in

15 Daftar Nama Pantai di Bali Paling Eksotis dan Wajib Dikunjungi!

Sumber: Aneka Wisata

Nama pantai di Bali – Halo, Sobat Grameds, Tahukah Anda? Daya tarik utama pariwisata Bali adalah wisata alamnya. Seperti danau alami, pantai pasir putih, pemandangan gunung berapi, air terjun alami, dan sawah terasering seperti Sawah Terasering Tegalalang. Tempat wisata merupakan salah satu tempat wisata pantai di Bali yang digandrungi oleh para wisatawan.

Hampir setiap wisatawan yang berlibur ke Bali pasti mengunjungi wisata pantai. Terutama objek wisata pantai yang memiliki pasir putih dengan pemandangan matahari terbenam.

Pulau Bali memiliki banyak pantai pasir putih dan pantai pasir hitam. Apalagi setiap resort di Bali memiliki karakter dan keindahan yang unik. Kemudian pantai Bali tersebar hampir dimana-mana di pulau Bali.

Dengan banyaknya pilihan pantai di pulau Bali pasti membuat para pelancong mencari pantai yang paling indah dan populer untuk dikunjungi selama liburan mereka.

Pertanyaannya pantai di Bali manakah yang paling indah dan paling layak dikunjungi saat liburan di Bali?

Untuk menjawab pertanyaan pantai terindah di Bali yang layak untuk dikunjungi, pada artikel ini Gramedia akan menuliskan daftar nama pantai di Bali yang menurut saya wajib untuk Anda kunjungi. Tentunya saat menilai pemilihan daftar nama pantai di Bali yang paling terbaik ini akan sulit untuk menghindari penilaian subjektif.

Untuk menghindari dan mengurangi penilaian subyektif tentang daftar nama pantai di Bali yang terindah pada artikel ini, saya akan menggunakan pendapat dan pilihan wisatawan domestik untuk memilih daftar nama pantai terindah di Bali.

Data pantai-pantai di Bali mana saja yang paling banyak dipilih dan digandrungi wisatawan domestik karena keindahannya, karena saya ambil dari beberapa sumber. Berikut adalah daftar daftar nama-nama pantai di Bali terbaik dan pantai terbagus untuk dikunjungi bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Daftar Nama-Nama Pantai di Bali

Bingung mulai dari mana? Gramedia akan membantu kalian untuk menentukan daftar nama pantai di Bali yang layak kamu masukkan ke dalam list kamu untuk berlibur ke Bali. Berikut Daftar nama pantai di Bali yang wajib Grameds kunjungi karena memiliki keindahan alam yang sangat menawan. Ayo Grameds, simak penjelasannya!

1. Pantai Nusa Dua Bali

Nama Pantai di Bali
Sumber: Wira Water Sport Bali

Pantai Nusa Dua menjadi prioritas untuk dikunjungi oleh wisatawan domestik selama liburan mereka di Bali. Pasalnya, pantai Nusa Dua merupakan salah satu pantai terbersih di Bali. Kebersihan pantai Nusa Dua selalu terjaga. Alasan pantai Nusa Dua sangat bersih karena di sepanjang pantai Nusa Dua terdapat hotel bintang 5 dan selalu ada orang yang membersihkan pantai.

Di kawasan ITDC Nusa Dua terdapat tiga pantai pasir putih, yaitu Pantai Samuh, Pantai Geger dan Pantai Mengiat di Nusa Dua. Ketiga pantai ini lebih cocok untuk berenang dan aman untuk anak-anak bermain di pantai. Karena ombaknya yang kecil, semua pantai di Nusa Dua sangat cocok untuk wisata pantai keluarga dan anak-anak di Bali.

Nama Pantai di Bali

Selain itu, garis pantai kawasan Nusa Dua menghadap ke timur. Oleh karena itu, semua pantai di Nusa Dua merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit di Bali. Selain pantai, di kawasan tempat wisata Nusa Dua Bali juga terdapat objek wisata populer bernama Water Blow Bali.

2. Pantai Kuta Bali

Nama Pantai di Bali
Sumber: Wira Water Sport Bali

Saya yakin anda pasti tahu atau pernah berlibur ke pantai Kuta di Bali. Salah satu pantai pasir putih paling terkenal di Bali dan dikenal hingga mancanegara.

Pantai Kuta terkenal sebagai tujuan wisata pantai pasir putih di Bali sejak tahun 1970. Sebelum kawasan pantai Kuta berkembang pariwisatanya, kawasan Kuta merupakan perkampungan nelayan.

Namun kini kawasan wisata Kuta bukan lagi menjadi perkampungan nelayan. Saat ini kawasan wisata Kuta sangat populer di kalangan wisatawan yang menyukai kehidupan malam dan tempat keramaian.

Daya tarik pantai Kuta Bali membuat pengunjung sangat menikmati liburan di pantai Kuta yang terletak di :

  • Pintu masuk pantai sangat dekat dengan Bandara Ngurah Rai.
  • Pasir putihnya terjal dan sangat luas.
  • Sarana dan prasarana wisata banyak tersedia di dekat Pantai Kuta, seperti hotel, restoran, dan pusat perbelanjaan.
  • Keindahan matahari terbenam.

3. Pantai Sanur Bali

Sumber: Wira Water Sport Bali

Sementara sebagian besar pantai pasir putih di Bali Selatan menawarkan matahari terbenam yang menakjubkan, pantai yang satu ini berbeda, yaitu Pantai Sanur. Daya tarik pantai Sanur Bali terletak pada keindahan sunrise/fajarnya.

Lokasi Pantai Sanur berada di pesisir timur pulau Bali. Ini membuat matahari terbit di atas pantai Sanur sangat indah.

Pantai Sanur sangat panjang, berpasir putih bersih, dan lautnya sangat dangkal. Karena airnya yang dangkal dan sangat tenang, pantai Sanur sangat cocok untuk kegiatan wisata pantai seperti berenang, scuba diving dan jalan-jalan di laut.

Selain itu, Pantai ini sangat populer saat air surut. Oleh karena itu, sebelum mengunjungi pantai Sanur sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai waktu pasang surut pantai Sanur.

Selain menjadi tujuan wisata, Pantai Sanur juga sangat populer sebagai lokasi naik speed boat ke Nusa Penida dari Bali.

4. Pantai Jimbaran

Nama Pantai di Bali
Sumber: Wira Water Sport Bali

Desa Jimbaran sebelum berkembang seperti saat ini dan menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang paling populer, yang awalnya merupakan sebuah desa nelayan. Pengembangan Desa Jimbaran asli telah menjadi tujuan populer sejak tahun 1985.

Keunikan dan keindahan desa Jimbaran terletak di pantai pasir putih dengan garis pantai yang sangat panjang. Selain itu, garis pantai Jimbaran menghadap ke barat, menjadikan Pantai Jimbaran salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam.

Pasir di Pantai Jimbaran sangat halus berwarna putih hingga agak kuning. Selain itu, kebersihan pantai Jimbaran sangat terjaga, karena di sepanjang pantai Jimbaran terdapat resort bintang lima.

Perairan di Pantai Jimbaran tenang dan dangkal, sehingga Pantai Jimbaran sangat cocok untuk aktivitas berenang.

Ada yang istimewa yang membedakan Pantai Jimbaran dengan tempat wisata lain di Bali. Secara khusus, di sepanjang pantai Jimbaran terdapat kafe tepi pantai yang menyajikan menu utama seafood bakar.

Pantai pasir putih Jimbaran Bali populer di kalangan wisatawan domestik karena memiliki aktivitas wisata kuliner yang unik. Khususnya bersantap dengan hidangan seafood bakar di pantai Jimbaran sambil menyaksikan sunset.

Pantai Jimbaran Bali lebih cocok dikunjungi untuk wisatawan yang ini bulan madu dan makan malam romantis ditemani pantai yang berpasir putih.

5. Pantai Melasti Ungasan

Sumber: Wira Water Sport Bali

Pantai Melasti Ungasan kini menjadi salah satu objek wisata pantai pasir putih yang terkenal di Uluwatu, Bali Selatan. Selain itu, pelanggan kami yang menggunakan jasa sewa mobil di Bali sering mengatakan bahwa prioritas utama mereka selama berlibur di Bali adalah mengunjungi Pantai Melasti Ungasan.

Sebelum ada infrastruktur jalan raya, pantai Melasti Ungasan merupakan salah satu pantai tersembunyi di Pulau Bali. Namun setelah pembangunan jalan dari tebing ke pantai selesai, pantai Melasti Ungasan menjadi sangat populer di kalangan wisatawan.

Daya tarik utama Pantai Melasti Ungasan adalah pasirnya yang putih bersih berpadu dengan air lautnya yang biru kehijauan. Selain itu, tebing tinggi Pantai Melasti juga menjadi keunikan tersendiri bagi Pantai Melasti Ungasan.

6. Pantai Tanah Lot

Nama Pantai di Bali
Sumber: Wira Water Sport Bali

Apalagi Pantai Tanah Lot hampir sama terkenalnya dengan Pantai Kuta Bali. Pantai Tanah Lot di lokasi Pura Tanah Lot ramai dengan wisata sehari-hari. Baik di dalam maupun di luar negeri.

Karena popularitas Pantai Tanah Lot di Bali di kalangan wisatawan domestik, sebagian besar penyedia tour Bali selalu menyertakan itinerary dalam paket wisata Bali ke Pantai Tanah Lot mereka. Keindahan pantai Tanah Lot Bali terletak pada sunset dengan siluet pura di tengah laut.

7. Pantai Pandawa

Sumber: Johnny Melon

Sebelum dibangunnya jalur tebing menuju Pantai Pandawa, Pantai Pandawa merupakan salah satu pantai pasir putih tersembunyi di Bali. Karena ada jalan yang langsung menuju ke Pantai Pandawa melalui jalan utama, Pantai Pandawa selalu ramai dengan wisata.

Apalagi Pantai Pandawa di Bali saat ini sangat populer di kalangan wisatawan domestik. Apalagi kebanyakan wisatawan domestik saat berlibur ke destinasi wisata Bali Selatan selalu menyertakan itinerary untuk mengunjungi Pantai Pandawa. Keunikan dan keindahan pantai Pandawa di Bali terletak pada :

  • Tebing putih dengan patung lima Pandawa.
  • Pasir putih yang halus dan bersih.
  • Air lautnya tenang dan memiliki semburat kebiruan dengan semburat kehijauan.
  • Pantai Pandawa sangat cocok untuk aktivitas berenang dan berperahu.

8. Pantai Dreamland

Sumber: Wira Water Sport Bali

Keindahan Pantai Dreamland sangat mirip dengan Pantai Balangan Bali dan Pantai Tegal Wangi Jimbaran. Daya tarik Pantai Dreamland terletak pada keindahan pasir putihnya yang bersih, bibir pantai yang landai dan fasilitas wisata yang lengkap. Di sekitar pantai Dreamland Bali juga banyak terdapat restoran dan villa.

Nama Pantai di Bali

Berbeda dengan pantai Balian di Tabanan Bali, di pantai Dreamland terdapat bebatuan putih yang mengelilingi pantai sehingga menciptakan pemandangan indah tersendiri. Di pantai Dreamland Anda juga bisa melihat matahari terbenam.

9. Labuan Sait/Padang-Padang Beach

Sumber: Wira Water Sport Bali

Pantai Labuan Sait juga dikenal sebagai Pantai Padang Padang. Daya tarik utama pantai Padang-Padang yang menjadi daya tarik wisatawan adalah terumbu karang putih, pasir putih dan ombak yang sangat digemari para peselancar.

Perairan pantai Padang-Padang sangat unik, air di luar sangat dangkal dan ombaknya tidak terlalu besar. Tapi di dalam, ombak Padang-Padang sangat besar.

Bentuk garis pantai Padang-Padang cukup unik, karena pantai ini terletak di teluk yang dikelilingi tebing. Di kawasan bebatuan banyak terdapat pepohonan hijau sehingga pemandangan pantai Padang-Padang sangat indah. Selain itu, warna perairan pantai Padang-Padang memiliki gradasi biru dan hijau pada siang hari.

Untuk mencapai bibir pantai dari jalan utama, pengunjung Pantai Padang-Padang harus menuruni beberapa anak tangga dan melewati tebing sempit yang hanya mampu menampung satu orang dewasa.

10. Pantai Virgin Karangasem Bali

Nama Pantai di Bali
Sumber: Kintamani.id

Virgin Beach atau Pantai Perawan Karangasem lebih dikenal oleh penduduk setempat sebagai Pantai Perasi Karangasem. Disebut pantai alami karangasem karena letak pantai yang masih asli tersembunyi dan berada di kabupaten karangasem. Selanjutnya, Kabupaten Karangasem merupakan salah satu kabupaten paling timur di pulau Bali.

11. Pantai Kelingking

Sumber: Kompas.com

Anda mungkin tahu bahwa pemandangan dari atas tebing Pantai Kelingking sangat indah dan magis. Tak heran jika kebanyakan pengunjung datang ke sini untuk menikmati panorama pantai Nusa Penida sambil berfoto dengan background tebing yang unik.

Tapi tahukah Anda bahwa Anda sebenarnya bisa berjalan menuruni tangga curam menuju pantai di bawah? Memang jarang sekali wisatawan yang ingin melakukannya karena sangat melelahkan. Tapi saat sampai di bawah, perjuangan Anda melihat keindahan Pantai Kelingking benar-benar akan membayar perjuangan Anda!

12. Pantai Seminyak 

Nama Pantai di Bali
Sumber: Pantainesia

Berbeda dengan Pantai Kelingking, Pantai Seminyak atau Seminyak Beach mudah dijangkau. Terletak di utara Pantai Kuta dan Pantai Legian, pantai di Bali ini terletak di dekat kawasan Seminyak yang trendi. Pantai ini juga penuh dengan resor, kafe dan bar, serta klub pantai seperti Sunset on Seminyak.

Pantai Seminyak merupakan salah satu pantai di Bali yang wajib Anda kunjungi karena sangat cocok untuk bersantai sambil menunggu sunset. Dengan hamparan pasir yang luas dan jumlah wisatawan yang tidak seramai Kuta serta relatif lebih bersih, berjalan-jalan di pantai Seminyak memang menarik.

13. Pantai Green Bowl Beach

Sumber: Berfree

Bertahun-tahun yang lalu, Pantai Green Bowl diprediksi akan menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang akan dipadati pengunjung – Bali Cliff Resort yang bobrok tak jauh dari sana adalah buktinya.

Sayangnya, karena satu dan lain hal, Pantai Green Bowl tetap menjadi salah satu pantai di Bali yang jarang dikunjungi wisatawan, padahal lokasinya tidak jauh dari dua pantai populer di Bali yaitu Pantai Pandawa dan Pantai Melasti.

Lokasinya memang agak sulit ditemukan, untuk menuju pantai ini harus menuruni ratusan anak tangga, pasti akan membuat kaki sakit ketika harus kembali. Namun ketika sudah sampai anak tangga terakhir, rasa lelah akan terlupakan karena pemandangannya sangat bagus.

Dengan pasir putihnya yang halus, Pantai Green Bowl adalah tempat yang tepat untuk bersantai. Ombaknya cukup bagus untuk berselancar, jadi jangan heran jika melihat turis asing maupun lokal berselancar di sini.

Ngomong-ngomong, tahukah kamu kalau Pantai Green Bowl ditemukan oleh ayah Hamish Daud, mendiang David Wyllie, pada tahun 1972?

14. Pantai Suluban

Sumber: Raskita Tour

Terletak tidak jauh dari pura Uluwatu yang terkenal dengan tarian kecaknya yang spektakuler, pantai Suluban merupakan pantai yang unik. Letaknya tepat di bawah Single Fin Beach Club yang sangat populer, dan untuk menuju pantai ini anda harus turun ke gua, lalu pergi ke pantai yang juga sangat populer terutama di kalangan peselancar.

Keistimewaan lainnya adalah pantai ini lebih baik dikunjungi saat air surut karena artinya lebih banyak pantai berpasir yang bisa Anda gunakan untuk bersantai. Namun, saat air pasang, air sering naik cukup jauh, bahkan di dalam gua.

Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan waktu pasang surut di kawasan ini agar Anda bisa menikmati Pantai Suluban secara maksimal.

15. Pantai Gunung Payung

Sumber: Befreetour

Pantai Gunung Payung terletak di Kutuh, Kuta Selatan, Bali. Berada di antara pantai Nusa Dua dan Pandawa, pantai Gunung Payung disebut-sebut sebagai salah satu pantai terindah di Bali Selatan yang jarang diketahui orang. Memang meski tidak terlalu besar, pantai ini memiliki pemandangan laut biru tak berujung dari atas dan pasir putih yang lembut dan lembut.

Untuk sampai ke pantai Anda harus menuruni ratusan anak tangga, yang bisa sedikit melelahkan. Namun seperti di Pantai Green Bowl, pemandangan dari atas sungguh mengesankan, membuat Anda tak sabar untuk turun ke pantai!

Nama Pantai di Bali

Ombak di pantai Gunung Payung cukup bagus untuk berselancar, sehingga tidak jarang melihat peselancar datang ke pantai ini untuk mencoba menunggang ombak di sini.

Nama Pantai di Bali Lainnya

  • Pantai Tanjung Benoa
  • Pantai Jimbaran
  • Pantai Balangan
  • Pantai Legian
  • Pantai Mengiat Nusa Dua
  • Pantai Tegal Wangi Jimbaran
  • Karma Beach Ungasan
  • Pantai Nyang Nyang Uluwatu
  • Pantai Bingin Pecatu
  • Pantai Amed
  • Pantai Batu Bolong
  • Pantai Canggu Bali
  • Pantai Berawa
  • Pantai Bingin
  • Pantai Canggu
  • Pantai Jimbaran Bali
  • Pantai Petitenget
  • Pantai Kedonganan
  • Pantai Balangan
  • Pantai Kelan
  • Pantai Nunggalan
  • Pantai Lovina
  • Pantai Kelen
  • Pantai Balangan
  • Pantai Saba
  • Pantai Sawangan
  • Pantai Balangan
  • Pantai Karma Bali
  • Pantai Echo atau Pantai Batu Mejan
  • Pantai Soka
  • Pantai Bias Tugel
  • Pantai Uluwatu

Penutup

Demikian ulasan mengenai daftar nama-nama pantai di Bali. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang nama pantai di Bali lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

Sumber: dari berbagai sumber

Baca juga:

Kenali 14 Wisata Pantai Banyuwangi beserta Keunikannya

17 Rekomendasi Wisata Pantai di Malang yang Wajib untuk Dikunjungi!

Mengenal Pantai Gunung Payung dan 11 Pantai Indah Lain di Indonesia

Ide Outfit ke Pantai untuk Hijabers dan Tips Mix and Match Stylish Tetap Nyaman

Outfit ke Pantai Wanita: Perhatikan Tips dan Mix and Match Ini!

Written by ziaggi