in

Rekomendasi Buku Tentang Kesehatan Mental

pixabay

Rekomendasi buku tentang kesehatan mental – Membaca buku adalah sesuatu kegiatan yang baik untuk menambah wawasan bagi para pembacanya. Dengan membaca buku, ilmu baru yang sebelumnya belum pernah kita dengar maka dengan membaca buku kita akan mengetahuinya, bahkan memahaminya jika kita serius mempelajarinya lebih dalam lagi.

Ilmu yang diberikan pada setiap buku tentunya berbeda, tergantung dari apa yang ditulis di dalam buku yang kita baca. Tentunya kita juga harus menentukan buku apa yang ingin kita baca, ilmu apa yang ingin kita tambah dalam pengetahuan kita. Ilmu-ilmu tersebut tentunya sangat luas, bisa saja dalam bidang ekonomi, politik, kesehatan, dan lain-lain. Namun, kali ini yang akan kita bahas adalah ilmu tentang kesehatan mental.

Buku tentang kesehatan mental akan membantu kita untuk memahami lebih dalam mengenai apa yang dimaksud dengan kesehatan mental. Tidak hanya memahami ilmunya, kamu juga bisa mengenali dirimu sendiri dengan mempelajari kesehatan mental. Kamu bisa paham apakah kesehatan mental dalam dirimu terjaga dengan baik atau tidak.

Tentu kamu akan merasakan hal yang tidak nyaman jika kamu merasa kesehatan mentalmu terganggu. Namun, dengan adanya buku kesehatan mental menjadi pencerah untuk kamu agar kamu paling tidak memahami dasar dari kesehatan mental itu sendiri. Kamu bisa melakukan hal-hal yang bisa membuat kesehatan mentalmu terjaga dengan baik.

Jika kamu merasakan kesehatan mentalmu mulai terganggu dan merasa tidak nyaman dengan keadaan dirimu, kamu bisa berobat dengan psikologi. Apabila kesehatan mentalmu membutuhkan obat agar bisa menenangkan dirimu maka kamu bisa pergi ke psikiater untuk diberikan obat khusus untuk memulihkan kesehatan mentalmu.

Dengan ini, Gramedia memberikan rekomendasi buku tentang kesehatan mental yang mungkin dapat membantu kalian untuk memahami tentang kesehatan mental lebih dalam lagi. Untuk lebih jelasnya apa saja buku yang direkomendasikan, mari simak ulasan berikut.

1. Konseling Kesehatan Mental Klinis – Donna S. Sheperis

beli sekarang

Buku Konseling Kesehatan Mental Klinis ini ditulis oleh seorang konselor yang sudah memiliki banyak pengalaman. Konselor ini akan membantu mahasiswa dalam menghadapi dan mengajarkan bagaimana memiliki profesi konseling kesehatan mental klinis dan juga akan mengembangkan standar keunggulan dalam praktik yang dimilikinya.

Materi yang ada di dalam buku ini telah disusun secara baik agar sesuai dengan pemahaman perkembangan profesi. Bab yang ada di dalam buku ini telah disusun menjadi tiga bagian, yaitu pengantar, seputar praktik, dan kecenderungan kontemporer dalam konseling kesehatan mental klinis.

Pada setiap babnya telah didesain dengan untuk memenuhi tujuan dari pembelajaran yang berhubungan dengan standar akreditasi pada tahun 2009 yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Council for Accreditation of Counseling and Related Educational Programs (CACREP). Semua hal dari tujuan pembelajaran yang telah didasarkan pada CACREP ini merupakan hal-hal terkait spesialisasi konseling kesehatan mental klinis.

2. Kesehatan Mental Psikiatri – Mary Baradero, SPC, MN, dkk.

beli sekarang

E-book Kesehatan Mental Psikiatri ini disusun dengan tujuan untuk dapat memudahkan para mahasiswa. Mahasiswa dalam hal ini dituntun untuk memahami dan juga dapat mempraktikkan ilmu yang ada di dalam e-book ini mengenai bagaimana cara merawat dan mengasuh pasien yang memiliki penyakit kesehatan mental.

banner-promo-gramedia

E-book ini membahas mengenai dasar-dasar keperawatan kesehatan mental; teori neurobiologi dan psikofarmakologi; teori dan terapi psikososial; kesadaran diri dan penggunaan diri secara terapeutik; marah, bermusuhan, dan agresi; ansietas dan gangguan ansietas; skizofrenia; gangguan jiwa dan bunuh diri.

Dengan adanya e-book ini, diharapkan para pembaca khususnya mahasiswa dapat dengan mudah memahami apa yang telah dituliskan di dalam buku ini. Di mana dengan tujuan untuk membantu merawat pasien yang memiliki kesehatan mental yang tidak baik.

3. Bimbingan Konseling Kesehatan Mental di Sekolah – Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi., dan Herdi, M.Pd.

beli sekarang

Seorang konselor atau guru bimbingan dan konseling tentu harus memiliki pengembangan pemahaman tentang konseling kesehatan mental. Hal ini dikarenakan konselor atau guru bimbingan dan konseling memiliki tugas untuk memberikan pelayanan mengenai bimbingan dan konseling untuk melihat kesehatan mental seseorang.

Dengan adanya tugas tersebut harus dilandasi oleh penguasaan kompetensi akademik dan kompetensi profesional konselor atau guru bimbingan dan konseling. Jika para konselor dan guru bimbingan dan konseling ingin mencapai profesionalitas seperti itu maka buku ini adalah buku yang cocok.

Buku ini memberikan pandangan yang psikologi positif untuk melihat manusia dari perspektif kelebihan yang dimilikinya, bukan dari kekurangan yang dimiliki. Selain menjelaskan mengenai ilmu kesehatan mental, buku ini juga menjelaskan bagaimana kondisi kondisi kesehatan mental dan intervensi yang harus dilakukan oleh seorang konselor dan juga guru bimbingan dan konseling. Kondisi seperti itu menggunakan pandangan dari perspektif psikologi positif dan bimbingan konseling komprehensif.

4. Islam dan Kesehatan Mental – Dr. Mulyadi, S.Ag., M.Pd.

beli sekarang

Dalam Islam, Al-Quran merupakan mukjizat terbesar yang diturunkan kepada umat agama Islam. Al-Quran memiliki keistimewaan dan kekuatan yang tidak dimiliki oleh makhluk mana pun di jagat raya ini kecuali Allah Swt. Allah Swt., memberikan mukjizat berupa Al-Quran kepada Rasulullah saw., untuk diajarkan kepada umatnya mengenai agama Islam dan dijaga sampai akhir masa.

Di dalam Al-Quran terdapat sebuah ayat memberikan perumpamaan jika Al-Quran diturunkan di sebuah gunung maka akan hancur tidak tersisa karena tidak ada yang mengamalkannya. Perumpamaan tersebut tentu membuat manusia berpikir bahwa Al-Quran memang sangat penting untuk dijadikan pedoman hidup dan diamalkan. Seseorang yang senantiasa membaca dan mengamalkan perintah di dalam Al-Quran tentu hidupnya akan tenteram, nyaman, serta memiliki kesehatan mental yang baik.

Buku ini memberikan penjelasan bahwa dengan adanya agama Islam yang turun ke bumi yang dilandasi dengan Al-Quran akan membuat manusia yang membaca dan mengamalkannya mendapatkan hal-hal yang positif, khususnya baik untuk kesehatan mental. Kesehatan mental akan terjaga dengan baik jika kita selalu beramal baik dengan sesama manusia serta menjalankan perintah Allah Swt., sesuai yang ada di Al-Quran.

5. Nutrient Power: Memulihkan Kesehatan Mental – William J. Walsh

beli sekarang

Bidang psikiatri telah menghasilkan hal yang hebat selama 50 tahun terakhir. Penyakit kesehatan mental biasanya diobati dengan bantuan dari psikiatri. Psikiatri akan memberikan obat-obatan untuk membuat pasien penyakit kesehatan mental agar sembuh dari penyakitnya. Hal ini tidak ada yang salah, namun perlu adanya pembaharuan.

Namun, bidang ini juga membutuhkan adanya haluan yang baru. Seiring dengan berkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan, khususnya pada ilmu pengetahuan biologi molekuler otak yang telah memberikan pedoman berupa metode yang efektif, alami, bebas dari obat, dan juga tidak ada efek samping bagi pasien.

Obat-obatan dalam dunia psikiatri sudah berperan dan membuat para pasien yang terkena penyakit pada kesehatan mentalnya menjadi membaik. Hal tersebut telah memberikan banyak manfaat kepada masyarakat selama 50 tahun terakhir. Namun, perlahan cara pemberian obat-obatan tersebut akan memudar. Zaman dan ilmu pengetahuan sudah berubah dan berkembang, penyakit kesehatan mental dapat disembuhkan dengan terapi keseimbangan biokimia.

6. Konseling Kesehatan Mental – Zainal Aqib

beli sekarang

Ilmu psikologi merupakan ilmu yang menelaah mengenai gejala-gejala yang timbul dalam jiwa seseorang serta perilaku makhluk hidup. Di dalam dunia psikologi juga dikenal dengan istilah konseling. Artinya sebuah proses yang dilakukan oleh seorang ahli dengan seseorang dalam membantu untuk menyelesaikan masalah yang dialaminya.

banner-promo-gramedia

E-book ini akan membahas mengenai hal-hal yang memiliki hubungan dengan psikologi dan konseling secara lebih dalam. Hal yang dibahas di dalam e-book ini terutama mengenai kesehatan mental seseorang dan juga perilaku dari seseorang yang diamati.

E-book Konseling Kesehatan Mental ini membahas beberapa ilmu mengenai konseling yang meliputi, psikologi kesehatan, psikologi konseling, dan konseling kesehatan mental. E-book ini juga dapat dijadikan sebagai rujukan bagi mahasiswa, guru, konselor, dosen, dan masyarakat pada umumnya yang ingin mempelajari Konseling Kesehatan Mental lebih secara lebih dalam.

7. Membangun Kesehatan Mental Keluarga dan Masa Depan Anak – Julianto Simanjuntak

beli sekarang

Buku ini ditulis karena keresahan dari seorang penulis yang dalam kehidupannya memiliki keluarga yang memiliki penyakit kesehatan mental. Penulis ini juga tentunya menekuni bidang kesehatan mental ini dan memberikan ilmu serta pengalamannya ke dalam buku ini untuk dibaca oleh semua orang.

Sangat bersyukur bahwa ilmu-ilmu seperti kesehatan, psikologi klinis, dan juga psikologi konseling sangat berkembang pesat. Telah banyak berbagai penelitian, obat-obatan yang maju dan juga manjur bagi penderita kesehatan mental, serta tenaga kesehatan yang juga bertambah. Dengan adanya pendidikan yang maju ini membuat masyarakat menjadi mengerti tentang kesehatan mental.

E-book ini akan memberikan gambaran mengenai profesi pada bidang kesehatan mental. Profesi-profesi tersebut meliputi, konselor, psikolog, psikiater, dan pekerja sosial. Penulis ingin membuktikan kepada pembaca bahwa profesi ini merupakan hal yang menjanjikan.

Selain itu, di dalam e-book ini juga dijelaskan beberapa penyakit kesehatan mental seperti, mulai dari stres, ketergantungan obat hingga skizofrenia, dan sebagainya. Para pembaca akan disuguhkan bacaan mengenai kerasukan setan, dan perbedaannya dengan gangguan jiwa, serta dijelaskan bagaimana cara menanganinya.

Tindakan yang dianjurkan penulis adalah pendekatan holistis dan pentingnya terapi komunitas lingkungan yang sehat. Lewat buku ini kita belajar pentingnya sistem keluarga yang sehat dan berfungsi yang akan menghasilkan anak -anak yang sehat secara mental.

Dr. Dwidjo Saputro, Sp.KJ., seorang psikiater mengatakan tentang buku ini bahwa, “Buku Membangun Kesehatan Mental Keluarga dan Masa Depan Anak sangat bermanfaat bagi para konselor di Indonesia dalam melakukan konseling, terutama masalah gangguan jiwa.”

Prof. Dr. Mesach Krisetya, seorang uru Besar Emeritus Bidang Konseling-UKSW juga mengomentari buku ini. Ia mengatakan bahwa, “Karunia membedakan roh. merupakan salah satu karunia rohani yang kita butuhkan untuk mendiagnosis gangguan jiwa. Buku ini menolong pembaca untuk melaksanakannya.”

Grameds, demikianlah rekomendasi buku tentang kesehatan mental yang diberikan oleh Gramedia. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan keinginan kamu. Diharapkan setelah membaca buku-buku rekomendasi tersebut dapat menambah wawasan kalian mengenai kesehatan mental dan tentunya dapat mengenali kesehatan mental pada diri kalian masing-masing.

Jika kalian ingin mempelajari ilmu-ilmu lainnya, kalian juga bisa membeli dan membaca buku lain yang ada di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan buku-buku berkualitas dan juga bermanfaat untuk kamu. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

banner-promo-gramedia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq