in

Rekomendasi Buku Tentang Ekonomi Terbaik

Rekomendasi Buku Tentang Ekonomi Terbaik – Apakah Grameds sedang mencari referensi buku tentang ekonomi? Ekonomi adalah salah satu kajian ilmu yang luas dan terus berkembang hingga sekarang karena ilmu ekonomi ini juga bergantung pada konteks perkembangan zaman sebagai kajian pembahasannya. Itulah sebabnya sebagai masyarakat umum atau pembaca biasa pun penting mempelajari kajian ilmu ini secara mendasar.

Jika Grameds seorang mahasiswa yang baru masuk jurusan ekonomi di perguruan tinggi atau praktisi dalam bidang ilmu ekonomi, mengenali lebih jauh tentang kajian ilmu ekonomi tentu menjadi sangat penting. Dalam praktiknya, ilmu ekonomi memiliki berbagai macam jenis kategori yang lebih detail, seperti ekonomi mikro, ekonomi makro, ekonomi islam, ekonomi keuangan, ekonomi pembangunan, dan sebagainya.

Berikut ini rekomendasi buku ekonomi, mulai dari buku yang sifatnya mendasar sampai buku yang memiliki perspektif yang lebih detail tentang topic ekonomi yang penting untuk diketahui masyarakat Indonesia:

Rekomendasi Buku Tentang Ekonomi

Pengantar Teori Ekonomi: Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro dan Makro Ed. Revisi

tombol beli buku

Rekomendasi buku tentang ekonomi yang pertama bisa dimulai dari dasarnya yakni pengantarnya terlebih dahulu. Maka buku yang di Suherman Rosyidi cocok Grameds baca untuk memahami tentang ilmu ekonomi yang diibaratkan sebagai sebuah gedung dan buku inilah yang bisa menjadi pintu gerbangnya. Sebagai pelajar ekonomi Grameds harus memahami terlebih dahulu tentang beberapa konsep dasar sebelum lanjut mempelajari ilmu ekonomi itu sendiri.

Itu artinya Grameds perlu belajar untuk bisa berbicara dan memahami tentang bahasa ekonomi. Buku ini kemudian hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut yang disiapkan untuk para pelajar pemula, terutama di tingkat universitas. Buku Pengantar Teori Ekonomi ini terdiri dari tiga bagian utama, yakni Pendahuluan, Pengantar Ekonomi Makro, dan Pengantar Ekonomi Mikro. Pada bagian Pendahuluan, Grameds akan diajak memahami tentang beberapa konsep dasar ekonomi, antara lain penjelasan permasalahan utama setiap perekonomian, produksi dan produktivitas, barang dan jasa, dan sebagainya.

Kemudian pada bagian kedua, membahas tentang pusat studi ekonomi makro, terutama membahas tentang perihal pendapatan nasional. Materi dalam buku ini disampaikan mulai dasar, seperti menjawab apa artinya, apa unsurnya, bagaimana pertumbuhannya, bagaimana distribusinya, dan sebagainya. Selanjutnya bab akhir buku ini menjelaskan tentang salah satu unsur penting dalam materi ekonomi mikro, yakni teori tentang firm. Penjelasan materi tersebut dimulai pembahasan harga, peranannya dan bagaimana terbentuknya pada pasar. Kemudian pembahasan akan berkembang berkaitan dengan teori permintaan dan penawaran.

Selain pembahasan tentang biaya produksi, pembaca akan menemukan pembahasan tentang teori firm (the theory of the firm) dalam bentuk studi kasus. Tentu ada banyak buku yang sejenis,  namun buku ini memiliki keunggulan pada kelengkapannya, yakni pembahasan tentang ekonomi makro dan mikro sekaligus. Selain itu buku ini menggunakan gaya bahasa bertutur, sehingga bisa lebih nyaman dan mudah bagi pembaca pemula sekalipun dan dilengkapi dengan kejelasan gambar, terutama berbentuk grafik.

Prinsip- Prinsip Ekonomi (Principles of Economic) Ed. 13 Jl. 1

tombol beli buku

Buku Prinsip-prinsip Ekonomi yang ditulis Case Fair bertujuan untuk membangkitkan ketertarikan mahasiswa atau para pelajar ekonomi lainnya pada cara kerja perekonomian dan kekuatan serta luasnya cakupan ilmu ekonomi. Tema dasar buku ini adalah memperkenalkan disiplin ilmu ekonomi dan memberikan pemahaman dasar tentang bagaimana perekonomian itu bekerja dalam perkembangan zaman. Grameds akan mulai dikenalkan dengan teori ilmu ekonomi, materi-materi kelembagaan, dan bagaimana cara penerapan di dunia nyata.

banner-promo-gramedia

Uniknya buku ini menampilkan keseimbangan di antara komposisi babnya. Menariknya lagi buku ini menjawab tantangan pembelajaran dari banyaknya materi yang perlu dibahas untuk pengajar pemula dan dipahami oleh mahasiswa.  Yakni menggunakan pendekatan tiga lapis dalam menjelaskan konsep penting dengan cerita, grafik, dan persamaan yang relevan, kemudian ada fitur  pedagogis yang mengilustrasikan dan memperkuat konsep penting dengan contoh dan penerapan dari dunia nyata yang relevan bagi mahasiswa, menampilkan Grafik, dan memiliki pertanyaan maupun soal yang variatif.

Setelah mempelajari buku ini, diharapkan Grameds sebagai pembaca dapat memiliki pemahaman dasar tentang bagaimana cara kerja perekonomian pasar, bentuk apresiasi pada hal yang dilakukan dengan baik, dan mengetahui hal-hal yang tidak baik dijalankan dalam aktivitas ekonomi. Selain itu, pembaca juga bisa mulai mempelajari seni dan ilmu dari cara sudut pandang ekonomi dan bisa melihat sejumlah kebijakan, bahkan berani mengambil keputusan pribadi dari sudut pandang yang berbeda.

Buku Jilid I ini lebih diorganisasikan untuk seputar ekonomi mikro atau mikroekonomi. Pengorganisasiannya berusaha mencerminkan keyakinan penulisnya bahwa cara terbaik untuk memahami bagaimana ekonomi pasar beroperasi dan cara terbaik memahami teori ekonomi dasar adalah melalui pembahasan model persaingan sempurna terlebih dahulu. Yakni meliputi pembahasan tentang pasar output baika barang atau jasa dan pasar input seperti tanah, tenaga kerja, dan modal, dan bagaimana hubungan di antara keduanya.

Pemahaman tersebut perlu dimengerti terlebih dahulu sebelum melanjutkan pada penjelasan tentang struktur pasar nonkompetitif, yakni persaingan tidak sempurna seperti monopoli dan oligopoli. Saat mahasiswa bisa memahami cara kerja suatu sistem persaingan sempurna yang sederhana, maka mereka sudah bisa mulai memahami tentang bagaimana jenis atau bentuk aktivitas ekonomi lainnya bisa saling berhubungan.

Ekonomi Makro Teori dan kebijakan

tombol beli buku

Buku Ekonomi Makro Teori dan Kebijakan yang I Gusti Ayu Purnamawati dan  Gede Adi Yuniarta ini membahas tentang struktur dan fungsi perekonomian secara menyeluruh. Pembahasannya berdasarkan analisis makroekonomi dalam keberhasilan suatu perekonomian yang cenderung memandang konsumen pada aktivitas rumah tangga tertentu sebagai unit dalam perusahaan sektor bisnis, pelaku di sektor publik, baik di tingkat lokal maupun pusat. Hal yang diperhatikan dalam buku ini adalah output nasional, pengeluaran konsumsi dan investasi agregat.

Meskipun termasuk buku teori lanjutan, namun buku ini bisa dikategorikan lengkap membahas dari yang paling dasar, seperti tentang anggaran pemerintah, tingkat bunga, permintaan uang, tabungan nasional tingkat harga umum dan inflasi pengangguran dan kesempatan kerja, nilai tukar mata uang, neraca pembayaran, uang beredar, dan lain sebagainya.

Teori kesempatan kerja, stabilitas harga, dan pertumbuhan ekonomi sering disebut sebagai tujuan dari pembangunan nasional sebagai upaya pencegahan terjadi inflasi dan upaya mendorong pertumbuhan perekonomian. Itulah sebabnya materi ini di bahasa tuntas dalam buku ini.

Keberhasilan perekonomian Negara juga dilihat dari hasil pendapatan nasional dan produk- produk nasionalnya. Bentuk inovasi dapat memunculkan industri- industri baru yang bisa mempengaruhi percepatan pertumbuhan ekonomi, baik jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Buku ini berhasil menggambarkan bahwa Negara dengan kekuatan ekonomi akan memiliki keunggulan, terutama di bidang teknologi karena negara akan berupaya menghasilkan inovasi- inovasi baru.

Seperti inovasi pada produk proses, desain dan juga kemampuan untuk mengaplikasikan dan memasarkan inovasi tersebut. Penulis berupaya menyajikan buku tentang ekonomi makro ini beserta teori dan soal latihan agar para pelajar atau mahasiswa termasuk juga masyarakat umum dapat memahaminya dengan mudah tentang ekonomi secara makro dalam kajian perspektif teori dan kebijakan.

Ekonomi Mikro Suatu Pengantar

tombol beli buku

Buku yang di tulis I Gusti Ayu Purnamawati & Gede Adi Yuniarta ini membahas tentang bagian kecil dari ekonomi, mulai dari aspek individu sampai dengan keseluruhan kegiatan dalam perekonomian. Bentuk analisis yang digunakan dalam teori ekonomi mikro salah satunya berkaitan dengan perilaku pembeli atau konsumen dan perilaku produsen secara individual. Ekonomi mikro kemudian berkaitan dengan permasalahan harga, itulah sebabnya ekonomi mikro juga lebih dikenal dengan sebutan teori harga.

Buku ini menampilkan permasalahan ekonomi yang disebabkan karena adanya kesenjangan pada kebutuhan yang tidak terbatas jumlahnya dengan sumber daya terbatas. Sebenarnya inti dari permasalahan ekonomi adalah bagaimana seseorang mempergunakan sumber ekonomi yang terbatas ini untuk memenuhi kebutuhannya dengan baik.

Kemudian permasalahan pokok ekonomi yang terjadi adalah bentuk masalah kelangkaan atau kekurangan yang diakibatkan karena kondisi kebutuhan masyarakat yang tidak seimbang dengan alat pemuas kebutuhannya.

Seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan seseorang itu sangat tidak terbatas jumlahnya, padahal suatu input ada jumlahnya yang sifatnya juga terbatas. Itulah sebabnya penulis berupaya menyajikan buku tentang ekonomi mikro beserta teori dan soal latihannya agar para mahasiswa, termasuk masyarakat umum bisa memahaminya dengan mudah untuk mengetahui tentang ekonomi mikro dalam kajian perspektif kerakyatan.

Ekonomi Islam Teori Aplikasinya

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

Buku Ekonomi Islam Teori Aplikasinya yang ditulis Dr. Rozalinda, M.Ag. ini adalah buku teks yang memberikan panduan ajar tentang Ekonomi Islam khususnya di perguruan tinggi. Seluruh tema tersebut dibahas secara berurutan, mulai dari teori ekonomi mikro sampai bentuk kebijakan ekonomi yang digunakan oleh  para pemegang otoritas moneter. Seluruh penjelasan tersebut disajikan secara komprehensif menggunakan ulasan berupa alasan secara naqli dari Al-Qur’an dan hadis.

Buku ini juga menampilkan teori- teori ekonomi yang dilahirkan ahli- ahli ekonomi Islam klasik, seperti Abu Yusuf, al-Ghazali, Ibn Taymiyyah, dan Ibn Khaldun yang didukung dengan teori kontemporer yang sudah ada. Buku ini cocok Grameds baca untuk melihat perkembangan ekonomi dari kacamata agama islam.

Ekonomi Moneter Islam: Suatu Pengantar

tombol beli buku

Membahas kajian ekonomi moneter Islam, buku ini mengajak pembaca untuk memahami urgensi literasi tentang ekonomi moneter Islam, seperti sistem ekonomi dan keuangan Islam serta teori dan konsep dasar keuangan Islam. Pembahasan penting dalam buku ini adalah kerangka pendekatan ekonomi moneter Islam dan konsep uang dari sudut pandang Islam.

Selain itu buku ini juga membahas tentang konsep inflasi, nilai tukar, suku bunga, dan investasi dalam perspektif moneter islam yang lebih mendalam. Menariknya lagi isi buku ini menyajikan aplikasi ekonomi moneter Islam dalam kebijakan moneter di Indonesia dan di beberapa negara lain. Pada bagian terakhir buku ini kemudian mengulas tentang bentuk tantangan, peluang, serta masa depan ekonomi moneter Islam.

Perlu Grameds ketahui bahwa buku ini menjadi buku pertama di Indonesia yang mengkaji tentang ekonomi moneter Islam dengan lengkap, sehingga cocok jadi sumber referensi untuk para akademisi, peneliti dan praktisi di bidang ekonomi islam. Kehadiran buku ini mengharapkan agar pembaca bisa memahami lebih mendalam tentang konsep dan isu- isu yang berkaitan dengan ekonomi moneter Islam dan bisa mengamati sejauh mana praktik kebijakan moneter Islam telah diterapkan dan prospek masa depan ekonomi moneter Islam.

Ekonomi Islam kelembagaan dan Konteks Keindonesiaan

tombol beli buku

Masih berkaitan dengan ekonomi islam, Buku yang ditulis Prof. Dr. Sukron Kamil, M.A ini melengkapi kekurangan referensi ekonomi Islam yang belum banyak, terutama kurangnya referensi tentang kelembagaan ekonomi Islam dan hubungan antara keduanya dengan konteks keindonesiaan yang lebih spesifik. Buku ini membahas tentang ekonomi makro Islam sebagai bentuk studi pembangunan dengan membandingkan sistem ekonomi Islam dengan bentuk kapitalisme, sosialisme, dan welfare state. Bentuk- bentuk kelembagaan yang dibahas juga lebih komprehensif, mulai dari perbankan Islam, wakaf, ZIS (?lantropi), asuransi, hingga koperasi Islam, baik secara konseptual dan praktik.

banner-promo-gramedia

Kelebihan dari buku ini adalah cara penjelasan konseptual yang kaya, tidak hanya membahas referensi klasik Islam melainkan juga secara kontemporer. Selain itu juga tidak hanya kaya pandangan mazhab Syafi’i yang dianut banyak umat Islam di Indonesia, melainkan juga mazhab di Iuar mazhab Syafi’i yang lebih lengkap. Paparan sebagai hasil riset lapangan juga jadi kelebihan buku ini dalam konteks kelembagaan ekonomi Islam.

Baik pembahasan tentang makro ekonomi maupun mikro kelembagaan pasti terdapat pembahasan dalam konteks keindonesiaan. Buku ini membahas praktik ekonomi makro dalam sejarah Indonesia dari sudut pandang Indonesia sebagai negara Muslim terbesar di dunia dan praktik kelembagaan ekonomi Islam di Indonesia.

Bahkan ada yang menyebut bahwa nyaris tidak ada buku yang membahas secara komprehensif sejarah ekonomi Indonesia pasca kemerdekaan hingga hari ini. Itulah sebabnya buku ini memiliki kelebihan dari segi kelengkapan pembahasannya.  Kelebihan lain dari buku ini adalah pembahasan materi ekonomi Islam yang tidak bersifat monodisipliner sebagai tren terkini dalam studi ilmu di dunia.

Jadi perspektif yang dibangun dalam buku ini menggunakan perspektif interdisipliner, bahkan multidisipliner. Pada dasarnya ekonomi Islam dalam buku ini dipandang lewat perspektif politik, sosiologi, filsafat ekonomi, dan juga fikih seperti buku pada umumnya. Bentuk entitas ekonomi Islam dalam buku ini tidak hanya didekati secara empiris sebagai ilmu ekonomi, melainkan juga secara rasional dan iluminatif, termasuk di dalamnya menggunakan pendekatan teologi dan studi hadis.

Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan

tombol beli buku

Buku berjudul Ekonomi Pembangunan dan perencanaan yang ditulis M.L Jhingan mendesah seluruh persoalan tentang pembangunan ekonomi negara- negara berkembang. Pembahasan tersebut bermula dari pemilihan teori ekonomi pembangunan, berbagai bentuk model pertumbuhan, dan segala metode perencanaannya. Dengan kapasitas tersebut buku ini benar-benar menunjukan semua ragam teori ekonomi dengan lengkap dan pemiliknya dengan saksama dengan cara mengidentifikasi permasalahan pembangunan ekonomi yang dihadapi.

Bahkan buku ini juga membahas lengkap tentang hambatan- hambatan, persyaratan dasar, ciri-ciri pertumbuhan ekonomi modern dan faktor-faktor pertumbuhan yang bersifat ekonomis atau bukan dalam aktivitas pembangunan. Lebih dari itu, buku ini terasa lebih menarik dengan bentuk penyajiannya yang teramat dialogis. Dengan gaya ini jarang ada pada buku- buku ajar ekonomi yang lainnya. Biasanya buku tentang ekonomi terasa abstrak dan rumit. Jadi tidak  heran jika sampai sekarang buku ini sudah enam belas kali cetak ulang dan banyak pakar ekonomi Indonesia yang merekomendasikan buku ini untuk dibaca saat mempelajari ekonomi pembangunan.

Nah, itulah daftar rekomendasi buku tentang ekonomi yang bisa Grameds baca sebagai mahasiswa ekonomi, praktisi, ahli, atau pembaca umum sekalipun. Apakah ada buku yang ingin Grameds baca? Grameds bisa menyesuaikan kebutuhan referensi untuk membacanya karena kajian ilmu ekonomi tersebut luas, bahkan bisa berkaitan dengan kajian ilmu lainnya. Grameds bisa kunjungi www.gramedia.com memperoleh referensi buku tentang ekonomi lainnya. Selamat belajar. #SahabatTanpabatas.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lala Nilawanti