in , ,

8 Rekomendasi Puisi Anak yang Mudah untuk Dipelajari

Apakah kamu sudah pernah mendengar siswa SD membacakan sebuah puisi anak dengan sangat indah? Ya, tentunya semua orang pasti sudah pernah mendengar dan juga membacakan sebuah puisi. Kamu pasti selama sekolah sudah membuat puisi anak, bukan? 

Baik itu dari pelajaran Bahasa Indonesia, maupun acara sekolah yang membuat kamu harus membuat puisi. Yap. Puisi adalah salah satu hasil karya yang menampilkan kisah dan pesan dengan cara berbeda. Tentunya, puisi memiliki makna tersirat dan mendalam. Apa lagi jika kamu membawakannya dengan penuh rasa.

Puisi adalah salah satu karya sastra yang berbentuk tulisan. Puisi mengandung irama, rima, ritma yang ada pada setiap sajaknya. Puisi menjadi tempat yang sangat indah untuk mencurahkan semua isi hati dan perasaan seseorang. 

Dari sinilah mengapa lirik dari puisi biasa berisi dengan kata-kata imajinatif yang sangat penuh makna dan menjadikannya sebuah karya yang begitu menghipnotis.

Setiap dari kata yang terdapat dalam puisi, biasanya mengandung sebuah estetika sehingga puisi isinya akan lebih fokus pada penggunaan diksi, penggunaan bunyi, dan juga irama. Mengapa? Hal ini dilakukan agar teks puisi menjadi lebih indah. 

Puisi sendiri sebenarnya dibagi menjadi dua. Ada puisi lama dan juga ada puisi baru yang memiliki struktur dan ciri yang berbeda pada setiap bagiannya. 

Pada contoh puisi anak, biasanya kata digunakan tidak akan terlalu sulit dan imajinatif. Hal ini dilakukan supaya anak yang akan membacakan puisi tersebut dapat mengerti maksud dan isi pesan yang akan disampaikan oleh kata dan penekanan yang ada dalam puisi tersebut.

Nah, kira-kira bentuk puisi anak itu ada apa saja sih? Mari kita simak dan cermati pembahasan di bawah ini.

tsum tsum puisi haiku - puisi anak

https://www.gramedia.com/products/the-amazing-traveling-bukan-sekadar-jalan-jalan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Apa Saja Bentuk Puisi?

Sebelum masuk dan mengetahui apa saja contoh dari puisi, kamu perlu mengetahui bahwa puisi pendek anak SD adalah salah satu contoh dari sekian banyaknya jenis puisi yang ada di dunia ini. Secara umum, puisi itu dibedakan menjadi tiga bentuk. Nah, apa saja bentuk dari puisi?

1. Puisi Lama

Bentuk yang pertama adalah puisi lama. Dimana puisi lama memiliki arti sebagai puisi yang sudah ada sejak zaman dahulu. Puisi lama juga terikat dengan berbagai aturan. Apa contohnya? Misalnya adalah aturan dalam jumlah kata dalam satu baris, jumlah baris dalam satu bait, dan juga banyak suku tiap baris, serta aturan rima. 

Puisi lama juga dikategorikan menjadi beberapa macam loh, di antaranya adalah pantun, talibun, seloka, karmina, gurindam, dan juga syair. Kamu pasti kenal dong dengan pantun? Yap. Itu adalah salah satu macam dari puisi lama.

2. Puisi Baru

Bentuk yang kedua adalah puisi baru. Bentuk puisi baru memiliki struktur yang lebih bebas dibandingkan dengan bentuk puisi lama. Puisi baru lebih dibebaskan baik dalam jumlah baris, suku kata, maupun juga dari rima yang digunakan. Beberapa jenis puisi baru adalah balada, himne, ode, epigram, romansa, dan tak lupa dengan elegi.

3. Puisi Kontemporer

Selanjutnya, bentuk yang tiga adalah puisi kontemporer. Jenis puisi kontemporer ini sudah tidak lagi mementingkan aturan tentang irama, gaya bahasa, dan juga aspek lain yang terdapat pada puisi lama maupun puisi baru. Gaya puisinya pun selalu menyesuaikan dengan perkembangan zaman. 

Nah, itu adalah beberapa bentuk dari puisi. Nah, pada pembahasan selanjutnya, artikel akan membahas apa sih ciri-ciri dari puisi. Mari kita simak dan lanjutkan pembahasan.

Apa Ciri-Ciri Puisi?

keluarga cemara - puisi anak

https://www.gramedia.com/products/the-amazing-traveling-bukan-sekadar-jalan-jalan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Tak hanya individu dari setiap manusia yang memiliki ciri-ciri. Puisi pun memiliki berbagai macam ciri yang membuatnya berbeda dengan karya sastra lainnya loh. Oh ya, setiap jenis puisi memiliki karakteristik yang berbeda. Namun, secara garis besar, puisi dapat dikenali dengan ciri-ciri yang disebutkan di bawah ini. Berikut adalah ciri-cirinya.

  • Menggunakan gaya bahasa atau yang biasa kita sebut dengan majas.
  • Puisi akan dituliskan dalam bentuk bait dan bukan paragraf seperti artikel ini.
  • Puisi adalah karya sastra yang akan disampaikan dalam bentuk monolog.
  • Pilihan kata yang digunakan dalam puisi adalah kata yang bersifat kias, indah, dan juga padat.
  • Sajak dan rima akan selalu menjadi pertimbangkan dalam memilih kata untuk membuat puisi.
  • Latar waktu, tempat, dan juga suasana, serta alur dan tokohnya tidak akan terlalu menonjol seperti cerita.

Nah, itu adalah ciri-ciri dari puisi. Kira-kira, kalau kamu dihadapkan dengan 2 naskah, apakah kamu bisa membedakan mana yang puisi dan mana yang bukan berdasarkan dari ciri-ciri yang telah disebutkan di atas?

Mengapa Keberadaan Puisi Anak itu Sangat Penting? 

Selanjutnya, artikel ini akan membahas mengapa sih keberadaan dari puisi anak sangatlah penting? Yap! Seperti yang telah kita ketahui bahwa anak-anak memiliki imajinasi yang tinggi dan menyenangkan. Oleh karena itu, puisi dapat membantu mereka untuk meningkatkan imajinasi tersebut.

Puisi anak adalah salah satu cara yang baik dan aman untuk dilakukan kepada anak dalam meningkatkan imajinasi dan penggunaan kata yang ada dalam benak anak tersebut. Puisi anak memiliki perbedaan dengan beberapa karya puisi dewasa loh. Perbedaannya meliputi irama, pola bunyi, citraan, dan juga pengulangan yang digunakan. 

Puisi anak cenderung memiliki isi yang sangat menggembirakan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki ketajaman imajinasi dan juga untuk mengembangkan imajinasi dari anak tersebut.

Dengan puisi, anak-anak juga bisa meningkatkan kemampuan memahami bahasa dan penggunaan bahasa yang tepat. Puisi anak juga penting karena bisa menyajikan sebuah cerita sederhana dan menyenangkan. 

Selain itu, puisi anak biasanya berisi tentang aktivitas sehari-hari dan ditulis berdasarkan pengalaman dari si anak tersebut. Yap. Ini adalah manfaat dari keberadaan puisi anak. Apakah kamu pernah memikirkan alasan lain mengapa puisi anak ini sangat penting keberadaannya?

Beberapa Manfaat Puisi Anak untuk Perkembangan Anak

Puisi anak juga memiliki banyak manfaat jika dikenalkan sejak kecil kepada mereka loh. Pada bagian artikel kali ini akan dijelaskan tentang beberapa manfaat yang ada pada puisi untuk anak. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini.

  • Dengan mendengarkan dan membaca puisi, anak dapat dilatih untuk berimajinasi. 
  • Dengan mendengarkan puisi, membuat, dan membacakannya, anak juga bisa belajar untuk mengatasi masalah yang terjadi dalam hidupnya loh. Hebat, bukan?
  • Dari puisi, anak dapat belajar banyak hal. Seperti meningkatkan kemampuan berbahasa dan mengerti banyak kata.
  • Anak dapat belajar untuk memiliki rasa untuk saling menghargai dan bangga akan kualitas sastra dari Indonesia loh.

Manfaat yang telah disebutkan di atas, dapat anak rasakan jika kamu memberikan  puisi yang sangat bagus sehingga mereka dapat melatih kemampuan dalam mencerna kata dalam puisi tersebut ya. Jadi, pastikan kamu akan memberikan puisi yang bagus dan tidak asal.

Cara Membuat Puisi Anak dengan Benar

Pada pembahasan kali ini, artikel akan menjelaskan mengenai beberapa cara membuat puisi dengan teknik yang baik dan benar. Hal ini dilakukan agar anak-anak bisa belajar untuk mengungkapkan perasaannya ke dalam bentuk tulisan yang lebih indah dan bermakna. Salah satunya adalah dengan bentuk puisi. 

Meskipun ada anak yang berpikir bahwa puisi memiliki kesan kuno, tradisional, dan sedikit kaku. Namun, nyatanya puisi juga banyak digemari oleh mereka yang sangat suka dengan sastra loh. 

Puisi juga menjadi salah satu karya sastra paling indah loh. Puisi menawarkan kumpulan bahasa, kata, dan imajinasi yang romantis serta memikat. Hal inilah yang membuat banyak sekali orang sangat suka dengan puisi termasuk anak-anak. 

Ada kalanya dan juga masanya, anak-anak akan berusaha untuk membuat puisi guna mengungkapkan isi hatinya loh. Dengan begitu anak-anak akan lebih terbuka dan jujur akan kehidupan yang dilaluinya. Selain itu, hal yang sangat penting adalah anak akan belajar untuk menulis.

Jadi, bagi anak-anak sekalian yang memang belum tahu cara menulis puisi dengan cara yang baik. Mari simak dan pahami penjelasan di bawah ini dengan seksama.

hutan pantun - puisi anak

https://www.gramedia.com/products/the-amazing-traveling-bukan-sekadar-jalan-jalan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

1. Menentukan judul dan tema puisi 

Langkah pertama yang perlu kamu persiapkan dan lakukan saat membuat puisi adalah dengan menentukan tema dan judulnya. 

Mengapa? Hal ini dilakukan supaya anak-anak menjadi lebih mudah dalam membuat puisi. Maka, sangat disarankan untuk kamu rajin membaca buku-buku yang berisi berbagai macam contoh puisi terbaik. 

Membaca akan membuat anak-anak menambah wawasan kosa kata dan bahasa, serta imajinasi. Sehingga mereka dapat membuat referensi rangkaian kata yang ada di dalam otak dan benak mereka. Jadi, saat menulis puisi mereka dapat dengan mudah memikirkan kata-kata.

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya, bahwa ada banyak sekali tema puisi yang dibuat untuk anak-anak. Tema tersebut meliputi tema keluarga, keindahan alam, pendidikan, kegembiraan dan juga masih banyak tema lainnya. 

Nah, dengan adanya pemilihan tema yang tepat, maka kamu dan anak-anak tersebut bisa menulis puisi dengan baik juga loh. Puisi anak biasanya akan mengangkat tema-tema yang dekat dan tidak asing bagi mereka, alias yang biasa ada di sekitar mereka. 

Jangan lupa untuk mengajarkan mereka untuk memilih judul yang sesuai dengan tema yang diberikan ya. Salah satu contohnya adalah ketika diberikan tema menulis puisi keindahan alam. Maka, kamu bisa membantu anak-anak untuk mengambil judul yang dapat menggambarkan keindahan alam sesuai dengan tema. 

Dengan tema yang sering ditemui oleh anak-anak, mereka akan merasa semakin mudah dalam memahami perasaan dari tema tersebut.

2. Menentukan kata kunci yang tepat

Langkah selanjutnya setelah menentukan tema dan juga judul puisi, maka kamu tidak boleh lupa untuk menentukan kata kunci yang tepat untuk pembuatan puisi. Hal ini memiliki tujuan agar kamu bisa lebih mudah dalam mengembangkan kata kunci tersebut. 

3. Menggunakan bahasa sederhana dan mudah dimengerti oleh anak

Yap. Dikarenakan kosa kata dan juga bahasa yang dimiliki anak-anak masih sangat terbatas. Alangkah lebih baik, jika kamu ingin mencontohkan dalam pembuatan puisi.

Kamu bisa menggunakan bahasa yang sangat mudah dan tidak mengandung banyak makna tersirat di dalamnya, agar anak dapat lebih mudah mengerti pesan yang ingin disampaikan.

4. Berusaha untuk mengembangkan puisi secara maksimal

Selanjutnya, anak akan dituntut untuk mengembangkan kalimat dalam puisi. Dimana mereka harus memikirkan kalimat singkat yang dapat menggambarkan maksud pesan yang ingin disampaikan oleh mereka.

Dengan memilih kata yang tepat dan dapat tersampaikan pesannya, dapat membuat anak semakin berkembang dan memahami makna puisi yang indah.

Pastikan dalam puisi tersebut terkandung makna dan pesan yang ada di dalam benak si anak ya. Pastikan mereka membuatnya akan sangat indah dan merdu untuk didengar. Dengan begitu, imajinasi dari mereka juga dilatih.

5. Memperhatikan diksi dan rima 

Mungkin bagian ini akan sangat sulit untuk dipahami oleh anak-anak, tetapi pastikan kamu juga mengajarkan tatanan penulisan puisi yang baik dengan pemilihan kata dan rima yang tepat. Agar kedepannya anak bisa mencontoh dan belajar mandiri dalam menuliskan puisi.

Contoh Puisi Pendek Untuk Anak SD

1. Contoh Puisi Anak Bercita-cita Menjadi Pilot

Pesawat terbang nan tinggi

Menimbulkan suara gemuruh

yang menembus angkasa

Keindahan kota kecil dari atas sana

membuat ku ingin menjadi pilot

Bisa terbang

Bebas berkelana di angkasa

2. Puisi tentang Buku

Buku engkau adalah teman baikku

Engkau sahabat sejatiku

Karenamu ilmu banyak ilmu kudapatkan

Karenamu aku menjadi orang yang pintar

Setiap hari ku baca

Setiap hari kubawa kemana-mana

Jasamu sangat besar untuk masa depanku

3. Puisi tentang Liburan dan Wisata

Libur yang ku nantikan sudah datang

Tempat para binatang tertawa dan bahagia adalah tujuanku

Di sana terdapat hewan-hewan yang lucu dan menggemaskan

Kebun binatang

Kumpulan hewan yang sangat menawan

Harimau yang kuat

Burung merak yang indah

Indahnya aneka ragam hewan

Terima kasih ayah dan bunda

Kan ku kenang hari ini

4. Puisi Tentang Boneka

Bonekaku

Kau begitu menggemaskan

Lucu nan imut hingga aku sangat menyayangimu

Setia untuk menemaniku

Membuat hatiku senang

Kau duduk dan setia ada di kamarku

Menunggu kehadiranku

dan membuat aku selalu merindukanmu

Boneka ku

Kau sangat ku sayang

5. Contoh Puisi Anak tentang Embun pagi

Saat kabut menyelimuti bumi

Membawa setitik embun pagi

Embun pun datang menghampiri

Membasahi rumput yang berdiri

Memancarkan sinar mentari pagi

Bagai permata yang tertawa

Embun pagi yang menyejukkan.

6. Contoh Puisi Anak Tentang Matahari

Senyumanmu selalu menyapaku setiap pagi

Terlihat sangat indah

Cerah sinarmu

Membuat hati ini terasa hangat

Cerah sinarmu

Membuat hati terasa sangat ceria 

Hadirmu menghiasi langit biru

Ditambah dengan melodi kicauan burung

Membuat pagi ini semakin mempesona

7. Contoh Puisi Anak Tema Hijaunya Alam

Hijaunya alamku

Membuat mata lelah ku terpesona memandangmu

Hiasan pepohonan yang indah

Menciptakan panorama alam hijau yang menenangkan

8. Contoh Puisi Anak untuk Guru

Salam hangat untuk Guruku

Terima kasih untuk segalanya

Terima kasih telah mengenalkanku dengan diriku yang belum pernah aku kenal 

Terima kasih karena telah membantuku untuk mencari yang aku bisa

Terima kasih Guruku

Tak pernah menyerah untuk mendidikku

Tidak pernah lelah untuk mendampingiku

Tidak pernah lelah untuk mengajariku

Karenamu aku menjadi pintar

Karenamu aku bisa berprestasi

dan Karenamu aku bisa menjadi anak hebat

Terima kasih Guruku

Demikianlah pembahasan tentang puisi anak yang bisa kamu simak dan pelajari lebih lanjut. Banyak sekali manfaat dari puisi yang bisa kamu ajarkan kepada anak-anak. Jadi, jangan ragu ya untuk memberikan puisi sejak dini.

Jika kamu ingin lebih dalam untuk mempelajari tentang puisi, kamu bisa mendapatkan bukunya di www.gramedia.com loh.

https://www.gramedia.com/products/the-amazing-traveling-bukan-sekadar-jalan-jalan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

buku selamat datang bulan puisi

Selamat Datang, Bulan *Puisi

buku berguru kepada puisi

Berguru Kepada Puisi

buku super lengkap peribahasa indonesia

Super Lengkap Peribahasa Indonesia Plus Puisi & Pantun

buku kumpulan puisi

Super Lengkap Peribahasa Indonesia Plus Puisi & Pantun



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Mega