susu untuk bayi kucing lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

Sumber: dari berbagai sumber

Baca juga:

80+ Rekomendasi Nama Lucu, Untuk Kucing Kesayanganmu!

10 Jenis Ras Kucing Kecil yang Lucu dan Menggemaskan Dipelihara!

Ketahui Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Cara Menghilangkan Jamur Kucing: Pengertian, Mencegah, dan Obatnya

15 Penyebab Kucing Peliharaanmu Tidak Mau Makan

Written by ziaggi