in

13 Rekomendasi Buku Psikologi Kepribadian

Rekomendasi Buku Psikologi Kepribadian – Seperti yang kita ketahui, bahwa kita dilahirkan berbeda antara satu sama lain baik dalam segi fisik atau penampilan dan juga dalam segi kepribadian untuk saling melengkapi antara satu sama lain. Kepribadian yang dimiliki seseorang menjadi salah satu faktor penting bagaimana cara orang tersebut berpikir, bertindak, berinteraksi dengan orang lain, dan sebagainya.

Menurut ahli psikologi bernama Carl Gustav, kepribadian manusia dibagi menjadi tiga jenis, yang terdiri dari introvert, ekstrovert, dan ambivert. Simak informasi berikut.

1. Introvert

Pertama, menurut Carl Gustav jenis kepribadian yang pertama adalah introvert. Kepribadian ini sendiri merupakan tipe yang memiliki fokus terhadap diri sendiri serta lebih menyukai untuk menyendiri.

Pada umumnya, orang yang memiliki tipe kepribadian ini lebih sering berkutat pada pikiran serta dunia mereka sendiri. Individu dengan tipe kepribadian introvert pada umumnya juga memiliki tingkat konsentrasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan tipe kepribadian lainnya, mereka juga suka untuk bercerita, mandiri, sulit untuk bersosialisasi dengan orang lain, serta pemalu.

2. Ekstrovert

Kedua, menurut Carl Gustav jenis kepribadian yang kedua adalah ekstrovert. Kepribadian ini sendiri merupakan tipe yang cenderung menyukai akan kehidupan di luar ruangan. Individu dengan tipe kepribadian ini lebih mudah untuk berinteraksi dengan sekitarnya dan memiliki sifat yang lebih terbuka

Orang yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert sangat mudah untuk beradaptasi terhadap lingkungan baru maupun orang baru yang ada di sekitarnya, mudah untuk bercerita, menyukai berbagai aktivitas di luar, ramah dan supel, mudah bekerja di dalam kelompok, serta memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi.

Tipe ekstrovert ini juga pada umumnya sangatlah aktif, namun orang dengan kepribadian ini seringkali lebih mengedepankan tindakan dibandingkan pikiran terlebih dahulu.

3. Ambivert

Ketiga, menurut Carl Gustav jenis kepribadian yang ketiga adalah ambivert. Kepribadian ini sendiri merupakan tipe kepribadian perpaduan antara tipe kepribadian introvert dengan ekstrovert.

Pada umumnya, orang dengan tipe kepribadian ini memiliki kehidupan yang lebih seimbang. Hal tersebut dikarenakan, mereka mengetahui kapan harus menjadi ekstrovert di sekitar orang lain, dan kapan menjadi introvert ketika mereka membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri.

Tipe kepribadian ambivert ini memiliki fleksibilitas serta keseimbangan antara kepentingan untuk diri sendiri serta kepentingan umum.

Untuk lebih memahami berbagai tipe kepribadian lainnya, terdapat berbagai referensi yang bisa kamu dapatkan melalui buku psikologi maupun buku kepribadian. Berikut ini beberapa rekomendasi buku mengenai psikologi kepribadian yang mungkin akan kamu sukai.

Rekomendasi Buku Tentang Psikologi Kepribadian

Teori Kepribadian Sebuah Pengantar – Muhammad Hamdi

Teori Kepribadian Sebuah Pengantar

tombol beli buku

Kepribadian merupakan kajian utama dari ilmu perilaku manusia. Kajian mengenai kepribadian sudah dilaksanakan semeniak pada pemunculan ilmu itu sendiri. Kerangka pemikiran dari teori kepribadian yang berkembang dari semenjak Hippocrates, Plato, dan aristoteles sebagai filsuf yang memikirkan awal kelahiran ilmu tingkah laku, berkembang pada bentuk analisis dan proses pandangan klinis.

Berkembangnya keilmuan mengenai manusia mengembangkan pula pemikiran dan pandangan mengenai kepribadian. Pembagian ranah pandangan mengenai tingkah laku berdasarkan pemikiran dan tokoh-tokohnya yang diungkapkan dalam buku Introduction to Theory of Personality dengan beberapa kali edisi terbit meniadi pembahasan pula pada buku ini.

banner-promo-gramedia

Buku ini terdiri dari lima bab yaitu,

  • Bab I Introduction fo Personality Theory a Framework for Comparison;
  • Bab ll Teori-teori yang Berorientasi Psikodinamik (Bercorak Klinis) aliran ini meliputi Teori Psikoanalisis Klasik Freud; Carl Gustav Jung; Psikologi Sosial Alfred Adler; Erich Fromm; Karen Horney, dan Harry Stack Sullivan.
  • Bab Ill Teori-teori yang Berorientasi Holistik (Fenomenologis) meliputi Personologi Henry Murray; Teori humanistik Abraham Maslow dan Carl Rogers, Teori Eksistensial Ludwig Binswanger dan Medan Boss; Pslkologi Timur dan Teori Medan Kurt Lewin.
  • Bab IV Teori-teori Sifat (Trait Theories) meliputi Psikologi lndividu Gordon Allport; Psikologi Konstitusi William Sheldon dan Teori Faktor Raymond Cattell.
  • Bab V Teori-teori yang Berorientasi Behavioristik meliputi Teori Stimulus Respon John Dollard dan Neal Miller serta Teori Perkuatan Operan B.F.Skinner

Psikologi Kepribadian – Sumadi Surya Brata

Psikologi Kepribadian

tombol beli buku

Psikologi kepribadian kaya dengan ermacam-macam teori dalam menggambarkan dan menentukan kepribadian individu. Untuk mendapatkan ikhtisarnya, di dalam buku ini dikemukakan penggolongna psikologi kepribadian yangtelah ada smapai dewasa ini. P

enggolongna tersebut didasarkan pada metode yang digunakan, komponen kepribadian yang dipakai sebagai landasan, dan cara pendekatan. dari ketiga dasar penggolongan tersebu, munculah berbagai psikologi kepribadian, seprti tipologi Kant, Teori Psikoanalisis, Teori Spranger, Teori Kepribadian Ludwig Klages, Teori Biososial, dan masih banyak lagi.

Semuanya dijelaskan di dalam buku ini secara jelas dan tuntas. Buku ini dapat digunakan oleh mahasiswa psikologi dan keguruan pendidikan. Selain itu buku ini juga dapat digunakan sebagai sumber studi bagi siapa saja yang menaruh minat terhadap psikologi.

 

Teori Psikologi Kepribadian – Nurodin, S.KOM.I., M.A.

Teori Psikologi Kepribadian

tombol beli buku

Buku ini menjelaskan bahwa manusia merupakan pribadi yang unik, takkan pernah habis untuk mengulas bagaimana uniknya, dalam buku ini membahas secara mendalam bagaimana manusia dengan latar belakang kehidupan manusia sebagai pribadi yang unik, adaptif dan kreatif.

 

Teori Kepribadian Perspektif Psikologi Islam – Abdul Mujib

Teori Kepribadian Perspektif Psikologi Islam

tombol beli buku

Penanganan dan pencegahan berbagai penyakit tidak dapat dilepaskan dari tindakan terapi dengan obat, meskipun dalam penanganan dan pencegahan penyakit tidak hanya digunakan obat namun dapat pula dilakukan melalui tindakan operasi,radioterapi, fisioterapi dan lain-lain. Obat merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pelayanan kesehatan.

Buku ini membahas bebagai aspek tentang farmakologi mulai definisi, terminologi ilmu farmakologi, sejarah farmakologi, armakologi umum yang meliputi cabang ilmu farmakologi,farmakodinamik dan farmakokinetik obat. Buku ini juga membahas tentang respon individual terhadap obat, interaksi obat, ilmu dosis (posologi), dan mengenai prinsip-prinsip penulisan resep disertai lampiran tentang istilah latin yang sering digunakan dalam penulisan resep.

 

Teori-Teori Kepribadian Humanistis – YUSTINUS SEMIUN, OFM

Teori-Teori Kepribadian Humanistis

tombol beli buku

Pada awal abad ke-20, psikoanalisis dan behaviorisme berkembang dengan pesat. Psikoanalisis mengemukakan bahwa gejala yang dapat diamati hanyalah manifestasi permukaan dari dorongan tak sadar. Sementara, behaviorisme memandang bahwa tingkah laku hanyalah gejala yang dapat diamati, yang terkait dengan proses-proses mental. Seiring berjalannya waktu, ada sekelompok psikolog yang kurang setuju dengan kedua teori tersebut yang kemudian berupaya mengembangkan suatu segi pandangan teoretis baru, yaitu humanisme (pandangan humanistis). Teori kepribadian humanistis merupakan pendekatan psikologis yang berfokus pada studi tentang keseluruhan sang pribadi.

Para psikolog teori ini memandang tingkah laku manusia tidak hanya melalui mata orang yang mengamati tingkah laku, tetapi juga melalui mata sang pribadi yang bertingkah laku. Pendekatan humanistis sering disebut “Mazhab Ketiga” dalam bidang psikologi sesudah psikoanalisis dan behaviorisme. Akan tetapi, ketiga aliran psikologi ini tidaklah bertentangan ataupun bersaing satu sama lain karena setiap cabang psikologi ini telah memperkaya pemahaman kita tentang pikiran dan tingkah laku manusia.

Buku ini membahas secara lengkap beberapa pandangan kepribadian humanistis beserta para pelopornya, yaitu Psikologi Konstruk Pribadi dari George A. Kelly, Teori Person-Centered dari Carl R. Rogers, Teori Dinamis-Holistis dari Abraham H. Maslow, dan Psikologi Eksistensial dari Rollo May. Dengan demikian, kehadiran buku ini diharapkan mampu menambah wawasan pembaca terkait berbagai hal yang mendorong kemunculan teori kepribadian humanistis dan pandangan para pelopornya

banner-promo-gramedia

 Magnet Kepribadian – Hari Laksana

tombol beli buku

Dengan total 224 halaman, buku karya Hari Laksana dengan judul Magnet Kepribadian ini akan membantu kita untuk dapat memiliki kepribadian yang lebih hebat, tangguh, memikat, serta berpengaruh pada orang-orang di sekitar kita.

Hari Laksana sendiri merupakan seorang pria asal Jawa Barat yang telah ratusan kali mengisi acara pelatihan dalam pengembangan diri serta peningkatan sumber daya manusia di berbagai perusahaan besar.

Pada buku ini, materi yang disampaikan dibagi menjadi 6 bagian yang masing-masing bagiannya membahas mengenai langkah-langkah untuk mengetahui serta mengasah kepribadian yang kita miliki.

Dimulai dari langkah pertama, yaitu mengetahui kepribadian kita, dimana pada bagian ini kita diajak untuk mengenali diri kita serta kepribadian yang kita miliki, selanjutnya mengidentifikasi diri, serta berusaha untuk menjadikan hidup yang kita miliki lebih hebat.

Dilanjutkan dengan langkah kedua, yaitu bentuk karakter anda, dimana pada langkah ini kita diajak untuk mengasah serta menciptakan kepribadian yang lebih unggul dan mengasah kepercayaan diri yang ada di dalam kita.

Selanjutnya, langkah ketiga dengan topik jangan lakukan kebiasaan-kebiasaan buruk, langkah keempat dengan topik bentuk sikap yang menyenangkan, langkah kelima dengan topik kuasai bahasa tubuh, serta yang terakhir yaitu langkah keenam dengan topik berbicara menyenangkan.

Setelah menyelesaikan keenam langkah tersebut, Grameds dapat memiliki gambaran untuk menjadi pribadi yang hebat, tangguh, memikat, serta berpengaruh atau bahkan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dimana, kita sering melihat berbagai tokoh besar yang eksistensinya diakui yang membuat kita takjub dengan magnet kepribadian mereka yang kuat.

 

Tes Davido-ChaD dalam Praktik: Tes Kepribadian Klinis dan Proyektif – Roseline Davido

tombol beli buku

Dirilis pada tanggal 6 Oktober 2021, buku Tes Davido-Chad dalam Praktik merupakan salah satu bentuk tes model proyektif yang semakin berkembang. Pada awal kemunculannya sendiri, tes model ini seringkali mendapatkan kritikan dari berbagai pihak.

Tes ini sendiri memiliki berbagai keunggulan, seperti halnya tidak adanya prasangka budaya serta kemampuan tes dalam membuka pintu mengenai ekspresi tertentu dari klien pada kehidupannya yang terdalam untuk dijadikan alasan. ‘

banner-promo-gramedia

Melalui gambar maupun perumpamaan visual yang ada, hubungan yang unik terjalin antara penguji dengan pembaca buku ini. Melalui buku Tes Davido-ChaD dalam Praktik ini juga diceritakan berbagai kasus yang telah diteliti, termasuk di dalamnya kasus terorisme serta pedofil yang ada di Indonesia.

Melalui pembahasan mengenai tes ini, pembaca akan diajak untuk lebih memahami hasil kerja keras dari tim ChaD melalui setiap kasus yang ada, termasuk di dalamnya berbagai pendekatan yang dilakukannya.

Pada buku dengan total 186 halaman ini, pembahasan materi dibagi menjadi delapan bab, yang dimulai dari definisi serta landasan teori yang digunakan serta diakhiri dengan studi kasus yang dapat membantu pembaca untuk lebih memahami tes Davido-Chad ini.

 

Psikopatologi Dalam Kehidupan Sehari Hari – Sigmund Freud

tombol beli buku

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menganggap bahwa diri kita mampu mengendalikan segala hal yang terjadi di sekitar kita hingga hal terkecil sekalipun. Namun, hal tersebut tidaklah benar, kita sebagai manusia seringkali membuat kesalahan dan hal tersebut bukanlah suatu hal yang seburuk pikiran kita.

Pada buku berjudul Psikopatologi Dalam Kehidupan Sehari-hari karya Sigmund Freud ini yang merupakan salah satu karya paling populernya yang diterbitkan pada tanggal 22 Desember 2015, beliau mengungkapkan berbagai gagasan yang berhubungan dengan berbagai kesalahan kecil yang akan terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari melalui sudut pandangnya atas kehidupan pribadi, kolega, keluarga, serta pasiennya.

Dalam mengembangkan pendekatan psikoanalisisnya ini, Sigmund Freud berhasil menemukan garis tipis pemisah antara perilaku normal dengan perilaku neurotik yang menunjukkan bahwa gangguan yang dialami di dalam alam bawah sadar khususnya pada kepribadian seseorang, sama saja dengan gejala konflik emosional dalam skala yang lebih kecil.

Dengan adanya buku ini, beliau berkontribusi dengan memberikan pemikiran modern yang dapat membantu memberikan pemahaman lebih dalam kepada orang lain mengenai permasalahan kita dalam kehidupan dan pergaulan sehari-hari.

Buku dengan tebal 323 halaman ini kemudian terbagi menjadi 12 bab yang dibedakan berdasarkan setiap kesalahan kecil yang dapat terjadi pada kehidupan sehari-hari. Diantaranya seperti kesalahan dalam mengingat nama orang, kesalahan dalam mengingat kata-kata asing, kesalahan dalam mengingat nama dan urutan kata, masa kanak-kanak dan ingatan yang tersembunyi, kesalahan dalam berbicara, dan masih banyak lagi.

Menarik kan? Baca buku Psikopatologi Dalam Kehidupan Sehari-hari ini dan pahami lebih dalam mengenai diri kita dan kehidupan yang kita jalani setiap harinya.

 

Orang Sulit: Fakta dan Persepsi, Kenali Kepribadian Anda – Tjipto Susana

tombol beli buku

Pada kehidupan sehari-hari, mau di rumah, sekolah, kampus, maupun tempat kerja, seringkali kita bertemu dan berurusan dengan orang yang sulit kita pahami dari segi perilakunya.

Hal inilah yang dibahas dalam buku ciptaan Tjipto Susana dengan judul Orang Sulit, dimana kita diberikan gambaran mengenai “orang sulit” yang ada di sekitar kita dan bagaimana kita harus menghadapi orang tersebut.

Secara singkat, “orang sulit” menurut beliau adalah orang yang perilakunya tidak dapat kita pahami, orang yang berdasarkan pandangan kita tidak dapat memahami kita, orang yang selalu mengeluh, orang yang selalu menganggap dirinya lebih, orang yang memiliki sifat kaku, maupun orang yang selalu mengatur dan mengendalikan kita.

Pada buku ini secara runtut dijelaskan mengenai perbedaan kepribadian serta asumsi yang memiliki potensi menciptakan “orang sulit” dari sudut pandang subjektif serta gangguan kepribadian yang dapat menyebabkan individu menjadi “orang sulit” secara objektif.

Dapatkan buku dengan total 177 halaman ini yang diterbitkan pada tanggal 23 Januari 2019 ini melalui Gramedia.

 

Segala Sesuatu Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Psikologi – Alan Porter

tombol beli buku

Buku berjudul Segala Sesuatu Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Psikologi karya Alan Porter merupakan buku pengantar yang sempurna khususnya bagi Grameds yang masih berada di bangku mahasiswa maupun orang awam.

Pada buku ini, akan dibahas mengenai berbagai konsep psikologi yang perlu kamu ketahui untuk dapat memahami segala persoalan dasar, serta mengarahkan kamu ke berbagai bidang serta topik psikologi yang dapat menginspirasi dalam mempelajari psikologi kedepannya lebih mendalam.

Melalui buku ini juga kamu dapat menjawab berbagai pertanyaan yang muncul, seperti cara kita belajar, cara kita mempelajari otak, berbagai komponen kepribadian, serta pertanyaan mengenai pengambilan keputusan secara kelompok maupun individu.

Buku dengan total 256 halaman ini memang cukup tebal, namun dengan adanya berbagai diagram serta ilustrasi yang dapat membantu kamu untuk lebih memahami materi yang disampaikan, Segala Sesuatu Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Psikologi ini merupakan buku pengantar psikologi yang tepat untuk kamu.

 

Behavioristik: Teori-teori Kepribadian – Yustinus Semiun, OFM

tombol beli buku

Behavioristik atau yang dikenal juga dengan sebutan psikologi behavioral adalah sebuah teori belajar yang hanya mengamati tingkah laku yang dapat dilihat. Teori belajar ini memiliki dasar pada ide bahwa segala tingkah laku didapatkan melalui metode pembelajaran.

Pembelajaran tersebut terjadi dengan adanya interaksi antara individu dengan lingkungan sekitarnya. Pada teori ini juga dijelaskan mengenai tingkah laku yang dipelajari melalui pengkondisian klasik, operan, serta belajar sosial.

Buku ini juga membahas berbagai pandangan kepribadian behavioristik berdasarkan pencetusnya, seperti analisis behavioral yang dibuat oleh B.F. Skinner, Teori Kognitif Sosial dari Albert Bandura, serta Teori Belajar Sosial Kognitif yang dibuat oleh Julian B. Rotler serta Walter Mischel.

Buku Behavioristik yang dirilis pada tanggal 21 Juli 2020 ini disusun berdasarkan berbagai tipe teori behavioristik, para pelopor teori tersebut, dan masih banyak lagi yang bisa Grameds dapatkan di dalam buku ini.

 

Understand-Inc People: Strategi Taktis Komunikasi Berdasarkan Kepribadian – Erwin Parengkuan

tombol beli buku

Seberapa sering kamu mengalami kesulitan untuk memahami kepribadian dari lawan bicara dan merasa topik yang dibicarakan sulit untuk dimengerti?

Kita semua pasti pernah memiliki pengalaman mengenai hal tersebut. Pada buku Understand-Inc People karya Erwin Parengkuan ini kita diajak untuk memahami berbagai jenis kepribadian serta strategi yang tepat dalam berkomunikasi dengan berbagai jenis kepribadian.

Menurut beliau, dengan memiliki strategi yang tepat tersebut, kita dapat menghindari terjadinya kesalahpahaman dalam proses pertukaran informasi maupun berkomunikasi.

Understand-Inc People merupakan buku yang terbagi menjadi enam bab besar yang dapat membantu kita untuk menjadi komunikator yang adal dalam menyampaikan berbagai gagasan serta informasi dengan lebih efektif khususnya jika kita melihat dari sudut pandang bisnis dan dunia karier.

Sebagai komunikator yang baik, kita harus dapat memiliki pemahaman yang baik mengenai kepribadian dari lawan bicara kita sebelum memulai proses komunikasi. Dengan adanya sentuhan pribadi tersebut, dapat membuat proses komunikasi yang ada berjalan secara efektif.

Bagi Erwin, buku ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan proses komunikasi yang disesuaikan dengan berbagai kepribadian agar pesan dapat tersampaikan seefektif mungkin.

Understand-Inc People juga beliau pilih sebagai judul dengan harapan dapat menginspirasi semua orang agar lebih memahami bukan hanya kepribadian orang lain, namun juga diri kita sendiri.

 

Psikologi Perkembangan Anak – Maya S

tombol beli buku

Psikologi Perkembangan sebagai salah satu cabang dari ilmu psikologi yang membahas mengenai perkembangan manusia sejak berada dalam kandungan hingga mencapai titik dewasa. Perkembangan yang terjadi pada seseorang sendiri akan terus terjadi dan mengalami penyempurnaan seiring berjalannya waktu.

Khususnya perkembangan anak usia dini dalam kurun usia 0 hingga 6 tahun sangatlah penting dan segala hambatan yang ada bisa sangat berarti hingga kedepannya dalam kehidupan mereka.

Pada buku Psikologi Perkembangan Anak ini, dibahas bagaimana setiap orang dilahirkan dengan kepribadian spesial. Yang dimaksud adalah, setiap orang memiliki sifat yang berbeda antara satu sama lain.

Khususnya bagi anak di usia dini, pembentukan kepribadian yang baik menjadi sangat krusial pada hidup mereka ke depannya. Namun, bagaimana caranya?

Dengan bahasa yang mudah dipahami, buku ini membahas bagaimana kita pertama-tama harus dapat memahami anak tersebut, yaitu dengan cara mengamati perilakunya.

Dengan melakukan pengamatan tersebut, kita dapat memahami bagaimana pola perilaku dari anak tersebut, seperti apa yang dia sukai, bagaimana proses penyesuaian dirinya, dan masih banyak lagi.

Buku yang dirilis di tahun 2020 ini juga memiliki kelebihan, dimana memberikan informasi yang sesuai untuk segala permasalahan yang berhubungan dengan Psikologi Perkembangan Anak. Selain itu buku ini juga dilengkapi dengan berbagai kata bijak yang dapat kamu jadikan pedoman dalam kehidupan-mu!

Itulah Rekomendasi Buku Psikologi Kepribadian yang dapat kamu gunakan untuk lebih memahami berbagai jenis kepribadian yang ada di dalam diri kamu maupun orang lain. Buku-buku di atas selain berisikan informasi yang bermanfaat untuk kamu, terdapat juga berbagai buku yang dapat kamu gunakan untuk merefleksikan diri kamu sendiri.

Temukan berbagai buku lainnya yang berhubungan dengan topik psikologi serta berbagai teori dan jenis kepribadian melalui Gramedia yang senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas untuk kamu. Semoga Bermanfaat!

Penulis: Andrew

Sumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Andrew