in

Rekomendasi Buku Tentang Astronomi

Rekomendasi Buku Tentang Astronomi – Apakah Grameds sedang mencari referensi buku tentang astronomi? Tepat sekali, bagi sebagian orang astronomi mungkin masih terdengar asing, namun kajian ilmu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Termasuk anak- anak yang menyukai tentang dunia luar angkasa. Bahkan dapat dikatakan kajian ilmu astronomi lebih bisa dipahami secara umum dan dasar karena banyak berkaitan dengan kehidupan kita sehari- hari. 

Jika Grameds membutuhkan referensi buku tentang astronomi sebagai praktisi, ahli atau mahasiswa jurusan astronomi maka bisa menggunakan referensi yang lebih mendalam dan bersifat teoritis, Sedangkan untuk anak-anak Grameds bisa mencari buku tentang astronomi yang lebih ringan dan menarik agar anak- anak lebih sedang dalam memahami dan belajar tentang astronomi.

Sebelum masuk pada daftar rekomendasi buku tentang astronomi, ada baiknya Grameds mengenal terlebih dahulu tentang astronomi dan apa- apa saja yang masuk dalam pembahasan kajian ilmu ini. Berikut ini penjelasan tentang astronomi yang bisa Grameds simak agar lebih mengenal astronomi secara mendasar: 

Mengenal Astronomi

Astronomi adalah salah satu kajian ilmu yang mempelajari tentang segala bentuk benda- benda langit. Astronomi merupakan istilah yang berasal dari pemikiran orang- orang yang mencari dan memperhatikan bagaimana alam semesta ini bisa terbentuk sedemikian rupa. Secara umum, astronomi menggunakan ilmu matematika dan fisika untuk menjelaskan segala fenomena dan peristiwa yang terjadi di ruang angkasa yang tidak hanya dapat diamati, namun juga bisa dimengerti dalam bentuk model yang lebih jelas dan konkret.

Selain ilmu matematika dan fisika, astronomi juga banyak mengadopsi metode dalam kajian ilmu pengembangan perangkat lunak, pemrograman, analisis model, dan statistika. Itulah sebabnya banyak yang menganggap kajian ilmu astronomi itu rumit, bahkan banyak yang menganggapnya sebagai ilmu imajinatif, yakni sulit dimengerti kejelasan nyata nya. Padahal astronomi mempelajari semua hal yang mencakup tentang luar atmosfer bumi yang sudah jelas keberadaannya. 

Itulah sebabnya astronomi menerapkan konsep kajian ilmu fisika, biologi, dan geologi untuk menjelaskan asal usul pembentukan dan evolusinya. Dalam praktiknya, kajian ilmu ini memiliki berbagai macam bidang pembahasan, seperti empat cabang ilmu astronomi berikut ini:

Astrofisika Yang Menerapkan Hukum Fisika Di Luar Angkasa

Astrofisika adalah cabang ilmu astronomi menerapkan prinsip- prinsip ilmu fisika pada kajian ilmu astronomi dengan objek benda yang ada di luar angkasa. Hampir serupa dengan geofisika yang juga mempelajari fisikanya bentuk Bumi, astrofisika yang menghubungkan proses dan sifat fisik dengan bintang, benda langit, dan ruang- ruang yang ada disekitarnya. Dalam cabang ilmu astrofisika membahas hal berikut ini:

  • Kosmologi yang menjelaskan bagaimana alam semesta diciptakan, alam semesta berevolusi dan takdir pada akhirnya
  • Spektroskopi yang menjelaskan bagaimana cahaya dipantulkan, menyerap dan mentransfer antar materi di luar angkasa
  • Fiometri yang menjelaskan bagaimana benda- benda astronomi mengeluarkan cahaya di ruang angkasa berdasarkan radiasi elektromagnetik yang sangat besar
  • Helio Fisika yang menjelaskan bagaimana bentuk konstanta matahari dan radiasi dinamis yang mempengaruhi lingkungannya di luar angkasa
  • Helioseismologi yang menjelaskan bagaimana struktur interior dan dinamika bintang tersusun dengan mengamati bentuk gelombang dari permukaannya
  • Astro Seismologi yang menjelaskan bagaimana mempelajari bentuk struktur internal bintang dari pengamatan osilasinya

Astrometri Yang Memetakan Benda Langit

Selain kajian ilmu fisika yang mendorong gerakan di ruang angkasa, cabang ilmu astrometri lebih fokus pada posisi tepat benda- benda langit di luar angkasa. Cabang ilmu ini juga memberikan penjelasan tentang kerangka acuan bagaimana pergerakan bintang dan objek individu di ruang angkasa dengan jelas. Dalam cabang ilmu astrometry membahas tentang hal berikut ini:

  • Planologi yang menjelaskan bagaimana planet terbentuk di tata surya, termasuk didalamnya adalah komposisi dan dinamikanya dalam sejarah perkembangan benda- benda langit di luar angkasa
  • Ekoplanetologi yang menjelaskan seberapa banyak dan di mana saja posisi planet ada di luar tata surya

Astrologi Yang Memeriksa Batuan, Medan dan Material di Luar Angkasa

Cabang Astrologi sangat berkaitan dengan cabang ilmu eksobiologi. Itulah sebabnya kedua cabang ilmu ini fokus pada bagaimana kajian geologi berhubungan dengan benda- benda langit seperti bulan, asteroid, meteorit, dan komet. Dalam cabang ilmu astronomi ini membahas lebih rinci tentang hal berikut ini:

  • Arkeologi yang menjelaskan bagaimana geologi disusun di planet Mars 
  • Selenografi yang menjelaskan bagaimana ciri- ciri fisik di bulan terbentuk, seperti bentuk lunar maria, kawah, dan pegunungan disana
  • Ekogeologi yang menjelaskan bagaimana kajian ilmu geologi berhubungan dengan benda langit, seperti bulan, asteroid, meteorit, dan komet

Astrobiologi Yang Mencari Kehidupan di Luar Bumi

Cabang ilmu Astrobiologi focus melibatkan pencarian kehidupan di luar planet Bumi. Dalam kajian ini akan menjawab pertanyaan, Apa asal mula dan evolusi kehidupan? Apakah ada aktivitas kehidupan di planet lain? Bentuk lingkungan mana yang lebih baik dan bisa mendukung kehidupan? Maka dalam cabang ini membahas lebih rinci tentang hal berikut ini:

banner-promo-gramedia
  • Ekobiologi yang menjelaskan beberapa mungkin dan di mana kehidupan di luar angkasa
  • Astrokimi yang menjelaskan bagaimana mempelajari zat dalam benda langit, bintang dan ruang antarbintang.

Rekomendasi Buku Tentang Astronomi

Setelah mengetahui beberapa hal atau bidang yang dibahas dalam kajian ilmu astronomi, Grameds mungkin sudah bisa memetakan materi dan referensi seperti apa yang dibutuhkan untuk mempelajari kajian ilmu ini lebih dalam. Buku masih menjadi salah satu bentuk referensi yang bisa digunakan untuk mempelajari astronomi lebih lengkap. Berikut ini daftar rekomendasi buku tentang astronomi yang bisa Grameds baca, baik secara dasar umum sampai dalam bentuk perspektif teori yang lebih luas:

Berkenalan Dengan Alam Semesta, Tata Surya, Dan Benda Langit

tombol beli buku

Buku Berkenalan dengan Alam Semesta, Tata Surya dan Benda Langit yang ditulis Kira Seta ini membahas tentang fenoimena alam semesta, tata surya, dan dunia langit sebagai suatu hal yang penuh dengan misteri dan menakjubkan untuk dipahami dan dipelajari. Faktanya masih banyak sekali hal yang belum diketahui oleh banyak orang, termasuk para peneliti sampai saat ini tentang luar angkasa yang sangat luas. Pembahasan hal ini tentu sangat menarik bagi orang-orang yang “haus” akan segala pengetahuan menakjubkan ini. 

Melalui buku ini, berbagai fenomena alam, seperti banjir, gempa bumi, gunung meletus, pelangi, dan lainnya akan dikupas dengan jelas dan lengkap. Selain itu dari dunia tata surya dan langit, buku ini berisi pengetahuan tentang meteor, planet, bulan, gerhana, serta banyak lainnya yang dijelaskan secara sederhana, namun tetap lengkap dan tepat. Itulah sebabnya buku ini cocok bagi pemula yang ingin mengetahui luar angkasa dari dasarnya. 

Menjelajah Luar Angkasa

tombol beli buku

Selain buku pengenalan di atas, Kira Seta juga menulis buku berjudul Menjelajah Luar Angkasa yang membahas tentang dunia langit dan tata surya sebagai suatu hal yang penuh dengan misteri dan fenomena yang sangat menakjubkan. Tidak jauh berbeda dari buku sebelumnya, buku ini juga banyak membahas tentang pengetahuan luar angkasa, seperti planet, bintang, galaksi, planet kerdil, meteor, serta banyak lainnya akan dikupas dengan jelas. Kira Seta memiliki gaya bahasa yang mudah dipahami dan sederhana bagi pembaca pemula. 

Buku Pintar Bumi dan Antariksa

tombol beli buku

Buku yang ditulis Jumanta berjudul Buku Pintar Bumi dan Antariksa berisi tentang penjelasan bagaimana proses terjadinya alam semesta. Dalam buku ini pembaca akan menemukan jawaban dari pertanyaan bagaimana proses terbentuknya Bumi Dan berapa lama Bumi berputar dalam setahun, serta pembahasan lengkap tentang bumi lainnya. Bahkan buku ini juga membahas tentang sumber air di planet Bumi berasal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. 

Secara keseluruhan buku ini tergolong membahas materi yang sederhana dan mudah, jadi cocok untuk pembaca pemula yang penasaran dengan apa itu Lubang Hitam, apakah semua benda di luar angkasa itu bercahaya, siapa astronot pertama yang benar-benar menapakkan kaki di bulan, dan beberapa pengetahuan dasar tentang astronomi. 

Buku Sakti Olimpiade Astronomi Edisi 2

tombol beli buku

Buku Sakti Olimpiade Astronomi Edisi 2 adalah lokomotif yang bagus untuk mengawali rangkaian buku penunjang persiapan pelajar atau siswa untuk mengikuti olimpiade astronomi dari tingkat paling bawah hingga tingkat internasional. Isi buku ini adalah materi yang disajikan secara komprehensif yang disertai dengan ilustrasi yang memadai. Selain itu buku ini juga dilengkapi dengan beberapa latihan soal yang bisa menguji pemahaman yang merangsang pemikiran analitik untuk siswa. 

banner-promo-gramedia

Kelebihan buku ini adalah memiliki cakupan materi yang lebih luas, mulai dari astrometry (pengukuran posisi) sampai teori kosmologi (ilmu semesta). Kedalaman dan kelengkapan materi yang dibahas dalam buku ini telah disesuaikan dengan kebutuhan siswa, terutama untuk mempersiapkan materi- materi yang diujikan dalam ajang olimpiade. 

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman para penulis dalam mengikuti setiap tahapan seleksi olimpiade astronomi yang memberikan nilai lebih pada kehadiran buku ini. Selain membantu siswa mempersiapkan siswa mengikuti olimpiade astronomi, buku ini juga bisa menjadi referensi dan rujukan bagi siswa atau mahasiswa yang ingin mengenal astronomi secara dasar sebelum akhirnya menyelaminya lebih luas dan dalam lagi.

Ensiklopedia Mini: Alam Semesta

tombol beli buku

Buku Ensiklopedia Mini: Alam Semesta yang ditulis Yusup Somadinata menjelaskan tentang benda- benda yang ada di ruang angkasa kita. Mulai dari materi tentang Matahari dan planet-planet di Tata Surya, Asteroid, serta penjelajahan di ruang angkasa. Ada berbagai hal unik dan menarik di ruang angkasa yang dijelaskan dalam buku ini. Sifatnya yang ensiklopedi membuat pembaca lebih mudah mempelajari astronomi, mulai dari yang paling dasar seperti memahami definisi dari istilah- istilah yang ada dalam kajian ilmu astronomi. 

Alam Semesta

tombol beli buku

Buku Alam Semesta ini menjelaskan tentang alam semesta dari berbagai sudut pandang. Dalam buku ini akan menjawab pertanyaan sederhana, seperti sejak kapan alam semesta terbentuk, apa yang ada di alam semesta ini, mengapa alam semesta kita ada dalam bentuknya yang sekarang, siapa saja para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian alam semesta, dan akan seperti apa alam semesta kita nantinya. Semua materi tersebut akan dibahas dengan rinci dan lengkap, namun tetap tidak terkesan rumit dan sulit dipelajari. Buku ini juga dipenuhi banyak gambar, sehingga lebih mudah memahami materi dan menyenangkan untuk dipelajari.

Rekomendasi Buku tentang Astronomi Untuk Anak-Anak

Materinya yang unik dan menarik membuat banyak anak-anak menyukai hal yang berbau astronomi atau astronot. Hal ini mematahkan anggapan bahwa kajian ilmu astronomi itu rumit dan sulit dipelajari. Jika Grameds sedang mencari referensi buku tentang astronomi yang cocok untuk anak-anak, maka bisa beri rekomendasi buku berikut ini:

Ensiklopedia Pengetahuan pertamaku: Luar Angkasa

banner-promo-gramedia

tombol beli bukuBuku yang ditulis Arcturus mengajak anak- anak bisa mengikuti perjalanan ke ruang angkasa, jelajahi Tata Surya dan bintang- bintang di angkasa dengan cerita yang dilengkapi gambar yang menarik. Buku ini membantu anak- anak dapat mengenal benda- benda luar angkasa dengan mudah dan menyenangkan. Selain itu ada pula kuis benar atau salah di akhir buku yang bisa anak- anak selesaikan. 

Ensiklopedia Pengetahuan pertamaku: Bumi Kita

tombol beli buku

Selain seri Luar Angkasa, Arcturus juga menulis buku serinya yang berjudul Bumi Kita. Dalam buku ini anak- anak akan diajak untuk memahami tentang kondisi bumi, seperti menjawab pertanyaan yang menakjubkan seperti, benarkah ada gurun bersuhu dingin? Buku ini juga menampilkan penjelasan yang detail seperti pembahasan tentang terumbu karang yang terbentuk dari hewan- hewan yang sangat kecil dan memiliki rangka luar yang keras.  

Ensiklopedia Sains Junior: Bumi

tombol beli buku

Selain Arcturu, Clare Hibbert & Honor Head juga menulis buku ensiklopedia tentang bumi yang cocok dibaca oleh anak- anak. Buku ini menjelaskan mulai dari pembuahan bumi yang sekarang, dulunya tidak begini. Butuh waktu miliaran tahun sampai Bumi bisa berbentuk seperti sekarang. Awalnya hanya ada mikroba bersel tunggal yang muncul di samudra, kemudian berbagai bentuk kehidupan mulai berevolusi. Contohnya ada yang hilang seperti dinosaurus, namun juga ada yang hadir, yakni manusia modern seperti sekarang.

Buku ini berupaya menjelaskan perubahan- perubahan fenomena tersebut dengan sederhana dan menarik, termasuk yang terjadi pada bentang alam yang luas. Buku Ensiklopedia ini akan membantu anak- anak untuk mengikuti perkembangan Bumi agar lebih peduli terhadap segala sesuatu yang terjadi pada lingkungan kita saat ini. Mulai dari mengenal fenomena alam sampai kekayaan habitat Bumi. 

Anak- anak akan diperlihatkan keindahan Gua Kristal dengan kristal tertinggi mencapai 12 m, sampai 3.000 menara batu di Wulingyuan, Tiongkok, dan masih banyak lagi hal lainnya. Gambar dan foto yang ada dalam buku ini akan mengajak anak- anak sekolah bertarung langsung ke setiap penjuru sudut Bumi.

Projekt Eksperimen Bumi

tombol beli buku

Buku Projek Eksperimen Bumi yang ditulis Miles Kelly mengajak anak- anak untuk menjelajahi bumi dengan fakta- fakta super keren dan ada beragam eksperimen seru lewat buku ini. Anak- anak juga akan diajak membuat anemometer sederhana, mencari tahu cara kerja siklus air, dan membuat fenomena Big Bang sendiri. Buka halaman lipatnya dan anak- anak akan menemukan kejutan menarik di baliknya. Buku ini cocok untuk anak- anak belajar tentang bumi dengan cara yang mengasyikan. bersiaplah untuk memahami Bumi dengan cara yang mengasyikkan!

Segala Sesuatu Tentang Alam Semesta

tombol beli buku

Buku Segala Sesuatu Tentang Alam Semesta yang ditulis Azzurri No Riski berisi berbagai hal penting yang perlu diketahui anak- anak tentang alam semesta. Mulai dari terbentuknya alam semesta, sampai semua hal yang ada di alam semesta sampai sekarang. Materi yang sederhana dan bentuknya yang unik memang cocok jadi bacaan anak- anak untuk mulai mengenal tentang alam semesta.

Nah itulah penjelasan singkat tentang astronomi dan daftar rekomendasi buku tentang astronomi, baik untuk para pelajar, praktisi, atau anak- anak yang baru memulai membaca buku. Apakah ada buku yang tertarik Grameds beli? Grameds bisa kunjungi www.gramedia.com untuk memperoleh banyak referensi buku tentang astronomi lainnya. Selamat Belajar. #SabahatTanpabatas.  

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lala Nilawanti