in

10 Model Rambut Ikal Wanita dan Cara Perawatannya yang Benar

https://mobile.twitter.com/wonythinker

Rambut Ikal Wanita – Apa yang terlintas dalam pikiran Grameds bila mendengar kalimat model rambut ikal? Umumnya, banyak orang berpikir rambut ikal hanya merujuk pada jenis rambut sangat keriting saja. Padahal, sebenarnya rambut ikal pun mempunyai berbagai tipe dan jenis, lho.

Model Rambut Ikal Wanita

rambut ikal wanita
https://twitter.com/wonyoungpics/

Yuk, kenali berbagai jenis rambut ikal dilihat dari tingkat keikalan atau kekeritingannya berikut ini. Kira-kira, rambut Grameds termasuk tipe yang mana nih?

Model Rambut Ikal Wanita Tipe 1: Straight Hair

Berdasarkan pada tingkat keikalan, rambut lurus atau straight hair bisa dikategorikan sebagai rambut ikal tipe 1. Jenis rambut di tipe ini mempunyai kelurusan dari pangkal hingga ujung rambut dan hampir tak mempunyai tingkat kelengkungan sama sekali.

Meskipun tampak monoton, jenis rambut ini paling banyak diminati oleh sebagian orang terutama untuk kaum hawa karena rambut lurus memiliki kesan lebih mudah diatur dan tampak rapi. Tidak heran bila banyak orang yang rela menghabiskan banyak uang untuk membuat rambutnya menjadi lurus.

Model Rambut Ikal Wanita Tipe 2: Wavy Hair

Model rambut ikal tipe kedua ialah yang biasa kita sebut sebagai rambut wavy atau bergelombang. Rambut di tipe ini mempunyai jenis percampuran antara rambut keriting dan lurus. Umumnya, bagian pangkal hingga sebagian rambut dengan jenis lurus dan sisanya adalah rambut keriting.

Sama seperti namanya, jenis rambut bergelombang akan tampak seperti gelombang lautan yang tidak rata. Tipe rambut ikal di tipe ini masih terbagi lagi menjadi tiga tipe yang berbeda, yakni tipe 2A, 2B dan 2C. Berikut perbedaannya:

1. Model Rambut Ikal Tipe 2A

rambut ikal wanita
https://www.tresemme.com/

Jenis rambut gelombang tipe 2A mempunyai karakteristik rambut yang lebih mudah ditata dan diatur. Jenis rambut ini bisa diatur dengan mudah untuk dijadikan rambut keriting maupun lurus. Tingkat keikalannya kurang dari 10% dan cenderung tampak lurus karena bagian bergelombang hanya berada di beberapa titik saja.

2. Model Rambut Ikal Tipe 2B

rambut ikal wanita
https://www.tresemme.com/

Model rambut ikal tipe 2B mempunyai karakteristik yang lebih sulit ditata dan lebih mudah kusut. Meski begitu, jenis rambut ini masih dapat dikategorikan sebagai rambut yang mudah diatur apabila dibandingkan dengan rambut keriting lainnya.

Bagi Grameds yang mempunyai jenis rambut ini, ada baiknya untuk selalu memastikan kelembapannya supaya tetap terjaga. Sebab, rambut tipe 2B cenderung mudah mengembang dan terlihat berantakan bila tidak dirawat dengan baik.

3. Model Rambut Ikal Tipe 2C

rambut ikal wanita
https://www.tresemme.com/

Rambut tipe 2C mempunyai karakteristik bergelombang yang cenderung lebih tebal. Aksen atau lekukan ikal yang ada juga terlihat semakin penuh dan rapat. Bila tak dirawat dengan benar, jenis rambut yang mempunyai tekstur ringan ini akan lebih mudah mengembang.

Maka dari itu, Grameds yang mempunyai tipe rambut 2C dianjurkan untuk selalu mengaplikasikan kondisioner setelah keramas.

Model Rambut Ikal Wanita Tipe 3: Curly Hair

Orang-orang biasa menyebut rambut ikal tipe 3 dengan sebutan rambut curly atau keriting. Tingkat keikalan rambut di tipe ini melebihi 50% dan memiliki kecenderungan lebih sulit untuk ditata. Jenis rambut ini lebih mudah kusut sehingga membutuhkan kehati-hatian ketika akan disisir. Model rambut ikal tipe 3 pun bisa dikategorikan lagi menjadi tipe 3A, 3B, dan 3C.

1. Model Rambut Ikal Tipe 3A

rambut ikal wanita
https://www.tresemme.com/

Bila dibandingkan tipe rambut keriting yang lainnya, tipe 3A lebih mudah untuk diatur. Tipe rambut ini adalah tipe rambut gabungan antara rambut bergelombang dan keriting. Perbedaannya, rambut keriting tipe 3A biasanya mempunyai keikalan dimulai dari pangkal rambut.

Ciri-ciri lain dari model rambut ikal tipe ini ialah adanya bentuk lengkungan atau aksen keriting yang umumnya cenderung besar.

2. Model Rambut Ikal Tipe 3B

rambut ikal wanita
https://www.tresemme.com/

Tipe rambut ikal 3B mempunyai karakteristik rambut dengan bentuk spiral, tetapi bervolume lebat. Jenis rambut ini kini semakin banyak diminati oleh beberapa orang, terutama orang yang memiliki rambut tipis. Hal ini dikarenakan rambut tipe 3B bisa memberikan kesan penuh pada wajah, tetapi juga cenderung masih cukup mudah untuk diatur.

Penggunaan vitamin sangat disarankan untuk pemilik rambut jenis ini untuk menghindari munculnya tekstur kasar yang juga berisiko dapat menyebabkan rambut bercabang.

3. Model Rambut Ikal Tipe 3C

rambut ikal wanita
https://www.tresemme.com/

Rambut Grameds dapat dikategorikan termasuk tipe 3C jika mempunyai ciri-ciri spiral yang lebih rapat dan kevil. Lekukan yang ada pada rambut juga sudah dimulai dari pangkal rambut hingga pada bagian ujung. Rambut tipe 3C juga mempunyai sifat ringan dan melayang sehingga mudah kusut jika tertiup angin. Masalah lain yang kerap kali dihadapi oleh pemilik rambut tipe ini ialah mudah terbentuk simpul ketika tengah disisir.

Model Rambut Ikal Wanita Tipe 4: Coily Hair

Tipe rambut ikal ke 4 adalah afro atau biasa kita sebut dengan rambut coily atau kribo. Rambut jenis ini mempunyai tingkat keikalan yang sangat rapat serta mempunyai volume cenderung lebat. Secara umum, model rambut ikal tipe 4 juga mudah tampak mengembang serupa dengan helm besar atau topi jika berada dalam kondisi kering.

Sama layaknya tipe-tipe sebelumnya, rambut ikal tipe 4 juga bisa dibahi menjadi tiga kategori, yaitu 4A, 4B, dan 4C. Simak perbedaannya berikut ini.

1. Model Rambut Ikal Tipe 4A

https://www.tresemme.com/

Jika dibandingkan dengan tipe rambut 4B atau 4C, rambut ikal jenis 4A masih mempunyai tingkat kerapatan yang tak terlalu padat. Meski begitu, keikalan atau lekukan rambut sudah tampak sangat signifikan. Grameds dapat menandai rambut Grameds berada di tipe ikal 4A jika tekstur keikalan atau lekukannya menyerupai bentuk huruf S yang lebat.

Banyak orang juga mengatakan bahwa rambut di tipe ini mempunyai keikalan serupa dengan helai benang rajut atau benang renda. Saat berada dalam kondisi kering, rambut tipe 4A umumnya akan terlihat menggumpal ke atas sehingga terlihat lebih pendek apabila dibandingkan ukuran aslinya.

2. Model Rambut Ikal Tipe 4B

https://www.tresemme.com/

Sutradara sekaligus aktris Issa Rae adalah salah satu contoh public figure yang mempunyai jenis rambut ikal tipe 4B. Pada tipe ini, tingkat kerapatan rambut telah tergolong sangat padat. Aksen spiral yang ada juga terlihat semakin mengecil hingga serupa dengan pilinan.

Jika dibiarkan memanjang, rambut tipe ini umumnya justru akan tumbuh mengembang dan melebar alih-alih memanjang ke bawah. Jika Grameds pandai menatanya, model rambut ikal tipe 4B bisa ditata dan dibentuk untuk menjadi berbagai kreasi menarik dan bisa menonjolkan tekstur wajah.

3. Model Rambut Ikal Tipe 4C

https://www.tresemme.com/

Rambut Grameds bisa dikategorikan masuk dalam tipe 4C jika mempunyai tingkat keikalan yang sudah sangat padat dan rapat. Bahkan, saking rapatnya, bentuk spiral yang umumnya menonjol dari rambut keriting hampir tidak terlalu terlihat lagi.

Jika dipangkas hingga pendek, rambut tipe ini bisa membentuk tekstur yang sangat padat dan serupa dengan zigzag. Jika tidak dirawat dengan baik serta kurang terhidrasi, model rambut ikal jenis 4C bisa menyusut dengan mudah.

Bahkan, dalam kondisi yang normal, tekstur rambut 4C dianggap sebagai tipe rambut yang paling rentan mengalami penyusutan hingga mencapai 75%. Cara untuk meluruskan rambut ikal jenis ini juga umumnya membutuhkan keterlibatan pengaplikasian obat kimia dengan kadar tinggi melalui proses rebonding.

Cara Merawat Rambut Ikal Wanita

https://www.shutterstock.com/g/progressman

Beda tipe rambut, beda juga perawatannya. Khusus untuk rambut ikal, kelembapan rambut wajib untuk dipertahankan karena rambut tipe ini akan lebih mudah mengalami masalah rambut kering. Mari, smak cara merawat rambut ikal wanita berikut ini!

1. Jangan Terlalu Sering Keramas

Sampo memang diformulasikan untuk membersihkan minyak berlebih yang ada di kulit kepala. Meski demikan, bila digunakan setiap hari, sampo bisa menghilangkan minyak alami yang ada di rambut sehingga membuat rambut menjadi kering dan lebih rapuh. Rambut keriting lebih rentan mengalami kekeringan, sehingga tak dianjurkan untuk melakukan keramas setiap hari.

Meski demikian, frekuensi mencuci rambut tetap dipengaruhi oleh berbagai faktor lain, misalnya melakukan kegiatan yang mengeluarkan banyak keringat, paparan polusi, dan cuaca yang tidak bersahabat. Jika rambut dan kulit kepala sudah terasa kotor dan berminyak, ini artinya sudah merupakan waktu yang pas untuk mencuci rambut.

2. Gunakan Sampo Hanya Pada Kulit Kepala

Ujung rambut merupakan bagian rambut yang paling jauh dari kulit kepala. Tidak mengherankan bila bagian ini lebih mudah kering dan menjadi bercabang. Supaya rambut tak menjadi semakin kering, Grameds disarankan untuk mengoleskan sampo hanya pada akar rambut. Berikutnya, bersihkan ujung rambut ketika membilas sampo dengan menggunakan air bersih.

3. Pilih Sampo yang Sesuai Dengan Tipe Rambut

Kebanyakan sampo yang dijual di pasaran memiliki kandungan detergen di dalamnya sebagai bahan pembersih utama. Detergen bekerja dengan cara mengikat sebum dan kotoran, tetapi zat ini ternyata bisa merusak rambut.

Supaya rambut ikal tidak mudah kusut, pilihlah sampo yang tidak memiliki kandungan detergen. Sampo nondetergen umumnya memberikan keterangan pada produknya dengan kalimat ‘bebas sulfat atau bebas SLS’ pada label komposisi.

4. Selalu Gunakan Kondisioner (Pelembap)

Kondisioner memiliki fungsi untuk membantu mengembalikan kelembutan dan kelembapan rambut setelah pemakaian sampo. Gunakan conditioner dari batang hingga ujung rambut, lalu diamkan selama beberapa saat. Pilih kondisioner yang memiliki kandungan vitamin E atau shea butter supaya rambut ikal Grameds tidak cepat kusut.

5. Keringkan Dengan Lembut

Mengeringkan rambut dengan cara menggosok-gosokkan handuk pada kulit kepala justru malah akan membuat rambut menjadi lebih mudah kusut dan rentan patah. Keringkan rambut dengan menggunakan handuk katun dengan cara ditekan-tekan supaya menyerap kelebihan air. Lalu, sisir secara perlahan supaya rambut tak mudah rontok.

Bahan Alami untuk Merawat Rambut Ikal

https://www.healthline.com/

Berikut ini merupakan beberapa bahan alami yang dapat ‘menjinakkan’ rambut ikal dan kusut:

1. Minyak Argan

Selain bisa digunakan untuk untuk menjaga kesehatan kulit, minyak argan juga mampu memelihara keindahan rambut. Oleskan minyak argan mulai dari batang hingga ujung rambut. Bungkus rambut, lalu biarkan selama semalaman. Lalu, cuci rambut dengan menggunakan sampo dan kondisioner pada pagi harinya. Rambut akan menjadi terasa lebih lembut dan lebih mudah diatur.

2. Minyak Zaitun

Lakukan hal yang sama seperti perawatan rambut dengan menggunakan minyak argan. Akan tetapi, bungkus rambut yang sudah diberi minyak zaitun bisa juga dilakukan selama beberapa menit ataupun semalaman. Lalu, cuci rambut dengan menggunakan sampo dan kondisioner.

3. Alpukat

Cara untuk merawat rambut keriting dan melembapkan rambut juga dapat dilakukan dengan menggunakan masker alpukat. Caranya cukup mudah, yakni campur alpukat, putih telur, dan madu, aduk hingga rata, lalu oleskan pada rambut. Diamkan hingga beberapa menit, kemudian bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

4. Madu

Masker rambut yang terbuat dari campuran madu dan minyak zaitun juga dapat digunakan untuk merawat rambut ikal. Caranya, oleskan masker ke rambut hingga merata, kemudian diamkan hingga 30 menit. Bilas rambut tanpa menggunakan sampo dan kondisioner.

Banyak penelitian yang menganjurkan supaya pemilik rambut ikal menggunakan kondisioner setiap setelah keramas, karena efektif untuk membuat rambut menjadi lebih mudah diatur. Para ahli juga menyarankan uspaya membatasi frekuensi keramas, yakni cukup sekali dalam seminggu.

Kendati demikian, tentu saja, hal ini bergantung pada kondisi rambut, kenyamanan, lingkungan, serta kegiatan yang Grameds lakukan. Kunci dari cara merawat rambut keriting supaya tidak mudah kusut ialah dengan menjaga kelembapan rambut.

Penggunaan alat pengering sebaiknya dibatasi karena bisa menghilangkan kelembapan alami rambut dan malah merusak rambut.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien