in

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Kulkas harus dirawat secara berkala baik bagian dalam maupun bagian luarnya. Karena seringkali kulkas tidak dingin secara mendadak. Hal ini cukup merepotkan, terutama bagi mereka yang menggunakannya untuk usaha. Berikut ini beberapa penyebab kulkas jadi tidak dingin lagi.

Penyebab kulkas tidak dingin

Bunga es
sumber: images.google.com

 

Adanya bunga es di dalam freezer kulkas.

Biasanya kulkas jadi tidak dingin karena tertutup oleh bunga es yang tebal. Bunga es tersebut menutupi lubang angin yang fungsinya untuk mendinginkan udara di dalam kulkas. Jadi ketika dirasa kulkas tidak dingin, bisa diperiksa bagaimana kondisi dari bunga esnya.

Cara pencegahan akibat bunga es ini cukup mudah sebenarnya. Tinggal diperiksa secara berkala bagaimana kondisi bunga es di dalam kulkas, lakukan pencairan secara rutin untuk mencegah bunga es. Untuk mencairkan bunga es juga bisa dilakukan dengan cara membuka pintu kulkas. Kemudian letakkan kipas di depannya, agar angin dari kipas masuk ke dalam kulkas. Cara ini cukup efektif mencairkan bunga es dalam es dengan cepat.

Saat bunga es sudah mencair, airnya yang tertampung di rak di bawah freezer bisa dibuang agar tidak beku lagi. Cara merawat kulkas seperti ini memang harus dilakukan secara rutin.

Seringkali ketika membeli kulkas baru terasa tidak dingin udara di dalamnya

tombol temperature

Jangan panik kalau ini terjadi, karena biasanya kulkas memang membutuhkan waktu untuk jadi dingin. Biarkan beberapa saat dulu dengan mengatur suhu kulkas pada angka maksimal. Setelah beberapa waktu biasnya suhu di dalam kulkas akan mulai mendingin

Cara pencegahannya yaitu memeriksa suhu kulkas dengan memutar tombol suhu ke temperatur maksimal. Tunggu beberapa saat hingga kulkas mencapai suhu dingin yang diinginkan.

 

Freon yang digunakan sudah habis atau bocor.

freon kulkas
sumber: images.google.com

Freon habis atau tidaknya bisa diperiksa di bagian belakang kulkas yang dekat dengan grill kulkas. Apabila freon masih ada pasti bagian ini terasa panas, karena panas freon memang dilepaskan di bagian ini. Apabila tidak terasa hangat atau panas berarti freon memang sudah habis.

Untuk mencegah hal ini harus dilakukan pemeriksaan berkala agar freon dapat terkontrol masih berisi atau tidaknya.

 

Stop kontak yang rusak.

Bisa juga disebabkan kabel kulkas yang tidak berfungsi. Seringkali kita tidak sadar kalau stop kontak yang ada tidak berfungsi. Untuk mengeceknya, bisa dicoba dengan menyambungkan peralatan elektronik lainnya ke kulkas.

banner-promo-gramedia

Untuk mencegah hal ini bisa dilakukan pengecekan stop kontak terlebih dahulu. Kabel kulkas juga diusahakan jangan digulung-gulung secara sembarangan agar fungsinya tidak terganggu.

 

Menyimpan makanan yang masih panas ke dalam kulkas

makanan panas
sumber: images.google.com

ini juga jadi penyebab kulkas tidak dingin. Ternyata suhu panas yang keluar dari makanan yang panas jadi dominan di dalam kulkas. Hal ini menyebabkan suhu di sekitarnya jadi mengikuti. Jika makanan panas sering-sering dimasukkan ke dalam kulkas, maka suhu di dalam kulkas akan menurun karena terimbas suhu dari makanan panas. Itu sebabnya kulkas jadi tidak dingin apabila ada makanan panas di dalamnya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, usahakan menyimpan makanan dengan temperatur ruangan ke dalam kulkas.

 

Letak kulkas berdekatan dengan peralatan yang menghasilkan panas.

kulkas samping kompor
sumber: images.google.com

Sama dengan pengaruh hawa yang dihasilkan dari makanan panas yang dimasukkan ke dalam kulkas. Jadi ketika kulkas terasa tidak panas, bisa dicek apakah ada peralatan penghasil panas yang lain atau tidak di dekatnya.

Pencegahan bisa dilakukan dengan menjauhkan kulkas dari peralatan lain yang menimbulkan panas. Termasuk juga jangan meletakkan peralatan penghasil panas lain di atas kulkas.

 

Kondisi pintunya yang tidak tertutup rapat

pintu kulkas
sumber: images.google.com

Pintu kulkas yang dibuka berkali-kali dapat menyebabkan karet pintu tidak berfungsi dengan baik lagi. Karet yang rusak menyebabkan pintu kulkas tidak dapat tertutup rapat.

Kulkas yang tidak tertutup rapat akan menyebabkan udara di dalamnya keluar dan udara dari luar kulkas masuk. Hal ini yang menyebabkan kulkas tidak dingin lagi. Cara mencegahnya adalah dengan cara tidak terlalu sering buka tutup kulkas. Bisa juga dengan sering memeriksa kondisi karet di bagian pintu kulkasnya.

Beberapa poin di atas biasanya yang menyebabkan kulkas tidak dingin lagi. Jadi tidak perlu panik apabila hawa dalam kulkas tiba-tiba tidak dingin. Bisa saja penyebabnya beberapa hal tersebut, dan bisa disiapkan juga antisipasinya.

 

Salah satu hal yang paling ditakuti adalah kulkas tidak dingin lagi. Semua orang pasti setuju apabila kulkas itu sebuah benda yang sangat diperlukan. Benda yang satu ini pasti diusahakan ada dalam setiap rumah karena fungsinya yang penting. Kulkas sangat dibutuhkan untuk menyimpan berbagai bahan makanan agar tetap terjaga kesegarannya.

Karena fungsinya sebagai lemari pendingin inilah yang menyebabkan kulkas jadi benda yang wajib dimiliki setiap rumah. Kulkas sangat banyak kelebihannya, selain dapat menjaga kesegaran bahan makanan, kulkas juga bisa digunakan untuk memperpanjang daya tahan makanan seperti roti misalnya.

Terutama kulkas sangat dibutuhkan bagi mereka yang memiliki usaha di bidang kuliner. Jadi sangat wajar ketika kulkas tidak dingin jadi banyak hal yang terkendala. Penyebab kulkas jadi tidak menghasilkan hawa dingin lagi juga ada beberapa, di antaranya seperti freonnya habis dan ada kerusakan pada kabel yang tersambung pada stop kontaknya.

 

Pengertian dan Sejarah Kulkas

penyebab kulkas tidak dingin (1)

Manusia sebenarnya telah berpikir bagaimana caranya mengawetkan bahan makanan dari sebelum kulkas ditemukan. Karena itu manusia pada zaman dulu melakukan pengawetan makanan dengan beberapa cara seperti berikut ini.

  • Pengasapan, caranya dengan menyimpan bahan makanan dalam tempat tertutup, tapi dengan celah sebagai tempat asap masuk nantinya.
  • Pengasinan, makanan diawetkan dengan cara direndam dalam air garam kemudian dikeringkan atau dijemur di bawah matahari.
  • Pengeringan, mengawetkan makanan dengan cara ini adalah mengurangi kadar air yang ada di dalam bahan makanan sampai maksimal.

Karena cara ini dinilai masih kurang efektif, maka dilakukan beberapa penelitian untuk menciptakan alat pengawet sesuai dengan kebutuhan. Kemudian manusia menemukan bahwa suhu dingin ternyata dapat mengawetkan bahan makanan.

Kulkas atau lemari pendingin adalah alat rumah tangga yang cara kerjanya menggunakan proses pendinginan ketika mengawetkan makanan.

Hampir semua rumah memiliki lemari es ini. Cara kerja kulkas adalah dengan menggunakan pompa panas pengubah fase bergerak di dalam putaran refrigeration.

banner-promo-gramedia

Kulkas atau lemari pendingin sebenarnya ada beberapa macam sesuai dengan fungsinya. Ada kulkas yang umumnya digunakan dalam rumah, dan jenis kulkas lainnya seperti kulkas industri yang biasa digunakan di restoran, supermarket, dan warung.

Kulkas ditemukan oleh William Cullen, ilmuwan dari Skotlandia. Beliau menciptakan kulkas dengan cara mengembangkan sebuah pendingin yang masih sederhana di tahun 1784. William Cullen adalah seorang ilmuwan yang ahli di bidang kimia, fisika, dan juga kedokteran. Hasil penelitiannya menyebutkan bakteri tidak dapat berkembang pada media yang dingin.

William lalu membuat sebuah pompa yang berfungsi membentuk vakum parsial di atas wadah dietil eter yang dipanaskan. Ternyata tekanan uap air hasil pemanasannya menciptakan sebuah bongkah es kecil. Sayangnya, pada saat itu hasil penemuan William tersebut belum dipatenkan.

Sebelum mempelajari penyebab kulkas tidak dingin lagi, ada baiknya kita pelajari dulu asal muasal lemari pendingin ini. hasil penelitian William ini kemudian dikembangkan oleh Jacob Perkins dari Amerika Serikat. Jacob sebelumnya telah melakukan beberapa penelitian tentang lemari pendingin ini.

Kulkas buatan Jacob terinspirasi dari hasil penemuan William Cullen. Jacob memakai eter dan tekanan uap air ketika membekukan air, sayangnya metoda ini banyak menggunakan bahan kimia. Bahan amonia dan sulfur dioksida digunakan Jacob untuk membekukan air. Walaupun lemari pendingin ini terlihat lebih praktis, komposisi bahan kimianya membahayakan dan menyebabkan kecelakaan.

Saat ini kulkas menggunakan bahan freon sebagai media untuk mendinginkan. Freon sebenarnya dapat merusak lingkungan, terutama dapat merusak lapisan ozon. Untuk mengatasinya, sekarang ada teknologi pengganti freon yang baru yaitu Hydro Fluoro Carbon (HFC) yang dinyatakan ramah lingkungan.

 

Jenis-jenis Kulkas

penyebab kulkas tidak dingin (1)

  1. Lemari es pembeku, lemari pendingin jenis ini umumnya dapat membuat beku es dalam waktu yang cukup singkat. Jenis kulkas seperti ini biasanya digunakan untuk jenis kegiatan usaha seperti, membekukan sosis dan daging, es batu, juga usaha membuat es jenis lainnya.
  2. Lemari es non pembeku, umumnya lemari es jenis ini digunakan di rumah-rumah, dan memiliki susunan rak yang dapat menampung berbagai jenis makanan. Biasanya kulkas jenis ini terdiri dari satu bagian pintu. Namun sekarang juga sudah banyak yang dua atau tiga pintu. Kulkas jenis ini disebut non freeze karena hanya memiliki sepertiga evaporator dari ukuran lemari es.
  3. Kulkas pintu kaca atau disebut juga door glass refrigerator banyak dijumpai di toko dan swalayan. Lemari es jenis ini menggunakan kaca es yang transparan untuk memudahkan pembeli memilih minuman. Suhu dingin yang dihasilkan lemari jenis ini sekitar 9-15 derajat celcius. Kulkas seperti ini tidak membuat beku minuman di dalamnya, tapi hanya menyegarkan dan membuat dingin saja.

Bagian Dalam Kulkas

Agar kulkas yang kita miliki dapat berfungsi dengan baik, ada baiknya dipelajari juga bagian-bagian dari kulkas seperti di bawah ini. Pengetahuan tentang bagian-bagian kulkas dapat memudahkan kita dalam perawatannya.

  1. Kompresor
kompresor kulkas
sumber: images.google.com

Kompresor adalah sumber tenaga kulkas. Kompresor memiliki fungsi memompa freon ke seluruh bagian dari kulkas. Kompresor merupakan bagian paling penting dari kulkas. Alat ini fungsinya mirip dengan jantung yang memompa darah pada tubuh manusia.

  1. Kondensor
kodensor kulkas
sumber: images.google.com

Fungsi dari kondensor adalah sebagai alat penukar kalor serta menurunkan temperatur refrigrant dari gas menjadi cair. Kondensor harus dirawat dengan membersihkan sirip-siripnya. Apabila sirip kondensor kotor, akan menyebabkan kondisi kulkas jadi kurang dingin.

  1. Filter
Filter kulkas
sumber: images.google.com

Filter adalah tabung tempat penyimpanan refrigerant cair. Filter ini juga berisi fiber yang berfungsi menyaring benda-benda asing dan juga uap air dari perputaran refrigerant.

  1. Evaporator
Evaporator kulkas
sumber: images.google.com

Bagian ini berfungsi untuk mengubah zat pendingin cair menjadi  gas. Evaporator terbuat dari bahan logam yang anti karat, yaitu tembaga dan alumunium.

  1. Thermostat
Thermostat kulkas
sumber: images.google.com

Bagian ini berfungsi untuk pembekuan dan agar suhu dalam ruangan dapat diatur sesuai dengan suhu yang diinginkan.

  1. Heater
Heater kulkas
sumber: images.google.com
banner-promo-gramedia

Bagian ini berfungsi untuk mencairkan bunga es yang terdapat dalam evaporator. Pemanas juga dapat mencegah terjadinya penimbunan pada bagian rak es.

  1. Fan motor
Fan motor kulkas
sumber: images.google.com

Kipas Angin ini berfungsi untuk menghisap sekaligus mendorong udara melalui kondensor dan kompresor.

  1. Overload motor protector
Overload motor protector kulkas
sumber: images.google.com

Alat ini berfungsi mencegah komponen yang mengandung listrik dari kerusakan. Kerusakan yang dimaksud adalah akibat arus dari kompresor melebihi kapasitas.

  1. Bahan pendingin
Bahan pendingin kulkas
sumber: images.google.com

Bahan pendingin atau refrigerant adalah zat yang umumnya mudah diubah dari gas menjadi cair, begitu pula sebaliknya.

 

Bagian Umum Kulkas

Bagian kulkas
sumber: images.google.com

Kulkas sendiri sekarang tampil dengan berbagai desain sesuai dengan perkembangan zaman. Bahkan sudah banyak kulkas yang menggunakan aksesoris keramik di bagian luar bodinya. Walaupun muncul dengan berbagai macam gaya, tetap saja bagian-bagian dari kulkas itu pada umumnya sama.

  1. Freezer

Bagian dari kulkas ini digunakan untuk menyimpan bahan makanan yang butuh suhu sangat dingin. Pada bagian ini bahan-bahan bisa berubah jadi es.

  1. Refrigerator

Bagian ini umumnya lebih luas dari bidang kulkas yang lainnya. Namun jangan menyimpan material terlalu banyak di refrigerator karena bisa mengganggu sirkulasi udaranya.

  1. Chiller

Bagian ini umumnya ruangannya sama dengan refrigerator, tapi tempatnya didesain dengan bentuk sekat-sekat. Karena masing-masing bagian pendingin mempunyai fungsinya masing-masing, jadi menempatkan bahan makanan juga harus sesuai dengan fungsi bagian dari kulkas.

Seperti frozen food sebaiknya disimpan dalam freezer. Sedangkan daging ada baiknya jangan disimpan di freezer dalam waktu lama karena bisa terkena bakteri. Daging harusnya disimpan di chiller karena tidak membuat beku dan tidak menyebabkan perubahan rasa juga tekstur.

sedangkan untuk sayur dan buah yang tidak bisa bertahan terlalu lama biasanya diletakkan di laci sayur. Untuk susu, yoghurt, dan keju lebih baik diletakkan di chiller karena lebih aman dalam mempertahankan tekstur dan rasanya.

Menggunakan bagian-bagian kulkas memang sebaiknya berdasarkan fungsinya masing-masing. Karena tiap bagian memiliki suhu dingin yang berbeda-beda. Seperti diketahui, kulkas terdiri dari bagian lemari pendingin atau lemari pembeku atau terdiri dari keduanya. Pada beberapa kulkas biasanya terdiri empat ruangan yang berbeda untuk jenis bahan makanan yang berbeda pula.

  •         Untuk minus 18 derajat digunakan sebagai pembeku makanan
  •         Untuk nol derajat celcius untuk tempat penyimpanan daging
  •         Untuk 4 derajat celcius digunakan sebagai pendingin bahan makanan
  •         Untuk 10 derajat celcius digunakan sebagai tempat menyimpan berbagai jenis makanan

Kapasitas isi sebuah kulkas biasanya dihitung dengan liter. Seperti pada bagian pembeku biasanya 100 liter, dan pendingin adalah 140 liter, tapi biasanyanya ukuran ini beragam pada setiap kulkas.

Lemari pendingin juga terdiri dari berbagai macam seperti, kulkas untuk di rumah tangga, lemari pendingin untuk obat-obatan, kotak atau lemari es krim, ruangan pendingin untuk makanan, minuman, daging dan sayuran. Proses pengawetan yang dilakukan lemari pendingin adalah dengan cara memperlambat proses pematangan sel pada bahan makanan. Suhu yang dingin otomatis menghambat cepatnya pertumbuhan bakteri penyebab pembusukan pada bahan makanan.

Penyebab kulkas tidak ingin memang banyak, tapi pencegahannya umumnya sama saja. Agar kulkas dapat berfungsi baik sebagai lemari pendingin, akan lebih baik apabila dirawat secara berkala. Perawatannya bisa dimulai dengan rajin membersihkan bunga es, rajin membersihkan bagian dalam kulkas, mengecek freon, kabel kulkas, juga karet pintu kulkas, dan cara perawatan lainnya. Kulkas yang terawat bisa dipastikan dapat berfungsi dengan baik juga.

 

Buku Terkait Penyebab Kulkas Tidak Dingin

9786023743339_TEKNIK-PENDIN

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy