in

25 Obat Radang Tenggorokan Alami yang Paling Ampuh!

Sumber: Alo Dokter

Obat radang tenggorokan alami – Obat alami sakit radang tenggorokan bisa menjadi alternatif. Terlebih, semakin banyaknya kasus gagal ginjal akut yang membuat orang khawatir tentang penggunaan obat? Seperti yang Grameds ketahui, sakit radang tenggorokan adalah kondisi tenggorokan yang sakit, gatal, atau tidak nyaman yang bisa membuat Grameds tidak nyaman.

Padahal, sakit radang tenggorokan bisa membuat pernapasan menjadi lebih buruk, sulit menelan, bahkan membuat sulit untuk tidur. Tahukah Sobat Grameds bahwa sakit radang tenggorokan terjadi sebagai bagian dari respon imun tubuh terhadap infeksi virus atau bakteri Respon imun alami ini akhirnya menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada selaput lendir tenggorokan.

Radang tenggorokan adalah kondisi medis umum yang tidak membahayakan. Untuk meredakan sakit radang tenggorokan, cobalah pengobatan alami yang konon bisa meredakan sakit radang tenggorokan. Berikut 10 obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan yang sangat mudah untuk didapatkan:

Obat Alami Sakit Radang Tenggorokan

Obat Radang Tenggorokan Alami
Sumber: Siloam Hospital

Ada beberapa obat sakit tenggorokan alami yang bisa Grameds coba, beberapa di antaranya sudah terbukti secara ilmiah.

1. Madu

Sakit radang tenggorokan merupakan kondisi yang bisa jadi merupakan gejala GERD, yakni gangguan sistem pencernaan. Oleh karena itu, madu bisa dipilih sebagai obat radang tenggorokan alami karena dinilai aman untuk saluran pencernaan.

Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengobati penyakit pernapasan seperti sakit radang tenggorokan. Tentu saja, madu dapat melegakan tenggorokan dan mengurangi pembengkakan.

Manfaat lain dari madu adalah dapat mengurangi sekresi lendir dan meredakan batuk, sehingga madu menjadi obat alami untuk sakit radang tenggorokan. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Basic Medical Sciences in Iran, madu dapat menghambat sekitar 60 spesies bakteri dan beberapa spesies jamur dan virus.

Selain itu, madu memiliki kekuatan antioksidan berkat berbagai senyawa termasuk fenolik, peptida, asam organik, dan enzim yang ada di dalamnya. Anda hanya perlu menambahkan madu ke dalam air panas atau teh.

Jika menggunakan air panas, campuran madu dan minyak esensial lemon bisa menjadi kombinasi yang baik. Grameds harus ingat untuk tidak memberikan campuran madu ini kepada bayi di bawah satu tahun. Penyebabnya adalah perut bayi Anda belum kebal terhadap kuman, seperti spora botulisme yang terkadang terdapat pada madu.

2. Bawang Putih

Allicin, salah satu senyawa organosulfur yang diperoleh dari bawang putih, memiliki sifat antibakteri dan antijamur, termasuk spesies E coli yang seringkali resisten terhadap banyak obat.

Obat Radang Tenggorokan Alami

Dengan kata lain, bawang putih juga menunjukkan sifat anti-parasit. Bawang putih mentah sering digunakan sebagai salah satu obat alami sakit radang tenggorokan. Anda bisa menambahkannya ke makanan yang Anda makan di siang hari atau dengan mengonsumsi suplemen bawang putih setiap hari.

The Architecture of Love | Di balik Pena

3. Sup Kaldu

Mengkonsumsi sup kaldu tulang akan membantu Anda terhindar dari dehidrasi karena mendukung sistem kekebalan tubuh Anda sehingga dapat pulih dengan cepat. Sup kaldu tulang kaya nutrisi, mudah dicerna, kaya rasa, dan berkhasiat menyembuhkan radang tenggorokan.

Selain itu, kaldu tulang juga mengandung mineral penting dalam bentuk yang mudah diserap tubuh, antara lain kalsium, magnesium, dan fosfor. Menurut para peneliti di University of Nebraska Medical Center, asam amino yang dihasilkan saat memasak kaldu tulang, terutama dari ayam, dapat mengurangi peradangan pada sistem pernapasan.

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan tonik alami yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad yang lalu. Bahan aktif utamanya adalah asam asetat yang bisa membantu melawan bakteri.

Seorang Tabib Yunani Kuno Hippocrates, yang dikenal sebagai bapak kedokteran, bahkan meresepkan kombinasi cuka sari apel dan madu. Ia juga dikenal sebagai oxymel untuk mengobati gejala pilek seperti batuk dan sakit radang  tenggorokan. Sebagai obat sakit radang tenggorokan alami, minumlah 1 gelas air hangat yang dicampur dengan 1 sendok teh cuka sari apel dan satu sendok teh madu pilihan.

5. Teh Herbal

Obat alami sakit radang tenggorokan bisa diobati dengan teh herbal karena kemampuannya meredakan nyeri dan mengobati radang selaput lendir. Teh herbal adalah pilihan yang bagus sebagai obat sakit radang tenggorokan alami karena ramuan ini mengandung antioksidan.

Tumbuhan ini dapat membantu mengatasi rasa sakit, sulit menelan, bengkak, dan kemerahan. Selain itu, teh dandelion adalah salah satu pengobatan rumahan untuk sakit tenggorokan karena dapat digunakan untuk mengobati infeksi, meredakan sakit perut, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Para ahli dari University of Connecticut School of Pharmacy telah mengungkapkan bahwa echinacea juga merupakan jenis yang dapat mengurangi risiko flu dan pilek serta sakit tenggorokan sebesar 58%.

Bahkan, echinacea juga dapat mengurangi waktu penyembuhan flu hingga satu setengah hari lebih cepat dibandingkan pengobatan herbal lainnya.

6. Cabai Rawit dan Saus Sambal

Umumnya digunakan sebagai pereda nyeri, cabai rawit mengandung capsaicin atau senyawa alami yang dikenal dapat memblok reseptor nyeri. Meski belum terbukti secara ilmiah, mengonsumsi cabai yang dicampur air hangat dan madu bisa membantu meredakan sakit radang tenggorokan.

Sensasi terbakar awal adalah reaksi umum. Perhatikan, bagaimanapun, bahwa cabai rawit tidak boleh dimakan jika Anda memiliki luka terbuka atau sariawan di mulut Anda. Mulailah dengan beberapa tetes saus sambal pedas atau sejumput cabai karena keduanya bisa sangat pedas di mulut Anda.

7. Air Lemon

Air lemon adalah minuman menyegarkan yang juga dapat meredakan sakit radang tenggorokan yang terjadi akibat pilek atau flu. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan.

Minuman ini juga meningkatkan jumlah air liur yang dapat diproduksi, yang dapat membantu menjaga kelembapan selaput lendir. Mencampur lemon dengan air hangat dan sedikit madu atau air garam mungkin merupakan obat sakit radang tenggorokan alami terbaik.

8. Teh Jahe

Obat sakit tenggorokan alami selanjutnya adalah teh jahe. Jahe terkenal dengan efek antibakteri dan anti-inflamasinya. Efek ini dikatakan dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan masalah pencernaan.

Ekstrak jahe dikatakan dapat membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit pernapasan. Untuk menggunakannya, Anda bisa membuatnya menjadi minuman jahe segar atau membuat teh yang dijual bebas.

9. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga dikatakan memiliki banyak manfaat kesehatan. Bahan alami ini dapat membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan di area tenggorokan.

Minyak kelapa juga memiliki sifat menenangkan karena membantu melumasi selaput lendir tenggorokan. Penggunaannya bisa dengan menambahkan minyak kelapa pada cokelat panas, pada sup atau diminum langsung.

10. Peppermint

Peppermint mengandung menthol yang telah digunakan sebagai obat alami sejak zaman dahulu. Peppermint memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri dan membantu meredakan radang tenggorokan.

Obat sakit radang tenggorokan alami ini diminum dengan minyak peppermint dan dicampur dengan minuman panas. Cara menyembuhkan sakit tenggorokan dengan peppermint:

  • Teh:Siapkan kantong teh favorit Anda dan campurkan dengan 1-2 tetes minyak peppermint.
  • Minuman: Campur lemon, 1 tetes peppermint, 2 sendok teh (sdt) madu dan 1 cangkir air hangat.
  • Dianjurkan untuk meminum ramuan ini minimal 2 kali sehari.

Peppermint tidak dianjurkan untuk anak-anak atau orang yang memiliki asam lambung tinggi atau sedang mengkonsumsi obat diabetes dan tekanan darah tinggi.

11. Marshmallow

Kabar baik bagi mereka yang suka makanan yang manis! Marshmallow, makanan lunak, empuk dan meleleh dapat digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan.

Faktanya, marshmallow berasal dari tumbuhan dan digunakan ratusan tahun lalu untuk mengobati masuk angin. Tanaman ini sama sekali tidak berbentuk marshmallow yang biasa dijual di toko-toko.

Namun berdasarkan penelitian, marshmallow masa kini juga bisa digunakan karena lapisan gelatinnya bisa meredakan radang tenggorokan yang panas dan gatal.

12. Echinacea

Echinacea adalah salah satu bahan alami untuk mengobati radang tenggorokan, sakit menelan dan sakit tenggorokan.

Echinacea dikenal untuk meredakan sakit tenggorokan, radang tenggorokan, sakit kepala, dan nyeri pada tubuh. Echinacea atau echinacea memiliki efek anti radang yang membantu mengurangi pembengkakan pada tenggorokan dan amandel.

Selain itu, bunga ini juga memiliki kemampuan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Cara konsumsinya bisa dalam bentuk cair atau teh echinacea atau dalam bentuk suplemen saat muncul gejala.

13. Elderberry

Elderberry memiliki efek antibakteri dan antivirus. Buah berwarna hijau tua ini memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari gangguan pernapasan yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Buah ini juga dikenal dalam cerita rakyat memiliki kemampuan untuk mengatasi masuk angin, sakit tenggorokan, dan membantu menyehatkan jantung.

Selain mampu mengatasi gejala masuk angin dan sakit radang tenggorokan, buah ini juga memiliki kemampuan untuk memperkuat sistem imun tubuh. Untuk mengkonsumsinya, harus dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan. Grameds juga bisa mengkonsumsinya sebagai teh atau suplemen.

14. Vitamin C

Vitamin C membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mendukung pengobatan sakit tenggorokan, sakit saat menelan, dan radang tenggorokan.

Vitamin C dikenal untuk mengobati sakit maag dan masalah kesehatan lainnya. Ibu bisa mengkonsumsi 1.000 miligram vitamin C untuk melawan atau mencegah infeksi.

Selanjutnya, Anda bisa melengkapi dengan 4.000 miligram vitamin C per hari untuk menghilangkan infeksi yang sudah ada di dalam tubuh.

Jadi, jika Anda sudah terlanjur mengalami radang tenggorokan, ada baiknya Anda meningkatkan vitamin C dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya vitamin C.

Berikut makanan yang kaya vitamin C adalah jeruk, kangkung, stroberi, jeruk bali dan kiwi. Jika sulit menelan, Anda bisa mencoba dengan cara diblender agar lebih lembut dan mudah ditelan.

15. Es batu

Seperti halnya air panas, es batu juga dapat meredakan sakit radang tenggorokan akibat rasa dingin yang dikandungnya. Selain itu, menghisap es batu juga dapat melembabkan tenggorokan yang kering. Makanan lain seperti es krim juga bisa meredakan kondisi tersebut. Jangan berikan anak es batu karena berisiko tersedak.

16. Air Garam

Dipercaya bahwa berkumur dengan air garam memiliki efek menenangkan sakit radang tenggorokan. Cairan air garam memiliki kemampuan untuk memecah sekresi dan membantu mengalahkan bakteri di tenggorokan.

Cara pembuatannya pun sederhana, yakni mencampurkan satu cangkir air hangat dan setengah sendok teh garam.

Jika demikian, berkumurlah dengan larutan air garam hingga tenggorokan lebih tenang dan rasa tidak nyaman di tenggorokan teratasi. Grameds dapat berkumur dengan larutan garam fisiologis setiap 1 jam sekali hingga tenggorokan membaik.

17. Akar Manis

Mengutip Medical News Today, akar manis merupakan ramuan yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional. Licorice memiliki efek antivirus, antibakteri dan anti-inflamasi.

Sifat ramuan ini mirip dengan aspirin, menjadikannya obat alami untuk sakit radang tenggorokan. Akar licorice sering digunakan untuk mengurangi resiko sakit tenggorokan setelah operasi pengangkatan tabung pernapasan.

Obat Radang Tenggorokan Alami

Satu studi menemukan bahwa berkumur dengan akar manis sebelum operasi mengurangi risiko radang tenggorokan hingga 50% dibandingkan dengan berkumur dengan air gula.

Namun, belum ada penelitian tentang manfaat akar manis dalam pengobatan radang tenggorokan yang berhubungan langsung dengan penyakit ini. Licorice obat alami dapat dikonsumsi dalam bentuk teh. Caranya campurkan bubuk licorice dengan air panas, diamkan selama 5 menit, lalu saring airnya sebelum diminum.

18. Jahe

Dikutip dari Medical News Today, jahe dikenal sebagai bumbu penyembuh. Jahe memiliki sifat antibakteri dan anti radang yang dapat digunakan sebagai obat sakit radang tenggorokan alami.

Beberapa penelitian laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak jahe dapat membunuh bakteri dan virus tertentu yang menyebabkan penyakit pernapasan. Selain itu, ini dapat mengurangi peradangan pada penderita tuberkulosis, penyakit paru-paru. Jahe bisa Anda konsumsi sebagai obat sakit tenggorokan alami dengan cara diseduh sebagai teh.

19. Kayu Manis

Mengutip Medical News Today, kayu manis merupakan rempah-rempah yang harum dengan efek antioksidan dan antibakteri. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, kayu manis adalah obat untuk pilek, flu, dan sakit radang tenggorokan.

Teh kayu manis dapat dibuat sebagai obat sakit radang tenggorokan alami dengan menambahkan kayu manis ke dalam teh hitam atau teh herbal panas lainnya.

20. Kamomil

Mengutip Medical News Today, kamomil telah digunakan sebagai obat alami sejak zaman dahulu. Penelitian telah menunjukkan bahwa kamomil dapat membantu melawan infeksi dan meredakan nyeri, sehingga bisa menjadi obat alami untuk sakit radang tenggorokan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa teh kamomil dapat meningkatkan kualitas tidur, yang penting untuk penyembuhan. Seperti teh herbal lainnya, kamomil tidak mengandung kafein.

21. Fenugreek

Mengutip Healthline, ramuan fenugreek dalam berbagai bentuk bisa menjadi obat alami sakit tenggorokan. Teh Fenugreek adalah obat populer untuk sakit tenggorokan. Literatur ilmiah dari tahun 2008 menunjukkan bahwa fenugreek memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain:

  • Meredakan Nyeri Membunuh bakteri yang menyebabkan iritasi atau peradangan
  • Bertindak sebagai agen anti jamur yang efektif

Fenugreek dapat digunakan sebagai obat alami dengan memakan bijinya, mengoleskan minyaknya atau meminumnya sebagai teh.

22. Kunyit

Karena mempunyai senyawa bersifat antibakteri, kunyit bisa dijadikan sebagai obat radang tenggorokan alami. Grameds bisa menumbuk lalu merebus 1 ruas rempah kuning tersebut di dalam air agar bisa mendapatkan sarinya.

Selanjutnya, minumlah ramuan herbal tersebut satu kali sehari. Grameds juga bisa mencampurkan madu serta perasan air lemon ke dalam larutan sari kunyit agar hasilnya lebih sempurna.

23. Humidifier

Tenggorokan yang sakit dan gatal bisa jadi karena udara didalam rumah Anda kering. Humidifier ini sangat efektif untuk melembabkan udara ruangan yang kering dan meningkatkan kualitas tidur. Pastikan untuk membersihkan humidifier dan tambahkan air bersih setiap hari untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

24. Tidur Cukup

Tidur yang cukup sangat penting dalam proses penyembuhan faringitis. Disarankan untuk tidur sekitar 7-9 jam per malam. Namun tidak boleh dilupakan bahwa selain durasi, kualitas tidur juga mempengaruhi imunitas dan daya tahan tubuh terhadap radang tenggorokan.

Hal sehari-hari seperti stres dapat menurunkan kualitas tidur Grameds. Selain itu, batuk dan gatal saat Anda mengalami radang tenggorokan dapat membuat Anda terjaga di malam hari. Untuk masalah ini, Grameds bisa mencoba pengobatan alami di atas sebelum tidur untuk meredakan rasa tidak nyaman tersebut.

25. Mandi Air Hangat

Menghirup udara lembab dapat membantu mengurangi pembengkakan akibat sakit tenggorokan dan bisa membersihkan hidung. Tarik napas dalam-dalam saat mandi dan ulangi selama beberapa menit untuk meredakan radang tenggorokan.

Penutup

Demikian ulasan mengenai obat alami radang tenggorokan. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang informasi obat alami lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

BACA JUGA:

Kenali Macam-Macam Obat Alami Sakit Perut yang Manjur

Rekomendasi Obat Alami dan Kimiawi Penumbuh Rambut yang Botak

10 Obat Alami Sakit Pinggang yang Mudah dan Murah

Obat Sakit Kepala Alami dan Cara Sederhana Mengatasi Sakit Kepala!

Cara Mengatasi Kaki Pegal, dari Cara Alami sampai Pengobatan



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.